Gili Tangkong, Lombok – NTB

Rating: 85 out of 100, by 135 users
gili tangkong - Bali & NTB : Gili Tangkong, Lombok – NTB

Ada banyak gili di sekitar Pulau Lombok, dengan karakter dan keunikan pesona yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Gili Tangkong. Pulau kecil yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan tempat sepi, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk dunia. Dilihat sekilas, Gili Tangkong seperti sebuah tempat pengasingan, yang jauh dari keramaian, terasing, dan tak ada fasilitas seperti tempat wisata pada umumnya. Namun setelah menginjak kawasan ini, Anda akan merasakan kedamaian yang sulit untuk didapatkan di tempat-tempat lainnya.

Jika dibandingkan dengan gili-gili lainnya seperti Gili Trawangan dan Gili Air, Gili Trawangan memiliki kekhasan tersendiri. Bisa dikatakan bahwa Gili Tangkong merupakan satu-satunya gili yang masih “ perawan ”. Pulau kecil ini sangat jarang, bahkan hampir tidak pernah didatangi oleh pengunjung. Selain itu juga tidak berpenghuni. Tak ada sampah plastik atau kaleng, bekas tempat minum, bahkan jejak kaki di “pantai perawan” Gili Tangkong ini. Tak hanya pantai saja, sekeliling pulau ini serasa menjadi pulau pribadi Anda.

Lokasi

Sayangnya tranportasi umum untuk ke Gili Tangkong sangat jarang. Angkutan umum dari Mataram hanya mencapai pelabuhan Lembar saja, yang juga sangat jarang. Karena itu disarankan Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai pelabuhan Lembar. Anda bisa menempuh rute  Mataram – Dasan Cermen – Rumak – Gerung – Lembar, dengan jarak sekitar 25 Kilometer. Kemudian Anda bisa menyeberang ke Gili Tangkong dari pelabuhan Barang, yang letaknya sekitar 500 Meter sebelah Timur pelabuhan Lembar. Anda bisa menyewa perahu berkapasitas 6 orang untuk menyeberang, dengan harga sekitar Rp. 400.000,- perjalanan pulang-pergi.

Selama perjalanan laut, Anda akan melewati beberapa gili dan tempat-tempat yang menarik. Seperti Gili Sundak, Gua Landak, Gili Kedis, dan Makam Keramat. Makam Keramat ini adalah sebuah makam yang terletak di tengah laut. Makam ini berbentuk kubah yang berkaki dan dibangun dengan teknik tertentu. Sehingga jika air pasang, makam ini tidak akan tenggelam.

Anda juga bisa menyeberang ke Gili Tangkong lewat pelabuhan Mawun. Letaknya sekitar 5 Kilometer dari pelabuhan Lembar. Letaknya memang lebih jauh, namun Anda akan menemui pantai berpasir putih yang akan menemani perjalanan Anda. Dari pelabuhan Mawun, Anda juga harus menyewa perahu motor dengan harga dan kapasitas penumpang yang sama.

Wisata

Sepi bukan berarti tidak ada kegiatan yang bisa Anda lakukan. Hampir semua kegiatan wisata seperti di pulau komersil lainya dapat Anda lakukan di Gili Tangkong ini. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti di gili atau pantai-pantai lainnya di Pulau Lombok. Seperti sekedar berjalan-jalan menikmati suasana dan pemandangan alaminya, berenang, ber-snorkling, bahkan menyelam untuk menikmati pemandangan bawah lautnya.

Keindahan Perairan gili tangkong - Bali & NTB : Gili Tangkong, Lombok – NTB
gili tangkong - Bali & NTB : Gili Tangkong, Lombok – NTB

Namun tentu saja Anda harus membawa peralatan Anda sendiri. Serta tenda dan peralatan camping, dan bahan makanan jika Anda berencana ingin bermalam. Anda bisa ber-snorkling pada siang hari. Terumbu karang di perairan sekitar Gili Tangkong masih subur dan sehat. Tentu saja dengan berbagai penghuni lautnya yang tak kalah cantik. Seperti Clown Fish, Tiger Fish, dan lain sebagainya.

Wisatawan mancanegara yang datang ke Gili Tangkong umumnya membawa perbekalan dan perlengkapan cukup untuk berkemah. Mereka melakukan aktivitas snorkeling dan menyelam ketika hari sudah mulai terang.

Di Gili Tangkong tidak ada restoran ataupun rumah makan, jadi bila kamu ingin makan, harus membawa bekal sendiri dari darat. Namun di Gili selanjutnya yaitu di Gili Sudak terdapat rumah makan pinggir pantai yang menyediakan menu ikan bakar dan nasi goreng yang pastinya sangat nikmat.

Tips

  • Bila berangkat dari Pelabuhan Lembar, mintalah awak perahu untuk singgah sejenak di Gili Kedis, Gili Sudak, dan Makam Keramat sekadar untuk berfoto.
  • Bawalah peralatan peralatan diving dan snorkeling sendiri jika Anda memiliki berniat melakukan aktivitas snorkeling atau diving di Gili Nanggu.
  • Bawalah potongan roti untuk diberikan pada ikan ketika Anda melakukan snorkeling atau diving.

 

Kumpulan Gambar dari konten tentang Gili Tangkong, Lombok – NTB

Ada 5 potret di dalam Gili Tangkong, Lombok – NTB konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 potret high-res.

gili tangkong - Bali & NTB : Gili Tangkong, Lombok – NTBgili tangkong lombok - Bali & NTB : Gili Tangkong, Lombok – NTBgili tangkong lombok - Bali & NTB : Gili Tangkong, Lombok – NTBKeindahan Perairan gili tangkong - Bali & NTB : Gili Tangkong, Lombok – NTBPanorama gili tangkong - Bali & NTB : Gili Tangkong, Lombok – NTB

Apa pendapatmu tentang Gili Tangkong, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Gili Tangkong, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Tablolong & Gua Kr
Pemandangan alam sebagai tempat pariwisata di daerah Nusa Tenggara Timur pada umumnya masih ...

Pantai Jungkat, Pontianak R
Pantai Jungkat lebih dikenal dengan sebutan pantai Bedenyut, terletak di Pontianak, berada tepat ...

Pantai Dan Desa Nepa, Madura
Profil Desa Nepa Kata-kata Nepa  diambil dari nama pohon yang dulunya banyak sekali tumbuh ...

Kepulauan Pianemo ( kepulauan
Keindahan yang disuguhkan lautan Raja Ampat seakan tak pernah ada habisnya bahkan di ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Bar
Pulau Batang Pele, Raja Ampat – Pa
Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Su
Pantai Gurah, Blitar – Jawa Timur
Pesona Pantai Lampuuk Aceh
Pantai Kamdera, Kamdera – Jayapura
Pantai Nongsa, Batam – Kepulauan Riau
Pantai Licin, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.