Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB

Rating: 85 out of 100, by 134 users
Pemandangan dari atas bukit di gili laba - Bali & NTB : Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB

Taman Nasional Komodo merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sekitar perairan Sumbawa dan Flores yang beberapa di antaranya merupakan habitat asli komodo. Keindahan dan keelokan pulau-pulau di sekitar P. Komodo dan P. Rinca juga masuk ke kategori TNK (Taman Nasional Komodo) yang harus dijaga dan berada di bawah pengawasan pemerintah. Banyak di antara pulau-pulau kecil tersebut yang tidak berpenghuni padahal menyimpan keindahan yang mempesona bila dijadikan potensi wisata. Salah satu diantaranya adalah Gili Laba.

Sepintas dilihat tak ada yang menarik dari pulau-pulau gersang di Taman Nasional Komodo yang hanya ditumbuhi oleh ilalang, di musim hujan, bukit-bukit yang menyembul dari permukaan laut ini berwarna kehijauan, sedangkan di musim kemarau maka warnanya berubah menjadi coklat. Namun ketika menyinggahi Gili Laba, salah satu pulau kecil yang ada di sana anda pasti akan berkata lain.

Lokasi

Pulau kecil tak berpenghuni ini ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Labuan Bajo, walaupun masuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo (TNK), tetapi Gili Laba atau ada juga yang menyebutnya Gili Lawa ini masuk dalam administrasi Kabupaten Bima kerena posisinya yang berdekatan dengan Pulau Sumbawa.

Wisata

Nama Gili Laba mulai populer sebagai destinasi wisata di kawasan Taman Nasional Komodo sejak berjamurnya paket-paket tour sailing trip yang ditawarkan puluhan agen wisata, dari Lombok hingga Labuan Bajo (Flores). Di tengah perjalanannya pasti kapal tersebut akan singgah di pulau-pulau kecil yang dianggap menarik dan menyimpan potensi wisata. Salah satu tempat favorit kapal untuk menepi adalah Gili Laba. Pulau kecil yang tidak berpenghuni ini mulai menarik perhatian wisatawan yang datang ke Pulau Komodo karena konon menghadirkan panorama alam laut Flores yang tak tertandingi dari atas bukitnya.

Memang benar ketika Anda sampai ke Gili Laba hamparan pasir pantainya yang putih dan pemandangan kejernihan air laut yang memiliki degradasi mengagumkan menyambut Anda untuk singgah di tempat ini. Seantero pulau didominasi oleh bukit-bukit savanna yang hijau saat musim hujan dan menguning saat kemarau. Siapapun yang datang ke sini pasti akan menikmati seluruh panorama alam yang disajikannya.

Mulai dari laut yang sangat memancing kita untuk langsung nyebur dan snorkeling atau berada di pantainya untuk berjemur ditemani semilir angin Laut Flores yang cukup kencang. Walau berada dekat dari Taman Nasional Komodo jangan khawatir akan ada hewan predator ini di seluruh pulau. Di Gili Laba hewan-hewan yang tinggal kebanyakan diketahui hanya burung-burung atau serangga-serangga kecil khas padang rumput Indonesia Timur.

Selain menikmati langsung keindahan laut dengan snorkeling, kita bisa sekalian mengeringkan badan dengan mencoba tracking ke puncak bukit yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Untuk tracking sampai ke puncak dibutuhkan cukup mental dan fisik yang kuat karena tidak jalurnya cukup menanjak tajam hingga ada yang sampai kemiringan 70 derajat.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai puncak kira-kira sekitar 30-45 menit. Terkadang kencangnya angin juga bisa mengendorkan semangat kita, namun jagan khawatir di sekitar pantai kita bisa menemukan patahan-patahan kayu yang bisa berguna sebagai pijakan saaat tracking. Ketika berhasil sampai di puncak pastinya segala keletihan yang dirasakan akan hilang dan berganti dengan bahagianya jiwa melihat pemandangan laut dan Gili Laba serta pulau terdekatnya yang mengagumkan. Entah harus melukiskannya seperti apa yang pasti semua yang sampai di puncak langsung mengambil kameranya untuk mengabadikan lukisan kebesaran Tuhan sebagai ungkapan rasa syukur.

Berenang di pantai - Bali & NTB : Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB
Perbukitan disekitar gili laba - Bali & NTB : Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB

Dari puncaknya kita bisa melihat keindahan laut yang luar biasa. Kita dapat menikmati birunya laut yang sangat indah. Pulau ini, memiliki pemandangan yang sangat eksotik khas tropical.

Semakin tinggi puncak,maka angin yang menerpa semakin kencang adalah ungkapan yang juga harus diperhatikan oleh para wisatawan yang datang agar tidak terlalu berlebihan dalam bergerak karena resikonya lumayan tinggu, yaitu bisa jatuh atau bergelinding ke bawah. Ingin tetap berada di atas memandangi panorama yang tersaji akan tetapi berasa di sana 15-30 menit dirasa sebagai waktu yang paling pas karena faktor angin dan juga harus segera turun ke bawah yang membutuhkan perjuangan serta kehati-hatian.

Walau sebentar tapi pasti akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi siapapun yang pernah melihat pemandangan indah tersebut. Ketika turun waktu yang dibutuhkan biasanya lebih cepat sekitar 20-30 menit saja karena lebih mudah tapi tetap berhati-hati untuk tetap menjaga keseimbangan agar tidak tergelincir ke bawah.

Selama ini memang Gili Laba merupakan spot favorit setiap travel agent yang mengadakan sailing trip untuk singgah, akan tetapi bila kita menyewa perahu sendiri dari Labuan Bajo tentunya kita juga bisa merequest untuk singgah di sini setelah mengunjungi P. Komodo. Tapi yang harus diingat adalah waktu untuk pulang dari Gili Laba dianjurkan tidak melebihi jam 2 siang karena pertimbangan arus Laut Flores yang tidak terduga dan juga cenderung kejam serta lamanya perjalanan pulang. Solusinya adalah berangkat dari Labuan Bajo dari subuh hari sehingga sampai di kawasan P. Komodo juga tidak terlalu siang sehingga waktu ke Gili Laba bisa sedikit lama.

Dengan menyewa perahu dari Labuan Bajo dengan harga sekitar 1 juta rupiah/ harinya tentu rombongan teman-teman ataupun keluarga akan lebih puas menikmati perjalanan karena perahu khusus untuk sendiri.

Tips Trekking di pulau Gili Laba

  1. Tidak ada jalur pendakian yang fix di pulau gili laba, jadi sebenarnya anda bisa mendakinya dari sisi mana saja.
  2. Kalian harus turun dari kapal untuk menyebrang daratan pantai sebentar baru mulai naik ke atas pulau, jadi kalau bisa selama sailing trip cukup menggunakan sandal gunung saja, karena tidak disarankan untuk memakai sepatu sama sekali.
  3. Waktu tempuh untuk sampai di puncak hanya satu jam tp akan terasa capek karena teksturnya yang sangat curam, disarankan istirahat sebanyak 3-4 kali selama pendakian.
  4. Jangan lupa untuk membawa air minum dan bekal untuk mendaki ke puncak bukitnya. Tak sedikit yang tidak mampu untuk sampai di puncak bukit karena terjalnya medan yang harus didaki, jadi siapkan fisik anda sejak awal.
  5. Terakhir siap siap teriak dengan keindahan Kepulauan Komodo.

 

Galeri gambar dari berita tentang Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB

Ada 8 gambar di dalam Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 gambar high-res.

Gili laba - Bali & NTB : Gili Laba, Sumbawa Timur – NTBKeindahan alam Gili Laba - Bali & NTB : Gili Laba, Sumbawa Timur – NTBPanorama gili laba - Bali & NTB : Gili Laba, Sumbawa Timur – NTBPemandangan dari atas bukit di gili laba - Bali & NTB : Gili Laba, Sumbawa Timur – NTBPerbukitan disekitar gili laba - Bali & NTB : Gili Laba, Sumbawa Timur – NTBtracking di gili laba - Bali & NTB : Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB

Apa pendapatmu tentang Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Madale, Poso – Su
Poso merupakan kota pelabuhan utama sekaligus juga kota pelabuhan dan terminal di wilayah ...

Pantai Iboih Pulau Weh Sabang
Pemandangan menabjubkan akan nampak di Pantai Iboih ini. Perahu yang tampak melayang di ...

Pulau Datu, Tanah Laut – Kal
Pulau Datu adalah sebuah pulau kecil yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tanah Laut, ...

Pengertian Pantai
Pantai adalah suatu barisan sedimen atau endapan yang muncul mulai dari garis air ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Sukamade Banyuwangi, Wisata Kura-
Pulau Siladen, Manado – Sulawesi Utara
Pantai Jayanti Cianjur yang Indah dan Me
Pantai Pelabuhan Ratu tempat Wisata di P
Pantai Sadeng Gunung Kidul
Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa B
Pantai Tropical, Sumbawa – NTB
Pulau Sabolon, Flores – NTT

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.