Gili Air, Lombok – NTB

Rating: 85 out of 100, by 134 users
wisata pantai gili air lombok - Bali & NTB : Gili Air, Lombok – NTB

Gili Air, merupakan salah satu bagian dari Tiga gili yang terdapat di Pulau Lombok.  Di Lombok, terdapat kawasan wisata dunia yang dikenal dengan nama Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Di kawasan Gili Air ini, terdapat Spot snorkeling dan diving yang sangat sayang untuk dilewatkan. Gili Air merupakan pulau dengan luasan 170 Ha, dan berpenduduk yang jarang. Pulau ini merupakan tempat wisata favorit bagi mereka yang mencari ketenangan dan ingin lebih terlibat secara interaksi sosial dengan penduduk asli pulau ini.

Ketika Anda berencana untuk berwisata ke Lombok, Gili Air merupakan salah satu Gili yang harus Anda kunjungi. Masyarakat setempat menyebut Gili ini dengan nama “Tengaq Aiq”, yang artinya “di tengah-tengah laut”. Penduduk asli Gili Air mayoritas berasal dari Suku Sasak dan Suku Bugis. Sebagai penunjang kehidupan keseharian, mereka bermata-pencaharian sebagai nelayan, pedagang, serta pemandu wisata.

Gili Air biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan pada bulan Juli-Agustus. Kebanyakan pengunjung berasal dari luar negeri, seperti Australia, Inggris, Perancis, Belanda, Italia, dan negara-negara lain. Tak banyak pengunjung domestik yang berada di Gili ini, jadi jangan heran bila Anda menemui banyak wisatawan mancanegara. Wisatawan-wisatawan mancanegara tersebut sangat tertarik dengan Gili ini, karena keindahan pantai dan pemandangan laut yang dimiliki Gili Air. Belum lagi jika Anda mengintip pemandangan bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Sehingga aktivitas yang paling diminati di Gili ini adalah snorkling dan menyelam.

Untuk mencapai Gili Air bukanlah hal sulit. Anda bisa mencapainya dari Kota Mataram, dengan menaiki kendaraan darat menuju dermaga Bangsal. Perjalanan ke dermaga Bangsal dapat Anda tempuh sekitar 1 jam. Dari dermaga Bangsal, Anda bisa menyeberang dengan perahu motor sekitar 15 menit perjalanan. Anda juga bisa menyeberang dari Senggigi Lombok dengan lama perjalanan sekitar 1 jam.

Penyeberangan dari  pelabuhan Bangsal Pemenang ke Gili Air

Penyeberangan dari Bangsal ke Gili Air dimulai pukul 08.00 WITA s/d 11.00 WITA setiap harinya. Setelah pukul 11.00 WITA tidak ada lagi penyeberangan ke Gili Air. Sedangkan biaya penyeberangan menggunakan public boat adalah Rp 8.000 / orang untuk sekali jalan. Namun kita bisa menyewa/ mencharter perahu ke Gili Air dengan tarif Rp 155.000 untuk sekali jalan dan Rp 290.000 untuk pulang pergi.

Lama perjalanan dari Bangsal ke Gili Air yaitu sekitar 20 s.d. 30 menit  (tergantung besarnya gelombang).

pantai di gili air - Bali & NTB : Gili Air, Lombok – NTB
<SAMSUNG DIGITAL CAMERA> - Bali & NTB : Gili Air, Lombok – NTB

Sebagai informasi untuk tarif dan juga bagaimana mencapai kawasan Gili Air :

  • Jika kita juga ingin mengunjungi Gili Trawangan, kita menuju kawasan pelabuhan Bangsal. Dari pelabuhan Bangsal ini terdapat kapal menuju Gili Trawangan. Dengan harga tiket Rp 10.000 kita sudah bisa menyeberang kawasan ini dan menikmati juga keindahan Gili Trawangan.
  • Dari Gili Trawangan, tersedia kapal untuk kembali ke Gili Air ini, dengan harga tiket sebesar Rp 8.000, kapal ini memberangkatkan penumpang dengan tepat waktu pukul 08.00 WITA. Dan kapal terakhir untuk berangkat dari Gili Air menuju pulau Gili Trawangan , pada pukul 15.00 WITA.
  • Tetapi, jika kita terlambat bertemu kapal tersebut, kita bisa menyewa perahu boat sebesar Rp 235.000 dari Gili Trawangan  dan akan mengantar kita  menuju Gili Air.
  • Untuk mendapatkan suasana yang berbeda, maka kita dapat menyewa kapal yang bisa menyuguhkan kita pemandangan bawah laut, dengan harga Rp 315.000
  • Untuk penyewaan alat snorkeling hanya terdapat di Gili Trawangan dengan harga Rp 35.000, tidak tersedia di Gili Air.
  • Penginapan di  Gili tersedia dengan tarip 65.000 sampai dengan Rp 500.000 per malam, tergantung jenis penginapan apa yang kita inginkan.
  • Jarak tempuh antar Gili Air dan Gili trawangan sekitar 25 menit.

Gili Air akan menyuguhkan pada Anda taman air yang alami nan menakjubkan. Karena bernama “ Air ”, maka di pulau ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan air. Gili Air Lombok terletak di sebelah Barat Laut Pulau Lombok. Di sekitar Gili ini, Anda bisa menjelajah sedikitnya 5 titik spesial dimana Anda bisa menyapa Kuda Laut, Kura-kura, berbagai macam ikan dengan aneka warna, serta penghuni laut lainnya.

Menjelajah alam bawah laut di Gili Air, Anda bisa mengunjungi 5 tempat favorit yang menyuguhkan kepada Anda pemandangan bawah airnya. Yaitu Air Wall, Air Slope, Frogfish Point, Segaluh dan Malang Reef. Di situ Anda bisa menikmati keindahan deretan terumbu karang dan ikan-ikan dengan warna-warna yang menarik. Tempat-tempat tersebut merupakan surga bagi pecinta olahraga bawah laut. kegemaran Anda akan dipuaskan pula dengan keunikan tersendiri yang dimiliki oleh masing-masing tempat. Sebagai contoh Air Wall, di tempat ini gugusan terumbu karang terbentang seperti dinding. Anda juga dengan sangat mudah bisa menjumpai Kuda Laut dan Kura-kura yang menarik. Jika berminat, Anda bisa menyewa peralatan snorkling atau menyelam, sekaligus dengan pemandu selam profesionalnya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa berselancar di Gili Air Lombok ini. Hanya saja Anda harus bersabar menunggu waktu yang tepat untuk berselancar, yaitu ketika ombak naik dan menjadi cantik. Sedangkan di darat, Anda bisa ber jogging di sepanjang tepian pantai. Tersedia trek jogging dengan deretan tumbuhan tropis sebagai pagarnya. Di sisi garis pantai, berbaring dan berjemur sembari menikmati keindahan pemandangan bisa menjadi aktivitas alternatif yang sempurna. Untuk menjaga keindahan alamnya, di Gili Air tidak ada kendaraan bermesin. Jika Anda ingin berkeliling Gili ini, Anda bisa menyewa Cidomo atau bersepeda santai.

Di sisi pantai Gili Air bagian Timur, Barat Laut, dan Selatan, Anda bisa mengunjungi kafe dan restoran. Anda juga bisa bermalam di villa dan bungalow yang bernuansa tropis dengan atap alang-alang. Fasilitas tersebut mnyuguhkan pada Anda kenyamanan, privasi, dan pantai berpasir putih yang menakjubkan. Serta pemandangan Gili-gili lainnya yang mengelilingi Gili Air ini. Di malam hari, Anda bisa menikmati makan malam yang romantis, dengan pemandangan kerlip lampu dari seberang laut yang nampak seperti kunang-kunang.

Di pulau air ini, tidak banyak terdapat hotel ataupun penginapan, layaknya Gili Trawangan,  bisa dikatakan pulau ini cukup sepi keadaanya. Tetapi kita bisa mendapatkan penginapan di kawasan ini, di hotel berbintang, guest house ataupun rumah penduduk. Hotel berbintang dengan mudahnya dapat kita temukan.

Setelah kita mendaratkan kaki di pulau ini, dekat dengan pelabuhan, terdapat penginapan berbintang yang memiliki bangunan menyerupai bungalow, kita dapat menyewa  penginapan ini, dan kita akan disuguhi dengan pemandangan langsung laut yang cantik dan indah,  karena posisi penginapan yang sangat dekat pantai dan laut. Selain itu, tidak jauh dari penginapan, terdapat operator selam yang bisa langsung kita hubungi untuk menemani untuk penjelajahan dunia bawah laut. Di samping hotel berbintang, kita bisa mendapatkan suasana liburan yang berbeda, yaitu dengan  menginap di rumah penduduk lokal yang berada di Pulau Gili Air ini.

Penduduk di pulau air ini sangat ramah, mereka dengan tangan terbuka akan menerima kehadiran kita. Mereka menyambut kedatangan kita sebagai tamu. Namun, tentu saja dengan terlebih dahulu mengenalkan kan diri kita, berperilaku sopan serta tidak melakukan perbuatan yang melanggar norma-norma lokal masyarakat Pulau Gili Air. Memberikan sedikit buah tangan dan uang yang dapat di katakan sebagai uang kebersihan untuk si pemilik rumah merupakan salah satu bentuk penghargaan kita sebagai seorang tamu yang datang untuk menginap. Kita akan  lebih merasakan suasana backpacking, dengan menginap di rumah penduduk, tidur  di rumah penduduk lokal, makan bersama dengan mereka, dan juga melihat aktivitas mereka.

 

Kumpulan Gambar dari posting tentang Gili Air, Lombok – NTB

Ada 9 foto di dalam Gili Air, Lombok – NTB posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 9 foto high-res.

<SAMSUNG DIGITAL CAMERA> - Bali & NTB : Gili Air, Lombok – NTBgili air - Bali & NTB : Gili Air, Lombok – NTBpantai di gili air - Bali & NTB : Gili Air, Lombok – NTBpantai yang masih berih - Bali & NTB : Gili Air, Lombok – NTB<SAMSUNG DIGITAL CAMERA> - Bali & NTB : Gili Air, Lombok – NTB<SAMSUNG DIGITAL CAMERA> - Bali & NTB : Gili Air, Lombok – NTB
Diposting pada 14 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: Keindahan Lombok, wisata bahari, Akomodasi di Air, terumbu, hotel, diving, Akomodasi Gili Air .

Apa pendapatmu tentang Gili Air, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Gili Air, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Suluban, Eksotisme di B
Pantai Suluban berada di Desa Pecatu yang terletak di ujung selatan Kabupaten Badung, ...

Pantai Pondok Bali, Subang –
Pantai Pondok Bali meskipun namanya mengandung kata “Bali” namun tidak berada di Pulau ...

Pantai Sadranan Menakjubkan di
Pantai Sadranan berada di daerah Wonosari, Gunung Kidul, +/- 70km dari Jogjakarta. Jalur ...

Pantai Karang Bolong, Serang &
Kawasan Pantai Anyer, salah satu lokasi wisata diprovinsi Banten tersebut, memang menawarkan banyak ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Batu Payung, Bengkayang – L
Pantai Bagedur Lebak Banten Serang
Pantai Nyang Nyang Bali, Alami nan Elok
Pantai Balangan, Keindahan Tersembunyi d
Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut
Pulau Ular, Sumbawa – NTB
Pantai Pelang Paduan Pesona Keindahan di
Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – J

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.