Pulau Dewata Bali

Rating: 86 out of 100, by 130 users
seminyak Pulau Bali - Bali : Pulau Dewata Bali

Inilah pulau yang paling terkenal di Indonesia. Tempat mengagumkan yang menyimpan gabungan keindahan lanskap alam spektakuler dan budaya yang begitu memikat. Keindahannya selaras dengan orang-orang yang hangat dan ramah. Di sini kebudayaan terus dilestarikan dari generasi ke generasi. Ada dan tiada wisatawan maka riuh adat dan genderang bunyi tabuhan alat musik tradisional dipentaskan.

Sebagai destiansi paling popular di Indonesia, Bali memiliki resort terbaik di dunia berpadu dengan pantai menawan dan kehidupan malam yang meriah. Majalah Travel and Leisure memilih Bali sebagai  World’s Best Island tahun 2009, sementara Lonely Planet’s memilih Bali sebagai peringkat kedua Best of Travel 2010.

Bali dikenal dengan sebutan pulau dewata, pulau seribu pura, atau pulau surga. Keindahan alam luar biasa, seperti gunung berapi yang tampak dekat dan besar, sawahnya yang menghampar hijau memberikan rasa damai dan ketenangan, serta butiran pasir dan keindahan lautnya yang mengagumkan. Rasakan oleh Anda sepoi-sepoi dan awan berarak-arak di langit seolah menjadi persembahan keindahan alam yang tiada habisnya.

Di Bali akan Anda temukan keagungan karya seni dan budaya. Lekuk detail dan simbol-simbol yang seolah lahir dari kreativitas tanpa batas dan terus saja menyempurnakan diri. Bali juga memiliki tariannya yang dramatis dan upacara adatnya yang beragam, seni dan kerajinan tangannya yang indah dan berkualitas.

banyak hal menarik yang ditawarkan pulau eksotis ini, mulai dari kehidupan spiritualnya sampai kuliner dan pengalaman luar biasa, dari surfing, diving sampai trekking di hutan yang menantang keberanian Anda.  Anda akan menemukan pura indah yang dibangun dengan mengagumkan kemanapun Anda menjejakan kaki di pulau magis bermagnet ini.

Masyarakat Bali yang menganut agama Hindu Bali yang taat, sebagian besar hidupnya didedikasikan dalam upacara adat yang bertujuan untuk memelihara keharmonisan di dunia. Oleh karena itu, pulau kecil ini menyimpan banyak kejutan budaya di dalamnya.

Bali adalah tempat berkumpulnya berbagai wisatawan dari seluruh dunia, mulai dari wisatawan yang datang untuk berselancar di ombak Pantai Kuta, Uluwatu dan Dreamland, sampai wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan panorama pegunungan dan danau di Danau Batur, Kintamani, atau Beratan di Bedugul, sampai wisatawan yang datang hanya untuk berbelanja atau menghabiskan waktu di pantai.

Transportasi

Dengan penambahan penerbangan langsung dari berbagai belahan dunia, datang ke Bali sangat mudah. Penerbangan dari Jakarta ke Bali sekitar 1,5 jam.

Sedangkan rute lain menuju Bali adalah melalui Banyuwangi dengan menggunakan feri, berada di wilayah timur Jawa Timur. Waktu menyebrang sekitar 30 sampai 45 menit dari Banyuwangi ke Ketapang di Bali. Dari Bali, Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda ke Lombok, di Nusa Tenggara Barat. Dengan menggunakan feri selama 4 jam ke pelabuhan dan transit terlebih dahulu di pelabuhan Lembar.

Ada banyak jenis transportasi yang siap membantu Anda berkeliling Bali. Paket perjalanan yang bervariasi mulai dari setengah hari, sehari penuh sampai dengan malam hari tersedia di hotel tempat Anda menginap atau dari agen perjalanan yang bertebaran dimana-mana dan perencana perjalanan yang berlimpah di Bali. Anda dapat menyewa sepeda atau motor yang banyak tersedia di Bali.

Hal yang paling penting selama dalam perjalanan di Bali adalah bersabar. Biasanya prosesi upacara sering menggunakan seluruh bagian jalan jadi jika Anda terjebak dalam keramaian tersebut maka nikmatilah pengalaman karena akan menjadi pengalaman yang unik dari ritual yang sulit ditemukan di tempat lain.

Akomodasi

Banyak resor bagus menawarkan penginapan yang mewah. Kebanyakan hotel berbintang terletak di Kuta. Selain itu, hotel-hotel tersebut biasanya memilikiprivate spot di pantai-pantai tertentu. Anda dapat menemukan dengan mudah spot populer seperti Kuta atau Sanur.

Jika Anda berada di dataran tinggi yang menenangkan seperti Ubud, lupakan hotel berbintang. Kerena Anda berada di Ubud untuk menikmati suasananya. Pilihlah penginapan kecil yang berderet di sepanjang jalan Ubud.

Pada Ubud Readers and Writers Festival tahun 2007, seorang pria berkursi roda menginap di sebuah penginapan kecil di Monkey Forest . Ia mengalami kesulitan menuruni tangga di bungalownya. Lalu dia melewatkan festivalnya. Ketika ia kembali pada malam harinya, pemilik penginapan telah membuat jalan khusus menuju bungalownya. Itulah tipikal keramahan Bali.

Jika Anda telah memilih destinasi di Bali, lihatlah Travel Directory kami. Lihat pilihan apa yang terdekat.

Akmani Legian

Jalan Legian Raya 91, Legian,

Temukan hotel ini di Jalan Legian dengan konsep yang unik dimana desain bangunannya begitu minimalis modern. Ada sekira 154 kamar beserta elemen kelengkapan yang memuaskan. Lokasinya yang berada di pusat wisata Bali menjadikan Anda dapat menjangkau berbagai tempat menarik dengan langkah kaki.

Park Regis Kuta

Hotel bintang empat ini memiliki 175 kamar dengan furniture modern dan kelengkapan yang amat memadai. Tersedia tipe kamar standard, studio loft, junior suites, pool suites, dan deluxe pool suites. Lokasinya berada di Jalan Raya Kuta dimana di sekitarnya berjejer pusat hiburan, cafe dan restoran, serta pusat perbelanjaan.

Rimba Jimbaran Bali

Sebagai hotel bintang lima, tempat ini adalah akomodasi sempurna saat menikmati liburan di Bali. Tersedia pula hotel kelas dunia di dalamnya, layanan spa, dan kelengkapan berkelas lainnya. Karena merupakan bagian dari Ayana Resort and Spa Bali maka di kawasan seluas 77 hektar ini Anda dapat memilih salah satunya, apakah Ayana yang menghadap Samudera Hindia atau Rimba Jimbaran sendiri yang berada di atas bukit dengan pepohonan tropis bak berada di sebuah hutan.

Quest Hotel Tuban, Bali

Quest Hotel Tuban diresmikan pada 16 Maret 2012. Berlokasi di Jalan Kediri hanya berjarak 5 menit dari Bandar Udara Bali. Hotel bintang 3 plus ini memiliki 95 kamar dengan luas berukuran 39 hingga 42 m². Ukuran tersebut lebih besar dari umumnya luas kamar hotel di Bali. Kelengkapannya seperti juga resetoran ternama yang lain, yaitu memiliki restoran eklektik, kolam renang dan pelayanan spa lengkap. Quest Hotel Tuban terbilang terjangkau bagi Anda yang ingin menggabungkan bujet hotel dengan standar pelayanan terbaik ramah lingkungan. Quest Hotel ditargetkan untuk Anda yang memiliki standar tinggi, menghargai desain memikat, serta memperhatikan setiap detilnya.

Wisata

Pantai

Pantai berpasir putih di Bali adalah tempat favorit bagi keluarga yang sedang berlibur. Ada berbagai olahraga air yang tersedia, seperti banana boat, parasailing, jet skiing, berenang atau hanya sunbathing. menyambangi pulau-pulau di sekitar Bali, naik kapal selam dan melihat kehidupan bawah laut dari dalam kapal selam yang aman. Pantai yang paling terkenal di Bali adalah Pantai Kuta, sebuah tempat terbaik untuk melihat sunset yang dramatis dan memesona.

Di sepanjang pantai ini berderet hotel-hotel, mulai dari hotel bintang lima sampai homestay, restoran, toko, dan kafe. Sementara malam hari kawasan ini mulai meriah dengan beragam club malam dan bar.

Apabila Anda lebih memilih menikmati malam yang tenang, pergilah ke Jimbaran, tempat yang terkenal dengan barbeque seafood saat malam hari sambil melihat dari kejauhan pesawat yang mendarat dan take off dari bandara Ngurah Rai. Di sini Terletak hotel-hotel terbaik di Bali seperti Four Season dan Bali Intercontinental hotel. Jimbaran juga terkenal dengan tari Barongnya.

Ke sebelah barat Kuta terdapat Legian dan Seminyak. Di sisi lain semenanjung terdapat Pantai Sanur yang juga merupakan tempat berjamurnya hotel dan restoran. Ada juga Nusa Dua jika Anda lebih memilih pantai-pantai yang lebih sepi dan menghadap ke hotel-hotel mewah.

Surfing dan Diving di Bali

Start point bagi para peselancar biasanya di Pantai Kuta. Namun, ombak  terbaik di Bali ada di Uluwatu, bagian paling selatan Pulau Bali, tempat yang sering dijadikan ajang kompetisi selancar internasional. Waktu untuk berselancar terbaik adalah bulan April hingga September ketika angin bertiup ke tenggara.

Para peselancar juga menyukai ombak di Nusa Lembongan dekat Nusa Penida, pulau yang berada di tenggara Bali dan menghadap ke Samudera Hindia. Pulau-pulau ini berjarak 45 menit dengan menggunakan perahu dari Nusa Dua atau Sanur. Di sini ombaknya dikenal dengan Playground Surf Break, Shipwreck Surf Break, Ceningan Reef Surf Break sampai Lacerating Surf Break.

Di Nusa Penida, arus ombaknya kuat karena selat ini memisahkan Bali dari Lombok. Di bagian barat daya Nusa Penida terdapat Manta Point dan Malibu Point tempat bagi penyelam untuk berenang bersama Travally, big rays, dan bahkan hiu. Di Blue Corner Anda bisa menemukan ikan Moia

Moia. Di ujung paling timur Bali terdapat Padang Bay dan Cemeluk, yang lebih dikenal dengan Pantai Amed yang sangat cocok untuk diving, di tempat ini Anda akan disapa oleh cardinal fish, black snappers, dan damsel fish.

Sementara di pesisir barat-utara Bali di Taman Nasional Bali Barat, spot diving terbaik ada di Menjangan dengan karang yang datar, reruntuhan jangkar, taman belut, dan gua-gua untuk dijelajah. Dekat dan masih di Taman Bali Barat.

Arung Jeram, Bersepeda, dan Eko-tur

Bali mengajak Anda untuk memompa adrenalin dengan arung jeram menuruni Sungai Ayung yang spektakuler di Ubud. Di sini Anda juga bisa bermain bungy jumping dari atas tebing yang tinggi hinga hampir menyentuh sungai.

Jika Anda senang bersepeda, Ubud dan sekelilingnya adalah kota yang indah untuk bersepeda, seperti dalam film “Eat, Pray, Love”. Ada juga jalan setapak untuk bersepeda di Uluwatu bagian selatan. Pendaki gunung akan suka mendaki Gunung Agung. Mulailah pendakian dari belakang pura atau melalui desa Sebudi.

Namun, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu dari petugas pura, karena agama di Bali melarang seseorang berdiri lebih tinggi dari pada pura terutama ketika upacara sedang berlangsung. Pendaki yang berpengalaman menghabiskan waktu 6 sampai 8 jam dan Anda disarankan untuk memulai pendakian pada pagi hari dan dikawal oleh pemandu yang berpengalaman.

Taman Nasional Bali Barat

Bagi Anda yang menyenangi trekking, bertandanglah ke Taman Nasional Bali Barat. Taman nasional ini seluas 76.312 hektar, berada di kabupaten Jembrana dan Buleleng. Memasuki sisi Jembrana di Melaya dekat dengan jalan tol Denpasar-Gilimanuk. Taman nasional ini menawarkan alam tropis yang masih alami dan merupakan rumah bagi burung beo yang langka yang masih tersisa seratusan ekor.

Burung ini berwarna putih yang nan cantik, dengan ujung sayap berwarna hitam dan garis biru disekitar matanya. Di sini juga terdapat Javan buffalo atau banteng yang langka, dengan 30 sampai 40 ekor yang masih tersisa di kedalaman hutan. Hewan lain yang ada di sini antara lain, rusa, kancil, macan tutul, musang, beruk, dan beberapa jenis kera lainnya.

Pengunjung yang ingin ke Bali Barat harus mendapatkan izin terlebih dahulu yang bisa didapatkan secara gratis di Cekik, Labuhan Lalang atau di kantor Kementerian Kehutanan di Renon, Denpasar. Meskipun di sini terdapat tempat perlindungan, paratrekker harus membawa alas tidur mereka sendiri, lotion anti nyamuk, makanan, air dan perlengkapan lainnya. Ada hotel sederhana tersedia di Labuhan Lalang atau di Gilimanuk dan Negara.

Tur Mangrove Benoa

Eko-wisata lain yang menarik adalah wisata ke hutan mangrove atau bakau melalui jalan setapak menanjak yang terbuat dari kayu. Hutan ini terletak di dekat Pelabuhan Benoa di Suwung Kau, sekitar 21 km ke selatan Denpasar. Pusat Informasi Mangrove, telah dibuka pada tahun 2003, ditujukan bagi studi dan pelestarian kawasan mangrove. Mencakup wilayah sekitar 200 hektar, di kawasan ini terdapat persemaian seluas 7.700 m², jalan kecil yang terbuat dari kayu untuk observasi dan eksplorasi, pondok untuk beristirahat dan meditasi dan dek terapung.

Mangrove memainkan peranan penting dalam lingkaran kehidupan laut dan rantai makanan karena mangrove menyediakan daerah kunci perkembangbiakan bagi makhluk hidup di laut yang sangat penting bagi rantai makanan di laut. Dan jika ada tsunami, mangrove berperan sebagai zona penahan dan pertahanan bagi kehidupan laut.

Waktu terbaik untuk mengunjungi hutan-hutan mangrove ini adalah pada pagi atau di siang hari, saat-saat terbaik untuk menyaksikan berbagai spesies burung yang menjadikan mangrove habitatnya.

Pertunjukan Kebudayaan

Di Bali, tari dan drama adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari peribadatan di pura dan perayaan, yang diselenggarakan secara sakral. Setiap desa memiliki tanggal perayaan yang berbeda, dan wisatawan dapat melihat pertunjukan tari di mana-mana.

Desa di Bali menawarkan pertunjukan kebudayaan yang ditujukan bagi wisatawan. Tari Barong diadakan pada pagi hari di desa Batubulan. Ini adalah cerita abadi pertarungan antara kebaikan dan kejahatan.

Tari kecak dipentaskan dengan lebih dramatik di lapangan terbuka di Pura Tanah Lot dengan latar belakang matahari yang perlahan-lahan turun ke laut dari cakrawala di pura indah ini. Tari Kecak menuturkan cerita Ramayana yaitu cerita istri Rama, Sinta yang diculik Rahwana. Di hutan Rama melihat rusa emas dan ia mengejarnya, tapi sebelumnya ia membuat lingkaran di sekeliling Sita dan memperingatinya untuk tidak keluar dari lingkaran tersebut agar tetap aman.

Rahwana membujuk Sita untuk keluar dari lingkaran dan menculiknya.  Untuk menyelamatkannya, pangeran Rama dibantu dewa kera putih, Hanoman. Ritme dan musik tari kecak bertumpu pada suara serentak ratusan manusia yang merepresentasikan pasukan Hanoman yang duduk membentuk lingkaran. Saat matahari terbenam dan mulai gelap, arena ini secara dramatis diterangi oleh cahaya obor.

Desa Peliatan terkenal akan Legong Keraton yang indah dan alat musik gamelan yang fantastis. Tari lain yang menarik adalah Baris – tarian ksatria, dan Tari Topeng – ini adalah pertunjukan solo yang mengekspresikan karakter dan emosi manusia.

Berbelanja

Bali adalah pulau yang menghasilkan seniman dan perajin terbaik, dimana kreatifitas mengalir dari setiap desa. Pelukis, pengukir kayu, dan penari adalah ahlinya di sini, dengan tradisi artistik yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Oleh-oleh yang dapat Anda beli di Bali adalah lukisan. Untuk membeli lukisan terbaik, kunjungi galer-galeri di Ubud dan Anda siap mengagumi hasil karya seniman, sebelum Anda memutuskan lukisan mana yang akan dibeli. Lukisan Bali cocok dibingkai dengan kayu berukir. Untuk ukiran kayu yang terbaik, pergilah ke desa Mas tempat master pengukir kayu berkarya. Jika Anda mencari perhiasan emas dan perak, pergilah ke desa Celuk.

Namun, jika Anda berpikir untuk membawa pulang suvenir untuk teman-teman dan kerabat, tempat terbaik adalah pasar Sukowati, dimana Anda akan kewalahan dengan begitu banyaknya pilihan di sina.

Ukiran kayu Bali sangat populer dan Anda dapat menemukannya di Tegallalang, Pujung dan Sebatu. Untuk mendapatkan keramik yang elegan, Jenggala Ceramics di Jimbaran adalah tempat yang harus ditengok. Galeri mereka yang sangat luas, berjarak hanya 10 menit dari bandara, menawarkan berbagai macam desain alat makan dan perlengkapan dapur buatan lokal dengan harga terjangkau.

Jika Anda ingin membeli pakaian kasual dan modis pada hari yang panas, tempatnya ialah di Kuta, dimana terdapat banyak toko dan butik menjual berbagai macam kaos, pakaian berselancar, sandal jepit sampai pernak-pernik unik.

Jika Anda berniat membeli oleh-oleh makanan yang tahan lama, kopi Bali adalah kopi beraroma wangi yang patut dibeli. Anda juga mungkin ingin membeli aromatherapy essential oil untuk dicampurkan dalam bathtub Anda.

Spa

Bali saat ini telah menjadi trend setter Spa di Asia Tenggara. Hampir semua hotel mewah menawarkan fasilitas spa yang unik dan berkelas dimana tamu dapat menikmati perawatan mewah dan memanjakan diri.

Di sini Anda akan dimanjakan dengan pijatan aromatherapy, dibalut rempah-rempah, dan scrub dengan essential oil yang hanya dapat dinikmati oleh putri kerajaan, yang dimodifikasi dengan metode teknologi modern. Dua resor spa di Bali menawarkanthalassotherapy yang terbuat dari kekayaan laut yang mengandung mineral dan unsur oligo yang menjadi ramuan untuk memijat dan langsung diserap oleh darah untuk memberikan keseimbangan dalam tubuh.

Sejumlah spa berada di tengah pemandangan bukit hijau yang luar biasa indah dan sungai atau pemandangan menghadap ke laut yang memberikan kedamaian dan relaksasi. Setiap spa memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing.

Weekend di Bagus Jati memberikan kesempatan bagi Anda untuk menikmati makanan yang lezat dan sehat, banyak kegiatan untuk memanjakan diri di hutan tropis. Di sini ramuan jamu dibuat untuk memulihkan tubuh, pikiran, dan jiwa, membersihkan tubuh dari semua racun. Yoga secara rutin akan melengkapi perawatan ini.

Nusa dua

Masih berjalan di sekitar pulau Bali, masih menyukai pulau Bali yang indah menawan dengan panorama alamnya yang sudah terkenal sampai mancanegara, tempat wisata yang satu ini adalah Nusa Dua yang juga begitu terkenal di mancanegara. Nusa Dua terletak sekitar 40 km sebelah selatan kota Denpasar, ibukota dari propinsi Bali.

Akses untuk menuju tempat ini sangat mudah dan jika anda dari daerah Kuta hanya sekitar (20-30 menit waktu perjalanan) dan jika dari Jimbaran sekitar (15 menit waktu perjalanan) di jalur selatan adalah jalur utama yang disebut Jalan Bypass Ngurah Rai, yang menjadi Jalan Bypass Nusa Dua saat mendekati wilayah tersebut.

Dari Bandara internasional hanya sekitar 20 sampai 30 menit dengan menggunakan mobil dan jika menggunakan jasa taksi tarifnya dari sana akan memakan biaya antara Rp 95.000 sampai 110.000. Jika Anda berminat unruk singgah di sini, maka hotel yang akan Anda singgahi tidak diragukan lagi akan mengatur untuk menjemput Anda di bandara.
Untuk Transportasi umum masih jauh dari umum di daerahnya, tetapi beberapa bemo dari terminal Tegal di Denpasar melakukan ply bypass utama.

Beberapa objek wisata yang dapat anda kunjungi di kawasan Nusa Dua di antaranya adalah :

1. Pantai Geger (Pantai Geger).

Memiliki keindahan pantai dengan pasir putih di tepi barat. Pada umumnya Pantai Geger ini aman digunakan untuk berenang dan beberapa warung yang ada di pantai. Restoran, beachbeds dan pijat Ladys semua bekerja untuk koperasi setempat. Dengan suporting Anda mendukung mereka para penduduk setempat. Geger memiliki angin yang dingin karena menjadi salah satu dari beberapa pantai yang menghadap ke timur dan karena adanya OFV karang yang jauh dari pantai ini juga memiliki beberapa suhu air hangat di Bali. Kepala arah barat keluar dari Nusa Dua kantong melewati lapangan golf dan kemudian St Regis Hotel (di sebelah kiri Anda). Tak lama setelah St Regis, mengambil balik pertama kiri menuju ke pantai dan lanjutkan ke tempat parkir Pantai Geger.

2. Museum Pasifika

Blok P, BTDC Nusa Dua (dekat Bali Collection), Benar-benar kurang dihargai dan kurang dikenal sebagai objek wisata. Sebenarnya ini adalah sebuah museum yang indah, dan sangat dianjurkan bagi siapapun yang tertarik dalam seni Bali, Asia Tenggara dan Pasifik Selatan. Pameran difokuskan pada seniman Eropa yang membuat Bali rumah mereka, serta pelukis lokal yang terkenal. Pameran Indocina yang mengesankan, seperti menampilkan artefak Polinesia. Menampilkan karya seni premium seniman terkenal dari seluruh dunia seperti kami Paul Gauguin, Theo Meier, Le Mayeur, Rudolf Bonnet, Arie Smith, Hendrik Paulides, Isaac Israel, Emilio Ambron, dan banyak lagi. Rp 70,000.

3. Pulau Serangan (Turtle Island).

Perahu yang tersedia dari Nusa Dua dan Tanjung Benoa. Biasanya memungkinkan pengamatan cermin dari kehidupan laut dalam perahu. Seperti namanya, Serangan merupakan sebuah kawasan konservasi penyu. Masyarakat setempat menjaga telur penyu di rumah-rumah konservasi tradisional sampai menetas dan kemudian anak penyu tersebut dilepaskan ke pantai setempat. Selain kura-kura, mereka juga memiliki reptil, burung, ular dan kelelawar.

Tempat Wisata Di Pulau Bali Yang Indah, Populer Dan Menarik

Berwisata menuju pulau bali sangat menyenangkan dan pulau bali atau juga di sebut pulau dewata ini memang sudah terkenal sampai ke mancanegara. banyak turis asing yang datang berkunjung ke pulau bali untuk berwisata dan melihat Panorama Alamnya yang indah. bukan hanya itu saja, melainkan seni budaya dari pulau bali juga menjadi daya tarik tersendiri bari para turis yang sedang berkunjung.

banyak sekali Tempat – tempat Wisata yang menarik untuk di kunjungi, dan setiap tempat wisata yang ada di bali memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. sebelumnya saya sudah pernah memberikan daftar tempat wisata Bali dan sekarang saya ingin membagikan beberapa pilihan tempat wisata Bali yang menarik dan banyak di kunjungi oleh turis-turis dari mancanegara ataupun nusantara dengan sedikit deskripsi dari tempat wisata Bali,  yaitu sebagai berikut :

1. Danau Bedugul

Danau Bedugul memiliki 2 pura ditengah-tengahnya. Obyek wisata ini cocok untuk berjalan bersama keluarga. Danau Bedugul juga biasa disebut danau Beratan memiliki kedalaman sampai 23 meter. Biasanya para wisatawan menyewa sebuah perahu tradisional ataupun perahu bermotor untuk mengelilingi danau agar dapat menikmati pemandangan danau Bedugul dari jarak dekat.

2. Tanah Lot

Tanah Lot ini merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di pulau Bali. Tepatnya Tanah Lot Terletak di kawasan Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Yang jaraknya kurang lebih sekitar 13 km menuju arah barat dari kota Tabanan. Jika anda dari Bandar udara Ngurah Rai, kurang lebihnya Tanah Lot dapat ditempuh dalam 1 jam waktu perjalanan dengan mengendarai kendaraan bermotor jika jalanan tidak sedang terjadi kemacetan.

Pura yang ada di Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Dang Kahyangan di Bali, yang menjadi tempat memuja dewa-dewa yang penjaga laut. Pura ini akan terlihat dikelilingi oleh air laut ketika air laut sedang pasang. Di bawah Pura terdapat sebuah goa kecil, didalam goa tersebut ada beberapa ekor ular laut yang memiliki ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, dengan warna hitam berbelang kuning. Menurut legendanya ular laut tersebut merupakan jelmaan dari selendang yang mendirikan pura ini yaitu seorang Brahmana dari Pulau Jawa yang mengembara ke Pulau Bali. Beliau bernamaDang Yang Nirartha. Ular itu diperintahkan untuk menjadi penjaga dari pura yang ada di Tanah Lot ini.

Tempat ini merupakan Tempat wisata yang terkenal di Bali dan menjadi salah satu tujuan favorite para turis lokal maupun mancanegara. Di Tanah Lot Bali ada dua buah pura yang terletak di atas sebuah batu besar. Yang satu terdapat di atas bongkahan batu dan satunya lagi ada di atas tebing yang hampir sama dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot juga menjadi pura laut tempat pemujaan para dewa-dewa penjaga laut.

Objek wisata tanah lot berada di kawasan Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km sebelah baratnya Tabanan. Dibagian utara Pura Tanah Lot ada sebuah Pura yang berada di atas tebing yang menonjol ke laut. Tebing inilah yang menghubungkan Pura dengan daratan yang membentuk hampir seperti jembatan. Wisata Tanah Lot terkenal sebagai Tempat yang indah untuk melihat matahari yang terbenam atau Sunset, seperti halnya wisata pantai kuta dan saingannya adalah Pantai Sanur atau Pantai matahari terbit. Ketika sore tiba para turis biasanya ramai mengunjungi tempat ini untuk melihat keindahan sunset yang ada di sini.

Hari raya yang ada di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, seperti Pura – pura yang lain. Hari rayanya tidak jauh dengan perayaan Galungan dan Kuningan dan lebih tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu, orang yang sembahyang akan ramai mengunjungi Pura Ini untuk Bersembahyang.

3. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa merupakan Lokasi wisata pantai yang menawarkan olahraga air atau water sport dan merupakan salah satu tempat wisata Bali yang terfavorit bagi wisatawan yang datang ke pulau bali. Water sport yang tersedia dan ada di Tanjung Benoa, seperti banana boat, jetski, parasailing, snorkeling, scuba diving, dan masih banyak lagi pilihan yang lainnya.

4. Pantai Kuta

Pantai Kuta merupakan salah satu tempat wisata Bali  yang sudah sangat terkenal sampai ke manca negara, mungkin anda sudah tahu tentang objek wisata yang satu ini. Karena begitu terkenalnya tempat wisata Bali yang satu ini menyebabkan banyaknya kunjungan wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara, hal ini juga sangat di manfaatkan oleh para investor lokal ataupun asing untuk menanamkan modal mereka dengan membagun sebuah hotel, restaurant ataupun shoping mall. Pantai Kuta juga merupakan salah satu pantai yang terbaik di Bali. Di Pantai Kuta banyak sekali wisatawan yang berkunjung. Pantai Kuta yang sudah mendunia, karena keindahan panorama alam pantainya, gelombang air laut yang cocok untuk bermain selancar. Maka dari itulah Pantai ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan yang berkunjung.

Pantai Kuta merupakan tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan dari kota Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Lebih tepatnya Kuta terletak di kawasan Kabupaten Badung. Daerah ini sudah menjadi tujuan wisata turis dari mancanegara, dan sudah menjadi sebuah objek wisata andalan pulau Bali sejak awal tahun 70-an. Pantai Kuta juga sering disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai tandingan dari pantai Sanur.

Di kawasan Kuta terdapat banyak sekali pertokoan, restoran dan tempat permandian umum serta tempat untuk menjemur diri. Selain keindahan dari pantainya, pantai Kuta juga menawarkan bermacam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran yang ada di sepanjang pantai ketika menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai yang ada di sepanjang pantai Kuta.

Pantai Kuta ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing) jika Anda menggemari olahraga tersebut, terutama untuk para peselancar yang masih pemula. Dan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai tidak jauh dari Kuta.

Untuk tiket masuk menuju pantai Kuta tidaklah dikenakan biaya. Namun jika Anda datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda harus membayar untuk biaya parkir sekitar Rp. 5.000,- per kendaraan.

Waktu yang dibutuhkan untuk menuju pantai Kuta  adalah sekitar 10 menit jika anda dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Transportasi yang bisa Anda gunakan yaitu seperti, taksi, kendaraan pribadi atau bus. Jika Anda menggunakan bus, maka Anda akan berhenti di Central Parkir Kuta. Dari sini, Anda dapat melanjutkan perjalanan untuk menuju pantai dengan transportasi umum, dengan tarif sekitar Rp. 10.000,-

5. Uluwatu

Uluwatu merupakan sebuah daerah di Pulau Bali yang tidak kalah terkenal dengan daerah wisata lainnya seperti Kuta. Terletak di ujung selatan pulau dewata Bali, daerah ini menghadap ke indahnya samudera Hindia dan itu jugalah yang membuat Uluwatu tampak begitu menakjubkan seperti halnya sebuah keajaiban.

Objek wisata yang dapat dikatakan paling terkenal di daerah ini adalah Pura Uluwatu yang berlokasi di atas batu karang yang menjorok ke indahnya lautan.

Akses Menuju Uluwatu

Uluwatu terletak sekitar 30 km dari kota Denpasar. Dengan bergerak ke arah selatan melalui kawasan Kuta yang sudah sangat terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang indah. Anda juga akan melewati Bandara Nurah Rai Tuban dan Desa jimbaran.

Jika anda bergerak dari Nusa Dua, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai Pura Uluwatu. Dengan menempuh rute ini, anda akan melewati daerah berbukit Pecati dimana terdapat banyak rumah mewah dan juga monumen yang tersohor.

6. Ubud

Kawasan wisata Ubud merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Bali, tidak kalah menariknya dengan tempat wisata lain yang ada di Bali seperti yang paling terkenal yaitu Pantai Kuta dan Pantai Sanur. Ubud merupakan tempat peristirahatan yang berada di daerah kabupaten Gianyar, pulau Bali, Indonesia. Objek wisata Ubud terkenal sampai ke wisatawan mancanegara karena lokasi ubud yang terletak di antara sawah dan hutan Ubud juga terletak di antara jurang-jurang gunung, itulah yang membuat panorama alam yang ada di kawasan wisata ini sangat indah dan menarik wisatawan sampai mancanegara.

Selain itu Ubud juga terkenal karena memiliki seni dan budaya yang terus berkembang dengan sangat pesat dan maju. Kehidupan dari masyarakat Ubud tidak dapat dilepaskan dari kesenian. Di sini juga terdapat banyak galeri-galeri seni, juga arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam hari secara bergantian di segala penjuru desa.

Tempat wisata Ubud sudah terkenal sampai wisatawan barat atau mancanegara sejak tahun 1930 an. Waktu itu ada seorang pelukis dari Jerman : Walter Spies dan pelukis yang berasal dari Belanda : Rudolf Bonnet menetap untuk tinggal di sana. Mereka berdua dibantu oleh Cokorda Gede Agung Sukawati, yang berasal dari Puri Agung Ubud. Dan sekarang hasil karya mereka dapat dilihat di Museum Puri Lukisan, Ubud.

7. Seminyak

Seminyak merupakan lokasi yang elit, dan para wisatawan juga masih bisa menemukan suasana pantai. Yaitu Pantai Seminyak dan Petitenget yang menjadi lahan untuk menikmati keindahan suasana dengan panorama alam laut yang indah. Hamparan pasir abu-abu menjadi pelataran kedua dari pantai yang cantik ini. Di Pantai Petitenget terdapat sebuah pura yang bernama yang sama dengan nama pantainya, yaitu Pura Petitenget. Meskipun pura ini tidak termasuk dalam sembilan pura utama yang ada di Bali, akan tetapi pura ini juga sering digunakan sebagai tempat upacara.

Satu hal lagi yang juga tidak boleh untuk Anda lewatkan ketika sedang berada di kawasan Seminyak adalah menikmati relaksasi dengan pijat, spa, dan perawatan tubuh khas Bali. Di kawasan lokasi di sekitar Seminyak terdapat banyak sekali tempat spa yang menawarkan fasilitas dan kenyamanan dengan berbagai macam kemewahan. Beberapa tempat spa yang bisa Anda kunjungi jika ingin mencoba, seperti Amo Beauty & Spa, Jari Menari, Amoaras Spa, dan untuk Anda para pria juga bisa merasakan sensasi spa dan perawatan tubuh di Coco Grande.

Satu lagi yang unik di tempat ini, Seminyak juga menawarkan suasana tempat makan yang berbeda. Misalnya di Potato Head, Anda bisa menikmati suasana makan malam sambil menanti indahnya panorama sunset dengan pemandangan yang langsung mengarah ke laut. Selain itu, masih ada beberapa lokasi tempat makan yang menarik, seperti Woo Bar.

Kuliner

Bali memang unik begitu pula makanan yang ada di pulau ini, dari yang mewah hingga sederhana, dari masakan internasional hingga makanan khas tradisional Bali. Semua dapat Anda coba selama berlibur di Bali.

Berikut pilihan tempat makan yang sering dikunjungi turis domestik maupun mancanegara berdasarkan daerahnya.

1. Kuta,Tuban, Legian & Seminyak

 

Warung Made

Lokasi             : Jl. Banjar Seminyak

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : Asia & Internasional

 

Hard Rock Cafe

Lokasi             : Jl. Pantai Kuta

buka                : makan siang, malam

makanan          : Asia & Internasional

 

Papa’s Cafe

Lokasi             : Jl Pantai Kuta

Buka                : makan siang, malam

Makanan         : Itali

 

Kafe Warisan

Lokasi             : Jl. Kerobokan Kuta

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Perancis
Gado – Gado

Lokasi             : Jl. Dhyana Pura 99

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Internasional
Ku De Ta (Kudeta)

Lokasi             : Jl. Laksmana No. 9 Seminyak

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Internasional
Bali Bakery

Lokasi             : Jl. Raya Kuta

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : Asia & Internasional
Dijon Cafe

lokasi                : Jl. Setia Budi Kuta

buka                 : makan siang, malam

makanan          : Internasional
Kafe Batan Waru Tuban

Lokasi             : Jl. Kartika Plaza

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Asia & Internasional
Bali Deli Cafe

Lokasi             : Jl. Kunti 117 X Seminyak

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Bistro Prancis Asia & Internasional
Hu’u Bali

Lokasi             : Jl. Petitenget Seminyak

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Internasional
Hard Rock Cafe

Lokasi             : Jl. Pantai Kuta

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Asia & Internasional
Atmosphere

Lokasi             : Discovery Mall D36, Jl. Kartika Plaza

Buka               : makan pagi, siang

Makanan         : Internasional

 

Eikon

lokasi               : Jl. Legian 178

Buka                : makan malam

 

Esc

lokasi               : Jl. Legian No.61

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : Internasional

 

Golden Lotus

Lokasi             : Bali Dynasty Resort

Buka               : makan siang, makan malam

Makanan         : China

 

Hitana

lokasi               : Bali Niksoma Boutique Beach Resort

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : International

 

Kopi Pot

Lokasi             : Jl. Legian Kuta Utara

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : International

 

Kori

lokasi               : Jl. Legian Gg. Poppies 2

Buka               : makan siang, makan malam

Makanan         : International

 

Kunyit Bali

Lokasi             : Santika Premiere Beach Resort

Buka               : makan siang, makan malam

Makanan         : Balinese

 

Lais

lokasi               : Legian Beach Hotel

Buka               : makan malam

Makanan         : Indonesia & Balinese

 

Mama’s

lokasi               : La Walon Centre Jl. Legian

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : International

 

O’India

lokasi               : Jl. Sunset Road No. 3

Buka               : makan siang,  malam

Makanan         : Indian

 

Poppies

lokasi               : Poppies Lance I

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : International

 

Sky Garden Lounge

Lokasi             : Jl. Legian No. 61

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : International

 

Starz Diner

Lokasi             : Jl. Pantai Kuta Br. Pande Mas

Buka               : makan malam

Makanan         : International

 

Sushi Tei Bali

Lokasi             : sunset road 99

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Japanese

 

Tanaya’s Cafe

Lokasi             : Jl. Raya Legian 131

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : Japanese

 

Tekor Bali

Lokasi             : Jl. Pantai Arjuna

Buka               : makan malam

Makanan         : International

 

Tj’s

lokasi               : Poppies Lane I/24

Buka               : makan pagi, siang

Makanan         : Mexica
2. Seminyak, Kerobokan & Canggu

 

Artini

lokasi               : Jl. Raya Petitenget No. 2000XX

Buka               : makan pagi, siang, malam

makanan           : International

 

Bale Sutra

Lokasi             : Jl. Pantai Batu Bolong

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Indonesia & Chainese

 

Cabe Rawit

Lokasi             : Jl. Kunti No. 8

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : Indonesia

 

Fresh

lokasi               : Jl. Laksmana

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Japanese

 

Gateway of India

Lokasi             : Jl. Pantai Kuta 11B,

Buka               : makan malam, pagi

Makanan         : Indian

 

Groces & Grind

Lokasi             : Jl. Kayu Jati 3X, Petitengat

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : International

 

Husk Restaurant & Bar

Lokasi             : Jl. Camplung Tanduk

Buka               : makan malam

Makanan         : International

 

K2

lokasi               : Jl. Laksmana 33

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Japanese

 

Kafe Wrisan

Lokasi             : Jl. Raya Kerobokan 38

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : French

 

Kaizan

lokasi               : Jl. Laksmana 33

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Koren & Japanese

 

La Lucciola

Lokasi             : Jl. Oberoi, Kayu aya Beach

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : Australian

 

La Sal

Lokasi             : Jl. Drupadi 11

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Spanish

 

Lestari grill & Pasta

Lokasi             : Jl. Umalas Lestari, Umalas

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : International

 

The Living Room

Lokasi             : Jl. Petitenget 2000X, Kerobokan

Buka               : makan malam

Makanan         : Asian & French

 

Mankepis

lokasi               : Jl. Raya Seminyak No. 2

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Belgian

 

Maya Sayang

Lokasi             : Jl. Mertasari No. 1

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Japanese

 

Mykonos Taverna

Lokasi             : Jl. Laksmana 52

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Greek

 

Nutmegs

lokasi               : Jl. Petitenget

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Fusion

 

Pantarel

Danau Bedugul Bali - Bali : Pulau Dewata Bali
tanah lot bali - Bali : Pulau Dewata Bali

lokasi               : Jl. Raya Seminyak

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : International

 

Paul’s Place Thai Kitchen

Lokasi             : Jl. Laksmana

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Thai

 

Queen’s Tandoor

Lokasi             : Jl. Kartika plaza Tuban

Buka               : makan siang,  malam

Makanan         : Indian

 

Rio
lokasi               : Jl. Raya Seminyak 31B

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Brazilian

 

Rumors
lokasi               : Jl. Laksmana 104X

Buka               : makan malam

Makanan         : International

 

Ryoshi

Lokasi             : Jl. Raya Seminyak 15

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : Japanese

 

Tugu Dining

Lokasi             : Jl. Pantai Batu Bolong

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Indonesian

 

Ultimo

lokasi               : Jl. Laksmana 104X

Buka               : makan malam

Makanan         : Itaian

 

Warung Bale Bali

Lokasi             : Jl. Kunti 4

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Asian

 

Warung Bonita

Lokasi             : Jl. Petitenget 2000X

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Balinese & Indonesian

 

Warung Ocha

Lokasi             : Jl. Raya Seminyak No. 52

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : Indonesian

 

Wild Orchid

Lokasi             : Anantara Seminyak

Buka               : makan malam

Makanan         : Asian
Bali Buddha

Lokasi : Kerobokan.

Semua kebutuhan Anda dengan lingkungnan yang ramah bisa Anda dapatkan di Buddha. Menyediakan obat impor alami, sayuran organik, sarapan sehat, makan siang, makan malam. Buka dari pukul 7 pagi hingga 10 malam setiap hari.

 

Bali Bakery

Lokasi : Jl. Iman Bonjol, Kuta.

Menyediakan segala jenis roti dan kue kering, yang kini dikembangkan menjadi restoran besar dengan begitu banyak jenis makanan. Singgah dan nikmati kopi Italia di sini.

 

Bali Deli

Lokasi : Jl. Kuti, Seminyak.

Menyediakan segala jenis menu harian biasa dan khusus. Komunitas taman pertama di Seminyak. Khusus menyediakan makanan pilihan Prancis terbaik dan segala jenis pemuas selera internasional yang mewah.

 

Dijon

Lokasi : Jl. Setiabudi, Kuta.

Sebuah kelezatan istimewa, menyediakan jenis makanan impor, asinan, keju, dan lain sebagainya. Menerima pesanan antar ke rumah atau villa.

 

Gourmet Garage

Lokasi : Jimbaran.

Penyedia es krim terbaik di pulau ini seperti halnya pilihan utama dari gudang anggur dan kumpulan keju impor yang luar biasa

 

Papaya

Lokasi : Jl. Mertanadi.

Menawarkan harga yang pantas untuk  banyak penikmat, tempat istimewa untuk membeli shusi dan maki rolls menjadikan kesegaran harian sebagai alasan.

 

3.    Denpasar & Sanur

Warung Satria

Lokasi             : Jl. WR Supratman Tohpati

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : Nasi Campur Bali (Ayam)
Warung Wardani

Lokasi             : Jl. Yudistira Denpasar

Buka               : makan pagi, siang, malam

Makanan         : Nasi Campur Bali (Ayam)
Kafe Batujimbar

Lokasi             : Jl. Batujimbar Sanur

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Asia & Internasional

 

Kafe Wayang Bali

Lokasi             : Pertokoan Sanur Raya, Sanur

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Internasional
Arena

lokasi               : Jl. Bypass Ngurah Rai No. 115

Buka               : makan malam

Makanan         : Internasional

 

Mezzanine

lokasi               : Jl. Cemara 36

Buka               : makan malam

Makanan         : Internasional

 

Pizza Ria

Lokasi             : Jl. Danau Tamblingan 89

Buka               : makan siang,  malam

Makanan         : Italian

 

Stavyanka

lokasi               : Jl. By Pass Ngurah Rai No. 121X

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Russian

 

Telaga Naga

Lokasi             : Jl. Danau Tamblingan 89

Buka               : makan malam

Makanan         : Chinese

 

The Village

Lokasi             : Jl. Danau Tamblingan 89

Buka               : makan siang, malam

Makanan         : Italian

 

Galeri dari informasi tentang Pulau Dewata Bali

Ada 17 potret di dalam Pulau Dewata Bali informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 17 potret high-res.

Panorama Tanjung Benoa Pulau Bali - Bali : Pulau Dewata BaliPantai Kuta Bali - Bali : Pulau Dewata BaliPantai Kuta - Bali : Pulau Dewata BaliPerairan uluwatu wisata pulau bali - Bali : Pulau Dewata Baliseminyak Pulau Bali - Bali : Pulau Dewata BaliSuasana seminyak Pulau Bali - Bali : Pulau Dewata Bali
Diposting pada 20 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali.
Tag: pantai kuta, Gado – Gado, Gambar Bali, pakaian kasual, Museum Pasifika, Obyek Wisata Pulau Bali, ombak .

Apa pendapatmu tentang Pulau Dewata Bali

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Dewata Bali Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Canggu Surga Terkenal P
Pantai Canggu terletak di Desa Canggu, kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, sekitar 30 ...

Pantai Parangtritis Terkenal d
Pantai Parangtitis adalah pantai paling terkenal di Yogykarta. Pantai Parangtritis terletak 27 km ...

Pantai Tureloto, Nias – Suma
Pulau Nias, berbicara tentang keindahan alam yang terdapat di pulau ini mungkin tidak ...

Pulau handelwum – Banten
Berpetualang menyusuri pepohonan rindang yang masih begitu asri ditengah hutan, serta dipenuhi dengan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Si
Pantai Slopeng Pesona Pantai Utara Sumen
Pantai Waisai Tercinta, Raja Ampat ̵
Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya
Pantai Manikin, Kupang – Nusa Teng
Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulau
Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NT
Pantai Batu Gong, Kendari – Sulawe

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.