Gili Sulat, Lombok – NTB

Rating: 85 out of 100, by 135 users
mangrove forest - Bali & NTB : Gili Sulat, Lombok – NTB

Gili kecil dengan hamparan pasir putih yang luas, hutan bakau, pantai yang bersih dan jernih menghiasi tempat ini. Berbeda dengan gili lainnya, gili ini seolah belum tersentuh oleh komersialisasi dan kehebohan para pengunjung, yang ada hanyalah kealamian dan keasrian alam dan lautnya. Keindahan yang masih tersembunyi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Gili Sulat.

Hutan Mangrove Gili Sulat secara administratif termasuk wilayah Kabupaten Lombok Timur. Di pulau yang memiliki panjang sekitar 5,2 kilometer ini, Anda bisa menyaksikan hutan bakau yang masih alami. Berbagai spesies burung hidup di hutan tersebut. Salah satunya adalah Burung Bertong atau Burung Maleo (Macrocephalon maleo). Dalam kurun waktu tertentu burung ini bermigrasi ke daratan lainnya. Seperti Sumbawa, Bima, Pulau Bali, dan Pulau Sulawesi. Gili Sulat memiliki spesies Mangrove terlengkap se-Asia Tenggara. Saat memasuki hutan ini, Anda harus berhati-hati. Karena di tempat ini masih hidup beberapa spesies ular, salah satnya adalah ular hijau.

Lokasi dan Aksesbilitas

pemandangan di gili sulat - Bali & NTB : Gili Sulat, Lombok – NTB
Pesona Keindahan Alam Di Gili Sulat - Bali & NTB : Gili Sulat, Lombok – NTB

Untuk mencapai Hutan Mangrove Gili Sulat, Anda harus menyeberang dari pelabuhan penyeberangan yang ada di Dusun Transad, Desa Labuhan, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Di dusun ini Anda akan menemui banyak kapal motor yang siap mengantar Anda menyeberang. Perjalanan laut ke Gili Sulat Lombok akan memakan waktu sekitar 1 jam saja.

Sarana angkutan umum untuk mencapai Dusun Transad sangatlah jarang. Sehingga sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaran sewa. Dari Kota Mataram, Anda bisa menempuh jalur Mataram-Narmada-Kopang-Masbagik-Aikmel-Labuan Lombok-Desa Labuan Pandan. Dengan jarak tempuh sekitar 85 Kilometer, atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Wisata

Keindahan Hutan Mangrove Gili Sulat tidak banyak diketahui terutama oleh pengunjung domestik. Sehingga pengunjung domestik yang mendatangi tempat ini masih sangat sedikit. Begitu pula dengan pengunjung mancanegara. Keterbatasan fasilitas pendukung membuat para pengunjung lebih memilih mendatangi Gili Kondo yang berada di sebelah Timur Gili Sulat. Tidak ada rumah atau warung di gili ini. Anda hanya akan menemui pos jaga serta jalan masuk ke hutan mangrove sepanjang 400 Meter. Jalan tersebut terbuat dari papan, sehingga Anda akan lewat di tengah-tengah rerimbunan hutan bakau.

Setelah memasuki kawasan hutan Gili Sulat Lombok, Anda akan disambut dengan kicauan burung-burung yang hinggap di atas pepohon bakau. Jika Anda menengok ke bawah, Anda akan menemui bermacam ikan diantara akar-akar bakau. Akar bakau merupakan tempat yang disukai ikan untuk hidup dan bersembunyi. Anda bisa beristirahat sejenak di ujung jembatan, merasakan keheningan suasana sembari mengisi perut dengan bekal yang Anda bawa.

Tak hanya berjalan-jalan saja yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa menyusuri hutan mangrove lewat perairannya, dengan menaiki kano. Dengan demikian, Anda bisa masuk ke dalam hutan melewati lorong-lorong Hutan Mangrove Gili Sulat yang lebat. Seakan-akan Anda memasuki hutan Amazon. Jangan khawatir karena Anda tidak akan tersesat di dalam hutan ini. karena lorong-lorong tersebut akan mengarah ke ujung gili. Anda akan bisa melihat dengan jelas berbagai satwa laut serta terumbu karangnya dari atas kano. Karena airnya sangat jernih dan dangkal. Selain itu, di lorong dalam hutan tersebut memiliki perairan yang tenang.

Selain itu, Anda juga bisa berenang di gili perairan ini. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat yang tepat untuk berenang dan ber-snorkeling. Tempat-tempat ini tak kalah indahnya dengan tempat-tempat wisata di Pulau Lombok lainnya, bahkan lebih indah. Biasanya para awak kapal yang mengantar pengunjung mengetahui tempat-tempat yang tepat untuk berenang dan ber-snorling tersebut. Anda bisa menanyakannya kepada para awak kapal yang mengantarkan Anda.

Disini airnya tenang dan arusnya tidak kuat. Selain itu, banyak terdapat ikan kecil dengan aneka warna bermain di terumbu karang. Sulat merupakan tempat yang asik untuk mandi bersama kawan, pasangan dan saudara anda. Disini anda akan merasakan ketenangan dan keheningan, fikiran anda akan langsung seger ketika berada di surganya Lombok Timur ini. Kalau berwisata kesini, jangan lupa membawa camera dan sebagainya untuk mengabadikan kenangan indah anda di pulau yang anggun ini.

 

Kumpulan Gambar dari artikel tentang Gili Sulat, Lombok – NTB

Ada 8 gambar di dalam Gili Sulat, Lombok – NTB artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 gambar high-res.

Fasilitas yang ada di Gili Sulat - Bali & NTB : Gili Sulat, Lombok – NTBgili sulat - Bali & NTB : Gili Sulat, Lombok – NTBhutan mangrove di gili sulat - Bali & NTB : Gili Sulat, Lombok – NTBmangrove forest - Bali & NTB : Gili Sulat, Lombok – NTBmenyusuri hutan mangrove di gili sulat - Bali & NTB : Gili Sulat, Lombok – NTBpemandangan di gili sulat - Bali & NTB : Gili Sulat, Lombok – NTB
Diposting pada 17 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: daratan, NTB, Kawasan Pantai Gili Sulat, Pulau NTB, gili, pulau bali, Pantai Pulau NTB .

Apa pendapatmu tentang Gili Sulat, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Gili Sulat, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Indah Laowomaru, Nias &
Pulau Nias, merupakan satu diantara beribu-ribu pulau yang terdapat di Indonesia. Pulau ini ...

Kepulauan Ayau, Raja Ampat 
Indonesia memiliki begitu banyak pulau, jumlahnya saja mencapai ribuan dan sebagian besar pulau-pulau ...

Pantai Oi Fanda, Sumbawa ̵
Pantai Oi Fanda – Ada beragam aktivitas wisata yang atraktif untuk mengisi liburan ...

Pulau Bungin, Sumbawa –
Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak Pulau, dimana setiap pulaunya memiliki adat dan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Tim
Pantai Setoko, Batam – Kepulauan R
Pantai Sorake, Surganya Surfer di Nias
Pantai Ketaping, Kota Pariaman – Sumat
Pantai Tiram, Padang Priaman – Sumater
Teluk Saleh, Sumbawa – NTB
Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa
Pantai Camplong Madura

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.