Gili Trawangan, Lombok

Rating: 85 out of 100, by 133 users
Panorama Gili Trawangan - Lombok : Gili Trawangan, Lombok

Ketenaran Gili Trawangan sudah terkenal, bahkan tidak kalah dengan Bali. Bahkan, turis asing seringkali mendominasi turis lokal di Gili Trawangan layaknya surganya turis asing di Indonesia.

Lokasi dan Akomodasi

Semenjak dipindahkannya bandara utama Lombok dari bandara Selaparang ke Bandara Internasional Lombok di daerah Kuta, jarak tempuh bagi wisatawan yang datang ke Lombok menuju Gili Trawangan menjadi lebih jauh dibandingkan sebelumnya. Perjalanan darat dari Bandara menuju Senggigi memakan waktu sekitar 1jam 45 menit. Sedangkan apabila anda ingin menggunakan penyebrangan reguler dari Pelabuhan Bangsal, masih diperlukan tambahan perjalanan darat dari Senggigi sekitar 45 menit menuju Pelabuhan Bangsal.

Kebanyakan wisatawan yang akan ke Gili Trawangan menyempatkan diri untuk menginap di Bali atau di Lombok sebelum atau sesudahnya. Alternatif menginap di Bali ialah kawasan Kuta, Sanur dan Nusa Dua serta area sekitar karena jarak menuju pelabuhan Padang Bai dan pelabuhan fast boat lain menuju Gili Trawangan tidak terlalu jauh. Kebanyakan operator fast boat juga menyediakan penjemputan geratis dari wilayah ini ke pelabuhan kapal mereka. Ongkos menggunakan fast boat dari Bali langsung ke Gili trawangan berkisar Rp. 500.000 s/d Rp. 800.000 per orang sekali jalan.

Untuk anda yang akan menginap di Lombok sebelum menuju Gili Trawangan, kawasan Senggigi adalah kawasan yang cukup tepat, karena jarak ke pelabuhan Teluk Kodek maupun Bangsal yang biasa digunakan untuk penyebrangan ke Gili tidak terlalu jauh. Teluk Kodek sering digunakan sebagai pelabuhan fast boat, sedangkan Bangsal merupakan pelabuhan reguler yang sering digunakan oleh masyarakat setempat.

Sedangkan untuk anda yang ingin langsung menuju Gili Trawangan baik melalui bandara Bali maupun Lombok memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan jadwal kedatangan pesawat anda bisa disesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal fast boat menuju Gili Trawangan baik dari Bali maupun dari Lombok.

Berikut adalah beberapa alternatif transportasi air menuju Gili Trawangan baik dari Bali maupun dari Lombok :

Dari Bali.

Terdapat beberapa pilihan operator Fast Boat dari Bali menuju Gili Trawangan, yang harus diperhatikan tentu saja keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, beberapa operator menawarkan harga yang murah namun sering memaksakan perahu melebihi kapasitasnya, operator seperti inilah yang harus dihindari. Berikut adalah beberapa operator Fastboat yang mungkin bisa anda gunakan untuk menuju Gili Trawangan dari Pulau Bali

Dari Lombok

Terdapat dua pilihan jalur yang bisasa digunakan untuk menyebrang ke Gili Trawangan dari pulau Lombok, yakni pelabuhan Bangsal dan pelabuhan Teluk Kodek (Senggigi).

Pelabuhan Bangsal.

Berjarak sekitar 45 menit berkendara dari Senggigi, Pelabuhan Bangsal merupakan pelabuhan penyebrangan reguler yang biasa digunakan oleh penduduk sekitar dari dan menuju Gili, baik Gili Meno, Gili Air maupun Gili Trawangan. Apabila anda menggunakan taxi, mereka tidak diizinkan masuk sampai ke pelabuhan, melainkan hanya sampai ke tempat sejenis terminal kecil yang diebut sebagai stasiun, dari sini anda bisa meneruskan perjalanan menggunakan kereta Cidomo. Jaraknya tidak terlalu jauh mungkin hanya sekitar 200 meter, sehingga sejatinya bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki, tentu saja dengan syarat tidak terlalu banyak barang bawaan anda.

Pelabuhan Bangsal tidak terlihat seperti pelabuhan, hanya berupa bibir pantai dengan bangunan kecil dari kayu sebagai administratur sekaligus penjual tiket, serta beberapa kursi untuk menunggu. Ya, menunggu adalah hal penting di sini, karena perahu penyebrangan tidak akan berangkat bila penumpang melum memenuhi kuota yakni 20 orang. Setiap interfal waktu sekali diumumkan melalui pengeras suara berapa total penumpang yang sudah mendaftar dan berapa orang lagi kekurangannya. Tiket penyebrangan melalui pelabuhan Bangsal sangat murah, yakni hanya Rp. 10.000 / Orang sekali jalan. Apabila anda tidak bersedia menunggu berlama2, anda bisa mencarter sebuah perahu sekaligus, harga carter sebuah perahu tertera di papan pengumuman tempat penjualan tiket, sekitar 200 – 250 ribu rupiah sekali jalan.

Walaupun murah, Pelabuhan Bangsal adalah pelabuhan yang tidak aman (apalagi nyaman) untuk wisatawan khususnya wisatawan asing. Pelabuhan ini penuh dengan scam dan penipuan yang dilakukan oleh orang-orang setempat yang terjadi semenjak anda turun dari mobil.

Dari Senggigi

Pelabuhan terdekat ialah Teluk Kodek, pelabuhan ini merupakan pelabuhan utama fast boat dari Bali yang menuju Gili Trawangan dan Lombok.

Di sepanjang jalan Senggigi banyak terdapat travel yang menawarkan perjalanan ke Gili Trawangan dengan harga yang bersaing. Mereka juga menawarkan aneka paket snorkeling & diving di sekitar Gili Trawangan, lalu mengunjungi pulau untuk kembali lagi ke Senggigi di sore harinya. Apabila anda tidak memiliki rencana untuk menginap di Gili Trawangan, kami sarankan untuk menggunakan jasa ini.

Di pulau terbesar dari ketiga Gili, “Pulau penuh pesta”, Anda akan menemukan hampir di semua tempat atmosphere yang ‘hidup’ dengan berbagai macam bar, restoran, dan resort. Di sini, Anda akan bisa menemukan bar dan resort dengan semua budget mulai dari yang punya budget rendah, keluarga atau resort mewah dengan spa, pesta dan bar di tepi pantai yang nyaman, dan semua bisa dicapai hanya dengan satu jam berjalan kaki. Kendaraan bermotor dilarang di pulau, tapi anda bisa menemukan transport dengan Cidomo (bisa tawar menawar) atau menyewa sepeda di salah satu fasilitas penyewaan sepeda yang banyak terdapat di pulau.

Dive sites di sekitar Gili Trawangan adalah salah satu tujuan utama untuk diving yang paling disukai di seluruh dunia-airnya yang sebening kristal, kaya dengan keragaman kehidupan bawah laut dan kesadaran akan kebutuhan pelestarian lingkungan, yang didukung oleh GILI ECO TRUST, menjanjikan Anda pengalaman bawah laut yang tak terlupakan.

Sangat cocok untuk para pemula hingga yang profesional; mulai dari bersnorkeling bersama kura-kura, melihat manta ray yang tersohor atau menemukan mandarin fish yang sangat jarang pada sunset dive kami-semua orang akan menemukan surganya yang baru di sini.

Pantai dengan pasir putih dan sangat terjaga kebersihanya serta air laut yang tenang dan berwarna biru, akan menyambut anda setibanya di pulau Gili Trawangan Lombok. Liburan anda seperti berada di pulau terpencil, karena anda tidak akan menemukan mobil, motor atau kendaran yang menggunakan mesin di pulau ini.

Keindahan alam bawah laut yang ada di Gili Trawangan, salah satu penyebab banyak wisatawan asing, selalu antusias untuk wisata ke kepulauan Gili Lombok. Mereka dapat mencoba wisata menyelam dan snorkeling seperti yang di tawarkan di watersport tanjung Benoa dengan beranekaragam jenis Bali Watersport. Bagi anda yang belum pernah berlibur ke kepulauan Gili Lombok, kami sarankan anda untuk mencoba. Sangat cocok untuk liburan keluarga bersama anak.

Alat transfortasi yang digunakan di pulau ini adalah sepeda dan kereta kuda khas Lombok yang terkenal dengan sebutan Cidomo. Bagi anda yang ingin berkeliling pulau, anda hanya perlu waktu kurang lebih 2 jam. Jadi anda tidak akan menemukan mobil atau sepeda motor di kepulauan Gili. Berbeda dengan di Bali, waktu satu hari tidak akan cukup untuk mengunjungi semua objek wisata di Bali.

Wisata           

Di Gili Trawangan memang menyajikan sesuatu yang lebih dibanding dengan 2 Gili yang lain. Aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh para wisatawan di Gili Trawangan adalah Scuba Diving,Snorkeling, bermain kayak dan berselancar. Tersedia juga beberapa tempat untuk berlatih berkuda bagi wisatawan. Bagi sobat yang hobi wisata bawah laut, pantai Gili Trawangan merupakan tempat yang pas untuk sobat. Karena air lautnya yang begitu jernih sobat bisa dengan leluasa melihat keindahan terumbu karang dan biota lautnya bahkan dengan mata telanjang (tidak memakai kacamata renang).

Gili Trawangan yang memiliki luas 340 hektar ini eksotisme alam yang begitu lengkap, mulai dari pantainya yang berpasir putih bersih, deretan pohon cemara, akasia, kelapa dan rumah – rumah jerami bentuk adat sasak yang sengaja di peruntukkan sebagai hotel – hotel di sepanjang pantai seakan menambah indah panorama yang ada. Ada juga jajaran tempat duduk berbentuk bale – bale untuk wisatawan berjemur hingga membuat kita enggan untuk meninggalkan pantai ini.

Di Gili Trawangan Anda akan menemui fasilitas-fasilitas yang berstandar internasional. Karena Gili ini sangat terkenal di kalangan turis mancanegara, serta mayoritas turis yang berkunjung adalah turis dari luar negeri. Sehingga pelayanan yang  ada di Gili ini disesuaikan dengan kebutuhan turis-turis mancanegara tersebut. Sebagai contoh, Gili Trawangan adalah satu-satunya pulau yang memiliki sebuah Bar Irlandia. Gili Trawangan terbilang relatif kecil, dengan bentangan sekitar 3 Km dari Utara ke Selatan, dan sekitar 2 Km dari Barat ke Timur. Di Gili ini, jarang sekali ditemui kendaraan bermotor. Transportasi yang paling umum adalah “Cidomo” (semacam kereta kuda) dan sepeda. Cukup ramah lingkungan, bukan?

Di bagian sebelah Tenggara Gili Trawangan Anda bisa menemui pantai yang sangat indah, dengan bentangan pasir putihnya yang lembut. Sedangkan di sisi bagian yang lain, di sebelah Barat, Anda akan menemui pantai yang cukup sunyi dan tenang. Tempat yang tepat untuk Anda yang menyukai ketenangan, atau bagi Anda yang ingin mencari ketenangan. Tentu saja dengan pemandangan yang indah serta pasir putih. Hanya saja pasir di bagian Barat ini agak sedikit kasar dibandingkan pantai bagian Timur.

Berbagai macam aktivitas pantai bisa Anda lakukan. Jika Anda menyukai petualangan, Anda bisa menjelajah seluruh bagian Gili dengan bersepeda. Jangan khawatir, Anda bisa menjelajahnya hanya dalam beberapa jam saja. Malam hari juga merupakan saat yang menyenangkan ketika berada di Gili Trawangan. Tersedia beberapa kafe di Gili ini. Namun yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pesta pantainya. Jika di Pantai kuta Bali, bermacam-macam even diselenggarakan dalam satu malam, di Gili Trawangan ada jadwal tersendiri tiap malamnya. Sehingga tiap malam Anda bisa menikmati even yang berbeda-beda.

Sejarah dari nama Pulau ini yang dahulunya merupakan markas dari pasukan Jepang untuk menerawang sekutu, dari nama itulah pulau ini di namakan Gili Trawangan. Sejarah lain menyebutkan  pulau ini merupakan tempat pembuangan Narapidana yang sudah tidak memiliki tempat di tahanan kerajaan sang penguasa waktu itu hingga di buanglah sekitar 350 orang pemberontak sasak ke pulau ini. Baru sekitaran tahun 1870 banyak pendatang ke pulau ini dari Sulawesi yang kemudian menetap disini.

Pulau ini sering di sebut juga Surganya para lajang yang ingin menikmati glamornya dunia malam, hamper setiap malam di Pulau ini diadakan Party yang diselenggarakan secara bergiliran di setiap tempat keramaian. Suasana di Pulau ini lebih bernuansa Pesta di bandingkan dengan 2 Pulau Kecil lainnya (Gili Meno dan Gili Air) mayoritas yang dating ke Pulau ini adalah tourist-tourist muda yang senang dengan suasana “Party”. Penginapan lebih cendrung mengadopsi ke sebuah resort, Villa atau bungalow-bungalow kecil yang di penuhi di bagian sebelah timur Pulau ini. Yang harga berkisar antara Rp. 200.000,- hingga jutaan rupiah. Di tempat ini juga sangat popular di lakukan oleh para wisatawan adala scuba diving dengan memperoleh sertifikat PADI, snorkeling di sebelah timur laut, bermain kayak, surfing, berkeliling dengan kendaraan berkuda (Cidomo) dan di beberapa tempat menyediakan kursus berkuda.

Sama seperti dua gili lainnya di pulau ini juga kendaraan bermotor tidak di izinkan, umumnya penduduk setempat maupun wisatawan yang dating disana menggunakan sepeda sebagai alat transportasi mereka serta kereta berkuda atau Cidomo yang sering di Jumpai juga di Lombok, untuk menuju atau meninggalkan pulau ini biasanya menggunakan perahu motor atau speed boat. Keindahan pulau ini juga dapat kita saksikan saat melihat Matahari terbit di balik gunung rinjani dan Matahari terbenam melalui balik bukit di gili trawangan

Banyak hotel berjejer di depan pantai Gili Trawangan dengan budget mulai Rp.300.000,- sampai Rp.1.000.000,-an. Jika berkantong tebal dan menginginkan fasilitas hotel mewah bisa menginap di Vila Ombak, Queen Villas, Hotel Ombak Sunset, Villa Grasia (lokasi syuting Film Arisan 2), Villa Unggul dan lain-lain. Bila menginginkan penginapan kelas menengah sekitar Rp.300.000,- sampai Rp.500.000,- (di luar high season) ada Sama-sama Bungalow, Pesona Resort, Big Bubble, Lumbung Cottages dan lain-lainnya. Mau yang lebih murah lagi sekitar Rp. 100.000,-? Susuri di dalam-dalam gang permukiman penduduk, ada semacam kamar-kamar kost dengan harga mulai Rp.100.000,- murmer dan gaya backpackers.

Ketika berwisata ke Gili Trawangan lombok anda juga bisa menikmati Turtle Conservation. Tidak jauh dari pelabuhan Gili Trawangan ada tempat yang menyuguhkan area konservasi kura-kura. Kura-kura yang rata-rata masih kecil ini akan dirawat dan dibesarkan di tempat ini, setelah besar kura-kura ini akan dilepaskan di lautan lepas untuk menjadi dewasa dan berkembang biak. Pelestarian ini adalah salah satu upaya yang baik agar kura-kura tidak punah. Pada saat pelepasan kura-kura ke laut akan diiringi dengan sebuah upacara adat yang sangat menarik sehingga memancing pengunjung untuk melihat pelapasan kura-kura tersebut. Anda bisa melihat kura-kura kecil yang masih lucu-lucu, karena pelestarian kura-kura ini disimpan di akurium yang besar sehingga setiap orang dapat melihatnya.

Ada juga salah satu yang paling spesial adalah sunset view-nya. Ketika anda sedang berada di Gili Trawangan Lombok tujuan yang paling utama adalah melihat pemandangan matahari terbenam dari pantai Gili Trawangan. Di sore hari pantai ini akan sangat ramai padat oleh wisatawan, entah wisatawan asing maupun wisatawan lokal semua orang pasti ingin menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dari pantai Gili Trawangan. Sambil menunggu matahari terbenam anda bisa duduk-duduk santai dan bisa membeli beberapa cemilan karena saat ini sudah banyak terdapat warung di areal pantai. Anda juga bisa berjalan-jalan menyusuri pantai Gili Trawangan yang indah ini. Pantai ini sangat cocok untuk anda berlibur bersama teman-teman atau keluarga anda.

Agar tidak bosan, ketika malam tiba di Gili Trawangan Lombok selalu mengadakan life music. Beberapa cafe di daerah pantai selalu menyuguhkan sesuatu yang menarik ya salah satunya life music. Hal ini tentu akan sangat menghibur anda ketika malam hari, pantai ini dibuat seolah-olah sedang ada pesta pantai, semua orang bisa bergembira di pantai Gili Trawangan. Untuk itu anda tidak usah lagi ragu untuk berwisata ke Gili Trawangan Lombok karena liburan anda akan sangat menyenangkan dengan berbagai hiburan yang ada.

Inilah beberapa alasan gili Trawangan banyak di kunjungi wisatawan :

Alam bawah lautnya menakjubkan

Tidak perlu diragukan lagi, Gili Trawangan di Lombok memang memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Air laut di pulau ini begitu jernih, dengan gradasi warna biru hijau yang menghiasi lautnya. Karena airnya yang begitu bening, Anda pun bisa melihat ikan dan terumbu karang langsung dari atas kapal yang berlayar, tanpa harus menyelam.

Tapi jika ingin menikmati alam bawah laut lebih maksimal, cobalah untuk menyelam. Jangan pernah lewatkan kesempatan bertemu ikan nemo alias ikan badut yang berenang dengan gemulai. Tidak hanya nemo, terumbu karang aneka warna juga bisa Anda temui di sana. Arus laut yang tenang menambah kenikmatan menyelam di Gili Trawangan. Kesimpulannya, alam bawah laut Gili Trawangan memang luar biasa.

Bebas polusi dan kendaraan bermotor

Inilah keunggulan Gili Trawangan dibanding pulau lain di Indonesia. Kendaraan bermotor dilarang keras beroperasi di sana. Sebagai ganti, alat transportasi yang digunakan adalah sepeda dan cidomo. Cidomo adalah sejenis kereta kuda khas Lombok, NTB.

Pantai yang bersih

Selain air lautnya yang bersih dan jernih, pantai di Gili Trawangan juga tak kalah bersih. Pantai dengan pasir putih ini terbentang begitu luas tanpa sampah berserakan. Memang benar, seluruh penduduk dan turis yang datang ke Gili Trawangan amat menjaga kebersihan pulau. Jadi tak heran bila pantainya begitu bersih, dan berkilau dengan pasir yang terkena sinar matahari.

Sunset dan Sunrise

Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap barat dan timur. Jarak antar pantai ini pun tidak terlalu jauh. Cukup berjalan kaki atau naik cidomo, wisatawan sudah bisa menikmati sunset dan sunrise di satu pulau.

Keluarkan kamera Anda, dan abadikan setiap momen di Gili Trawangan. Sambil duduk santai di pantai dan diiringi musik yang berdendang, juga semilir angin, sunset Gili Trawangan terasa begitu romantis. Pastikan Anda menikmatinya bersama kerabat atau pasangan.

Dekat dengan tiga pulau lain

Gili Trawangan termasuk dalam Desa Gili Indah di Lombok Barat. Pulau ini diapit oleh dua gili lain, yaitu Gili Air dan Gili Meno. Berlibur di Gili Trawangan, berarti Anda bisa juga menikmati keindahan dua gili lainnya.

Cukup dengan menaiki perahu sekitar 15 menit, Anda sudah bisa berkunjung ke Gili Air dan menyeberang lagi ke Gili Meno. Biasanya, turis yang datang ke dua gili tersebut, menghabiskan waktu dengan menikmati alam bawah laut. Memang harus diakui, alam bawah laut Gili Air dan Meno tidak kalah cantik dengan yang ada di Gili Trawangan.

Masyarakat yang ramah

Selain alam bawah lautnya yang bersih, salah satu daya tarik Gili Trawangan adalah penduduknya yang ramah. Jika tidak percaya, cobalah mengelilingi Gili Trawangan dengan berjalan kaki, Anda pun akan disapa dengan ramah oleh setiap penduduk yang kebetulan berpapasan. Anda pun tidak perlu takut tersesat, karena penduduk pasti membantu Anda menemukan jalan pulang.

Kehidupan malam di Central

kekayaan bawah laut Gili Trawangan - Lombok : Gili Trawangan, Lombok
Gili Trawangan Snorkling - Lombok : Gili Trawangan, Lombok

Nah, ini dia kegiatan malam yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Gili Trawangan, menikmati kehidupan malam di Central. Jejeran bar dan hingar bingar musik siap menyulap malam Anda Gili Trawangan menjadi meriah.

Central atau biasa disebut pasar seni di Gili Trawangan, mulai ramai saat senja datang dan matahari siap kembali ke peraduan. Pasar seni di Gili Trawangan berbentuk seperti jalan besar menghadap ke Pantai Tengah Gili Trawangan dengan kios dan bar di kanan kirinya. Waktu paling asyik untuk datang ke Central adalah malam hari sekitar pukul 21.00 Wita. Saat itu, seluruh bar dan toko di sepanjang pasar seni ini sudah buka.

Panduan Kuliner Gili Trawangan

Gili Trawangan sudah menjadi tujuan wisata favorit turis asing maupun Indonesia. Keramaiannya semakin menjadi-jadi sejak pelebaran jalan propinsi yang menghubungkan Senggigi dengan komplek penyebrangan di daerah Pemenang, Lombok Barat, dan beroperasinya Lombok International Airport di tahun 2011. Mencari penginapan pun semakin mudah, begitu pula pilihan tempat makan yang semakin beragam. Kita akan sedikit berbagi informasi kuliner yang ada di Gili Trawangan.

Merakyat

Sangat mudah mendapatkan makanan murah di Gili Trawangan karena ada banyak penduduk setempat yang membuka warung dan bahkan berdagang keliling. Berikut ini beberapa pilihannya:

  • Art Market (kadang disebut juga Night Market):  Adalah sebuah tanah kosong yang berlokasi di bagian tengah pesisir timur Gili Trawangan, dekat dengan pelabuhan. Para pedagang makanan mulai berdatangan dan membuka lapaknya pada jam 5 sore. Pilihan makanan yang dijual antara lain aneka sari laut (beragam ikan, udang, cumi, dan kepiting), lalapan (ayam, tahu, dan tempe), serta nasi dan mi goreng. Karena harganya murah plus rasa masakannya yang enak banyak sekali turis lokal maupun internasional yang mampir makan malam di sini
  • Banyak warung nasi campur dan makanan tradisional bisa kita temukan di daerah perkampungan masyarakat setempat. Tidak seperti di Bali, mayoritas penduduk lokal Gili Trawangan adalah muslim jadi makanan yang disajikan pasti halal
  • Di pagi hari biasanya ada penjual sate ayam yang berkeliling di sepanjang garis pantai timur Gili Trawangan. Berbeda dengan di Jawa sate yang dijual di Gili Trawangan ada sayurnya, mirip seperti pecel

Lobster

Tidak lengkap rasanya berwisata ke Gili Trawangan kalau tidak mencicipi lobster! Ada dua tempat yang saya rekomendasikan lobsternya. Ketiganya berlokasi di pantai timur Gili Trawangan dan menempel langsung dengan pantai dengan pemandangan yang bagus:

  • Scallywags Organic Seafood Bar & Grill l: Restoran ini pernah saya tulis dan merupakan salah satu restoran favorit saya di Gili Trawangan. Lobster di sini semuanya segar dan sangat enak bumbunya.
  • The Beach House: Ini adalah restoran alternatif jika Scallywags penuh atau lobsternya sudah habis
  • Sidewalk Cafe: Lobster di sini relatif  lebih sedikit dan lebih mahal jika dibandingkan dengan dua tempat sebelumnya. Mungkin penyebabnya adalah tambahan live music dan tempat makan yang lebih luas

Beach Club

Gili Trawangan tidak punya banyak beach club yang layak disebut sebagai beach club. Di bawah ini adalah beberapa yang punya makanan enak sekaligus tempat yang nyaman:

  • Paradise Sunset Bar: Ini adalah satu-satunya tempat non-hotel dimana kita bisa menikmati sunset sambil menikmati makanan dan minuman yang disajikan (cocktail, tapas). Paradise Sunset Bar berlokasi di titik paling selatan Gili Trawangan dan dari sini kita bisa melihat dua pulau Gili lain dengan jelas plus pulau Lombok di kejauhan
  • Egoiste: Egoiste dilengkapi dengan lebih banyak lounger dan bean bag, sangat ramai di sekitar jam 3 hingga jam 5 sore padahal dari sini kita tidak bisa melihat sunset. Musik yang dimainkan di sini lebih bertempo daripada di Paradise Sunset Bar yang cenderung mid-tempo dan chilling dengan genre yang juga lebih beragam

Nightlife

ada beberapa tempat yang hampir selalu ramai selepas jam 10 malam :

  • Tir Na Nog Irish Bar: Di siang hingga malam hari Tir Na Nog adalah bar biasa yang juga menjual pizza dan makan malam sedangkan selepas jam 10 mulailah musik jeduk-jeduk diputar kencang-kencang. Entah kenapa tempat ini terlihat paling ramai jika dibandingkan tempat dugem lain di Gili Trawangan. Mungkin suasananya mendukung atau bagaimana
  • Sama Sama: Setiap malam ada live music oleh band lokal Lombok di tempat ini. Genre yang dimainkan antara lain reggae, tropicalia, dan terkadang jazz. Sangat khas jika dibandingkan dengan tempat lain di Gili Trawangan
  • Magic Mushroom: Bukan nama tempat melainkan nama populer jamur halusinogenik yang banyak dijual di Gili Trawangan ketika malam tiba. Beberapa tempat menjajakkan jamur ini secara serius dengan menggunakan papan iklan dan poster. Harganya relatif murah dan menurut saya efeknya lebih keras daripada beberapa magic mushroom di Bali

Selain yang telah disebutkan di atas Gili Trawangan masih punya banyak pilihan tempat makan dengan berbagai konsep dan citarasa mulai dari masakan India (Pesona Indian Restaurant, Sheesha Lounge & Bar), masakan Jepang (Ryoshi), masakan Spanyol (Karma Kayak), fine-dining (Ko Ko Mo), hingga deli dan dessert cafe (Gili Deli, La Dolce Vita).

 

Galeri dari posting tentang Gili Trawangan, Lombok

Ada 9 potret di dalam Gili Trawangan, Lombok posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 9 potret high-res.

Gili Trawangan - Lombok : Gili Trawangan, Lombokkeindahan Bawah laut Gili Trawangan - Lombok : Gili Trawangan, Lombokkekayaan bawah laut Gili Trawangan - Lombok : Gili Trawangan, LombokKolam Konservasi Kura Kura - Lombok : Gili Trawangan, LombokPanorama Gili Trawangan - Lombok : Gili Trawangan, LombokPemandangan Sunset Gili Trawangan - Lombok : Gili Trawangan, Lombok
Diposting pada 5 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Lombok.
Tag: kristal, Keindahan Alam NTB, Info Gili Trawangan, seafood, cidomo, berjemur, Wisata alam Lombok .

Apa pendapatmu tentang Gili Trawangan, Lombok

Tinggalkan Komentarmu soal Gili Trawangan, Lombok Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Tomia, Wakatobi – Sula
Pulau ini adalah salah satu dari puluhan pulau yang berada di gugusan kepulauan ...

Pantai Kuta Bali yang Indah
Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Kuta Bali ? Pantai yang tidak pernah ...

Hidden Bay, Raja Ampat –
Wilayah timur Indonesia memang surga keindahan pantai dan laut. Sebut saja mulai dari Bali, ...

Pantai Medewi,Jembrana –
Tak ada yang menyangsikan lagi kalau pantai-pantai di Bali memiliki keindahan dan panorama ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Penyusuk dan Pulau Lampu Bangka
Pantai Nongsa, Batam – Kepulauan Riau
Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh
Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat
Pantai Teluk Uber di Bumi Laskar Pelangi
Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – J
Pulau Sabolon, Flores – NTT
Pantai Manggar Segarasari Balikpapan

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.