Pantai Rontu, Sumbawa – NTB

Rating: 86 out of 100, by 129 users
Hamparan Pasir di Pesisir Pantai Rontu - Bali & NTB : Pantai Rontu, Sumbawa – NTB

Pantai Rontu – Objek wisata alam berupa pantai merupakan jenis lokasi wisata favorit khususnya di daerah tropis seperti di Indonesia. Destinasi wisata menarik berupa pantai yang cantik bisa anda temukan di berbagai tempat, salah satunya yang cukup terkenal, berada di Pulau Sumbawa. Pantai Rontu yang memiliki pesona alam yang sangat cantik dan alami bisa menjadi destinasi wisata menarik di Pulau Sumbawa.

Lokasi dan Tranportasi

Pantai Rontu merupakan salah satu dari banyaknya pantai di Pulau Sumbawa tepatnya di Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tepatnya berada di sebelah selatan kota Bima dan langsung menghadap Samudera Hindia. Kondisi jalan menuju pantai ini sudah cukup baik serta sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Dari pusat kota Bima, anda membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan untuk mencapai pantai cantik ini. Dari Terminal Tente di kecamatan Woha, hanya diperlukan waktu sekitar satu jam saja untuk mencapainya. Rute yang anda tempuh jika dari kota Bima adalah menuju arah bandara. Ketika ada menemukan pertigaan, beloklah ke kiri dan teruskan perjalanan anda menuju arah selatan untuk mencapai lokasi Pantai Rontu.

Anda pun dapat menggunakkan taksi ataupun ojek untuk membawa anda ke pantai ini apabila anda tidak membawa kendaraan. Namun, untuk leluasa berkeliling ke tempat lainnya dan merasa lebih nyaman, anda bisa menyewa kendaraan roda empat dari Kota Bima dengan biaya sewa sekitar Rp 400.000*) hingga Rp 600.000*) per hari serta sudah dilengkapi dengan sopir untuk memudahkan anda menuju lokasi wisata tujuan karena tak perlu membingungkan rute.

Adapun untuk mencapai Bima, memang cukup jauh dari Sumbawa Besar karena menghabiskan waktu sekitar 5 hingga 6 jam perjalanan darat. Apalagi jika anda masih di Kota Mataram, ibukota provinsi NTB. Namun, bis umum yang langsung menuju Bima sudah tersedia baik dari Mataram yang bisa anda temukan di Terminal Bertais ataupun dari Sumbawa Besar. Ambillah bis dengan tujuan Bima/Dompu dan biasanya anda akan berhenti di terminal dara.

Untuk menyingkat waktu, anda bisa menggunakkan maskapai penerbangan yang menuju Bandara Sultan Mahmud Salahudin di Bima, dengan begitu anda tidak terlalu lama di perjalanan dan di sekitar bandara sudah tersedia pula beberapa jasa transportasi yang bisa anda gunakkan ataupun jasa penyewaan kendaraan.

Wisata

Pantai Rontu merupakan sebuah kawasan pantai berpasir putih dengan perairan yang biru jernih. Suasana pantai yang masih alami menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menyukai pesona alam ataupun tempat-tempat natural lainnya.

Pemandangan indah ini pun didukung dengan suasana pantainya yang tenang karena tidak begitu dipadati oleh para wisatawan. Walaupun begitu, pantai ini tetap merupakan pantai yang indah bahkan tak jarang bisa anda lihat adanya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pantai ini.

Ombaknya tidak begitu besar namun juga tidak terlalu tenang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai karena deburan ombaknya yang pas bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran serta menghilangkan penat. Butiran pasir yang dimiliki pantai ini cukup berbeda karena berukuran sedikit lebih besar, belum lagi warna pasir yang cukup beragam sehingga tampak cantik apabila dipandang lebih dekat.

Pantai ini juga ditumbuhi oleh karang-karang, sehingga ketika berwisata ke pantai ini, anda bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling dan diving. Namun, kebanyakkan wisatawan hanya bermain air ataupun sekedar bersantai saja di pesisir pantainya.

Tak hanya kegiatan-kegiatan air tersebut, banyak pula yang datang sekedar untuk mengambil foto karena pemandangan alamnya yang sangat indah dan sangat cocok dijadikan sebagai salah satu spot fotografi menarik di Kabupaten Bima.

Tak hanya lautnya, perbukitan yang berada di sekitarnya dan tampak berjajar dengan rapi merupakan suguhan alam menarik dipandang mata ataupun di abadikan dalam kamera anda. Sehingga, Pantai Rontu merupakan lokasi pantai yang cocok untuk wisata bersantai.

Tips

Perairan di Pantai Rontu - Bali & NTB : Pantai Rontu, Sumbawa – NTB
Hamparan Pasir di Pesisir Pantai Rontu - Bali & NTB : Pantai Rontu, Sumbawa – NTB

1. Hindari datang ke pantai terlalu sore, karena jalan menuju pantai tergolong cukup sepi pada jam-jam sore tersebut dan rawan pemalakan.

2. Gunakkan sunblock ataupun penutup kepala ketika berada di kawasan pantai untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung agar kulit anda tidak tersengat sinar matahari.

3. Bagi yang ingin snorkeling, sediakanlah peralatan sendiri, karena di pantai ini belum ada penyewaan alat snorkeling.

4. Bawalah makanan dan alas duduk bagi yang ingin berpiknik di pantai, karena belum adanya fasilitas penunjang seperti pondok atau gazeboo di sekitar Pantai Rontu.

Pantai Rontu merupakan pilihan wisata yang pas bagi anda yang gemar fotografi ataupun yang sekedar ingin menikmati suasana tenang di tempat yang alami dan memiliki pemandangan indah.

Bentangan laut, pasir yang unik serta jajaran perbukitan siap memanjakkan mata anda dengan dilengkapi hembusan angin yang sepoi-sepoi. Jangan lewatkan kunjungan anda ke Pantai Rontu dalam kunjungan wisata anda di Pulau Sumbawa, khususnya bagi anda yang mampir ke Kabupaten Bima, di bagian timur Pulau Sumbawa.

 

Kumpulan Gambar dari artikel tentang Pantai Rontu, Sumbawa – NTB

Ada 4 foto di dalam Pantai Rontu, Sumbawa – NTB artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Panorama Pantai Rontu - Bali & NTB : Pantai Rontu, Sumbawa – NTBPerairan di Pantai Rontu - Bali & NTB : Pantai Rontu, Sumbawa – NTBPesona Pantai Rontu - Bali & NTB : Pantai Rontu, Sumbawa – NTBHamparan Pasir di Pesisir Pantai Rontu - Bali & NTB : Pantai Rontu, Sumbawa – NTB
Diposting pada 18 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: kota mataram, Keindahan Pantai Rontu, Kawasan Pantai Rontu, bima, wisata alam, diving, Pulau NTB .

Apa pendapatmu tentang Pantai Rontu, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Rontu, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Gili Laba, Sumbawa Timur ̵
Taman Nasional Komodo merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sekitar perairan Sumbawa dan ...

Pantai Sorake, Surganya Surfer
Pantai dimana tempat banyak surfer melakukan hobby nya yaitu surfing (selancar). Pantai ini ...

Pulau Dewata Bali
Inilah pulau yang paling terkenal di Indonesia. Tempat mengagumkan yang menyimpan gabungan keindahan ...

Pulau Datu, Tanah Laut – Kal
Pulau Datu adalah sebuah pulau kecil yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tanah Laut, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Rajegwesi, Banyuwangi – Jaw
Pulau kadidiri, Tojo Una Una – Sulawes
Pantai Likupang, Bitung – Sulawesi
Pantai Kuala Geulumpang, Langsa –
Tanjung Ringgit, Lombok – NTB
Pantai Lawar, Sumbawa – NTB
Pantai Purwahamba yang Teduh dan Indah K
Pantai terindah di Lombok

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.