Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali

Rating: 87 out of 100, by 120 users
perahu perahu di pantai goa lawah - Bali : Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali

Pariwisata Bali seolah tak akan pernah ada habisnya untuk dibahas dan diketengahkan. Negeri ini patut bersyukur karena Bali merupakan kawasan wisata bertaraf dunia yang termasuk menjadi bagian didalamnya sehingga mampu menghasilkan devisa dari sektor wisata dengan angka yang cukup signifikan.

Panorama dan keindahan Bali senantiasa membuat setiap orang yang mengunjunginya terkagum-kagum dan terpesona sehingga banyak diantaranya yang kemudian mengunjungi Pulau Dewata ini secara berulang kali.

Bali memang pantas untuk dipuja dan dikagumi. Keindahan alam yang bak surgawinya tak mampu dideskripsikan hanya dengan kata atau tulisan saja. Pesonanya tak hanya selesai hanya dengan dibayangkan atau direnungkan saja, namun perlu didatangi dan dieksplorasi berbagai objek wisata yang ada didalamnya.

Lokasi

Pantai Goa Lawah berlokasi di Desa Pesinggahan, Dawan, Klungkung, Pulau Dewata Bali – Indonesia. Jaraknya sekitar 4 km saja dari Ibukota Klungkung, Semarapura dan sekitara 30 km jika ditempuh dari Ibukota Denpasar. Memerlukan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Denpasar jika menggunakan kendaraan bermotor.

Fasilitas

Berbagai fasilitas yang telah disiapkan di kawasan wisata ini antara lain areal parkiran yang cukup luas, toilet, warung yang menjual aneka makanan dan minuman dan lainnya.

Wisata

Keanekaragaman tempat wisata di Bali yang sangat variatif juga menjadi Bali banyak difavoritkan oleh mayoritas orang karena semua keinginan wisata yang ada di benak tiap-tiap wisatawan bisa kemudian diakomodasi oleh pulau ini. Lantas, apakah Anda pernah berkunjung ke Pulau Bali? Jika belum, maka kinilah saatnya untuk berpetualang di alam indah sekelas nirwana.

Bali terkenal sebagai kawasan wisata yang dikelilingi oleh pantai-pantainya yang super indah. Pantai-pantai tersebut memiliki ciri dan kelebihannya tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya. Ada pantai yang riuh karena namanya sudah sebegitu terkenalnya sehingga banyak wisatawan yang mengunjungi semisal Pantai Kuta, Dreamland, Seminyak dan lainnya.

Ada juga pantai yang belum begitu terkenal sehingga tempatnya masih sangat alami, bersih, lingkungannya asri dan seterusnya sehingga pantai-pantai ini sangat cocok untuk digunakan menyepi atau sekadar mencari inspirasi. Pilihan-pilihan itu tentu saja sangat tergantung dari preferensi Anda sendiri.

Dan Pantai Goa Lawah merupakan salah satu pantai alami yang cenderung masih belum banyak dikunjungi oleh kalangan wisatawan. Pantai ini termasuk dalam kawasan Klungkung dan jaraknya tak seberapa jauh dari Ibukota Denpasar. Pantai ini dicirikan dengan pasirnya yang berwarna hitam dan memiliki ombak yang tergolong tenang sehingga tak membahayakan.

Bentuk bibir pantainya sendiri terlihat memanjang dan suasananya masih sangat alami menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata favorit pelancong domestik maupun asing.

Pantai Goa Lawah ini biasanya akan nampak ramai sekali oleh kalangan pengunjung terutama ketika hari-hari besar keagamaan tiba atau hari libur nasional menjelang. Pantai ini sangat pas untuk berlibur Anda dan keluarga dengan membawa serta si buah hati supaya suasana berliburnya menjadi semakin mantap dan mengesankan.

Kawasan pantai ini ternyata tak hanya menjadi tujuan favorit kalangan wisatawan semata, namun juga banyak dijadikan spot menarik oleh para nelayan untuk menjaring ikannya. Sehingga ketika Anda berkunjung kesini maka bisa sekalian menyaksikan berbagai aktifitas yang tengah dikerjakan oleh para nelayan tersebut.

Budi daya mutiara

Pantai Goa Lawah juga ternyata dipandang sebagai tempat yang seksi oleh para pebisnis mutiara baik investor dalam negeri maupun asing. Investor Jepang misalnya, banyak yang tertarik untuk menjadikan pantai ini sebagai basis usaha pembudidayaan kerang mutiara yang mana para pekerjanya mayoritas berasal dari warga sekitar.

Sehingga kawasan ini juga dikenal sebagai basis budidaya mutiara yang potensial dan profitable. Pada awal segala sektor bisnis sulit untuk berkembang di daerah ini terutama dalam hal perizinanya. Namun akhirnya investor-investor mutiara dari luar negeri bisa menjalankan bisnisnya disini karena dianggap bisa menjadi penggerak industri lokal dan mempekerjakan banyak karyawan dari penduduk setempat.

Goa lawah dan pura pura goa lawah

Yang menarik dari pantai ini tak hanya panorama dan keindahan Pantai Goa Lawahnya, juga keberadaan pura yang tak seberapa jauh dari pantai. Namanya ialah Pura Goa Lawah yang posisinya berseberangan dengan pantai.

Keberadaan pura yang dinilai sakral dan artistik itu menjadikan pantai ini juga kerap dijadikan tempat untuk menggelar berbagai upacara keagamaan suci semisal Melasti dan Melarung Bumi. Sehingga orang-orang seakan tumplek blek ketika hari-H upacara—upacara besar keagaman itu tiba.

Keberadaan Goa Lawah tentu menarik banyak pengunjung pantai karena keberadaannya yang tepat di pinggir pantai dengan pemandangan lautnya yang membentang dan khas. Dari Pantai Goa Lawah tak jarang para pengunjung bisa menyaksikan secara langsung beragam kegiatan keagamaan yang sedang digelar di pura tersebut.

Pengunjung juga bisa menyaksikan keunikan dan daya tarik lainnya yakni keberadaan kelelawar yang mungkin bagi sebagian orang merupakan hewan menjijikan namun bagi sebagian kalangan lainnya dianggap sebagai hewan yang estetis dan menarik untuk dijadikan objek potret.

Ditinjau dari asal-usul katanya sendiri, Goa Lawah ini berasal dari dua kata yakni Goa dan Lawah. Kata “Lawah” sendiri berarti kelelawar sehingga kata Goa Lawah memiliki makna Goa Kelelawar. Hal itu sesuai dengan namanya karena didalam goa ini dihuni oleh ribuan ekor kelelawar yang nampak bergelantungan di bibir goa.

Sementara Pura Goa Lawah ini termasuk dalam Pura Kahyangan Jagat yang merupakan sebuah pura yang disucikan dan sangat dijaga eksistensinya oleh warga setempat. Tampak di pelataran goa ini beberapa meru dan sthana.

senja dipantai goa lawah - Bali : Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali
pasir hitam pantai goa - Bali : Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali

Sementara profesi penduduk yang tinggal di sekitar pantai dan goa ini mayoritasnya bermata pencaharian sebagai nelayan, pekerja dan juga pedagang.

 

Galeri foto dari berita tentang Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali

Ada 6 potret di dalam Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

senja dipantai goa lawah - Bali : Pantai Goa Lawah, Klungkung – Baliupacara di pura gua lawah - Bali : Pantai Goa Lawah, Klungkung – Balipantai goa lawah - Bali : Pantai Goa Lawah, Klungkung – Balipasir hitam pantai goa - Bali : Pantai Goa Lawah, Klungkung – Baliperahu perahu di pantai goa lawah - Bali : Pantai Goa Lawah, Klungkung – Balipura goa lawah - Bali : Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali
Diposting pada 7 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali.
Tag: melarung bumi, waru, panorama, seminyak, surga, hari libur, melasti .

Apa pendapatmu tentang Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Poto Batu, Sumbawa R
Pantai Poto Batu – Tak akan pernah ada habisnya jika membicarakan keindahan alam ...

Pantai Waisai Tercinta, Raja A
Pantai Waisai Tercinta – Nama dari pantai ini, mungkin kedengaran cukup unik. Sesuai ...

Pantai Pangumbahan Ujung Gente
Pantai Pangumbahan adalah kawasan pantai di Ujung Genteng yang menjadi kawasan cagar alam ...

Pantai Cijayana Pameungpeuk Ga
Pantai Cijayana merupakan salah satu pantai di daerah Pameungpeuk-Garut yang sangat berpotensi untuk ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Tiga, Dua, Satu Di Selatan Ambon &
Pantai Lahilote, Lengkungan Garis Pantai
Pantai Tanjung Pesona Bangka Belitung
Pantai Mak Jantu, Singkawang – Kal
Pantai Slopeng Pesona Pantai Utara Sumen
Pantai Tropical, Sumbawa – NTB
Pantai Balat, Sumbawa – NTB
Pantai Ratenggaro, Sumba – NTT

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.