Gili Sunut, Lombok – NTB

Rating: 85 out of 100, by 135 users
pantai berpasir putih di Gili Sunut Lombok Timur - Bali & NTB : Gili Sunut, Lombok – NTB

Selain Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, Lombok juga memiliki kawasan Gili lain yang tak kalah indahnya. Salah satunya adalah Gili Sunut. Mungkin nama Gili Sunut masih sangat asing di telinga anda. Bahkan banyak dari orang-orang Lombok pun kurang mengetahui keberadaan Gili yang satu ini, karena memang letaknya yang tersembunyi dan jarang terekspose media. Padahal Gili Sunut ini memiliki pesona alam yang sangat mempesona.

Keunikan Gili Sunut adalah karena untuk mencapainya kita tidak perlu menyeberang memakai sampan atau perahu. Antara Gili Sunut dan pulau Lombok hanya dipisahkan oleh sebuah selat dangkal yang akan berubah menjadi jalanan pasir saat air laut surut. Pada saat pasang, tinggi air laut hanya sebatas paha orang dewasa. Air laut akan surut dari pagi hingga siang menjelang sore dan kembali pasang pada malam hari. Jadi, Anda sebaiknya berkunjung ke Gili Sunut di pagi hari agar dapat menyeberang menuju pulau kecil ini dengan mudah.

Lokasi

Gili Sunut terletak di Dusun Temeak Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Gili Sunut merupakan kawasan yang memiliki garis sejajar dengan Kawasan Tanjung Ringgit.

Letak Gili Sunut memang agak tersembunyi. Itulah yang membuat pulau kecil ini tidak banyak dikenal oleh wisatawan dan warga Lombok sendiri. Gili Sunut berada lumayan jauh dari pusat kota, tersembunyi di Lombok Timur bagian selatan. Jaraknya sekitar 75 km dari Mataram, atau jika berkendara membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sedangkan jika dari Bandara Internasional Lombok membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan. Jangan berharap ada angkutan umum untuk mencapai Gili Sunut, lebih baik menyewa mobil atau motor. Gili Sunut sebenarnya tidak jauh dari Tanjung Ringgit, Tanjung Bloam dan Pantai Tangsi. Untuk mencapai Gili Sunut memang membutuhkan perjuangan ekstra karena akses jalan yang rusak. Bahkan kondisi jalan 2 km mendekati lokasi masih berupa tanah.

Rute menuju Gili Sunut

Rute jalan menuju Gili Sunut memang cukup sulit. Rutenya sama sepert rute menuju Tanjung Ringgit, Tanjung Bloam maupun Pantai Tangsi (Pink Beach), bedanya hanya di pertigaan terakhir (di hutan). Rute lengkapnya seperti ini :

MATARAM – Kediri – Puyung – PRAYA – Mujur – Ganti – Sukaraja – Jerowaru – Pemongkong – Gili Sunut.

Dari Mataram, arahkan kendaraan Anda menuju Praya. Dari Praya, teruskan perjalanan ke arah timur (Keruak/Tanjung Luar) hingga tiba di sebuah pertigaan dengan rambu-rambu di Desa Sukaraja, tak jauh dari SPBU (SPBU kedua setelah Praya).

Beloklah ke kanan hingga tiba di sebuah pertigaan, kemudian belok kanan lagi hingga tiba di pertigaan lagi, terus belok kiri hingga tiba di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru. Dari pertigaan Desa Pemongkong di dekat sebuah sekolah (tanpa rambu-rambu atau penunjuk arah), beloklah ke kiri hingga tiba di sebuah jalan bercabang tiga di tengah hutan, di mana terdapat sebuah rumah/ warung dan sebuah plang bertuliskan “Kegiatan Reboisasi Kerjasama Indonesia – Jepang.” Ambillah jalan yang tengah (jalan aspal yang cukup rusak) dan teruskan perjalanan hingga tiba di sebuah pertigaan dengan jalan tanah ke arah kanan (sekitar 2 km dari pertigaan tadi). Beloklah ke kanan menyusuri jalan tanah hingga tiba di sebuah bukit, di ujung pulau. Parkirlah kendaraan Anda di bukit tersebut. Selanjutnya, Anda tinggal berjalan kaki menyeberangi selat sekitar 200 meter, dan sampailah Anda di Gili Sunut.

Fasilitas Publik

Banyak fasilitas yang tersedia masih sangat minim. Bahkan jalanannya saja masih belum memadai, bahkan kondisi jalan 2 km mendekati lokasi masih berupa tanah. Ditambah lagi letaknya yang cukup jauh. Butuh perjuangan dan tenaga ekstra untuk berhasil menaklukkan medan sepanjang perjalanan menuju Gili sunut. Akses penunjuk jalannnya pun masih sangat jarang, maka sering-seringlah bertanya kepada warga setempat agar tidak tersesat.

Wisata

Namun semua perjuangan dan lelah anda akan terbayar lunas begitu memasuki kawasn Gili Sunut. Anda akan disambut dengan pemandangan sebuah pulau yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Pulau tersebut yakni Gili Sunut. Anda pun tak perlu menggunakan perahu untuk menyeberang ke pulau tersebut. Antara Gili Sunut dan pulau Lombok hanya dipisahkan oleh sebuah selat dangkal yang akan berubah menjadi jalanan pasir saat air laut surut. Pada saat pasang, tinggi air laut hanya sebatas paha orang dewasa. Air laut akan surut dari pagi hingga siang menjelang sore dan kembali pasang pada malam hari. Jadi, sebaiknya anda berkunjung ke Gili Sunut di pagi hari agar dapat menyeberang menuju pulau kecil ini dengan mudah.

Kini, Gili Sunut hanya ditempati sekitar 109 kepala keluarga. Penduduknya bermata pencaharian nelayan. Cuaca yang sangat panas membuat pulau ini cocok untuk tempat berjemur. Daya tarik Gili Sunut adalah pantai yang sangat indah di belakang pulau. Pantainya berpasir putih dengan air laut yang hijau kebiruan. Kita juga bisa leluasa untuk bermain, berenang dan bermalas-malasan di bibir pantai yang landai. Tinggi gelombang di pulau ini hanya berkisar 0,2 – 0,5 meter, aman bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak untuk bermain di tepi pantai.

Gili Sunut Lombok Timur - Bali & NTB : Gili Sunut, Lombok – NTB
gili sunut lombok - Bali & NTB : Gili Sunut, Lombok – NTB

Pulau dan gili- gili di seberang Gili Sunut menghalangi ombak besar samudera Indonesia datang. Kondisi inilah yang membuat kegiatan olahraga air seperti banana split dan snorkling cocok dilakukan di Gili Sunut. Pantainya masih sangat bersih, karenanya Anda masih bisa melihat sekawanan ikan bergerombol dan hilir mudik dari permukaan air. Jika ingin sensasi lebih, naiklah ke atas bukit kecil, keindahan pantai Gili Sunut terasa jelas dari ketinggian. Tempat ini juga menyimpan potensi pengembangan budidaya mutiara. Budidaya kerang mutiara terletak di sebelah timur Gili Sunut.

 

Galeri foto dari artikel tentang Gili Sunut, Lombok – NTB

Ada 7 gambar di dalam Gili Sunut, Lombok – NTB artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 gambar high-res.

gili sunut - Bali & NTB : Gili Sunut, Lombok – NTBGili Sunut Lombok Timur - Bali & NTB : Gili Sunut, Lombok – NTBgili sunut lombok - Bali & NTB : Gili Sunut, Lombok – NTBKeindahan gili sunut - Bali & NTB : Gili Sunut, Lombok – NTBpantai berpasir putih di Gili Sunut Lombok Timur - Bali & NTB : Gili Sunut, Lombok – NTBrumah warga Gili Sunut - Bali & NTB : Gili Sunut, Lombok – NTB

Apa pendapatmu tentang Gili Sunut, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Gili Sunut, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Carocok Painan nan Ranc
Sumatera Barat, satu provinsi di pesisir pantai Barat Sumatera memang identik dengan sejumlah ...

Pantai Lawata, Bima – NT
Pantai Lawata – Pantai merupakan suguhan wisata yang umum di Indonesia khususnya di ...

Pantai Batu Mejan, Badung R
Pantai Batu Mejan atau dikenal dengan sebutan Echo Beach terletak di Desa Canggu, ...

Taman Laut Pulau Rubiah – Sa
Taman Laut Pulau Rubiah merupakan sebuah pulau dengan luas wilayah sekitar 2.600 Hektar ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Lombok dan Gili-gilinya, Indah…
Pantai Waisai Tercinta, Raja Ampat ̵
Pantai Wonogoro, Malang – Jawa Timur
Pulau Datu, Tanah Laut – Kalimantan Se
Pantai Krakal Gunung Kidung – Kein
Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi
Pulau Tikus – Bengkulu
Pantai Hamadi, Jayapura – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.