Pantai Mawun, Lombok – NTB

Rating: 86 out of 100, by 124 users
pesoan pantai Mawun - Lombok : Pantai Mawun, Lombok – NTB

Pulau Lombok memang dikenal sebagai surganya pantai-pantai indah setelah Bali, karena memang pulau ini memiliki pantai-pantai yang istimewa dan berbeda ciri khasnya di setiap daerah. Kali ini mari kita menggali lebih dalam tentang Pantai Mawun yang mungkin jarang kita dengar keberadaannya.

Transportasi

Pantai Mawun terletak sekitar 60 Kilometer dari Kota Mataram. Anda bisa mengunjungi Pantai Mawun dengan kendaraan pribadi, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Anda bisa menempuh rute Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Penujak-Selong Belanak-Mawun, atau rute Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Batunyale-Sengkol-Rambitan-Sade-Kuta-Mawun.

Jika Anda mengambil rute yang melewati Pantai Selong Belanak, Anda akan menempuh jalan yang tidak terlalu baik di 9 Kilometer terakhir. Namun Anda akan menemui ladang tembakau di sisi jalan. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan petani tembakau yang sedang memanen tembakaunya

Bisa juga dari arah Bandara atau dari arah Pantai Kuta yang jalannya sudah lebih baik hanya banyak tanjakan saja. Dari pantai Kuta juga banyak disewakan motor atau mobil untuk digunakan dalam perjalanan menuju Pantai Mawun atau bila kita dari Praya- kawasan Bandara kita bisa menyewa mobil/motor dari travel setempat yang sudah termasuk dengan supir sebagai tour guide.

Jiwa petualang dari tour guide (travel) sangat penting dimiliki mengingat medan yang cukup sulit agar perjalanan menjadi menyenangkan. Untuk tarif sewa mobil sekelas APV dikenakan Rp 350.000,- an per hari sudah termasuk bensin dan juga supir (tour guide)..

Wisata

Pantai Mawun sebenarnya memiliki pesona yang cukup memadai untuk menjadi tempat wisata pantai. Pantai di Pulau Lombok ini merupakan bagian dari teluk. Garis pantainya berbentuk seperti tapal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat. Pantainya juga berpasir putih, serta bertekstur lembut di pantai bagian tengah. Sedangkan di bagian sisi Barat, pasirnya bertekstur lebih kasar dan bercampur dengan pecahan karang.

Topografi garis pantai di bagian tengah cukup dalam dibanding sisi Barat dan Timur. Ombaknya juga relatif lebih besar. Karena bagian tengah berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sedangkan di sisi Barat dan Timur terhalang oleh bukit. Sehingga di sisi ini memiliki ombak yang relatif tenang.

Panorama pantai mawun - Lombok : Pantai Mawun, Lombok – NTB
pesoan pantai Mawun - Lombok : Pantai Mawun, Lombok – NTB

Bila dideskripsikan pantai Mawun ini konturnya seperti pantai yang ada di Pulau Komodo karena pantainya diapit dua bukit hijau seperti bukit teletubbies atau seperti sedang di daerah kerajaan di film Lord of The Ring. Waktu mengunjungi pantai ini memang air lautnya tidak sebiru yang ada di gambar-gambar di internet karena sudah petang hari alias mendekati sunset, namun itu juga tidak menghilangkan keindahan pantai ini.

Walau senja sudah dekat tetap saja terpana dengan keindahan pantai ini. Air lautnya yang sangat tenang tidak ada ombak sama sekali membuat nikmat sekali pantai ini untuk berendam dan bercengkrama di “lautnya” atau sekedar berbaring di pasir putihnya menikmati keindahan yang Tuhan buat di pantai ini.

Jika Anda ingin bermain dan beraktivitas di Pantai Mawun, disarankan agar Anda memilih sisi pantai Barat atau Timur. Karena di kedua sisi ini, topografi pantai relatif landai dan berombak tenang. Sehingga, Anda beserta putra-putri Anda bisa bermain air dan beraktivitas. Pantai bagian tengah memang cocok untuk berenang. Namun karena relatif dalam dan berombak besar, sebaiknya Anda juga perlu berhati-hati. Karena di pantai ini tidak ada penjaga pantainya.

Anda juga bisa menjelajah kedua bukit yang ada di kedua sisi, yaitu sisi Barat dan sisi Timur. Dari puncak bukit tersebut, Anda bisa menikmati pemandangan cakrawala Samudra Hindia, jajaran perbukitan, serta garis pantai termasuk Pantai Mawun dari ketinggian.

Jika berendam di laut pantai ini yang tenang lebih terlihat seperti danau, namun permukaannya tidak sedangkal kelihatannya. Berendam di dekat garis pantai memang masih cetek namun jika berjalan sekitar 5-10 meter dari tepi pantai kecuraman kedalamannya sudah lumayan sekitar ke dada dengan dasar masih pasir.

Memang benar mungkin pepatah air tenang menghanyutkan, tapi jangan khawatir tidak berbahaya kok berendam di sini asalkan tahu kemampuan saja. Untuk kebeningan airnya, air laut disini memang bening pasir-pasir dasar lautnya terlihat tapi tidak cocok untuk snorkeling atau menikmati pemandangan bawah laut.

Tujuan untuk mengunjungi pantai ini memang lebih cocok untuk menenangkan pikiran atau rileksasi. Setelah berendam disini memang tidak disediakan kamar bilas atau untuk mandi jadi ya setelah berendam tunggu saja baju kering di badan. Namun di sini disediakan beberapa saung atau pos panggung kecil di pinggir pantai untuk menaruh barang atau baju bersih Anda.

Bila mengunjungi pantai Mawun pada sore hari sampai matahari terbenam memang ada sedikit resiko saat perjalanan pulang, yaitu tidak adanya lampu di sekitar jalan sehingga perjalanan pulang sangat gelap dan hanya dibantu oleh lampu mobil.

Untuk mengurangi resiko maka perjalanan pulang diarahkan ke arah yang berbeda yaitu ke arah timur yaitu arah ke Pantai Kuta yang jalannya sudah lebih baik dari jalan saat kedatangan tadi. Di sekitar Pantai Mawun sendiri tidak ada penginapan yang ada hanya rumah penduduk saja, jadi bila ingin mengunjungi Pantai Mawun ini bisa menginap di sekitar Pantai Kuta yang menjadi pusat penginapan wisatawan di daerah Lombok Timur.

Sedikit info tambahan :

  • Kondisi jalan kurang begitu bagus 9 km sebelum pantai jadi anda dituntut untuk lebih berhati-hati agar tidak mengalami hal-hal yang tidak dinginkan seperti terjatuh dan menabarak.
  • Sepanjang perjalanan menuju lokasi banyak terdapat padang pengembalaan kerbau, konsentrasi saat mengendara sangat dibutuhkan siapa tahu ada kerbau yang melintasi jalan.
  • Sepanjang perjalanan menuju lokasi banyak juga terdapat kebun-kebun tembakau, anda bisa melihat pemandangan saat para petani memanen tembakau dan bertransaksi dengan pengepul, dibutuhkan juga konsentrasi tinggi saat berkendara karena terdapat banyak orang.
  • Bagian timur pantai memiliki pasir yang lebih halus dibandingkan dengan bagian sebelah barat.
  • Banyak terdapat pedagang-pedagang asongan yang jiwanya agak lumayan keras jadi apabila anda sama sekali tidak ada niat untuk membeli lebih baik jangan menawar.
  • Jangan lupa untuk membawa obat-obatan, makanan, minuman, pakaian ganti, dan kamera
  • Jaga kebersihan hukumnya wajib, jika melihat sampah tolong dipungut jika melihat ada yang membuang sampah tolong ditegur, jika masih bandel tolong ditendang dikasi tau dampaknya bila tidak mejaga kebersihan.

 

Galeri dari info tentang Pantai Mawun, Lombok – NTB

Ada 4 gambar di dalam Pantai Mawun, Lombok – NTB info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 gambar high-res.

pesoan pantai Mawun - Lombok : Pantai Mawun, Lombok – NTBFasilitas di pantai mawun - Lombok : Pantai Mawun, Lombok – NTBkeindahan perairan pantai mawun - Lombok : Pantai Mawun, Lombok – NTBPanorama pantai mawun - Lombok : Pantai Mawun, Lombok – NTB
Diposting pada 12 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Lombok.
Tag: obyek wisata mawun, penginapan di Pantai Mawun, landai, keindahan pantai, batu, snorkeling, padang .

Apa pendapatmu tentang Pantai Mawun, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Mawun, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Bentenan, Manado –
Banyaknya wisata pantai, begitulah memang keadaan geografis Sulawesi Utara. Salah satunya adalah Pantai ...

Pantai Purnama, Gianyar –
Pulau Bali merupakan pesona wisata yang tiada bandingannya. Tuhan begitu baik dengan menganugerahkan ...

Pantai Wonogoro, Malang – Ja
Lokasi Pantai Wonogoro, yang terletak di Dusun Sukorejo, Desa Tulungrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Jika ...

Pantai Batu Lima, Tanah Laut,
Di Tanah Laut, Kalimantan Selatan terdapat sebuah objek wisata pantai yang sayang untuk ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Cijeruk Indah Garut
Festival Pulau Makasar
Pulau Banda – Maluku
Pantai Katatop, Sorong – Papua
Pantai Lampu Satu, Merauke – Papua
Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi
Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua
Pantai Pasir Putih, Situbondo – Ja

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.