Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTB

Rating: 89 out of 100, by 109 users
pondok   pondok di pesisir pantai bajo - Bali & NTB : Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTB

Nusa tenggara Barat tidak hanya punya Gili Trawang dan Gili Nanggu. Provinsi ini juga memiliki Bajo Pulo yang belum terjamah bak Perawan. Satu lagi pulau wisata yang cantik di NTB.

Pulau Bajo yang merupakan gugusan pulau-pulau itu terletak di ujung timur Pulau Sumbawa.Terdapat tiga pulau yang berukuran besar dan berpenghuni. Yaitu Bajo Di (Bajo Barat), Bajo Woha (Bajo tengah) dan Bajo Ele (Bajo Timur). Mereka adalah nelayan yang ulet dan kreatif. Mengarungi lautan untuk mencari ikan dan lain-lain.

Bajo Pulo adalah sebuah pulau kecil berpenduduk yang letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat atau sekitar 45 km di timur Kota Bima. Pelabuhan Sape tersebut digunakan untuk penyeberangan kapal feri dari Labuan Bajo menuju Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Sekarang ini sudah banyak tersedia jasa transportasi umum darat dan udara yang bisa anda gunakan untuk menuju Bima. Tetapi jika anda sudah berada di Lombok, anda bisa menggunakan jalan darat dengan menggunakan bus langsung jurusan Mataram-Bima-Dompu dari Terminal Bertais yang berada di Kota Mataram dengan membayar ongkos sekitar Rp.150.000. Bus ini akan langsung mengantar anda sampai di Kota Bima sehingga anda tidak perlu repot lagi naik turun kendaraan. Tetapi bila anda ingin cepat sampai, anda bisa menggunakan pesawat dari Bandara Bill di Lombok. Pesawat ini akan mengantarkan anda menuju Bandara Sultan Mahmud Salahudin di kabupaten Bima. Tarif penerbangan ini sekitar Rp.300.000 per orangnya.

Perjalanan laut menuju Bajo Pulo memakan waktu sekitar 15 menit menggunakan perahu nelayan. Perahu tersebut banyak bersandar di pelabuhan Sape. Tarif normal sekali jalan ke Bajo Pulo adalah Rp 2.000/orang.

setiba di Pantai Bajo Pulo ada aturan atau tips yang sebaiknya anda taati seperti, dalam penyeberangan menuju Pulau Bajo Pulo, anda harus mengikuti saran dan instruksi yang diberikan oleh pengemudi kapal. Hal ini akan membuat anda nyaman dan aman dalam perjalanan. Setiba di Pulau Bajo Pulo anda harus melapor kepada ketua adat setempat, anda juga bisa meminta tolong kepada ketua adat setempat untuk mencarikan rumah penduduk yang bisa anda tempati bila anda ingin bermalam. Karena cuaca di pulau Bajo Pulo termasuk cukup panas, sebaiknya anda membawa pelindung untuk menghindari kulit anda dari sengatan langsung matahari. Dan yang terpenting adalah hormatilah adat istiadat yang berlaku di Pulau Bajo Pulo agar anda diterima oleh masyarakat setempat dan lebih memudahkan anda jika suatu waktu membutuhkan bantuan mereka.

Dermaga Bajo Pulo terletak berdekatan dengan perkampungan penduduk. Penduduk aslinya berasal dari Suku Bajo dan Suku Bima, yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai nelayan.

Untuk mencapai pantai yang biasa dikunjungi wisatawan, masih harus berkendara dengan perahu beberapa menit lagi dari dermaga. Pantainya bersih, pasirnya putih, airnya pun biru dan jernih, meski saat itu sudah sore dan tidak ada sinar matahari.

Perairan di Bajo Pulo ini mempunyai terumbu karang yang masih bagus. Sedangkan kontur dan keadaan alam pulaunya sama dengan keadaan alam di Sumbawa, yaitu berbukit-bukit gersang dan berbatu-batu.
Pulau Bajo ini sangat unik, di mana konturnya yang berbukit dan berbatu serta memiliki pemandangan yang sangat indah, asri dan alami. Selain itu Pulau Bajo Pulo juga memiliki pantai yang indah, pasirnya yang berwarna putih dan bersih sangat cocok untuk tempat bermain. Di Pulau Bajo ini juga terdapat Telaga yang bernama Telaga Bidadari, anda bisa minta kepada penduduk setempat untuk mengantarkan ke sana bila ingin melihatnya.

Di pantai ini anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Pemandangan seperti ini adalah yang ditunggu-tunggu oleh setiap wisatawan.

pondok   pondok di pesisir pantai bajo - Bali & NTB : Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTB
keindahan bajo pulo - Bali & NTB : Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTB

di pantai ini anda juga bisa menikmati pemandangan bawah laut sekitar pulau Bajo Pulo. Karena disini dapat terlihat terumbu karang dengan bentuk dan ukuran yang beragam serta kumpulan ikan-ikan kecil yang cantik.

Orang Bajo berkomunikasi dengan bahasa Bajo, tetapi juga menguasai beberapa bahasa semisal tentu saja bahasa Bima, bahasa Indonesia, beberapa di antaranya menguasai bahasa Makassar atau Bugis (ini karena awalnya “mungkin” mereka memiliki ikatan “darah” dengan orang-orang Bugis).

Secara fisik, orang bajo memiliki kulit yang lebih coklat jika di bandingkan dengan orang Bima. Hal ini mungkin saja karena pengaruh panas, air laut dan lingkungan.

Dari sini anda akan menyaksikan kesibukan mereka yang menjadi daya tarik tersendiri saat melihatnya. Selain melaut, masyarakat di Bajo Pulo juga mencari penghasilan dengan membudidayakan rumput laut dan memelihara ikan di dalam keramba yang diletakkan di tengah laut.

Pasir putih yang terhampar luar di Bajo Ele, sangat potensial jika di jadikan daerah wisata. Bahkan ke indahannya tidak kalah dengan Gili Lombok, Kuta Bali dan pantai-pantai lainnya. Dan tentunya sunset yang meredup di Pulau Bajo tiada duanya.

Terdapat juga sebuah telaga, yang dalam fabel (dongeng) sebelum tidur orang Bima dan tentu saja orang bajo sendiri sebagai “Talaga Ana Fari”, telaga bidadari. Telaga ini hanya berupa gua dengan cekungan “telaga” yang pada musim kemarau kerontang.

Terdapat juga sarang burung walet alam. Yang mana dari beberapa sumber, sarang ini menyumbang pajak bagi Pendapan Asli Daerah (PAD) yang lumayan tinggi bagi kabupaten Bima.

 

Galeri foto dari cerita tentang Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTB

Ada 3 foto di dalam Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 foto high-res.

pondok   pondok di pesisir pantai bajo - Bali & NTB : Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTBpemandangan pantai dari laut - Bali & NTB : Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTBkeindahan bajo pulo - Bali & NTB : Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTB
Diposting pada 30 May 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: Penginapan di NTB, menikmati, NTB, Akomodasi Bajo Pulo, Kawasan Pantai Bajo Pulo, burung, wisatawan .

Apa pendapatmu tentang Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Namalatu, Pantai Santai
Ambon tidak akan pernah bosan menawarkan kemolekan alam tropis pada tiap wisatawan. Tidak ...

Pantai Purwahamba yang Teduh d
Suburnya tumbuhan nyiur meneduhkan suasana di tepi pantai. Kenyamanan ini semakin bertambah indah ...

Pantai Batu Payung, Bengkayang
Pantai ini sebenarnya merupakan perkampungan nelayan Batu Payung, Bengkayang. Dinamakan Pantai Batu Payung, ...

Pantai Srau di Balik Deretan P
Pantau Srau tersembunyi di balik deretan perbukitan 25 km sebelah barat kota Pacitan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul –
Gili Air, Lombok – NTB
Pulau sirabunan, Nias – Sumatera U
Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan
Gili Sudak, Lombok – NTB
Pantai Pangandaran Daya Tarik Istimewa
Pantai Sereg, Cianjur – Jawa Barat
Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.