Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB

Rating: 87 out of 100, by 121 users
surfing di pantai jelengah - Bali & NTB : Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB

Sumbawa memiliki banyak sekali pantai indah yang menghadirkan kepuasan tersendiri bagi penikmatnya. Jika anda menyukai olahraga surfing, disini terdapat pula beberapa pantai yang sudah terkenal dengan kehebohan ombaknya, dijamin sangat cocok buat anda. Salah satunya adalah Pantai Jelengah, merupakan pantai eksotis dengan segala keindahan alamnya dan terkenal memiliki ombak yang cukup besar.

Lokasi Dan Transportasi

Pantai Jelengah secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Jelengah, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju kesana anda akan melewati Desa Gowa terlebih dahulu. Dari Desa Gowa ini perjalanan anda masih sekitar 10 kilometer lagi atau memakan waktu sekitar 45 menit untuk menuju Desa Jelengah.

Kondisi jalan yang akan dilalui sudah beraspal dan cukup bagus. Dari Desa Jelengah menuju ke daerah pantai barulah anda akan melalui jalan yang kondisinya kurang bagus, jalanan banyak berlubang dan berkerikil. Terdapat beberapa pilihan alternatif kendaraan yang bisa anda gunakan, baik itu menggunakan kendaraan pribadi, menyewa ataupun dengan kendaraan umum.

Sebelumnya jika anda berada di Lombok, anda harus menyeberang dulu dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Pototano di Sumbawa Besar. Penyeberangan memakan waktu sekitar 1-2 jam dengan menggunakan kapal ferry milik ASDP. Dari sini kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Taliwang.

Jika anda tak ingin repot, bisa pula dengan naik bus Damri jurusan Mataram-Taliwang dari Kota Mataram, ongkosnya cukup dengan membayar sekitar Rp 70.000*) per orang. Setibanya di Taliwang, anda bisa naik ojek atau menyewa mobil untuk menuju pantai Jelengah. Jasa penyewaan mobil disini harganya bervariasi, berkisar antara Rp 400.000*) – Rp 600.000*) per harinya, tergantung dari jenis mobil yang akan disewa. Jenis mobil tersebut seperti APV, Avanza, Xenia dan Innova.

Fasilitas dan akomodasi

Di pantai ini sudah terdapat beberapa bungalow dan penginapan yang bisa anda sewa. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin bermalam. Biasanya pada musim ombak besar datang, penginapan ini akan ramai dihuni oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Selain itu pula pantai ini juga sudah memiliki beberapa fasilitas lain seperti tempat parkir dan tempat duduk yang menghadap laut. Ada yang unik pada bagian bungalow di pantai ini, yaitu atapnya yang terbuat dari ilalang, sehingga menghadirkan kesan natural dan alami.

Wisata

Dahulunya saat pantai ini belum dijadikan sebagai objek wisata, masyarakat sekitar yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan sudah menggunakannya sebagai tempat budidaya rumput laut.

Pantai ini juga memiliki banyak ikan yang menghuninya, dahulu ikan di tempat ini sangat melimpah, sampai-sampai untuk mengambilnya saja cukup dari tepi pantai namun sekarang ikan ini sudah habis sehingga untuk mencarinya, nelayan harus pergi ke tengah laut. Pantai Jelengah ini juga digunakan sebagai tempat budidaya penyu besar.

Penyu ini asalnya dari Australia yang menumpang bertelur di perairan pantai Jelengah. Saat telurnya menetas, tukik-tukik tersebut akan di budidayakan dan saat sudah dewasa akan kembali dilepaskan ke laut. Saat itulah mereka akan sendirinya berenang kembali ke perairan Australia.

Surfing

Pantai Jelengah merupakan pantai yang menyuguhkan panorama alam yang sangat indah. Perjalanan anda yang melelahkan dijamin akan terbayar saat sudah sampai di Pantai ini. Dari kejauhan akan nampak pemandangan perbukitan menghijau yang dapat memanjakan mata, suara deburan ombaknya sangat membuat tenang pikiran, sangat cocok buat anda yang ingin melepas penat sambil bersantai menikmati hembusan angin laut.

Pantai ini juga terbilang masih sangat alami dan cukup sepi dari kunjungan para wisatawan. Mereka yang berkunjung biasanya akan ramai hanya pada hari-hari tertentu saja. Seperti pada bulan April dimana ombaknya mulai menantang, sangat cocok untuk berenang dan surfing.

Industri pariwisata kabupaten sumbawa barat kini mulai menggeliat, para wisatawan minat khusus kini tak hanya memilih pantai lakey yang dikenal sebagai tempat bermain surfing para peselancar dunia.

Terumbu karang yang bisa ditemukan di hampir sepanjang pantai yang membentang sepanjang 80 kilometer dari talonang hingga poto tano merupakan lokasi wisata menyelam dan tempat bermain selancar.

Di antara sejumlah lokasi surfing yang cukup menantang di kabupaten sumbawa barat  adalah pantai sekongkang yang dikenal dengan ombak yoyo’s,,pantai maluk dengan ombak super suck dan donut, serta pantai jelenga yang memiliki scar reef.

Tips
1. Cuaca di Sumbawa terbilang cukup panas, bawalah sunblock dan topi untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari. Gunakanlah pula kaos yang nyaman untuk cuaca di pantai.

2. Bawalah buku catatan dan kamera untuk mendokumentasikan setiap kegiatan anda. Jika ada, bawalah kamera yang anti air.

3. Berhati-hatilah saat bermain air di laut terutama jika anda membawa anak-anak. Selalu perhatikan mereka dan jangan biarkan mereka bermain di air tanpa pendamping.

pesona pantai jelengah - Bali & NTB : Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB
pasir putih pantai jelengah - Bali & NTB : Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB

4. Bawalah bekal makanan dan minuman anda sendiri untuk menghemat pengeluaran. Jangan lupa bawalah pula peralatan snorkeling karena pemandangan bawah laut di pantai ini juga cukup indah dan sayang untuk dilewatkan.

Berwisata ke Pantai Jelengah merupakan pengalaman yang tidak akan anda lupakan. Suara deburan ombaknya ditambah dengan pemandangannya yang damai dijamin akan membuat anda nyaman dan betah untuk berlama-lama di pantai ini..

Galeri foto dari konten tentang Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB

Ada 6 foto di dalam Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

karang besar di pantai jelengah - Bali & NTB : Pantai Jelenga, Sumbawa – NTBpanorama perairan pantai jelengah - Bali & NTB : Pantai Jelenga, Sumbawa – NTBpasir putih pantai jelengah - Bali & NTB : Pantai Jelenga, Sumbawa – NTBpesona pantai jelengah - Bali & NTB : Pantai Jelenga, Sumbawa – NTBsenja di pantai jelengah - Bali & NTB : Pantai Jelenga, Sumbawa – NTBsurfing di pantai jelengah - Bali & NTB : Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB

Apa pendapatmu tentang Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Katatop, Sorong –
Pantai Katatop – Hampir semua orang sangat suka liburan, mulai dari anak kecil ...

Pantai Tanjung Pakis Karawang
Pantai Tanjung Pakis terletak di Kabupaten Karawang Jawa Barat, tepatnya berada di Desa ...

Pantai Labu Pade, Sumbawa R
Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata pantai yang menakjubkan, salah satunya terletak di ...

Pantai Bias Putih Bali Timur &
Salah satu potensi pariwisata baru di Bali Timur, Pantai Bias Putih, yang secara ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pasir Putih, Situbondo – Ja
Pantai terindah di Lombok
Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yo
Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atr
Pantai Nipah, Lombok – Nusa Tenggara B
Pantai Minajaya, Sukabumi – Jawa B
Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya – Jaw
Pantai Setoko, Batam – Kepulauan R

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.