Gili Banta, Bima – NTB

Rating: 84 out of 100, by 138 users
Pantai Gili Banta - Bali & NTB : Gili Banta, Bima – NTB

Indonesia memang memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil, dan hampir sebagian besar masih merupakan pulau yang tak berpenghuni, namun bukan berarti pulau-pulau tersebut benar-benar di telantarkan lho, seperti Pulau Gili Banta ini salah satunya, meski pulau ini tidak memiliki penduduk namun di pulau ini telah dibangun sebuah bungalow guna mendukung potensi wisata taman bawah laut yang dimiliki oleh Pulau Gili Banta ini.

Nama Gili Banta tentu sangat menyeramkan bagi orang-orang yang melewati selat yang berada di jalur pelayaran Sape-Labuan Bajo ini. arusnya sangat deras dan berputar-putar. Setiap kapal yang masuk dalam lingkaran arus ini tidak pernah selamat. Maut pasti menghadang. Gili Banta adalah nama yang diberikan nenek moyang untuk pulau kecil di selat yang memang menyeramkan ini. Namun dibalik keganasan arusnya, Gili Banta menyimpan sejuta pesona, dan potensi alam yang luar biasa.

Pemerintah Kabupaten Bima telah menetapkan Gili Banta menjadi Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) sebagaimana tertuang dalam Keputusan Bupati Bima Nomor 686 tahun 2005 tanggal 31 Desember 2005. Penetapan tersebut dimaksudkan untuk melindungi dan merehabilitasi terumbu karang dan biota laut lainnya yang ada di kawasan Gilibanta dari upaya eksploitasi dan pemanfaatan sumber daya perikanan dan kelautan secara berlebihan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Bima tetap memberi kesempatan dan peluang kepada masyarakat untuk memanfaatkan dan mengelola sebagian kawasan Gilibanta sepanjang masyarakat mampu menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan yang serasi, seimbang, berwawasan lingkungan dan bertanggungjawab.

Lokasi dan Transportasi

Gili Banta - Bali & NTB : Gili Banta, Bima – NTB
Diving di Gili Banta - Bali & NTB : Gili Banta, Bima – NTB

Pulau Gili Banta ini merupakan salah satu pulau kecil yang berada di wilayah Sumbawa, atau lebih tepatnya di Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau dengan luas sekitar 43.750 Ha ini memiliki akses transportasi yang tergolong cukup mudah dan juga murah bagi anda yang berdomisili di Pulau Sumbawa, namun sepertinya hal itu tidak berlaku bagi anda yang berdomisili di pulau-pulau besar lainnya.

Bagi anda yang berdomisili di luar PulauSumbawa, maka untuk sampai ke Sumbawa ini sendiri perjalanannya juga cukup memakan waktu, karena anda harus pergi ke Lombok terlebih dahulu sebelumnya.

Untuk berhemat, anda bisa naik bus dari lokasi asal anda dengan tujuan Lombok, misalkan anda berangkat dari jakarta, maka untuk ini anda harus merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp 400.000 per orang, meski begitu waktu tempuh dari jakarta ke Lombok akan memakan waktu dua hari, cukup melelahkan memang.

Namun jika anda ingin cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta dengan Tujuan Lombok. Setelah sampai di Lombok, maka anda tinggal melanjutkan perjalanan untuk bisa sampai ke kota Mataram, dan dari kota mataram anda bisa memilih kendaraan umum lainnya untuk mengantar anda ke kota Sumbawa. Anda bisa menggunakan damri dengan Rute Mataram –Sumbawa dengan tarif sekitar Rp 65.000 per orang, setelah 3 – 4 jam anda sudah sampai di kota Sumbawa Besar.

Nah, dari Sumbawa Besar anda bisa melanjutkan perjalanan ke Bima dengan menggunakan bus ataupun pesawat, meski memang kenyataannya lebih murah naik bus, namun perjalanan yang anda tempuh mencapai sekitar 5 – 6 jam, jadi ada bagusnya jika anda pikirkan baik-baik sebelum memutuskan mau naik apa.

Setelah perjalanan anda yang cukup melelahkan tersebut, anda masih harus melakukan perjalanan selama 3 jam lagi untuk sampai ke Pulau Gili Banta ini, untuk itu ada baiknya jika anda merencanakan dengan baik liburan anda sebelum berangkat. Meski sebenarnya tidak ada transportasi umum untuk bisa sampai ke pulau ini, namun anda bisa naik kapal dari Dermaga Penyeberangan Sape.

Wisata

Pulau Gili Banta ini memang terlihat tandus, karena bukitnya yang kering dan tidak banyak tumbuhan hijau yang tumbuh disana, namun siapa sangka bahwa Pulau Gili Banta ini memiliki Pantai dan taman bawah laut yang sangat indah, bahkan tidak kalah dengan taman laut yang ada di raja ampat meski memang jika dibandingkan, raja ampat masih sangat unggul.

Pulau Gili Banta memiliki karang yang berwarna-warni dan tertata rapi seolah-olah sengaja di tata sedemikan rupa, padahal karang-karang tersebut tersusun secara alami. Mulai dari Karang yang berwarna Merah, Violet, Hitam, hingga Orange ada di taman laut Gili Banta ini.

Disana juga terdapat ikan-ikan cantik yang jarang anda temui, dan bahkan anda bisa melihat lumba-lumba atau paus di perairan Pulau Gili Banta ini pada bulan Juni ataupun Juli.

Selain snorkeling dan scuba diving, anda juga bisa memancing dan bermaian ski air di Gili Banta ini, karena arus di selat Gili Banta ini luamayan kuat, dan tentunya hal itu akan memacu adrenalin anda. Dan tentunya, jika anda tidak ingin menginap di bungalow yang ada di pulau ini, maka anda bisa berkemah dengan menggunakan peralatan sendiri tentunya, bayangkan betapa serunya jika liburan di pulau ini bersama keluarga ataupun teman-teman anda.

Tips

1. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca di Pulau Gili Banta ini memang sangat panas saat siang hari, apalagi saat musim kemarau, meski mungkin panasnya memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke Pantai Pasir Putih yang ada di Pulau Gili Banta yang airnya lumayan sejuk ini.

2. Kalau anda ingin melakukan beberapa kegiatan seperti Diving, Snorkeling, ataupun Surfing, lebih baik anda jangan terlalu terburu-buru beraktivitas dan sebagainya, pastikan lagi bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman.

3. Pastikan juga anda tidak lupa juga membawa obat-obatan, dan yang paling utama jangan biarkan perut anda kosong saat berenang karna bisa menyebabkan terjadinya keram perut, jadi ada baiknya jika anda sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke Pulau Kenawa ini.

4. Jika anda menginap, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai macam keperluan yang akan anda butuhkan, seperti air bersih untuk minum, bahan makanan, kompor, dan beberapa peralatan lainnya yang tidak boleh anda lupakan, jadi biar tidak kelupaan, ada baiknya jika anda membuat list barang apa saja yang perlu anda bawa.

5. Terakhir, jika anda berlibur ke kota Sumbawa, usahakan anda juga wajib mencicipi susu kuda liar asli di Sumbawa, karena selain menyehatkan, susu kuda liar ini juga memiliki khasiat yang bagus untuk stamina tubuh anda.

Galeri foto dari artikel tentang Gili Banta, Bima – NTB

Ada 7 foto di dalam Gili Banta, Bima – NTB artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 foto high-res.

gili banta, bima   NTB - Bali & NTB : Gili Banta, Bima – NTBGili Banta - Bali & NTB : Gili Banta, Bima – NTBKeindahan Gili Banta - Bali & NTB : Gili Banta, Bima – NTBkekayaan bawah laut gili Banta - Bali & NTB : Gili Banta, Bima – NTBPantai Gili Banta - Bali & NTB : Gili Banta, Bima – NTBPemandanga bawah laut gili Banta - Bali & NTB : Gili Banta, Bima – NTB
Diposting pada 7 September 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: konservasi, transportasi, Penginapan di NTB, terumbu, Wisata Bima, pulau sumbawa, Wisata alam Bima .

Apa pendapatmu tentang Gili Banta, Bima – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Gili Banta, Bima – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

pantai Tanjung Karang, Palu
Bagi kota Palu yang letaknya di pinggiran sebuah teluk, wisata pantai telah menjadi ...

Pantai Tiram, Padang Priaman
Siapa tidak mengenal dengan pantai yang satu ini. Walaupun merupakan pantai yang baru ...

Pantai Lagoi, Batam – Ke
Pantai Lagoi, Pantai ini sangat populer di kalangan masyarakat Batam maupun masyarakat sekitar ...

10 Pantai Terindah di Indonesi
Siapa yang menyangkal bahwa Indonesia memiliki beragam kekayaan, salah satu kekayaan Indonesia terletak ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Bagedur Lebak Banten Serang
Pantai Ratenggaro, Sumba – NTT
Pantai Kura – kura, bengkayang – Kal
Pantai Kuta Bali yang Indah
Pulau Derawan Kalimantan Timur – N
Pantai Paradiso, Sabang – Sumatera Uta
Pantai Maneron Sepulu sang perawan di Ma
pantai Ngobaran Wisata Eksotik Puluhan J

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.