Pantai Tanah Lot Bali

Rating: 89 out of 100, by 106 users
Siluet Sunset Tanah Lot - Bali : Pantai Tanah Lot Bali

Tanah Lot sebuah objek wisata di Bali yang menawarkan keindahan alam saat matahari terbenam. Keunikan Pura Tanah Lot ialah tempatnya yang terletak di tengah laut kira-kira 300 meter dari bibir pantai, terdapat juga batu karang yang di tengahnya terdapat gua besar.

Di sebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan yang melengkung.

Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan dan merupakan pura laut tempat pemujaan dewa penjaga laut.

Di bawah dan di sebelah barat terdapat sumber air tawar yang merupakan air suci bagi Umat Hindu. Apabila turun ke pantai antara Pura Tanah Lot dengan tebing, maka pada bulan tertentu akan menyaksikan matahari terbenam dimana bola matahari yang berwarna merah akan tepat berada di lobang tebing, seperti mata yang lelah memandang dunia. Sayangnya pemandangan ini hanya dapat disaksikan pada bulan-bulan tertentu yaitu saat matahari tenggelam condong ke utara.

Pada beberapa lorong tebing karang di sekitar Pura Tanah Lot terdapat ular-ular belang yang jinak dan dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai penjaga pura. Di sekitar pura juga terdapat mata air tawar dan dapat dilihat apabila air laut sedang surut. Keberadaan mata air itulah yang menjadi salah satu pertimbangan ketika tempat ini dipilih sebagai lokasi pura tersebut.

Kata Tanah Lot terdiri dari kata “Tanah” yang diartikan sebagai batu karang, “Lot” atau “Lod” berarti laut. Jadi Tanah Lot dimaksudkan yaitu tanah yang ada di tengah laut. Pura Tanah Lot didirikan pada abad ke-15 oleh Pedanda (pendeta) Hindu bernama Bawu Rawuh atau Danghyang Nirartha yang berasal dari Kerajaan Majapahit. Dan hyang Niratha dalam perjalanannya untuk menyebarkan agama Hindu dari tanah Jawa pada abad ke-16. Sebelum memberikan petunjuk untuk mendirikan pura di tempat ini, beliau merasakan adanya getaran-getaran kesucian dan mendapatkan kesempurnaan bathin.

Menurut Legenda Danghyang Nirartha yang menganut ajaran Hindu berhasil menguatkan kepercayaan masyarakat setempat untuk tentang ajaran Agama Hindu. Seorang pemimpin suci di tempat itu yang bernama Bendesa Beraban merasa tersaingi karena banyak pengikutnya menjadi pengikut Danghyang Nirarta.

Kemudian Bendesa menyuruh Danghyang Nirartha pergi meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi tapi sebelum meninggalkan Tanah Lot dengan segala kekuatannya ia memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai dan membangun pura disana.

Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warnanya hitam berbelang kuning. Bendesa Beraban merasa takjub dan kemudian menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Sebagai sebuah obyek wisata, Tanah Lot telah dikelola secara profesional yang dilengkapi dengan fasilitas parkir, toilet, art shop, restoran, hotel, open stage, tourist information centre, dan fasilitas security dan safety. Dengan membayar tiket masuk maka seluruh pengunjung telah dilindungi dengan asuransi kecelakaan. Begitu pula dengan layanan parkirnya, setiap kendaraan yang masuk ke wilayah tanah lot dengan membayar retribusi parkir secara langsung sudah dilindungi dengan asuransi.

Transportasi

Pura Tanah Lot terletak di pinggir pantai wilayah Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jaraknya sekitar 30 km di sebelah barat kota Denpasar dan sekitar 11 km di sebelah selatan kota Tabanan atau sekitar 43 kilometer dari kawasan wisata Kuta.

Pura Tanah Lot dibangun diatas bukit dan dapat dicapai dalam beberapa menit dengan berjalan kaki, karena jaraknya hanya sekitar 100 meter dari bibir pantai, bila air laut sedang surut.

Kegiatan

Saat hari raya Odalan yang diperingati setiap 210 hari sekali, jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu Anda dapat menyaksikan orang Bali bersembahyang di Pura Ini.

Dengan keindahan panorama tersebut, Anda dapat menikmati makan pagi dan makan siang yang mewah. Anda dapat bersantai ditemani makanan dan minuman favorit. Anda akan akan terpesona melihat langit kemerahan yang melingkupi pura ketika matahari terbenam, deburan ombak yang menghantam karang, panorama yang romantis, dan laut biru yang dalam. Sebagai tempat wisata favorit di Bali, tanah lot memberikan kenangan yang tak terlupakan.

Beberapa tempat di sekitar Tanah Lot yang dapat Anda nikmati adalah berikut ini ;

Sunset terrace
Sunset terrace merupakan salah satu tempat di areal Tanah Lot yang menyediakan tempat yang tepat untuk menciptakan suasana yang tak terlupakan saat sunset berlangsung. Dengan keindahan panoramanya, Anda dapat menikmati makan pagi dan makan siang yang mewah. Anda dapat bersantai sambil mencicipi makanan dan minuman khas Bali sekaligus menikmati panorama Pura Tanah Lot ketika air laut pasang.

Jika air laut pasang maka pura ini akan kelihatan seperti sebuah perahu terapung di atas air. Di Tanah Lot Anda dapat menyaksikan bulan purnama di malam hari dan tenggelamnya matahari di kaki langit, merupakan suatu pemandangan yang sangat indah sambil ditemani secangkir teh atau kopi.

Batu Bolong
Pura Batu Bolong berlokasi sekitar 100 meter di sebelah barat Pura Enjung Galuh, tepatnya di Enjung Batu Bolong di mana batu yang menjorok ke laut tersebut berlubang di tengahnya. Pura batu bolong merupakan tempat untuk memuja kepada tuhan demi kesucian. Pura Batu Bolong merupakan tempat yang sering digunakan untuk menggelar Upacara Melasti.

Enjung Galuh
Pura Enjung Galuh berlokasi berdampingan dengan Pura Jero Kandang, tepatnya di Enjung Galuh, “njung” berarti batu karang yang menjorok ke laut. Pura Enjung Galuh didirikan untuk memuja dewi kemakmuran, yaitu Dewi Sri Shakti.

Cultural Park
Surya Mandala merupakan salah satu tempat yang tepat untuk pagelaran kesenian, pameran, konferensi, dan tentunya dapat pula untuk menikmati pemandangan dan bersantai. Pagelaran kesenian yang digelar tiap hari adalah tarian kecak dengan tiket Rp. 50.000/orang.

Pasar seni
Obyek wisata Tanah Lot dilengkapi dengan fasilitas berupa pasar seni bagi Anda yang ingin membeli berbagai jenis oleh-oleh kesenian khas Bali.

Akomodasi

Setelah puas menikmati indahnya Tanah Lot, berbagai macam tipe penginapan juga banyak tersedia di sekitar wisata Tanah Lot , mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang. Anda bisa memilih penginapan sesuai dengan selera dan sesuai kantong tentunya.

Berbelanja

Di awal jalan masuk ke Tanah Lot banyak terdapat art shop yang menawarkan produk kerajinan lokal. Pasar seni juga menjajakan berbagai jenis oleh-oleh kesenian khas Bali seperti baju, kain bali, udeng, topi, sandal, pernak-pernik, perhiasan, lukisan, patung, dan barang lainnya yang menarik. Di sekitar situ juga terdapat kedai minuman dan makanan.

Dari areal parkir ke area pura Anda akan jumpai banyak toko-toko yang menawarkan pakaian, kalung, bingkai, tatoo, minuman dan aneka suvenir khas Bali lainnya.

Tips

Di bawah Pura Tanah Lot terdapat beberapa gua yang di dalamnya hidup beberapa ekor ular besar dan kecil berwarna hitam berbelang kuning. Ular-ular ini sangat jinak namun tidak boleh diganggu. Ada yang menyebut bahwa ular ini mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra.

Seluruh pengunjung obyek wisata Tanah Lot sebelum memasuki kawasan obyek wisata, akan membeli tiket masuk dan tiket parkir pada pos penjualan tiket. Anda sebaiknya tetap membawa tiket yang sudah dibeli untuk pengecekan pada saat memasuki kawasan obyek pada pos checking tiket. Tiket yang sudah dibeli sudah termasuk jaminan asuransi kecelakaan pengunjung dan kendaraan yang diparkir. Seluruh pengunjung tidak diperkenankan masuk ke dalam lingkungan pura yang ada di seluruh kawasan obyek wisata Tanah Lot.

Kawasan obyek wisata Tanah Lot adalah kawasan suci, maka Anda diharapkan berpakaian sopan, tidak berkata-kata kasar dan tidak melakukan tindakan yang tidak senonoh. Saat ada acara ritual keagamaan, Anda diharapkan tertib, mengambil jarak yang cukup dan tidak memfoto secara close up saat acara prosesi agar tidak mengganggu jalannya upacara ritual.

Keindahan Pantai Tanah Lot - Bali : Pantai Tanah Lot Bali
Siluet Sunset Tanah Lot - Bali : Pantai Tanah Lot Bali

Kawasan obyek wisata Tanah Lot merupakan kawasan pantai laut selatan dengan ombak yang cukup besar. Oleh karena itu Anda diharapkan berhati-hati dan mematuhi tanda-tanda larangan jika bermain di kawasan pantai. Keselamatan tetap menjadi tanggung jawab diri Anda sendiri.

Seluruh satwa dan tanaman yang ada di obyek wisata Tanah Lot dilindungi, karenanya Anda diharapkan ikut menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Kawasan obyek wisata Tanah Lot merupakan kawasan tertib membuang sampah.

Jika Anda membutuhkan bantuan tentang informasi dan lokasi silakan hubungi staf operasional obyek wisata Tanah Lot di tourist information desk.

Galeri dari posting tentang Pantai Tanah Lot Bali

Ada 6 foto di dalam Pantai Tanah Lot Bali posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

Sisi Lain pantai Tanah Lot - Bali : Pantai Tanah Lot BaliSiluet Sunset Tanah Lot - Bali : Pantai Tanah Lot BaliPura Pantai Tanah Lot - Bali : Pantai Tanah Lot BaliKeindahan Pantai Tanah Lot - Bali : Pantai Tanah Lot BaliPasar Oleh oleh Tanah Lot - Bali : Pantai Tanah Lot BaliTanah Lot Bali - Bali : Pantai Tanah Lot Bali
Diposting pada 3 October 2013 - Oleh dian - Kategori Bali.
Tag: pantai di bali, wisata alam, uluwatu, Info Bunaken, tebing karang, objek wisata, air tawar .

Apa pendapatmu tentang Pantai Tanah Lot Bali

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tanah Lot Bali Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sendang Biru dan Pulau
Salah satu daerah tujuan wisata pantai di Malang adalah Pantai Sendang Biru dengan ...

Pantai Karma Kandara Wisata Fa
Pantai Karma Kandara terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Jarak ...

Pantai Kertasari, Sumbawa R
Sumbawa Barat dikenal dengan jajaran pantainya yang indah dan sebagian masih ‘perawan’, dari ...

Pantai Petitenget dan Pura Kun
antai ini terkenal memiliki keindahan pesisir yang berbalut pasir berwarna putih. Gelombang ombak ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Tiram, Padang Priaman – Sumater
Pantai Sinam & Tanjung Datu, Sambas
Pantai Modangan, Malang – Jawa Timur
Pantai Rontu, Sumbawa – NTB
Pulau Datu, Tanah Laut – Kalimantan Se
Pantai Liang, Pantai Hunimua Maluku
Pantai Bandengan (Tirta Samudera) Jepara
Pantai Salira di Serang Banten

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.