Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB

Rating: 85 out of 100, by 135 users
gili nanggu lombok - Bali & NTB : Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB

Tak banyak yang mengetahui bahwa Pulau Lombok tak hanya memiliki gili yang berjumlah tiga buah yaitu Trawangan, Meno dan Air. Gili yang memiliki arti pulau kecil ini ternyata banyak terdapat di pinggiran mengelilingi Pulau Lombok. Namun, karena kepopuleran Trawangan, Meno dan Air saat ini sedang memuncak maka perhatian terhadap gili yang berada di sisi lain Pulau Lombok kurang. Padahal gili-gili lain tersebut yang ada di selatan maupun utara Lombok potensial untuk dijadikan objek wisata kelas dunia karena panoramanya juga tak kalah dengan Trawangan dan gili disekitarnya. Salah satu diantaranya adalah yang dikenal sebagai Gili Nanggu, yang terletak di bagian bawah Pulau Lombok bila di Peta, tepatnya di dekat Sekotong.

Bagi yang sudah bosan dengan gili Trawangan, Meno dan Air masih ada gili Nanggu yang masih sangat sepi dan termasuk privat. Tidak banyak aktivitas kecuali para wisatawan yang bermain di pantai. Ya gili ini adalah Gili Nanggu, sebuah pulau kecil yang memberikan keindahan pantai dan sekitarnya yang tidak kalah indahnya dibandingkan gili-gili yang lain.

Lokasi

Untuk mencapai Gili Nanggu memang ada beberapa alternatif, pertama melalui Sekotong atau menyebrang langsung dari Pelabuhan Lembar dengan mencharter perahu sendiri. Alternatif yang pertama adalah kita menuju pelabuhan kecil di daerah Sekotong yang bernama Pelabuhan Tawun. Jika dari arah Mataram maka perjalanan sekitar 1-2 jam menuju Sekotong ini, dan jika dari Praya maka perjalanan hanya sekitar 1 jam saja. Perjalanan menuju Sekotong ini juga ada dua alternatif medan jalan, yang pertama pinggiran pantai atau perbukitan, sama seperti alternatif yang ada saat menuju Pelabuhan Bangsal di kawasan Senggigi.

Tentunya bila memilih jalur pinggiran pantai mata akan dimanjakan dengan hamparan laut di tepi jalan,dibanding perbukitan yang turun naik dan terkesan gelap. Dari Pelabuhan Tawun kita menyewa kapal cepat yang tarifnya harus tawar menawar dengan pemilik kapal biasanya harga termurah sekitar 250 ribu per kapal tergantung jumlah rombongan. Dari sana perjalanan menuju Gili Nanggu sekitar 15-20 menit. Bila ingin berkeliling juga sebelum sampai ke Gili Nanggu maka harga sewa kapal bisa dinego tambahannya mungkin sekitar 100-200 ribu untuk perjalanan satu hari dan berakhir di Gili Nanggu.

kapal penyebrangan menuju gili nanggu - Bali & NTB : Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB
gili nanggu - Bali & NTB : Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB

Ada lagi alternatif kedua, dimana kita menyewa kapal dari Pelabuhan Lembar yang merupakan gerbang utama memasuki Pulau Lombok dari Bali, harga kapalnya tentu lebih mahal daripada dari Sekotong karena jaraknya yang lebih jauh yaitu sekitar 1 jam perjalanan via laut. Tidak terlalu banyak wisatawan yang menuju Gili Nanggu langsung dari Pelabuhan Lembar, kebanyakan via Sekotong. Untuk menuju Sekotong dari Pelabuhan Lembar kita bisa menyewa mobil charter yang banyak ditawarkan di Pelabuhan Lembar dengan tarif mulai dari 100 ribu tergantung kekuatan tawar menawar kita.

Wisata

Pulau Lombok juga memiliki kemegahan alam bahari yang memesona. Pantai Senggigi serta pulau-pulau mungil atau gili yang tersebar di sekitar pulau ini menyimpan pesona yang menakjubkan.

Selain murni untuk berwisata, Gili Nanggu juga menjadi spot untuk penangkaran penyu yang bertelur di sini dan dirawat di kolam-kolam yang ada di dekat resort. Kita bisa melihat ke dalam penangkaran tersebut tapi tidak boleh asal memegang dan bermain karena bisa anak penyu atau tukik yang ada sangat sensitif. Suasana di Gili Nanggu ini memang masih dikatakan pulau yang masih perawan karena untuk mendapatkan energi listrik masih menggunakan genset atau kekuatan kincir yang ada di pulau ini. Selain penginapan, pihak pengelola juga menyediakan restoran yang ada satu-satunya di pulau ini sehingga harganya pun memang di atas harga pasar.

Jadi untuk menghemat bila ingin membawa perbekalan bisa juga, tapi sayang bila berada di pulau tapi tidak menikmati hidangan lautnya yang enak. Untuk berhemat kita bisa membawah perbekalan air mineral yang harganya jauh lebih mahal di sini. Untuk kembali lagi ke daerah Sekotong, pihak penginapan juga menyediakan perahu yang melayani antar jemput, harganya juga tak jauh berbeda dengan sewa kapal dari Tawun ke Nanggu. Namun bila wisatawan yang datang hanya untuk menikmati hari tanpa menginap maka untuk kembali ke Pelabuhan Tawun menggunakan kapal yang disewanya tadi saat awal dengan syarat kembali sebelum jam 4 atau sebelum air laut pasang karena kapalnya memang masih perahu kayu tradisional.

Dengan suasana yang ditawarkan rasanya memang pantas bila Gili Nanggu ini diibaratkan sebagai pulau pribadi yang cocok untuk berbulan madu atau menenangkan pikiran sebagai tempat pelarian sejenak dari kepenatan, dan juga cocok untuk meditasi karena sangat tenang, sepi dan indah yang bisa memanjakan mata.

Akomodasi

Gili Nanggu ini memiliki luas sekitar 12 hektar. Karakteristik yang dimiliki Gili Nanggu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ditawarkan Gili Trawangan dan gili disekitarnya, hanya saja di sini benar-benar berasa pulau pribadi yang indah. Hamparan pasir putih yang halus, lautan biru berdegradasi yang jernih, serta suasana yang sepi menambah kesan “like a boss” saja. Di sini juga terdapat penangkaran penyu yang dikelola oleh pihak resort. Pada dasarnya, Gili Nanggu adalah pulau pribadi yang kemudian dibuka untuk umum untuk tujuan wisata sekaligus sosialisasi melestarika penyu. Karena itu di pulau ini hanya terdapat satu cottage atau penginapan saja dari pihak yang memiliki pulau ini, bernama Gili Nanggu Cottage and Bungalows.

Rate harga kamar disini juga tergolong tidak mahal walau memonopoli pulau, yaitu mulai dar 250 ribu- 350 ribu (bila high season atau saat liburan harganya biasanya lebih mahal 100-150 ribu). Selain hamparan keindahan pantainya, di sini juga ada beberapa onggokan batu karang yang besar yang juga menarik bila dijadikan spot foto-foto. Berada di pulau pribadi tapi tidak menikmati keindahan bawah lautnya tentunya kurang afdol rasanya, untuk itu di sini juga disediakan peralatan snorkeling yang disewakan per item, bila menyewa lengkaptotalnya bisa 70 ribu. Kejernihan air lautnya membuat kita tak kesulitan untuk mencari di mana spot terbaik untuk melihat ikan dan terumbu karang yang cantik-cantik.Kita juga bisa memberi makan ikan-ikan tersebut dengan memberikan semprotan roti dari botol yang bisa kita beli dengan harga 5 ribu rupiah per botolnya.

Tips Memotret di Gili Nanggu

  1. Gili Nanggu sebagian besar pemandangan laut ada di sini, menggunakan lensa kit range 18-55 mm sebenarnya sudah cukup.
  2. Tripod sangat dibutuhkan untuk memotret sunset dan sunrise, yang menarik di Gili Nanggu spot sunrise dan sunset ada berada di satu titik.
  3. Banyak spot untuk snorkeling di Gili Nanggu. Buat yang suka foto underwater bisa memakai housing tanpa harus menggunakan Strobe (Flash untuk kamera underwater).
  4. Gunakan ISO rendah dan file Raw ini untuk memudahkan kita untuk memperbaiki white balance.
  5. Penginapan terbatas di Gili Nanggu membuat akses listrik juga terbatas. Jika anda membawa memory card dan batere cadangan akan lebih baik.

 

Galeri dari posting tentang Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB

Ada 8 potret di dalam Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 potret high-res.

gili nanggu lombok - Bali & NTB : Gili Nanggu, Lombok Barat – NTBGili Nanggu Yang empesona - Bali & NTB : Gili Nanggu, Lombok Barat – NTBgili nanggu - Bali & NTB : Gili Nanggu, Lombok Barat – NTBkapal penyebrangan menuju gili nanggu - Bali & NTB : Gili Nanggu, Lombok Barat – NTBperahu nelayan gili lampu - Bali & NTB : Gili Nanggu, Lombok Barat – NTBsnorkeling di gili nanggu - Bali & NTB : Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB
Diposting pada 17 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: menikmati, Lokasi Gili Nanggu, lautan biru, Akomodasi Gili Nanggu, libur, Gambar Gili Nanggu, keindahan .

Apa pendapatmu tentang Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Panjang Bengkulu
Pantai Panjang Bengkulu merupakan salah satu wisata pantai bahari di Pulau Sumatera, tepatnya ...

Pulau Dewata Bali
Inilah pulau yang paling terkenal di Indonesia. Tempat mengagumkan yang menyimpan gabungan keindahan ...

Pantai Batu Hiu, Ciamis –
Jika para wisatawan atau wisatawan asing ingin berbagi mengenai tempat wisata pantai yang ...

Pantai Base G, Jayapura –
Pantai Base G merupakan salah satu pantai berpasir putih di Jayapura.  jaraknya hanya ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur
Pantai Walur Pasir Putih dan Landai
Pantai Arta Pariaman, Padang – Sum
Pantai Pasir Putih Lampung
Pantai Carocok Painan nan Rancak di Rana
Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timu
Pulau handelwum – Banten
Pulau umang, Pandeglang – Banten

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.