Pantai Ekas, Lombok – NTB

Rating: 87 out of 100, by 121 users
sunrise di pantai ekas - Lombok : Pantai Ekas, Lombok – NTB

Ternyata masih banyak sekali potensi wisata pantai yang masih belum tergali lebih jauh oleh pemerintah sehingga kepopulerannya terbatas di telinga para traveler yang suka berpetualang. Padahal sebenarnyabanyak objek wisata pantai di Lombok yang layak dijadikan objek wisata untuk keluarga bukan hanya terbatas segmen anak muda yang umumnya hobi traveling. Salah satu contoh pantai indah tersebut yang belum tergali adalah Pantai ekas.

Pantai Ekas ini terletak satu garis pantai dengan pantai sorga (heaven beach) dan juga masih satu kawasan dengan pantai kaliantan serta tanjung ringgit di Jerowaru, Lombok Timur.

Pantai Ekas atau Tanjung Ekas ini merupakan kawasan perkampungan nelayan di mana di sekitar pantainya memang terlihat banyak perahu untuk nelayan dan juga beberapa rumah apung tempat keramba ikan di tengah laut. Namun jangan salah membayangkan tentang kondisi pantai ekas yang merupakan perkampungan nelayan, pantainya indaaaaaah dengan warna laut yang biru muda berdegradasi biru tua dan tentunya juga bening.

Terlihat hamparan panjang garis pantai di daerah ekas ini, nampak dari jauh daerah pantai sorga yang banyak dibicarakan orang karena kemolekannya dan juga potensinya sebagai tempat surfing yang berkelas. Berbeda dengan di tanjung ekas ini yang tidak memiliki ombak agresif untuk surfing karena juga banyak perahu serta keramba apung di lautnya. Namun bagi kita yang tidak tertarik dengan berselancar tentu hal tersebut tidak menjadi masalah, pemandangan di sini sungguh menyejukkan hati di tengah teriknya matahari.

Transportasi

Untuk menuju pantai ini, kita harus menggunakan mobil ataupun motor pribadi maupun sewaan. Yang paling penting untuk membuat perjalanan lebih lancar kita harus membawa juga tour guide, entah dari menyewa mobil beserta supirnya ataupun kenalan kita orang Lombok yang mengerti bahasa sana. Dari Mataram kita harus menempuh perjalanan selama 1-2 jam ataupun dari Praya waktu yang dibutuhkan lebih singkat sekitar 30-45 menit.

Untuk menuju pantai ini mungkin yang dibutuhkan adalah petunjuknya, Pantai Sorga yang lebih terkenal, karena di sana sudah ada resort jadi lebih umum dikunjungi sebenarnya. Bila sudah sampai di daerah menuju pantai sorga akan ditemukan persimpangan di mana kita harus lurus atau belok kiri, bila ke pantai sorga kita harus belok kiri dan ke tanjung ekas kita ambil jalan lurus saja.

Namun sepertinya jalan ke Ekas jauh lebih baik daripada ke Pantai Sorga yang sangat buruk dimana tanah Lumpur sebagai medan mungkin karena belum diperbaiki selama musim hujan yang membuat tak jarang kendaraan terjebak di kubangan Lumpur tersebut karena rodanya tidak bisa berpindah maju atau mundur. Jalan ke pantai ekas bagus masih aspal jadi tidak ada masalah berarti.

Sesaat masuk ke kawasan pantai memang tidak terlihat ada pantai indah di sana, yang ada hanya rumah-rumah warga yang rata-rata nelayan dan juga perangkat-perangkat melaut seperti jaring juga banyak dijumpai di halaman rumah mereka yang datarannya sudah masuk pasir pantai. Maju sedikit langsung keragu-raguan itu sirna karena memang indah sekali untuk ukuran pantai yang bersatu dengan perkampungan nelayan. Pantainya juga bersih dari sampah karena warga juga menjaga kebersihan pantai.

Fasilitas

Mungkin tidak banyak yang bisa kita lakukan di sini selain menikmati pemandangannya, bila berani dan waktunya tepat mungkin kita bisa ikut nelayan untuk melaut atau sekedar naik perahunya menuju keramba yang mereka miliki karena itu sangat menarik sekali. Untuk penginapan di daerah sini tentu tidak ada dan juga warung-warung makan ala objek wisata pantai juga tidak ada. Jadi bila ingin ‘ngaso’ di sini sebaiknya bawa makanan atau perbekalan sendiri dan menikmatinya di pinggir pantai atau gazebo buatan warga untuk bersantai di pinggir pantai. Warga di sini ramah sekali menyambut baik yang datang dan bebas mengijinkan kita untuk parkir di halaman rumah mereka yang sudah memasuki daerah pinggir pantai.

Kendala yang dihadapi menuju pantai ini tentu bahasa, bagi wisatawan luar kota yang kebanyakan menggunakan bahasa Indonesia, sepertinya di sini memang dibutuhkan jasa tour guide sebagai translator dan juga penunjuk jalan. Jadi, bila nyasar kita bisa bertanya dan mendapat petunjuk dengan lebih jelas.

Bila dibangun penginapan dan juga tawaran paket ke pantai-pantai eksotis sekitar Lombok Timur sebenarnya pasti banyak peminatnya karena kendala yang dihadapi wisatawan ke pantai-pantai sekitar Lombok Timur adalah “no direction”. Saat ini dari Praya atau Mataram sudah banyak agen travel yang menawarkan penyewaan mobil disertai rute-rute menuju pantai-pantai indah yang sedang popular di telingan traveler seperti Tanjung Ringgit, Ekas, Sorga dan Kaliantan.

Jadi kita bisa memilih agen yang handal untuk menuju ke lokasi-lokasi tersebut atau request-an kita sendiri. Salah satu agen travel yang sudah banyak direkomendasikan adalah Praya Travel di mana guidenya memang memiliki jiwa petualang dan juga menyenangkan serta berkredibilitas tinggi dan dia juga bisa bahasa setempat. Rata-rata di sekitar daerah Lombok harga sewa mobil sudah termasuk bensin dan supir sebagai guide itu mulai dari 400 ribu per hari.

Namun bila kita bisa menawar tentu akan diberikan harga special dan pelayanan yang juga memuaskan. Di Lombok terutama sekitar Lombok Timur sulit sekali ditemukan angkutan umum yang memang hanya banyak di daerah Mataram dan sekitarnya, jadi tak ada pilihan lain selain menggunakan jasa mobil rental + supir untuk menjelajahi daerah ini, apalagi sekarang bandara sudah ada di Praya, di mana jarang ada angkutan umum menuju ke penginapan ataupun objek wisata langsung dari bandara.

Wisata

Pantai Ekas berada di Kawasan Wisata pantai Teluk Ekas terletak pada ujung selatan Lombok Timur terletak di Desa Pemongkong Kec. Jerowaru Kab. Lombok Timur. Jarak tempuh kurang lebih selama 15 menit dari pusat Kota Kecamatan ke arah selatan dan kira-kira dari bandara Selaparang berjarak tempuh 2 jam dengan jarak tempuh ± 80 km.

Teluk Ekas merupakan kawasan yang berada dalam satu jalur dengan wisata pantai Surga, Pantai Kaliantan, dan Pantai Cemara.. Pantai ini lebih mengandalkan pada potensi gelombangnya yaitu untuk para penikmat peselancar. Selain karena ombaknya yang besar namun tidak terlalu berbahaya. Pantai Ekas banyak dikunjungi wisatawan terutama wisatawan dari manac negara. Pilihan alternatif lain selain berlibur ke gili trawangan ataupun Pantai kuta yang ada dibali.

Kualitas ombak yang ditawarkan di Ekas berkelas Regional Classic, cocok untuk dinikmati oleh berbagai level surfer. Tipe ombaknya sendiri adalah reef-rocky, dengan arah kanan maupun kiri. Untuk bentuknya sendiri terdapat 3 bentuk: pipa (pipe), dinding (wall), dan heavy. Untuk spot selancar terbaik, Ekas menawarkan 2 spot, yaitu:

(Outside Ekas)

ombak besar yang berada di pantai ekas - Lombok : Pantai Ekas, Lombok – NTB
ombak pantai ekas yang menantang para surfer - Lombok : Pantai Ekas, Lombok – NTB

ombak kidal, tingginya mulai 5 kaki hingga 10 kaki. Ombaknya jatuh dengan keras, bertenaga, dan memiliki luas permukaan yang lebar. Angin terbaik dari tenggara.

(Inside Ekas)

Lokasinya lebih ke dalam teluk (dari outside ekas). Ombaknya membentuk dinding puncak yang menyenangkan. Di saat yang tepat dapat menawarkan ombak panjang dan barrels di bagian kanan. Ombak rendah di kanan, ombak tinggi sebelah kiri, dan bisa mencapai 12 kaki.

Kawasan Ekas merupakan salah satu Kawasan Pantai dengan kondisi pantai berupa Teluk. Kondisi pantai kawasan ini merupakan pantai yang berpasir putih terhampar luas dengan ombak kecil. Kawasan ini juga merupakan kawasan yang sebagian lokasinya merupakan kawasan hunian nelayan (Kampung Nelayan).

Potensi yang dapat dikembangkan adalah kegiatan wisata alam/pantai dengan aktifitas wisata seperti penyelaman dangkal (Diving) dan menikmati panorama pantai dengan seluruh aktivitas yang ada. Fasilitas pendukung yang dapat dikembangkan dikawasan ini terutama adalah akomodasi wisata serta fasilitas dan utilitas pendukung lainnya seperti prasarana jalan, perdagangan dan komunikasi.

Faktor-faktor pendukung yang menjadikan kawasan ini memiliki nilai tambah adalah dengan dimilikinya keaneka ragaman ekosistem pantai, dan topografinya yang landai memberikan kesan lapang dan panorama yang indah untuk menikmati saat matahari terbit (Sun Rise) dan matahari terbenam (Sun Set).

Teluk Ekas merupakan teluk terbesar di Lombok yang merupakan daerah perkampungan nelayan, sehingga banyak sekali perahu dan keramba ikan yang ditambatkan di bibir pantai. Teluk Ekas juga dilengkapi dermaga yang sebenarnya sudah tidak berfungsi. Di tempat inilah dibudidayakan rumput laut, udang dan lobster.

Itu mengapa selain Banko Banko, Ekas juga sangat cocok untuk lokasi memancing. Tidak itu saja, teluk ini juga menyimpan keindahan bawah laut yang memesona, sangat cocok untuk aktivitas snorkling maupun diving.

 

Galeri foto dari cerita tentang Pantai Ekas, Lombok – NTB

Ada 8 foto di dalam Pantai Ekas, Lombok – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 foto high-res.

keindahan perairan pantai ekas - Lombok : Pantai Ekas, Lombok – NTBkepuasan surfing di pantai ekas - Lombok : Pantai Ekas, Lombok – NTBombak besar yang berada di pantai ekas - Lombok : Pantai Ekas, Lombok – NTBombak pantai ekas yang menantang para surfer - Lombok : Pantai Ekas, Lombok – NTBpantai ekas - Lombok : Pantai Ekas, Lombok – NTBsisi lain pantai ekas - Lombok : Pantai Ekas, Lombok – NTB
Diposting pada 7 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Lombok.
Tag: sunset, tanjung, Lokasi Pantai Ekas, surfer, wisata alam, pantai surga, diving .

Apa pendapatmu tentang Pantai Ekas, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ekas, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Nguyahan, Gunungkidul &
Pantai Nguyahan merupakan pantai kecil berpasir putih yang diapit oleh tebing karang di ...

Pantai Pasir Kencana, Sumbawa
Pantai Kencana – Sumbawa memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya, terutama keindahan alam ...

Pantai Piayu Laut, Batam ̵
Pulau Batam adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau yang mempunyai ...

Pantai Jamursba Medi, Sorong &
Pantai Jamursba Medi – Kota Sorong memiliki banyak keindahan alam, sebagian besar objek ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Moyo, Sumbawa – NTB
Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kali
Pantai Kuala Parek, Langsa – Aceh
Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papu
Pantai Suluban, Eksotisme di Balik Batu
Pantai Sabang nan Eksotis di Ujung Pulau
Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe –
Pantai Kartini Jepara

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.