Taman Nasional Bali Barat

Rating: 82 out of 100, by 66 users
taman nasional bali barat - Bali : Taman Nasional Bali Barat

Kalau Anda merasa bosan dengan mengunjungi lokasi wisata yang konvensional, dalam arti yang sering dikunjungi oleh wisatawan lainnya semisal pantai, gunung, goa dan lainnya, maka bisa mencoba mendatangi kawasan wisata yang satu ini.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Bali merupakan pulau wisata yang memiliki objek kewisataan yang super-lengkap sehingga turis yang mengunjungi Pulau Dewata nan indah ini merasa sangat dimanjakan karena begitu banyaknya pilihan. Sehingga kalau mereka bosan dengan wisata di suatu tempat, maka bisa berkunjung ke tempat wisata di daerah lainnya dengan konsep wisata yang berbeda.

Salah satunya ialah Taman Nasional Bali Barat ini. Taman nasional yang dilindungi ini memiliki luas keseluruhan sekitar 19.000-an hektar dengan terbagi menjadi 15.587 hektar daratan dan juga 3.415 hektar perairannya. Bisa dibayangkan begitu luas dan lengkapnya koleksi flora dan fauna yang ada di Taman Nasional Bali Barat ini! Taman ini merupakan suatu megakawasan yang difungsikan sebagai bentang alam untuk melindungi dan melestarikan berbagai macam flora dan fauna beserta ekosistem yang ada didalamnya.

Sejarah

Taman Nasional Bali Barat memiliki kesejarahan yang tak mungkin dilepaskan dari seorang ahli asal Jerman bernama Dr. Baron Stressman. Sang peneliti yang sampai di Bali, tepatnya di kawasan Singaraja secara tak sengaja ini menemukan spesies burung endemik yang langka yakni jalak Bali di Desa Bubunan. Penelitian terhadap spesies langka tersebut kemudian dilanjutkan oleh Dr. Baron Viktor van Plesen yang kemudian berhasil membuat suatu kesimpulan penting bahwa populasi jalak Bali hanya meliputi wilayah Bubunan sampai ke Gilimanuk saja. Oleh karena jalak Bali ini dianggap endemik yang langka maka beberapa ekor jalak Bali tersebut kemudian dibawa ke Inggris untuk dikembangbiakkan.

Taman nasional kebanggaan masyarakat nusantara ini memiliki jenis ekosistem yang unik, yakni memadukan antara eksosistem darat dan juga ekosistem perairan. Sehingga pengunjung yang datang kesini bisa mengeksplorasi berbagai kawasan secara lengkap mulai dari hutan hujan dataran rendah, savana, hutan pantai dan juga hutan musim.

Sedangkan untuk ekosistem perairannya, wisatawan bisa menyasar kawasan hutan mangrove, padang lamun, ekosistem koral sampai wilayah perairan dangkal dan dalam.

Berbagai jenis tumbuhan yang ada disini banyak yang terkategori langaka semisal bayur, cendana, ketangi, burahol, sonokeling, dan lainnya. Sedangkan untuk satwanya sendiri ada jalak Bali, kijang, trenggiling, burung ibis, landak, kancil dan masih banyak lagi. Untuk fauna yang juga bisa dijumpai disini antara lain ikan hiu, kima raksasa, ikan bendera. Selain kekayaan hutan dan perairannya, kawasan taman nasional ini juga memiliki terumbu karang yang sangat variatif dengan spesifikasi sebagai berikut: 22 jenis spesies jamur karang dan juga 110 spesies karang dalam 18 familia.

Tidak hanya itu, karena kawasan ini masih memiliki sajian yang lainnya yakni pulau-pulau kecil yang masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bali Barat seperti Pulau Gadung, Pulau Menjangan, dan juga Pulau Kalong. Pulau Menjangan merupakan bagian taman nasional yang menjadi favorit karena disini pengunjung bisa menyelam untuk melihat gugusan batu karang yang terjal dan indah, ataupun melihat hewan yang merupakan habitat asli disini yakni menjangan atau rusa (cervus timorensi).

Kepuasan berwisata pengunjung di Taman Nasional Bali Barat akan semakin lengkap dengan adanya wisata ziarah yang sakral ke makamnya Mbah Temon yang merupakan sebuah petilasan yang ditemukan oleh seseorang sesepuh sekitar pada tahun 1954 silam. Sampai akhirnya dinamakan Mbah Temon karena memang sesepuh tersebut menemukan petilasan ini setelah melakukan ritual semedi. Asal kata dari “Temon” yakni “Temu” alias “Ketemu”. Petilasan ini cukup melegenda dan memiliki daya magis tersendiri bagi penduduk sekitar.

Taman nasional ini merupakan aset negara dan dilindungi sehingga untuk memasukinya harus mendapat perizinan terlebih dahulu. Taman nasional ini memiliki sejumlah zona yakni zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan intensif, dan zona pemanfaatn wisata budaya dan reliji. Zona inti merupakan sebuah kawasan yang tidak dibolehkan untuk adanya aktifitas kewisataan apapun kecuali untuk kepentingan penelitian.

Zona rimba merupakan kawasan yang dijadikan sebagai penyangga bagi zona inti. Zona pemanfaatn intensif yang merupakan kawasan yang diperbolehkan untuk aktifitas pembangunan sarana dan prasarana taman nasional yang menunjang fungsi konservasi kawasan ini. Dan yang terakhir, zona reliji atau pemanfaatan budaya merupakan kawasan yang dilegalkan untuk pemanfaatn kegiatan kewisataan budaya dan reliji.

Lokasi

Taman Nasional Bali Barat berada di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana dan juga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jalur utama yang digunakan untuk memasuki kawasan Taman Nasional Bali Barat ini ialah pertigaan Cekik dari Singaraja. Taman nasional yang dilindungi ini merupakan kawasan hijau yang membentang sepanjang jalan raya Denpasar-Singaraja-Gilimanuk.

Taman ini menyediakan berbagai akomodasi dengan berbagai faislitasnya seperti pemandi wisata (guide), pondok wisata, menara pandang untuk melihat dan mengamati seluruh wilayah kawasan taman nasional, pondok jaga, jalan setapak, penyewaan berbagai peralatan selam dan lainnya.

Makanya wisatawan yang ingin menyelam bisa menyewa segala peralatannya dengan biaya sekitar $55 yang mana sudah termasuk seewa perahu, makan siang, ongkos transportasi. Sedangkan untuk biaya masuknya sendiri sekitar Rp 2.500 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing.

Wisata

Keindahan tertambat di ujung barat Pulau Bali, rimbunnya hutan lebat, jernihnya air laut, indahnya hamparan pantai, hingga pegunungan menghijau adalah panorama megah yang patut Anda sambangi. Di sinilah rumah terakhir bagi burung elok jalak bali, satu-satunya species endemik Pulau Bali.

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) berada di ujung barat Pulau Bali, sekitar 2 km dari Pelabuhan Gilimanuk. Lokasinya berada di 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Untuk sampai ke kawasan ini dapat dicapai dengan kendaraan darat dari Denpasar selama 3 jam.

Di sini Anda dapat menikmati beragam jenis flora dan fauna liar, termasuk yang berstatus langka, dilindungi maupun yang keberadaannya masih melimpah. Habitat di taman nasional ini letak geomorfologinya dan keindahan alamnya masih dalam keadaan utuh terjaga. Oleh karena itulah, TNBB merupakan habitat bagi sejumlah hewan dan tumbuhan yang dilindungi.

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) adalah kawasan pelestarian alam yang dikelola dengan sistem zonasi. Ekosistem di dalam kawasan TNBB dapat dibilang lengkap dan unik karena merupakan perpaduan dua ekosistem, yaitu darat dan laut. Ekosistem darat meliputi ekosistem hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan hujan dataran rendah, evergreen, savana, dan ekosistem river rain forest. Sedangkan tipe ekosistem laut meliputi ekosistem coral reef, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal dan perairan laut dalam.

Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu kawasan pelestarian alam dengan ekosistem asli dan merupakan habitat terakhir bagi burung jalak bali. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati laut seperti terumbu karang dan biota laut, memiliki vegetasi mangrove, hutan rawa payau, savana, serta hutan musim.

Hal yang istimewa dari TNBB adalah menjadi rumah terakhir bagi jalak bali (Leucopsar rothchildi). Hewan cantik ini berkumpul di Semenanjung Prapat Agung, tepatnya Teluk Brumbun dan Teluk Kelor. Burung ini merupakan satu-satunya spesies endemik Bali dan tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali serta dilindungi keberadaannya oleh undang-undang. Penampilan burung ini sangat indah dan salah satu burung yang paling diminati pecinta burung hias. Penyebaran jalak bali hanya meliputi Desa Bubunan sampai ke Gilimanuk, yaitu sekira 320 km².

Dilihat dari sejarah berdirinya TNBB, burung jalak bali dapat dikatakan sebagai salah satu alasan utama dibentuknya taman nasional ini. Bermula pada 24 Maret 1911 saat seorang ahli biologi bernama Dr. Baron Stressman mendarat di sekitar wilayah Singaraja karena kapal Ekspedisi Maluku II yang ditumpanginya mengalami kerusakan. Selama 3 bulan tinggal di wilayah tersebut, Stressman menemukan jalak bali di Desa Bubunan, sekira 50 km dari Singaraja dan mengkategorikannya sebagai spesies burung endemik yang langka dan berbeda dengan jenis lain dari seluruh spesimen.

Fauna yang menghuni taman nasional ini ada 17 jenis mamalia dan 160 jenis burung (aves), ada pula berbagai jenis reptil dan ikan. Jenis-jenis fauna yang dilindungi di TNBB antara lain adalah jalak bali (Leucopsar rothschildi), trenggiling, kesih (Manis javanicus), jelarang, kapan-kapan (Ratufa bicolor), landak (Hystric branchyura), menjangan (Cervus timorensis), banteng (Bos javanicus), pelanduk, kancil (Trangulus javanicus), biawak (Varanus salvator), penyu rider (Lepidochelys olivceae), dan lain sebagainya.

Flora yang telah diidentifikasi di TNBB ada sekira 176 jenis meliputi pohon, semak, tumbuhan memanjat, menjalar, jenis herba, anggrek, paku-pakuan dan rerumputan. Jenis-jenis flora yang dilindungi di TNBB adalah: bayur (Pterospermum diversifolium), buni (Antidesma buniu), bungur (Langerstroemia speciosa), burahol (Steleochocarpus burahol), cendana (Santalum album), kemiri (Aleuritas moluccana), kepah (Sterculia foetida), kesambi (Schleichera oleosa), kruing bunga (Diptercocaus hasseltii), mundu (Garcinia dulcis, pulai (Alstonia scolaris), sawo kecik (Manilkara kauki), Sono keling (Dalbergia latifolia), dan trengguli (Cassia fistula).

Taman Nasional Bali Barat memiliki luas 19.002,89 ha. meliputi kawasan terestrial seluas 15.587,89 ha. dan kawasan perairan selaus 3.415 ha. Keberadaan Taman Nasional Bali Barat telah dikukuhkan berdasarkan SK Menteri Kehutanan No.493/Kpts-II/1995 tanggal 15 September 1995.

Taman Nasional Bali Barat memiliki berbagai macam akomodasi dan fasilitas pendukung kegiatan wisata dan penelitian. Akomodasi yang dimaksud seperti pemandu wisata (guide), pondok jaga, pondok wisata (untuk istirahat wisatawan), menara pandang, jalan setapak untuk memudahkan penjelajahan, penyewaan peralatan selam, speed boat, dan lain sebagainya.

Harga tiket untuk memasuki kawasan Taman Nasional Bali Barat adalah Rp 2.500,00 per orang (wisatawan domestik) dan Rp 20.000,00 (wisatawan asing). Di Taman Nasional Bali Barat terdapat 3 (Tiga) perusahaan yang sudah mendapatkan Izin Pengusahaan Pariwisata Alam (IPPA) yaitu: PT. Shorea Barito Wisata, PT. Trimbawan Swastama Sejati (Penyediaan Resort dengan wisata alam sebagai atraksi wisata), dan PT. Disthi Kumala Bahari (Pengusahaan pariwisata alam dengan pengakaran mujtiara sebagai atraksi wisata).

Kegiatan

Taman Nasional Bali Barat merupakan kawasan pelestarian alam dengan ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi. Selain sebagai kawasan konservasi alam, keberadaan TNBB juga bermanfaat sebagai kawasan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, area budidaya, potensi pariwisata (ekowisata), dan rekreasi.

Apabila Anda ingin mengamati jalak bali maka perlu datang ke Semenanjung Prapat Agung, tepatnya Teluk Brumbun dan Teluk Kelor. Anda dapat menikmati burung indah ini dan mengabadikannya dalam kamera. Jalak Bali memiliki ciri khusus bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Pada bagian pipinya tidak ditumbuhi bulu, berwarna biru cerah. Kakinya berwarna keabu-abuan.

Di Taman Nasional Bali Barat Anda dapat bertanya kepada petugas untuk diarahkan ke berbagai zonasi yang akan memudahkan pilihan aktivitas Anda. Sistem zonasi di taman nasional ini meliputi: Zona Inti seluas ± 8.023,22 Ha, Zona Rimba ± 6.174,756 Ha, Zona perlindungan Bahari ± 221,741 Ha, Zona Pemanfaatan ± 4.294,43 Ha, Zona Budaya, Religi dan Sejarah seluas ± 50,570 Ha, Zona Khusus ± 3,967 Ha dan Zona Tradisional seluas ± 310,943 Ha.

Padang rumput di Krepyak dan Sumberejo adalah kawasan dimana Anda dapat mengamati satwa liar seperti rusa (Cervus timorensis), kijang (Muntiacus muntjak), kancil (Tragulus javanicus), dan banteng (Bos javanicus).

Untuk kegiatan wisata baharinya, Anda dapat mengarahkan tujuan ke Pulau Menjangan, Pulau Gadung, Pulau Burung, Pulau Kalong, Pos Satu, Pos Dua, dan Tanjung Gelap. Anda dapat melakukan snorkling, menyelam, atau sekadar berenang di pulau-pulau tersebut.

Selain wisata alam, kawasan TNBB juga menawarkan wisata sejarah dan religi. Di Teluk Terima, terdapat Makam Jayaprana, yang sering dikunjungi dan menjadi tempat untuk upacara keagamaan umat Hindu. Di Cekik, terdapat sebuah Monumen Operasi Lintas Laut Banyuwangi-Baliyang dibangun untuk  mengenang sejarah perjuangan Angkatan Laut Republik Indonesia yang menyeberang dari Banyuwangi (Jawa) ke Bali guna mempertahankan kemerdekaan RI di tahun 1946.

Selain menikmati keindahan alam dan binatang liar, wisatawan juga dapat melakukan wisata ziarah ke makam Mbah Temon, yaitu petilasan yang ditemukan oleh sesepuh masyarakat sekitar bernama Mat Yamin pada tahun 1954. Dinamai Mbah Temon karena petilasan ini baru ditemukan (temu atau ketemu) setelah Mat Yamin melakukan olah semedi. Petilasan lainnya yang cukup melegenda adalah makam I Wayan Jayaprana. Jayaprana adalah seorang pemuda tampan yang dalam Babad Bali dikisahkan telah dibunuh oleh Patih Sawunggaling, utusan Raja Kalianget, karena sang raja menginginkan istri Jayaprana yang cantik jelita, Ni Nyoman Layonsari.

Wilayah TNBB terbentang di dua kabupaten, yaitu Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, dan Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia.

Kuliner

Kuliner khas Buleleng yang dapat Anda temukan adalah belayag, kue laklak, kelepon, siobak, sudang lepet,dan lainnya. Tidak mudah menemukan beragam jenis makanan tersebut di satu tempat kecuali Anda berada di pusat kota dan menelusurinya.

Anda dapat mengunjungi Warung Makan Bu Wardi di Jalan Singaraja, Seririt, Pemaron, Singaraja, Buleleng, untuk mencicipi kelezatan makanan khas Buleleng.

Makanan khas yang perlu dicicipi adalah tipat cantok yaitu ketupat berikut sayurannya yang  berbumbu kacang, mirip lotek atau gado-gado.  Porsinya tidaklah terlalu banyak yaitu berupa potongan kecil ketupat berbaur dengan irisan tahu, tauge dan kacang panjang diselimuti bumbu kacang. Bumbu ini diuleg tak terlalu halus sehingga akan terasa gurih, pedas, dan manis berbaur bersama rasa bawang putih yang kuat dan taburan bawang merah goreng yang melengkapi kesedapannya.

Kuliner khas Jembrana lain adalahayam betutu gilimanuk yang lezat di Pusat Ayam Betutu khas Jembrana. Lokasi tempatnya memanfaatkan bekas Terminal Gilimanuk. Ayam betutu gilimanuk memiliki rasa bumbunya yang cukup pedas meresapi kenyalnya daging ayam dan ini merupakan ciri khas aroma rasa betutu gilimanuk.

Anda juga perlu mencoba rujak gula cuka buleleng yang lezat. Rujak ini menggunakan gula merah khas buleleng yang harum ditambah irisan tipis pisang batu. Buahnya diserut tipis melebar panjang, ada pepaya mengkal, bengkuang, mangga muda, nanas, dan timun. Bumbu rujaknya diaduk rata sehingga sedikit berair. Anda akan rasakan manis asam gula merah yang beradu dengan cabai yang pedas menggigit. Nah, untuk minumannya Anda dapat mencicipi sirop gulanya yang legit beraroma wangi.

Beberapa kudapan lain yang nikmat untuk dicicipi adalah pisang rai yang terbuat dari adonan tepung beras, santan, dan pisang, mirip kue pisang.  Ada juga kue lak-lak berupa serabi mini berwarna hijau, lupis mini berbentuk segitiga, lulut atau putu mayang, serta gendar ketan hitam yang diiris tipis.

Berbelanja

Saat Anda berada di Jembrana maka datanglah ke pusat oleh-oleh khas Jembrana di Jalan Sudirman yang merupakan jalan poros Jawa-Bali. Pusat oleh-oleh ini berlokasi di lantai bawah dalam gedung Jembrana Tower, buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 21.00. Di sini tersedia berbagai jenis produk khas Jembrana seperti makanan ringan berupa kue bendu, kue range, keripik nangka, keripik singkong, kacang srondeng, dan makanan ringan lainnya. Anda juga dapat membeli produk industri dan kerajinan seperti kain songket khas Jembrana, maupun handicraft lainnya.

Anda patut membawa oleh-oleh kopi robusta buleleng karena memiliki cita rasa tersendiri dan berbeda dengan rasa kopi lainnya. Kopi ini telah mampu menembus pasar dunia. Temukan produksi kopinya robusta ini di lahan seluas 15 ribu hektar yang tersebar di Kecamatan Sukasada dan Busungbiu.

Akomodasi

Untuk kebutuhan penginapan, di sekitar Labuhan Lalang maupun di Pelabuhan Gilimanuk banyak terdapat penginapan baik hotel melati, resort, maupun hotel berbintang. Berikut adalah beberapa hotel di kawasan sekitar TNBB.

Temukan beragam hotel di sekitar Kabupaten Buleleng yang dapat Anda pilih :

 

The Menjangan

West Bali National Park

Jl. Raya Gilimanuk, Singaraja Km. 17

Desa Pajarakan, Buleleng 81155 Bali – Indonesia

Phone: +62 362 94700

Fax: +62 362 94708

 

Mimpi Resort Menjangan

Banyuwedang, Northwest Bali – Indonesia

Phone: +62 362 94497

Fax:  +62 362 94498

 

Taman Wana Villas & Spa

Jl Taman Wana, Palasari, Bali, Indonesia

 

Naya Gawana Resort & Spa

West Bali National Park, Banyuwedang, Buleleng, Pejarakan, 81155 Indonesia

?007-803-011-0153

 

Taman Selini Wahana Beach Bungalows

Desa Pemuteran, Gerogkak, Pejarakan, 81155 Indonesia

?007-803-011-0153

 

Waka Shorea – Teluk Menjangan

Menjangan Island, West Bali National Park, Menjangan Bay, 81155 Indonesia

?007-803-011-0153

 

Hotel Puri Sanih

Phone/Fax : (0362)32209

Address : Desa Bukti Kec. Kubutambahan Air Sanih

 

Hotel Pondok Ayu

Phone/Fax : (0362) 41338

Address : Desa Temukus Kec. Banjar Lovina

Astina Sea Side Cottage

Phone/Fax : (0362) 41187

Address : Desa Kalibukbuk, Kec. Buleleng Lovina

 

Agus Homestay

Phone/Fax : (0362) 41202

Address : Desa Kaliasem Kec. Banjar Lovina

Pondok Wisata Amadeus

Phone/Fax : (0362) 42288

Address : Desa Kalibukbuk, Kec. Buleleng Lovina

 

Bayu Mantra Bungalows

Phone/Fax : (0362) 41930

Address : Desa Anturan Kec. Buleleng Lovina

 

Bali Jegeg

Phone/Fax : (0362) 41251

Address : Desa Kalibukbuk, Kec. Buleleng Lovina

 

Billibo Beach Cottages

Phone/Fax : (0362) 41355

Address : Desa Kaliasem Kec. Banjar Lovina

 

Hotel Celuk Agung

Phone/Fax : (0362) 41039 / 41379

Address : Desa Anturan Kec. Buleleng Lovina

 

Hotel Darmasetu

Phone/Fax (0362) 23200

Address Singaraja Kec. Buleleng Kota

 

Hotel Duta Karya

Phone/Fax (0362) 21467

Address Singaraja Kec. Buleleng Kota

 

Hotel Dupa Ex Made Cottages

Phone/Fax (0362) 41397

Address Desa Kalibukbuk, Kec. Buleleng Lovina

 

Penginapan Pondok Elsa

Phone/Fax (0362) 41186

Address

Desa Kalibukbuk, Kec. Buleleng Lovina

 

Hotel Gelar Sari

Phone/Fax (0362)21495

Address Singaraja Kec. Buleleng Kota

 

Pondok Wisata Gede

Phone/Fax (0362)41526

Address Desa Anturan Kec.Buleleng Lovina

 

 

Anda yang datang dari Kabupaten Jembrana dapat memilih salah satu hotel berikut.

Hotel Wirapada

Jl. Ngurah 107 Rai Negara

(0365) 41161

 

Hotel TIS

Jl. Gatot Subroto 29 Negara

(0365) 41034

 

Hotel Segara Mandala

Jl. Sudirman No Negara

(0365) 40124

 

Hotel Ana

Jl. Ngurah Rai 75-77 Negara

Jalak Bali - Bali : Taman Nasional Bali Barat
kera Hitam Penghuni TNBB - Bali : Taman Nasional Bali Barat

(0365) 41063

 

Hotel Ratu

Jl. Ngurah Rai 111 Negara

(0365) 41876

 

Hotel Buana Karya

Jl.  Udayana

Kel. Baler Bale Agung, Kec. Negara

Kab. Jembrana 82212

 

Hotel Ijo Gading

Jl.  A. Yani

Kel. Baler Bale Agung, Kec. Negara

Kab. Jembrana 82212

 

Hotel Prima Agung

Jl. Ngurah Rai

Kel. Pendem, Kec. Negara

Kab. Jembrana 82211

 

Hotel Sampurna

Jl. Raya Gilimanuk

Desa Gilimanuk, Kec. Melaya

Kab. Jembrana

 

Hotel Surya (Negara)

Jl.  Ngurah Rai

Kel. Pendem, Kec. Negara

Kab. Jembrana 82211

 

Hotel Taman Sari (Negara)

Jl.  A. Yani

Kel. Baler Bale Agung, Kec. Negara

Kab. Jembrana 82212

 

Hotel TIS

Jl.  Gatot Subroto

Kel. Banjar Tengah, Kec. Negara

Kab. Jembrana 82213

 

Hotel Wira Pada

Jl.  Ngurah Rai 107

Kel. Pendem, Kec. Negara

Kab. Jembrana 82211

 

Prada

Jl.  Ngurah Rai

Kel. Pendem, Kec. Negara

Kab. Jembrana 82211

 

Puri Dajuma Cottages

Desa Pekutatan, Kec. Pekutatan

Kab. Jembrana 82262

 

Surya Sari

Jl.  Salya

Kel. Lelateng, Kec. Negara

Kab. Jembrana 82214

 

Taman Wana Villa and Spa

Desa Palasari, Kec. Melaya

Kab. Jembrana 82252

Tips

Apabila Anda datang dari arah Gilimanuk, Anda dapat mendatangi Kantor Balai Taman Nasional Bali Barat yang berlokasi di Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana untuk mendapatkan izin memasuki kawasan ini.

Galeri dari berita tentang Taman Nasional Bali Barat

Ada 6 foto di dalam Taman Nasional Bali Barat berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

Perbatasaan TNBB - Bali : Taman Nasional Bali Barattaman nasional bali barat - Bali : Taman Nasional Bali BaratJalak Bali - Bali : Taman Nasional Bali Baratkera Hitam Penghuni TNBB - Bali : Taman Nasional Bali BaratPanorama Alam TNBB - Bali : Taman Nasional Bali BaratPerairan Taman Nasional Bali Barat - Bali : Taman Nasional Bali Barat

Apa pendapatmu tentang Taman Nasional Bali Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Taman Nasional Bali Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Air Cina, Kupang –
Jauh di ujung barat pulau Timor kurang lebih, 42 km dari Kota Kupang, ...

Pantai Tambakrejo Blitar
Pantai Tambakrejo terletak di desa tambakrejo kecamatan Wonotirto, kurang lebih 30km ke arah ...

Pantai Sembulang, Batam –
Pulau Batam maupun wilayah-wilayah di Kepulauan Riau tidak akan terlepas dari unsur bahari. ...

Pantai Selat Baru, Bengkalis &
Banyak sekali kota-kota dengan pesona unik dan indah, dapat kita kunjungi diprovinsi yang ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Indah Laowomaru, Nias – Sum
Pulau Satonda, Sumbawa – NTB
Pantai Sayang Heulang, Garut – Jawa Ba
Pantai Cermin Serdang Sumatera Utara
Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Si
Pantai Dan Desa Nepa, Madura – Jawa Ti
Pulau Hoga, Wakatobi – Sulawesi Tengga
Pantai Bandengan (Tirta Samudera) Jepara

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.