Pantai Benete, Sumbawa – NTB

Rating: 87 out of 100, by 119 users
fasilitas di pantai benete - Bali & NTB : Pantai Benete, Sumbawa – NTB

Pantai Benete – Pantai merupakan objek wisata alam yang menarik untuk di kunjungi apabila anda sedang dalam kegiatan berwisata. Indonesia yang merupakan negara kepulauan, tentu saja memiliki begitu banyak objek wisata berupa pantai dan pulau. Salah satunya adalah Pantai Benete yang berada di pesisir barat Pulau Sumbawa.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Benete berada di sebelah barat Pulau Sumbawa tepatnya di kawasan Teluk Benete. Secara administratif Pantai Benete berada di Kecamatan Maluk, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan dapat ditempuh sekitar satu jam apabila dari Taliwang. Akses jalan juga cukup baik walaupun belum terlalu lebar.

Jika anda berangkat dari ibukota NTB yakni Mataram, anda masih harus menyebrang ke Pulau Sumbawa melalui Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano di Pulau Sumbawa selama kurang lebih dua jam penyebrangan. Bisa menggunakkan engkel menuju pelabuhan, atau anda bisa langsung menggunakkan bis damri dengan jurusan Mataram – Maluk.

Apabila anda sudah berada di Terminal Benete, cukup ikuti jalan lurus sekitar 1 kilometer, hingga anda menemukan pertigaan. Petunjuk jalan juga sudah cukup jelas, sehingga dari pertigaan ini ambil jalan ke kiri dan melewati jalan yang mulai menyempit. Jika dari pelabuhan poto tano sendiri, perjalanan juga cukup jauh karena memakan waktu kurang lebih sekitar dua jam perjalanan.

Bagi yang menggunakkan kendaraan umum, anda bisa menggunakkan bis atau angkutan umum lainnya yang menuju Maluk ataupun Terminal Benete, selanjutnya bisa disambung menggunakkan ojek. Namun, jika tak ingin repot, anda bisa menyewa kendaraan berupa mobil dan sudah termasuk sopir, sehingga anda tidak perlu bingung masalah rute.

Namun, apabila anda ingin bebas bertualang, anda bisa menyewa motor. Namun, karena masih cukup sulit mencari tempat penyewaan, anda bisa menyewa motor dengan tukang ojek walaupun harganya memang agak lebih tinggi. Biasanya, anda perlu meninggalkan KTP apabila menyewa kendaraan khususnya pada tukang ojek ini.

Opsi lain yang lebih mudah apabila anda masih berada di Pulau Lombok adalah menggunakkan kapal cepat dari Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur dan langsung menuju Pelabuhan Benete yang berada tepat di kawasan Pantai Benete. Dengan begitu, anda tidak perlu mencari angkutan darat lagi, setibanya di Pelabuhan Benete.

Wisata

Pantai Benete merupakan sebuah teluk yang tak hanya berfungsi sebagai objek wisata berupa pantai namun juga memiliki dua buah pelabuhan. Pelabuhan yang pertama yakni milik PT Newmount Nusa Tenggara dan yang kedua adalah Pelabuhan Benete yang biasanya digunakkan sebagai pelabuhan untuk barang-barang serta beberapa perahu cepat yang langsung menuju Pelabuhan Benete.

Pantai ini memang tidak secantik pantai-pantai pasir putih lainnya, karena memang warna pasir pantai di sini berwarna kehitaman. Tapi, tetap tampak bersih dan yang menarik dari Pantai Benete ini anda bisa melihat aktivitas kapal-kapal yang melakukan bongkar muat ataupun aktivitas-aktivitas lainnya di sekitar dermaga. Dari sisi pandang alamnya, Pantai Benete yang merupakan teluk ini, juga diapit oleh dua buah perbukitan, sehingga tampak sangat menarik.

Di sekitar pantai ini memang belum begitu banyak fasilitas, namun sudah cukup untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan karena beberapa fasilitas penting sudah disediakan.

Di pinggir pantai, sudah ada pondok pantai kecil yang bisa anda gunakkan untuk bersantai sembari menikmati panorama pantai. Restoran juga sudah ada walaupun tidak banyak. Restoran ini akan menyediakan kuliner-kuliner khas Sumbawa serta harga yang dipasang pun tidak terlalu mahal atau relatif normal.

Di samping restoran ini, anda juga sudah bisa menemukan tempat ibadah berupa mushola dan fasilitas lain seperti toilet juga sudah bisa anda temukan. Jadi, jangan khawatir kelaparan saat berwisata, apalagi anda bisa langsung mencoba kuliner khas dari pulau yang eksotis ini.

Toko-toko kecil serta arena bermain untuk anak-anak juga sudah bisa anda temukan dan gunakkan di kawasan pantai. Walaupun tidak terlalu banyak wahana permainannya, tetapi sudah cukup menarik khususnya bagi anda yang membawa anak kecil.

Suasana senja yang dimiliki pantai ini juga cukup cantik, anda bisa melihat suasana langit yang berubah menjadi jingga sembari bersantai menikmati angin dan suasana yang sudah semakin teduh. Tak kalah pula suasana malam harinya, lampu-lampu di sekitar PT Newmount Nusa Tenggara, tampak sangat cantik dengan nuansa malam yang dihiasi bintang-bintang. Bunyi ombak juga senantiasa memberikan suasana istimewa dalam menikmati suasana malam di Pantai Benete.

pantai benete - Bali & NTB : Pantai Benete, Sumbawa – NTB
fasilitas di pantai benete - Bali & NTB : Pantai Benete, Sumbawa – NTB

Tips
1. Waktu yang tepat untuk menikmati suasana pantai adalah pada sore hingga malam hari. Suasana yang tercipta pada senja hingga malam adalah pemandangan yang terbaik serta cuaca sudah cukup teduh.

2. Jika anda hanya berkesempatan datang pada siang hari, jangan lupa gunakkan sunblock untuk meminimalisir kemungkinan kulit anda terbakar matahari.

3. Apabila anda datang dengan kendaraan umum, sebaiknya siapkan nomor telepon taksi ataupun rekan anda apabila anda bingung cara untuk pulang, khususnya bagi anda yang belum paham jalan-jalan di Sumbawa

Di Pantai Benete, anda tak hanya disuguhkan dengan pemandangan berupa pantai saja. Anda juga bisa melihat aktivitas di Pelabuhan serta kapal-kapal yang lalu lalang di depan anda serta pemandangan perbukitan yang mengapit di sisi kanan dan kiri pantai.

 

Galeri dari konten tentang Pantai Benete, Sumbawa – NTB

Ada 5 foto di dalam Pantai Benete, Sumbawa – NTB konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

fasilitas di pantai benete - Bali & NTB : Pantai Benete, Sumbawa – NTBhamparan pasir di pesisir pantai benete - Bali & NTB : Pantai Benete, Sumbawa – NTBkeindahan pantai benete - Bali & NTB : Pantai Benete, Sumbawa – NTBpanorama pantai benete - Bali & NTB : Pantai Benete, Sumbawa – NTBpantai benete - Bali & NTB : Pantai Benete, Sumbawa – NTB
Diposting pada 4 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: Kawasan wisata Sumbawa, Informasi Benete, kuta, Benete, bermain, pasir pantai, kapal .

Apa pendapatmu tentang Pantai Benete, Sumbawa – NTB

Satu Komentar to “Pantai Benete, Sumbawa – NTB”

  1. sepertinya menarik sekali. apakah di sana selalu ramai pengunjung?

    Trims

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Benete, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Skouw Sae, Jayapura 
Bumi Papua banyak menyimpan tempat indah yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah ...

Pantai Modangan, Malang – Ja
Kota Malang dikenal menyimpan banyak pantai yang indah. Pantai-pantai eksotik itu membentang mulai ...

Pantai Romodong Objek Menarik
Pantai Romodong terletak tidak jauh dari kota Belinyu, Pantai ini cukup sulit ditempuh, ...

Pantai Teluk Makmur, Dumai –
Dengan banyaknya jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia, membuat negara ini mempunyai garis ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kamdera, Kamdera – Jayapura
Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta
Pantai Ngliyep Malang
Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Bar
Pantai Anyer Carita Banten dan Akomodasi
Pantai Benete, Sumbawa – NTB
7 Pantai Di Indonesia Dengan Ombak Terba
Pantai Lembah Putri, Kalipucang –

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.