Gili Kapal, Lombok – NTB

Rating: 85 out of 100, by 134 users
Ikan ikan kecil penghuni gili kapal - Bali & NTB : Gili Kapal, Lombok – NTB

Gili Kapal adalah sebuah gundukan pasir yang membentuk pulau kecil yang indah. Gili Kapal masih termasuk dalam gugusan 4 gili di timur Lombok, yaitu Gili Kondo, Bidara, Petagan dan Kapal itu sendiri. Hanya saja gili ini sering kali muncul tenggelam sehingga orang lebih mengenal 3 gili tetangganya.

Gili Kapal sangat cocok dikatakan surga tersembunyi karena belum banyak wisatawan yang mendatanginya dan gili ini muncul di saat-saat tertentu. Bermodal dengan peta pariwisata pun belum tentu dapat memperoleh informasi yang jelas mengenai Gili Kapal karena beberapa kali melihat peta pariwisata.

Terutama peta pariwisata Lombok sering kali nama tempat wisata salah dan bahkan gili-gili kecil sering tidak dimasukkan dalam peta. Akan tetapi cukup membantu jika ingin mengunjungi wisata yang sudah umum. Jadi, tips paling jitu ke Lombok untuk mengunjungi banyak lokasi surga tersembunyi selain bermodal peta perbanyak teman dan pintar-pintarlah berkomunikasi dengan orang lokal agar mendapat info yang akurat tentang pariwisata Lombok.

Lokasi Dan Transportasi

Gili kapal terletak di Desa Padak Guar kecamatan Sambelia  ( secara teritorial gili ini juga menurut kabar di klaim masuk ke kecamatan Pringgabaya ) Lombok Timur Nusa tenggara Barat,dari bandara internasional lombok berjarak sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Ada 2 alternatif tempat penyeberangan jika ingin ke Gili tersebut :

1. Pulau Lampu

2. Pundi Pundi

Penyeberangan dari pulau Lampu memakan waktu sekitar 30 menit , tapi kalau dari Pundi – pundi memakan waktu sekitar 15 menit , Pulau lampu itu adalah nama pantai yg sering di kunjungi oleh wisatawan lokal, pundi – pundi itu sebenernya adalah BaseCamp Tambak Mutiara

Untuk Harga sewa kapal sendiri sangat bisa di nego ke pemilik kapal yg bersangkutan,,harganya ber variasi tergantung dari permintaan si pengunjung..Jika hanya nyebrang ke gili kondo saja tentunya lebih murah,tapi kalau ingin berkeliling ke beberapa gili dan snorkling atau mancing di beberapa spot tentu harganya berbeda.. rate untuk berkeliling ( sebut saja full booking kapal untuk satu hari penuh sekitar 300 – 500 rb. Harga ini pun bisa berubah jika terjadi penurunan atau pelonjakan permintaan.

Wisata

Jika ingin berkunjung ke gili ini, maka harus siap-siap bangun pagi. karena gili ini hanya ada disaat air laut sedang surut. Kapan waktu surutnya, pada pagi dan sore hari. Tetapi menurut saya pagi adalah momen terbaik mengunjungi gili ini. Pantulan cahaya matahari membuat birunya air di Gili Kapal menjadi sempurna.

Panorama Pesisir PAntai Di Gili Kapal - Bali & NTB : Gili Kapal, Lombok – NTB
Gili kapal tampak dari kejauhan - Bali & NTB : Gili Kapal, Lombok – NTB

Gili Kapal adalah gili yang istimewa! Gili yang tampak sederhana karena berdiri di atasnya tanpa dinaungi apapun¸ tidak ada satu pohon-pun yang bisa dijadikan tempat berteduh. Sangat berbeda dengan gili tetangganya terutama Petagan. Petagan dikelilingi oleh hutan bakau yang hijau. Adakah penghuni di Gili Kapal ? tentu ada akan tetapi penghuninya bukanlah orang yang memilih tinggal disana melainkan penghuni di bawah laut.

Gili yang muncul dan tenggelam seperti ini sebenarnya banyak di Lombok dan umum dikenal dengan sebutan Gili Gosong atau Pulau Gosong (sebutan untuk diluar Pulau Lombok). secara logika nama Gili Gosong memang masuk akal karena berlama-lama di gili tersebut akan membuat kulit siapapun gosong akibat tidak ada tempat berteduh. Spesial untuk di Lombok Timur gili yang sejenis dengan Gili Gosong dinamakan Gili Kapal karena sering membuat kapal kandas ketika air sedang pasang.

Sekitar seperempat bagian gili ini tidak ditumbuhi koral sehingga yang ingin renang bebas tanpa takut merusak koral sangat bisa. Dan bagi para penggila underwater snorkeling dan free diving Gili Kapal adalah tempat membuang waktu yang cerdas! Hard coral dan soft coral yang masih sehat ramai mengelilingi pulau kecil ini. Perkiraan saya ada setengah sampai tiga perempat lingkaran koral yang menghiasi pulau ini, sayang waktu saya berkunjung tidak lama sehingga saya hanya mengitari sekitar ¼ bagian dari lingkaran pulau. Teman rombongan saya sudah memanggil untuk segera naik perahu dan pindah ke salah satu gili tetangganya yaitu Gili Kondo.

 

Galeri dari cerita tentang Gili Kapal, Lombok – NTB

Ada 11 gambar di dalam Gili Kapal, Lombok – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 11 gambar high-res.

Dasar laut di gili kapal - Bali & NTB : Gili Kapal, Lombok – NTBGili kapal tampak dari kejauhan - Bali & NTB : Gili Kapal, Lombok – NTBGili kapal - Bali & NTB : Gili Kapal, Lombok – NTBIkan badut - Bali & NTB : Gili Kapal, Lombok – NTBIkan ikan kecil penghuni gili kapal - Bali & NTB : Gili Kapal, Lombok – NTBKekayaan Bawah Laut Di Gili Kapal - Bali & NTB : Gili Kapal, Lombok – NTB

Apa pendapatmu tentang Gili Kapal, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Gili Kapal, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Mbuu, Ende – NTT
Orang setempat mengenalnya Pantai Nangasesa karena memang ini Kelurahan Nangasesa, tetapi Pantai Mbuu ...

Gili Banta, Bima – NTB
Indonesia memang memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil, dan hampir sebagian besar masih merupakan ...

Kepulauan Raja Ampat Papua 
Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, ...

Pantai Wane, Sumbawa – N
Pantai Wane – Pantai yang indah dan alami merupakan salah satu suguhan favorit ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Moyo, Sumbawa – NTB
Pantai Pelang Paduan Pesona Keindahan di
Pantai Dok II, Jayapura – Papua
Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua
Pantai terindah di Lombok
Pulau Asu, Nias – Sumatera Utara
The Passage, Raja Ampat – Papua
Pantai Popoh Tulung Agung

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.