Pantai Goa, Sumbawa – NTB

Rating: 87 out of 100, by 121 users
fasilitas yang ada di pantai goa - Bali & NTB : Pantai Goa, Sumbawa – NTB

Berlibur ke Pulau Sumbawa, tak hanya sekedar untuk menikmati alamnya yang indah saja, anda juga bisa mencicipi berbagai macam makanan khas yang ada disana sembari menikmati indahnya pemandangan alam yang ada. Pantai Goa ini salah satunya, dan tentunya Pantai Goa ini wajib masuk ke dalam daftar tempat-tempat yang ingin anda kunjungi,

Lokasi dan Transportasi

Pantai Goa ini lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumbawa Besar, mungkin hanya memakan waktu sekitar 15 – 20 menit saja dengan menggunakan mobil, karena memang jaraknya hanya sekitar 5 kilometer saja dari pusat kota, bagi anda yang tahu dimana lokasi dari Kompi Senapan II Sumbawa, lokasi Pantai Goa ini berada tepat di depannya. Jika menggunakan kendaraan umumpun anda sudah bisa sampai ke lokasi wisata yang satu ini, baik dengan dokar, ojek, angkutan desa, hingga becak.

Bagi anda yang berdomisili di luar Pulau Sumbawa, maka perjalanan yang harus anda tempuh memang terbilang cukup panjang, hal ini di karenakan anda harus pergi ke Lombok terlebih dahulu untuk bisa sampai ke Sumbawa. Memang agak melelahkan, namun karena pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan anda, rasa lelah yang anda rasakan tidak akan terlalu terasa.

Bagi para backpacker atau bagi anda yang sedang ingin berhemat, maka anda bisa naik bus dari Jakarta dengan tujuan Lombok, dan untuk ini anda harus merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp 400.000*) per orangnya, meski begitu waktu tempuh dari jakarta ke Lombok akan memakan waktu dua hari, cukup melelahkan memang. Namun jika anda ingin cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta ke Lombok.

Setelah sampai di Lombok, maka anda tinggal menuju ke kota Mataram, dan dari kota mataram anda bisa naik kendaraan umum seperti Damri, maka pilihlah Damri dengan Rute Mataram-Sumbawa Besar dengan harga tiket sekitar Rp 65.000*) per orangnnya, atau anda bisa menggunakan travel dengan tarif sekitar Rp 70.000*) per orangnya, perjalanan dari Mataram ke Sumbawa membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam perjalanan, maka dari itu persiapkanlah bekal makanan seperti roti dan air minum untuk di perjalanan anda.

Wisata

Pantai Goa ini adalah salah satu lokasi wisata sangat populer di kota Sumbawa Besar, Pantai ini cenderung ramai saat sore hingga malam hari, namun bukan berarti pagi hingga siang hari pantai ini sepi. Meskipun sejatinya pantai ini sama saja dengan pantai-pantai lainnya, namun pantai goa ini memiliki keunggulan di bidang kuliner.

Pantai goa ini bukan hanya lokasi wisata alam saja, namun juga merupakan salah satu pusat lokasi wisata kuliner terbesar di Sumbawa Besar, ada berbagai macam makanan laut yang bisa anda cicipi disini, menunya juga beraneka ragam, mulai dari makanan khas daerah Sumbawa ini sendiri, hingga makanan-makanan nusantara lainnya yang mana menu utamanya berupa seafood.

Selain rasanya enak, makanan disini juga tergolong murah lho, hal itulah yang membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di tempat ini. Kalaupun anda ingin membawa bekal sendiri juga bisa, karena anda beberapa gazebo yang juga telah disediakan di Pantai Goa ini untuk anda bersantai, jadi anda bisa makan lesehan disana bersama keluarga dan teman-teman sambil menikmati bekal yang anda bawa sendiri.

Dan kalau beruntung, anda bisa melihat acara pelepasan bayi-bayi penyu ke dalam laut untuk pertama kalinya. Memang tidak jauh dari tempat ini juga terdapat pusat pelestarian penyu-penyu yang sudah hampir punah. Tentunya akan menjadi sebuah pengalaman berharga bukan jika anda bisa melihat bagaimana penyu-penyu kecil tersebut saling berlomba untuk masuk ke laut, dan tentunya hal itu juga akan menjadi momen yang tak terlupakan untuk anda.

Sejarah pantai goa

keindahan pantai goa - Bali & NTB : Pantai Goa, Sumbawa – NTB
pantai goa - Bali & NTB : Pantai Goa, Sumbawa – NTB

Awal mula Pantai goa dikenal oleh masyarakat luas,ketika para imigran bajo utan dari bugis pindah ke pesisir pantai tersebut.mereka hidup di pesisir pantai sebagai nelayan dan pedagang.tak lama setelah mereka menetap di sana,mereka menemukan sebuah goa tempat peninggalan para penjajah di pesisir pantai tempat pemukiman mereka. Akhirnya, berita tersebut beredar dari orang-orang   bajo yang berdagang di pasar terdekat

Banyak masyarakat sumbawa maupun dari luar daerah berramai – ramai datang ke pantai goa untuk melihat goa kecil sisa peninggalan para penjajah tersebut dan  saat itulah banyak warga sumbawa yang menyebutnya sebagai pantai goa. Pantai goa pun menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar.

Warga tau bajo yang berprofesi sebagai nelayan mulai membuka warung makan yang menyediakan hidangan laut bakar, singang, dan hidangan khas sumbawa lainnya.warga sumbawa yang mulanya hanya ingin berekreasi di pantai,mulai saat itu juga bisa berwisata kuliner di pantai goa. Tak sedikit warga sumbawa yang menaruh minat terhadap wisata kuliner tesebut.

Pengunjung yang datang ke pantai goa tidak hanya dapat melihat goa,tetapi juga dapat merasakan ikan bakar dan suasana pantai yang nyaman. Akan tetapi,seiring dengan berjalannya waktu,banyak masyarakat tau bajo yang berjualan tidak pada tempatnya.mereka memilih tempat berjualan sesuai keinginan mereka.hal terebut membuat pantai goa menjadi tidak rapih.belum lagi pemukiman yang mereka tinggali.terlihat kumuh dan dan tidak teratur. Namun hal tersebut tidak mengurangi minatmasyarakat sumbawa untuk berwisata ke pantai goa.

Melihat keadaan tersebut,Dinas Pariwisata kab.Sumbawa mengambil keputusan untuk merenovasi pantai goa. Perbaikan yang dilakukan antara lain: merenovasi warung makan dan pemukiman warga setempat dengan membuat rumah yang sejajar, dan meletakkan balai-balai (bruga’)tempat makan ikan bakar bagi para pengunjung.serta perbaikan jalan,pembuatan dermaga,renovasi musholla,serta pemasangan lampu jalan. Hal tersebut dilakukan untuk menambah minat para pengunjung. Perbaikan pantai goa sampai saat ini masih berjalan dan nama pantai goa pun telah menjuru ke daerah-daerah di sekitar sumbawa besar.

Saat ini tempat makan di pantai goa sudah mulai tertata rapi, sehingga terlihat bersih dan teratur.    Tempat penjualan ikan bakar pun diberi nama sesuai dengan nama pemilik dari ikan bakar tersebut. Omset yang bisa didapat dari penjualan ikan bakar tersebut bervariasi sesuai dengan jumlah pengunjung dari pantai goa. Harga ikan bakar yang dijajakan pun bermacam-macam sesuai dengan ukuran ikan yang dipesan.

Tidak hanya di daerah sumbawa saja, pantai goa sudah terkenal di berbagai daerah di Indonesia dan menjadi tujuan utama bagi wisatawan lokal dan domestik. Di pantai goa pengunjung tidak hanya disajikan dengan wisata kuliner maupun keindahan pantainya. Tetapi, pengunjung dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan memancing. Kegiatan ini juga diminati oleh pengunjung karena tidak ada batasan waktu maupun jumlah ikan yang didapat.

Tips

1. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca dikota ini memang sangat panas saat siang hari, apalagi saat musim kemarau, meski mungkin panasnya memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke Pantai Hamadi yang airnya lumayan sejuk ini.

2. Jaga kesehatan, ada baiknya jika anda makan dulu sebelum berenang, meski sedikit usahakan perut anda tidak kosong, hal ini untuk menghindari masuk angin dan juga kram perut saat berenang. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Nah, untuk itu jangan lupa untuk membawa cadangan obat, meski hanya untuk berjaga-jaga saja.

3. Untuk makan siang, anda tidak perlu khawatir, karena Pantai Goa ini juga merupakan Lokasi wisata kuliner yang ada di Sumbawa, ada berbagai macam warung-warung makan yang menyediakan berbagai macam makanan, mulai dari makanan khas sumbawa, hingga makanan-makanan nusantara lainnya.

4. Jika anda berlibur ke kota Sumbawa, usahakan anda juga wajib mencicipi susu kuda liar asli di Sumbawa, karena selain menyehatkan, susu kuda liar ini juga memiliki khasiat yang bagus untuk stamina tubuh anda.

5. Lalu anda juga bisa mencicipi Sepat yang hampir sejenis seafood namun dengan kuah yang asam-asam segar, lalu ada Gecok yang berupa makanan olahan daging sapi, kemudian Ayam bakar Taliwang, dan masih banyak yang lainnya.

kalau anda berencana untuk berlibur ke Sumbawa di liburan mendatang, maka jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Goa ini, akan lebih seru lagi jika anda membawa serta keluarga, teman-teman ataupun kekasih hati anda untuk bisa menikmati pemandangan indah yang ada di Pantai Goa ini.

Galeri gambar dari artikel tentang Pantai Goa, Sumbawa – NTB

Ada 6 gambar di dalam Pantai Goa, Sumbawa – NTB artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

fasilitas yang ada di pantai goa - Bali & NTB : Pantai Goa, Sumbawa – NTBkeindahan pantai goa - Bali & NTB : Pantai Goa, Sumbawa – NTBpanorama pantai goa sumbawa - Bali & NTB : Pantai Goa, Sumbawa – NTBpantai goa - Bali & NTB : Pantai Goa, Sumbawa – NTBpelepasan anak   anak penyu di pantai goa - Bali & NTB : Pantai Goa, Sumbawa – NTBperairan pantai goa yang indah - Bali & NTB : Pantai Goa, Sumbawa – NTB
Diposting pada 8 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: NTB, wisata bahari, aneka ragam, Pasir Pantai Goa, seafood, pesisir, ikan bakar .

Apa pendapatmu tentang Pantai Goa, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Goa, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kijing, Pontianak ̵
Wisata pantai Kijing sejak lama telah menjadi obyek wisata primadona di Kabupaten Pontianak. Pantai ini menarik wisatawan ...

Pantai Ngetun, Gunungkidul –
Satu lagi pantai cantik di Gunungkidul, Pantai Ngetun. Pantai ini punya pasir putih ...

Pantai Skouw Sae, Jayapura 
Bumi Papua banyak menyimpan tempat indah yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah ...

Pantai Tablolong & Gua Kr
Pemandangan alam sebagai tempat pariwisata di daerah Nusa Tenggara Timur pada umumnya masih ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Tiram, Padang Priaman – Sumater
Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papu
Pantai Nyang Nyang Bali, Alami nan Elok
Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB
Pantai Sabang nan Eksotis di Ujung Pulau
Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa
Pantai Terindah Di Yogyakarta
Pantai Lawata, Bima – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.