Pantai Sili, Sumbawa – NTB

Rating: 85 out of 100, by 131 users
Pantai Sili - Bali & NTB : Pantai Sili, Sumbawa – NTB

Sumbawa memiliki banyak tempat eksotis, dan tempat-tempat tersebut belum merupakan destinasi unggulan, karena Promosi yang minim dan mungkin tidak termasuk dalam grand design pemerintah, atau mungkin juga pemerintahnya tidak mengetahui dengan pasti, keindahan tersembunyi itu perlahan mulai dikenal, diminati hingga ke Mancanegara. ketidaan jalur transportasi darat dan laut adalah merupakan kendala utama untuk menuju ke tempat2 menarik yang ada di tanah BULAENG. kini kami mengajak anda untuk mengunjungi salah satunya yaitu Eksotika PANTAI SILI dengan pilihan Off Road Jeep ala Petualang.

Indonesia memiliki begitu banyak tempat wisata alam yang berupa Pantai, namun tidak semua pantai di indonesia memiliki ombak yang cocok untuk olahraga selancar. Karena kebanyakan pantai di indonesia ini memiliki ombak yang cenderung tenang di tepiannya, itulah kenapa banyak spot-spot selam yang menakjubkan di negara ini.

Salah satu pantai yang memiliki ombak yang kuat adalah Pantai Sili, dan tahukah anda, ternyata pantai yang satu ini merupakan pantai selancar nomor tiga didunia setelah Hawai dan Tahiti.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Sili ini secara geografis terletak di kecamatan Tarano, salah satu desa kecamatan yang ada di kabupaten Sumbawa Besar, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Meski begitu, tidak mudah untuk bisa sampai ke lokasi wisata Pantai Sili ini. Namun setidaknya bukan hal yang mustahil untuk melewatinya. Untuk bisa sampai ke Pulau Sumbawa ini sendiri sebelumnya anda harus pergi ke Lombok terlebih dahulu.

Kalau ingin berhemat, maka anda bisa naik bus dari Jakarta dengan tujuan Lombok, dan untuk ini anda harus merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp 400.000 per orangnya dengan waktu tempuh kurang lebih dua hari, cukup melelahkan memang.

Namun jika anda ingin cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta dengan Tujuan Lombok.Waktunya juga lebih singkat, hanya kurang lebih sekitar 1,5 jam saja.

Pantai Sili, sumbawa - Bali & NTB : Pantai Sili, Sumbawa – NTB
panorama Pantai Sili - Bali & NTB : Pantai Sili, Sumbawa – NTB

Namun, tentunya harga tiket pesawat dijaman sekarang sudah semakin mahal saja, menurut info yang ada, harga tiket termurah untuk sampai ke lombok adalah sebesar Rp 709.000 dengan maskapai penerbangan Lion Air, sedangkan harga tiket termahal adalah Rp 1.512.000 dengan maskapai Merpati dan Rp 1.567.000 dengan maskapai Lion Air.

Setelah sampai di Lombok, maka anda tinggal melanjutkan perjalanan untuk bisa sampai ke kota Mataram, anda bisa menggunakan Damri dengan Rute Mataram-Sumbawa dengan harga tiket sekitar Rp 65.000 per orangnnya, atau anda bisa menggunakan travel dengan tarif sekitar Rp 70.000 / orangnya, perjalanan dari Mataram ke Sumbawa membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam perjalanan.

Dari kota Sumbawa besar ini, maka anda bisa pergi ke Cabang Kwangko dengan perjalanan kurang lebih sekitar 6 jam, setelah sampai di Cabang Kwangko, anda akan melewati jalan yang jelek karena banyak sekali lubang, apalagi jalannya masih berupa jalan tanah dengan permukaan yang berupa tanjakan dan turunan yang amat curam, jadi anda harus berhati-hati dalam melewati medan yang satu ini selama 40 menit.

Setelah itu anda akan sampai di Dusun Teloi, nah dari sana anda sudah tidak bisa menggunakan mobil lagi, anda harus berjalan cukup jauh hingga melewati ladang dan perkebunan para penduduk setempat, setelah melewati perjalanan yang melelahkan maka anda akan langsung melihat bentangan Pantai Sili yang pastinya akan memukau siapa saja.

Wisata

Pantai Sili, sebenarnya bukan pantai yang terlalu terkenal, dan bukan juga pantai yang ramai akan para wisatawan. Namun, tidak ada yang akan memungkiri keindahan surga selancar yang tersembunyi di Indonesia ini. Pantai Sili sangat bersih, dan memiliki pasir yang halus, dengan gulungan ombak yang besar, dan deburannya bisa mendebarkan jantung anda karena membangkitkan semangat yang ada di dalam diri kita.

Meski untuk itu, anda harus rela menempuh jalan yang tidak mudah, namun rasa lelah itu bukan apa-apa setelah anda sampai di Pantai Sili ini, bagi anda yang ingin berhemat, khususnya para backpacker, bisa menegakkan tenda di sekitar pantai ini, atau anda bisa menginap sebuah resort yang berada disekitar lokasi pantai, resort ini sengaja di buat membelakangi pantai, agar anda bisa melihat keindahan pantai dari balkon belakang kamar anda, dengan suasana pantai yang cenderung sepi, akan membuat anda seolah-olah berada di pantai pribadi.

Disini juga terdapat hotel-hotel melati yang jauh lebih murah, hanya sekitar Rp 60.000  – Rp 70.000 per malamnya. Kalau anda datang disaat air laut surut, yang biasanya terjadi saat musim kemarau, maka anda bisa ikut penduduk sekitar dalam berburu ikan, udang, dan kerang di sepanjang pesisir pantai, karena mereka tidak memiliki kapal, maka mereka tidak bisa mencari ikan ditengah laut, dan lagipula mencari hewan-hewan laut ini hanyalah pekerjaan sampingan mereka.

Setiap satu tahun sekali, tepatnya hari Minggu Pahing di musim panen, penduduk sekitar akan mengadakan sebuah pesta rakyat di Pantai Sili ini, para wisatawan yang datang ke acara tersebut akan diperlakukan sama seperti penduduk lainnya.

Dan tahukan anda, jumlah partisipan dalam pesta adat ini mencapai lebih dari seribu orang, mereka membawa bekal yang banyak, dan makan bersama-sama di tepi pantai tersebut, sambil menikmati keindahan laut yang sangat memukau tersebut.

Tips

1. Kalau anda ingin melakukan beberapa kegiatan seperti Diving, Snorkeling, ataupun Surfing, dll, lebih baik anda jangan terlalu terbawa nafsu untuk langsung pergi ke lokasi wisata Pantai Sili ini dan bersenang-senang disana, ada baiknya sebelum berangkat anda pastikan lagi bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman, apalagi tidak mudah untuk mencari tempat penyewaan alat disana, jadi lebih baik anda membawa peralatan sendiri.

2. Bagi anda yang suka berjemur, mungkin ini bukanlah masalah, tapi bagi anda yang takut kulit anda terbakar, bisa menggunakan sunblock sebelum berkunjung ke Pantai Sili ini, karena memang sinar mataharinya lumayan menyengat, apalagi jika sedang musim kemarau.

3. Jaga kesehatan, ada baiknya jika anda makan dulu sebelum berenang, meski sedikit usahakan perut anda tidak kosong, hal ini untuk menghindari masuk angin dan juga kram perut saat berenang. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Nah, untuk itu jangan lupa untuk membawa cadangan obat, meski hanya untuk berjaga-jaga saja.

4. Sebelum pulang, hendaknya cicipilah beberapa kuliner khas kota Sumbawa, seperti Singang yang penampilannya hampir mirip pindang ikannya palembang, lalu anda juga bisa mencicipi Sepat yang hampir sejenis seafood namun dengan kuah yang asam-asam segar, lalu ada Gecok yang berupa makanan olahan daging sapi, kemudian Ayam bakar Taliwang, dan masih banyak yang lainnya.

 

Galeri gambar dari konten tentang Pantai Sili, Sumbawa – NTB

Ada 6 gambar di dalam Pantai Sili, Sumbawa – NTB konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

keindahan Pantai Sili - Bali & NTB : Pantai Sili, Sumbawa – NTBombak Pantai Sili - Bali & NTB : Pantai Sili, Sumbawa – NTBpanorama Pantai Sili - Bali & NTB : Pantai Sili, Sumbawa – NTBPantai Sili, sumbawa - Bali & NTB : Pantai Sili, Sumbawa – NTBPantai Sili - Bali & NTB : Pantai Sili, Sumbawa – NTBPasir putih Pantai Sili - Bali & NTB : Pantai Sili, Sumbawa – NTB
Diposting pada 24 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: berenang, Lokasi Pantai Sili, seafood, Pantai Pulau NTB, kawasan Sili, Wisata Sumbawa, diving .

Apa pendapatmu tentang Pantai Sili, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Sili, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sundak Mempesona di Gun
Sundak, sebuah pantai di wilayah kabupaten Gunungkidul, tepatnya di desa sidoharjo kecamatan tepus. ...

Pantai Karang Bolong, Serang &
Kawasan Pantai Anyer, salah satu lokasi wisata diprovinsi Banten tersebut, memang menawarkan banyak ...

Indahnya Pantai Mutun Plus Bon
Selain pantai pasir putih dan kalianda, lampung memiliki pantai lain yang tak kalah ...

Pantai Skouw Sae, Jayapura 
Bumi Papua banyak menyimpan tempat indah yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi
Pantai Ketaping, Kota Pariaman – Sumat
Pantai Teluk Penyu Cilacap
Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara
Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu War
Pantai Permisan, Nusakambangan – J
Pantai Natsepa Ambon
10 Pantai Terindah Di Nusa Tenggara Timu

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.