Pantai Candidasa, Karangasem – Bali

Rating: 87 out of 100, by 120 users
hamparan pasir di pesisir pantai candi dasa - Bali : Pantai Candidasa, Karangasem – Bali

Keindahan Bali memang tak ada duanya. Panorama dan eksotismenya sangat memanjakan mata setiap pengunjungnya. Tak heran kalau banyak diantara wisatawan yang selalu menjadi Pulau Bali sebagai tujuan wisata utamanya dikala liburan menyapa. Pulau wisata ini memang sangat pas kalau dijadikan arena untuk berlibur bersama keluarga dimana isteri dan anak-anak Anda diikutsertakan sehingga suasana dan nuansa berliburnya menjadi sangat mengasyikkan. Apalagi kalau Anda berkunjung ke Bali untuk tujuan berbulan madu maka dijamin pengalaman tersebut tak akan terlupakan sampai seumur hidup.

Candi Dasa adalah kawasan wisata pantai yang terletak di desa Candi Dasa, kecamatan Manggis, kabupaten Karangasem dan berjarak sekitar 80 km dari Denpasar. Keberadaan pantai Candi Dasa tidak sebagus pantai-pantai lain di Bali karena sebagian pantainya rusak oleh ombak-ombak Selat Badung yang tergolong besar, sehingga pantai ini dilindungi pengaman yang terbuat dari beton yang dikenal dengan krib. Namun Candi Dasa memiliki pemandangan alam yang sangat menawan di mana setiap pengunjung dapat menikmati fenomena sunset dan sunrise Pesona alam menjelang matahari tenggelam di kawasan wisata ini tidak kalah menarik dengan pantai Kuta.

Lokasi

Pantai Candi Dasa berada di Desa Candi Dasa, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Pulau Dewata Bali – Indonesia. Jaraknya sekitar 80 km dari Ibukota Denpasar atau bisa ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Fasilitas dan akomodasi

Dan yang selalu menjadi daya tarik kewisataan utama di Pulau Bali ialah pantai-pantainya yang indah memsona. Birunya air laut, deburan ombaknya yang sungguh besar namun tak membahayakan, angin laut yang sepoi-sepoi menebak dedaunan di sekeliling pantai ialah sebagian eksotisme yang bisa dirasakan di pantai Bali. Pantai-pantai di Bali juga sangat mengasyikkan kalau dijadikan sarana untuk memanjakan hobi berolahraga air semisal berselancar, berlayar, berenang, menyelam, dan lainnya karena fasilitasnya sudah sedemikian mumpuni. Anda pun akan semakin dimudahkan dengan bimbingan para tutor yang akan senantiasa memandu ketika hendak bermain water sport.

Di Candi Dasa terdapat ashram, sebuah tempat bagi umat Hindu dan juga terbuka untuk kalangan umum yang diberi nama Ashram Candi Dasa. Ashram ini merupakan salah satu dari ashram yang dimiliki Gedong Gandhi Ashram di Bali yang terletak di desa Candi Dasa, yang didirikan sejak tahun 1976 dan mengajarkan ajaran Mahatma Gandhi, tokoh anti kekerasan dari India.

Sebagai kawasan wisata pantai yang sudah banyak dikunjungi oleh berbagai turis baik lokal maupun mancanegara membuat pantai ini sudah memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap. Soal akomodasinya, terdapat beragam pilihan yang mayoritasnya berkelas melati dengan harga yang murah.

Namun meskipun kelas melati, kenyamanan dan fasilitasnya cukup memadai. Karena harganya murah itulah yang membuat banyak wisatawan lebih memilih untuk menginap dalam jangka waktu yang cukup lama (long stay) sehingga bisa menikmati dan mengeksplorasi segala keindahan dan fasilitas yang ada di sekitar Pantai Candi Dasa ini. Dan beberapa kawasan wisata yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Candi Dasa ini antara lain Tirta Gangga, Taman Ujung, Tenganan, Amed, Nusa Penida dan juga Nusa Lembongan.

Akomodasi di Candidasa

Banyak pilihan untuk akomodasi di Candidasa mulai dari penginapan yang simpel dan sangat terjangkau sampai hotel bintang tiga yang nyaman. Namun, ada juga Amankila, sebuah resort yang sangat mewah dengan fasilitas dan kualitas penginapan bintang lima. Amankila ini terletak di kawasan Manggis tepatnya di Pantai Buitan. Mahal karena memang tempat ini langsung menghadap ke Selat Lombok.

Resort dan hotel yang berkembang pesat selama 10 tahun belakangan memang mengadopsi suasana di Tiga Gili di Lombok, malahan persis seperti suasana Kuta 10 tahun lampau. Banyak bungalow dengan atap ilalang. Padahal untuk ukuran kantung turis sewanya termasuk murah meriah. Satu kamar dengan pendingin seadanya dan kasur yang cukup empuk bisa didapat dengan Rp 250.000 semalam. Kamar yang dengan keadaan serupa di Canggu atau Kuta sewanya 2 kali lebih mahal.

Wisata

Sebagai sebuah pulau, daratan Pulau Bali memang dikelilingi oleh lautan yang maha indah. Beberpa spot wisata yang berbasiskan pantai bisa dengan mudahnya dijumpai di Pulau Dewata ini. Candi Dasa merupakan salah satunya. Kawasan wisata pantai yang berjarak cukup jauh dari pusat kota Denpasar ini akan menawarkan panorama dan keindahan pantai yang tiada duanya. Pantainya memang agak disayangkan tidak sebaik dengan pantai-pantai wisata yang ada di Bali lainnya disebabkan oleh rusaknya sebagian kawasan pantai oleh ganasnya ombak-ombak Selat Badung. Keadaan tersebut memaksa beberapa bagian pantainya yang rusak tersebut dilindungi dengan pagar pengaman (krib) yang terbuat dari beton.

Di luar masalah itu, Candi Dasa ini memiliki pemandangan dan panorama laut yang tak kalah dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Bali. Pengunjung yang datang ke Candi Dasa bisa menyaksikan sunset secara sempurna kalau kebetulan cuaca di sekitar pantai ini sangat baik. Selain sunset, pun di pagi hari para wisatawan juga bisa menyaksikan fenomena sunrise atau matahari terbit atau naik dari peraduannya yang tak kalah indah dan mengagumkannya dibandingkan dengan sunsetnya. Bahkan sunset Pantai Candi Dasa ini bisa dibilang tak kalah keindahannya dibandingkan dengan sunset di pantai terkenal semisal Kuta, Jimbaran dan lainnya.

Dikala sunset menjelang, maka akan tampak bulatan matahari yang sangat jelas dan diiringi oleh lembayung senja berwarna merah-redup sehingga menimbulkan keadaan sekitar menjadi remang. Keadaan tersebut, bagi pasangan yang tengah dimadu kasih akan memberikan efek yang lebih mendalam dan tarikan impresinya lebih menyata. Makanya banyak diantara kalangan muda-mudi yang menantikan momen-momen tersebut dengan sepenuh jiwa bahkan bisa sekalian ikrar bahwa mereka akan sehidup-semati. Suasana yang serba romantis tersebut akan menciptakan sejuta perasaan yang sukar dilukiskan secara verbalistik.

Ketika sunrise di pagi hari, agak sedikit disayangkan kemunculan mataharinya tak bisa secara langsung disaksikan dari Candi Dasa ini karena biasanya tertutup oleh bukit. Hanya terlihat pancaran semburatan warna kemerahan bercampur dengan warna kuning dari kejauhan yang mana semakin siang akan terasa semakin kuat pancaran sinar tersebut. untuk dapat menyaksikan kemunculan matahari secara full biasanya pengunjung berjarah ke arah Tanjung Iri yang tak seberapa jauh dari akomodasi, tepatnya berada di sebelah timur kawasan Pantai Candi Dasa ini. Di lokasi tersebut, proses sunrise sangat terlihat menyata dan menggugah.

hamparan pasir di pesisir pantai candi dasa - Bali : Pantai Candidasa, Karangasem – Bali
goa lawah sebagai sarang kelelawar - Bali : Pantai Candidasa, Karangasem – Bali

Tak hanya memiliki pemandangan alam yang sangat memesona, Pantai Candi Dasa juga terkenal dengan beberapa daratan kecilnya di lepas pantai. Daratan-daratan kecil tersebut jaraknya sekitar 200 meteran dari pantai. Daratan-daratan tersebut dikenal dengan sebutan Gili Biaha dan Gili Memang dimana jarak keduanya sekitar 100 meter. Dan daratan yang berukuran paling besar ialah Gili Biaha dengan total luasanya sekitar 3 are. Kawasan daratan ini biasanya menjadi lokasi favorit para snorkeling mania karena dianggap memiliki keindahan bawah lautnya yang memukai.

Sedangkan kawasan lainnya yang tak kalah menarik dari daratan-daratan kecil tersebut ialah keberadaan danau buatan yang disebut dengan Lotus Lagoon. Lotus Lagoon sendiri merupakan cekungan buatan yang berada tepat di tengah-tengah Candi Dasa dan bersebelahan dengan pantai.

Ukuran danau buatan ini sendiri cukup besar sekitar 50 x 50 meter persegi yang mana ditengah-tengahnya nampak ditumbuhi oleh beberapa buah pepohonan seperti ketapang, beringin dan ada juga 4 buah patung berukuran kecil. Kawasan Pantai Candi Dasa juga dikenal sebagai sebuah tempat ideal untuk mempelajari yoga.

Suasana nya yang tenang dan nyaman memang pantas kalau mendukung untuk menjadi lokus berlatih yoga. Disini ada ashram yang telah berdiri sejak tahun 1976 silam. Ashram ini diberinama Ashram Candi Dasa yang merupakan tempat untuk belajar yoga dan dimiliki oleh Gedong Gandhi Ashram.

Suasana pantai sejak pagi juga menunjukkan pemandangan yang lain. Kita tak bakalan disergap oleh pemandu atau tukang cukung yang menawarkan layanan antar menyelam atau berkeliling alakadarnya. Mereka masih sibuk dengan urusan menangkap ikan petingan, mahi mahi yang nantinya mereka jual ke berbagai café dan warung di pinggir jalan di Candi Dasa. Hidangan laut hasil tangkapan nelayan di sekitar Candi Dasa inilah yang menjadi hidangan utama berbagai rumah makan yang tersebar di sepanjang sekitar 2 km kawasan indah di bagian timur pulau Bali ini.

Kehidupan malam juga seperti lumpuh, karena setiap tahun tamu yang datang secara bergerombol hanya di bulan november, itupun Cuma seminggu saja. Selebihnya mereka menghadapi masa paceklik yang panjang.

Candidasa diapit oleh Selat Lombok di bagian timur dan deretan pegunungan di bagian barat. Posisi yang unik ini memberikan Anda banyak pemandangan alam, baik laut maupun pegunungan.

Salah satu tempat yang paling penting untuk dikunjungi saat berada di Candidasa adalah Candi Goa Lawah. Lawah berarti kelelawar. Candi Goa Lawah ini adalah salah satu candi yang paling penting di Bali dan merupakan tempat yang disucikan oleh masyarakat Hindu Bali. Pantai yang ada di depan candi ini sering dijadikan tempat diadakan ritual pemakaman. Anda berani masuk dan menjelajahi gua ini? Anda bisa menemukan ratusan kelelawar yang bergantungan di dinding gua.

Wisata Kuliner Candidasa

Jalan utama yang terletak tepat di depan Pantai Candidasa menawarkan restoran yang beragam, terletak bersampingan satu sama lain. Ada beberapa restoran terbuka yang menawarkan pemandangan laut, ada juga yang mengandalkan makanan laut.

Makanan internasional dan lokal semuanya tersedia disini. Pelayanan yang ramah, musik yang bagus, presentasi makanan yang rapi, tempat nyaman, dan suasana yang santai menjadi karakteristik beberapa restoran terbaik di sini. Namun, apakah Anda tipikal orang Indonesia yang senang makanan yang punya banyak bumbu? Maka cobalah cari berbagai makanan yang ditujukan untuk penduduk lokal seperti misalnya banyak terdapat di kota Amlapura.

Sedangkan di banyak restorant yang menyediakan makanan laut kita bisa mendapatkan makanan berkwalitas dengan harga sedang. Sepiring pasta berikut salat hanya Rp 32.000. Sedangkan tuna curry atau mahi-mahi masak rica bisa didapat dengan Rp 25.000 saja. Harga yang hanya separo ketimbang di tempat lain di Bali.

Wisata Belanja di Candidasa

Selain banyaknya restoran yang enak di tempat ini, ada juga banyak toko yang menjual obyek seni di jalan utama Candidasa. Kebanyakan buka selama 12 jam setiap harinya, kecuali mungkin beberapa toko tutup lebih awal. Barang-barang produk cinderamata lokal, barang-barang kerajinan tangan dan obyek seni terdapat disini dengan harga yang murah, apalagi kalau Anda mahir bernegosiasi.

Disaat sunset terjadi matahari nampak terlihat lebih bulat dan seolah masuk diantara bebukitan yang ada di kawasan Candi Dasa. Sedangkan ketika pagi menjelang biasanya pemandangan matahari terbit (sunrise) tidak akan terlihat karena terhalangan oleh beberapa bukit yang cukup tinggi. Jika Anda ingin menikmati sunrise maka bisa menuju ke daerah Tanjung Iri di sebelah timur. Candi Dasa juga terkenal dengan penginapannya yang murah sehingga tak sedikit diantara wisatawan yang kemudian memilih tinggal lebih lama disini (long stay).

 

Galeri dari informasi tentang Pantai Candidasa, Karangasem – Bali

Ada 6 foto di dalam Pantai Candidasa, Karangasem – Bali informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

fasilitas yang sudah tertata rapi di pantai candi dasa - Bali : Pantai Candidasa, Karangasem – Balihamparan pasir di pesisir pantai candi dasa - Bali : Pantai Candidasa, Karangasem – Balihotel rama candidasa - Bali : Pantai Candidasa, Karangasem – Balikehidupan bawah laut pantai candi dasa - Bali : Pantai Candidasa, Karangasem – Balipesona pantai candidasa - Bali : Pantai Candidasa, Karangasem – Baligoa lawah sebagai sarang kelelawar - Bali : Pantai Candidasa, Karangasem – Bali
Diposting pada 4 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali.
Tag: hidangan, turis, pantai bali, Penginapan Pantai Candidasa, pantai kuta, goa, pemandangan alam .

Apa pendapatmu tentang Pantai Candidasa, Karangasem – Bali

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Candidasa, Karangasem – Bali Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Laguna Ujung Lancang La
Pantai Laguna Ujung Lancang terletak di desa Merpas, kecamatan Nasal, kabupaten Kaur. Merupakan ...

Pantai Sembulang, Batam –
Pulau Batam maupun wilayah-wilayah di Kepulauan Riau tidak akan terlepas dari unsur bahari. ...

Indahnya Pantai Mutun Plus Bon
Selain pantai pasir putih dan kalianda, lampung memiliki pantai lain yang tak kalah ...

Pantai Galesong Utara, Takalar
Pantai Galesong Utara, Pengunjung pantai ini bisa melakukan perjalanan kurang lebih 30-45 menit ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Nampu di Wonogiri
Pulau Bakut, Barito Kuala – Kalimantan
Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat
Pantai Merak Belantung Kalianda
Pantai Sadranan Menakjubkan di Gunung Ki
Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur
Pantai Benete, Sumbawa – NTB
Pantai Atuh Bali – Pasir Putih yan

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.