Pantai Senggigi Lombok

Rating: 91 out of 100, by 91 users
pantai senggigi - Lombok : Pantai Senggigi Lombok

Jika Anda pernah membayangkan tubuh Anda terbaring di pinggir pantai indonesia, di atas pasir putih yang indah, ditaburi pemandangan alam yang serba eksotis, serta dihujani cahaya mentari yang menghangatkan tubuh, maka tak salah jika Anda menyempatkan diri berekreasi dan ber wisata Pantai ke Senggigi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai yang terletak 12 kilometer di sebelah barat laut Kota Mataram ini memang merupakan obyek wisata yang terkenal dengan keindahan dan kealamian pantainya.

Masyarakat sering menyejajarkan keindahan pantai senggigi ini dengan pantai-pantai ternama di Pulau Bali, seperti Kuta, Legian, dan Sanur. Bahkan, keindahan Pantai Senggigi sering dilukiskan melebihi pantai-pantai tersebut, karena kondisinya yang jauh lebih nyaman dan tenang. Mungkin hal ini terkait dengan belum maraknya kedatangan turis mancanegara di pantai ini.

Sebagai kawasan wisata pantai andalan Propinsi Nusa Tenggara Barat, Senggigi masih relatif alami dan terjaga kebersihannya. Pantainya yang masih asri, debur ombaknya yang tak terlalu besar, dan keindahan pemandangan bawah lautnya, semakin menegaskan bahwa pantai yang membentang sekitar 10 kilometer ini merupakan tempat idaman bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melupakan sejenak rutinitas keseharian dan suasana hiruk-pikuk kota.

Pantai Senggigi kini mulai dilirik oleh para wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara, karena daerahnya yang relatif perawan dan juga informasi yang telah meluas mengenai keberadaannya. Dengan bertambahnya minat dan antusiasme wisatawan ke Pantai Senggigi, pemerintah daerah setempat dan perusahaan sewasta makin giat membangun dan membenahi segala prasarana, agar para wisatawan makin tertarik untuk mengunjungi pantai ini.

Keistimewaan Pantai Senggigi

Mengunjungi Senggigi di Pulau Lombok mungkin perlu dijadikan agenda wisata tersendiri bagi wisatawan yang menyukai keindahan dan kesejukan alam. Bayangkan saja, saat memasuki kawasan pantai, wisatawan dengan segera akan tersapu-lembut oleh semilir angin yang berhembus di sepanjang gugusan pantai di Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat ini. Suasana segar, nyaman, dan indah seolah menyapa wisatawan di awal kunjungannya. Saat telah berada di pinggir pantai, mata para wisatawan akan disuguhi oleh eksotisme pantai berlatar pesona ombak yang saling berkejaran, pasir putih yang menghampar, dan ribuan binatang kecil yang menyebar di hamparan pasirnya, serta lanskap Gunung Agung di pulau seberangnya (Pulau Bali).

Senggigi memang menawarkan pesona pantai yang khas. Suasana alami yang belum banyak dijejali oleh turis asing, seolah menjadi penanda beda pantai ini dengan pantai-pantai di Bali. Ini tentu memberi nuansa tersendiri bagi para pengunjung. Tak aneh, pantai ini kini dijadikan tujuan alternatif baru para wisatawan yang merindukan suasana kesenyapan alami yang menentramkan.

Ada banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan pengunjung di pantai ini, seperti berenang, bermain air, menyelam, snorkeling, berjemur, dan bermain–main membuat istana pasir. Jika mentari sore telah mulai meredup, wisatawan dapat juga meluangkan waktunya untuk sekedar berjalan santai dengan bertelanjang kaki menelusuri pinggir pantai, duduk di hamparan pasir dengan mangamati biru-hijau air laut, atau bersantai di gerai hotel pinggir pantai sembari menunggu sunset tiba. Bagi pengunjung yang ingin berenang atau sekedar bermain air, disarankan untuk lebih berhati-hati, karena di pinggir pantai banyak terdapat karang-karang runcing yang cukup membahayakan kaki.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Senggigi, sempatkanlah mengamati Pura Batu Bolong. Saat berjalan menyusuri pinggir Pantai Senggigi, kurang lebih sekitar setengah jam, wisatawan akan menemukan sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di pinggir pantai. Pura inilah yang oleh masyarakat sekitar diberi nama Pura Batu Bolong. Menurut legenda setempat, dahulu kala di pura ini sering diadakan pengorbanan seorang perawan, sebagai sajian makanan untuk Ikan Hiu yang tinggal di pantai. Legenda lain mengatakan, pura ini juga merupakan tempat para wanita menerjunkan dirinya ke laut karena patah hati.

Hal lain yang menarik untuk dilakukan adalah menyusuri Senggigi pada malam hari, khususnya saat purnama tiba. Pengunjung akan menemui banyak orang/warga sekitar yang memanfaatkan hangatnya pasir Senggigi untuk terapi kesehatan. Mereka mengubur sebagian atau seluruh tubuh sampai leher selama 2—3 jam, sembari mendengarkan deburan ombak yang memecah kesunyian. Terapi ini diyakini masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti pegel linu hingga kelumpuhan. Jika tertarik dengan aktivitas ini, wisatawan dapat ikut bergabung dan mencobanya.

Kuliner Senggigi Lombok

Untuk urusan perut, wisatawan dapat mencoba kelezatan jenis-jenis hidangan/sajian makanan khas Lombok di restoran-restoran yang berjajar rapi di pinggir pantai. Harganya bervariasi mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 300.000 per orang (Desember 2008). Tentu, bersantap ria di pinggir pantai diterangi semburat cahaya bulan dan dihibur oleh orkestra debur ombak pantai sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja.

Yang tak kalah menarik, wisatawan jangan sampai lupa untuk mencicipi sajian makanan khas Lombok yakni Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. Hampir tiap restoran di Pantai Senggigi, atau di Lombok secara umum, menyediakan sajian masakan ini. Sambil menyantap Ayam Taliwang atau Plecing Kangkung, wisatawan akan dihibur dengan kesenian khas Lombok, berupa musik dan tari. Bahkan jika tak keberatan, pengunjung juga boleh ikut menari bersama dalam nuansa kegembiraan dan kekeluargaan.

Selain itu, untuk oleh-oleh, wisatawan juga jangan lupa membeli mutiara dan kain tenun dengan berbagai motif dan warna. Mutiara yang telah dirangkai menjadi perhiasan yang indah dan menawan mata ini banyak ditemui di kios-kios pinggir pantai. Namun, jika berkeinginan untuk merangkai sendiri mutiara-mutiara ini, wisatawan bisa membeli butiran mutiara polos. Mutiara polos ini biasanya dijajakan dalam bentuk kalung yang terdiri dari banyak mutiara. Mutiara-mutiara tersebut dapat disusun sendiri sesuai bentuk perhiasan yang diinginkan.

Setelah puas menikmati keindahan alam Pantai Senggigi, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan wisatanya menuju tempat-tempat wisata yang tak jauh dari lokasi pantai, antara lain, tiga Gili (pulau kecil): yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, Pantai Kerandangan, dan Pantai Batu Layar. Batu Layar adalah tempat suci bagi para penganut Islam Wetu Telu di Pulau Lombok (suku Sasak).

Lokasi

Pantai Senggigi terletak di sebelah barat laut Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia.

Akses ke Pantai Senggigi

senggigi sail beach - Lombok : Pantai Senggigi Lombok
pura batu bolong - Lombok : Pantai Senggigi Lombok

Menuju kawasan Pantai Senggigi cukup mudah, karena telah ada pelabuhan dan bandara di Pulau Lombok. Apabila bertolak dari Pulau Bali, wisatawan dapat berangkat dari Pelabuhan Karang Asem menggunakan kapal feri menuju Senggigi, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan. Jarak tempuh ini bisa dipangkas apabila menggunakan pesawat terbang dari Bandara Ngurah Rai Denpasar menuju Bandara Selaparang di Mataram (Ibu Kota NTB), yang hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja.

Selain dari Pelabuhan Karang Asem, wisatawan juga dapat berangkat dari Pelabuhan Padang Bay di Bali menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Dalam perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan juga munculnya ikan lumba-lumba yang saling berkejaran mengikuti kapal. Perjalanan Padang Bay—Lembar dengan kapal feri memakan waktu sekitar 4 jam. Setelah sampai di Pelabuhan Lembar, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Mataram. Dari Kota Mataram, Pantai Senggigi berjarak 11 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan taksi dan kendaraan umum lainnya.

Selain jalur laut, wisatawan juga dapat menuju Pantai Senggigi dengan menggunakan jalur penerbangan udara dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bali, dan Yogyakarta. Dengan menggunakan pesawat terbang dari salah satu kota tersebut, wisatawan akan sampai ke Bandara Selaparang, Mataram. Dari bandara ini wisatawan dapat langsung menuju kawasan Pantai Senggigi.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di sekitar Pantai Senggigi banyak terdapat penginapan yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari hotel berbintang, resor, hotel melati hingga pemondokan. Beberapa tempat menginap yang dapat dijadikan alternative adalah Holiday Inn, the Oberoi, Sheraton Senggigi, Melati Dua Cottage, Pool Villa Club, Panorama Cottage, dan lain-lain. Selain itu, di kawasan pantai ini juga banyak dijumpai restoran, cafe, bar, pasar terbuka, deretan warung suvenir dan cenderamata, mushola, toilet umum, lahan parkir, dan lain-lain. Pantai senggigi adalah pantai indonesia yang memang layak untuk dijadikan tempat wisata pantai.

 

Galeri gambar dari informasi tentang Pantai Senggigi Lombok

Ada 8 potret di dalam Pantai Senggigi Lombok informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 potret high-res.

senggigi sail beach - Lombok : Pantai Senggigi Lombokpantai senggigi - Lombok : Pantai Senggigi Lombokpantai sengigigi - Lombok : Pantai Senggigi Lombokpasir pantai senggigi - Lombok : Pantai Senggigi Lombokpura batu bolong - Lombok : Pantai Senggigi Lombokpura batu senggiri - Lombok : Pantai Senggigi Lombok

Apa pendapatmu tentang Pantai Senggigi Lombok

72 Komentar to “Pantai Senggigi Lombok”

  1. inginnya aq ke senggigi

  2. AAAAAAAAAAAAHHHHH!!!!!
    KEYEN BGT DEDE JG PENGEN K SANA!!!!
    TP KPN YACCCHHH!!!!

  3. wow….. senggigi …. suatu saat aku pasti kesana…

  4. mayan

  5. keren bgt r…..pemandangannya buat pgn kesana…wwkwkkwkw

  6. pantai senggigi memang indah, tapi tidak seperti yang di foto ini, foto ini terlalu banyak diretouch, jadi tidak alami lagi.
    foto yang alami tanpa diedit bisa dilihat di http://www.flickr/photos/reaaja

  7. nice…

  8. Menurutku pantai Sengigi memang cantik.Pantai nya panjang bgt, tapi sepi tidak spt pantai2 di Bali.Pantai di Lombok masih perawan dan tidak banyak hiburan atau permainan spt di Bali.Kemarin ke sana aja 2malam sudah abis wisatanya.Kalau aku sih mending ke Bali.

  9. go….lombok!!!!!!!!

  10. for admin,
    mau tnya nama2 tmpt penginapan yg dekat dng pantai sengigi dan yg ekonomis dunk…
    tq

  11. kyaknya terlalu banyak di edit deh fotonya..

  12. senggigi memang top top top.tunggu kedatanganku ……

  13. Wow..keren banget, pemandangan yang sangat indah.
    Ada sekedar info nih, pernah dengar Panta Amed….
    Pantai Amed, terletak di ujung timur pulau Bali, memiliki keindahan pantai dengan sunrise-nya, juga kehidupan bawah laut menawarkan tempat yang bagus untuk latihan diving atau menyelam. Pokoknya kere dech

    Wisata di Bali

  14. Wah,, ane sebagai orang asli Lombok yang dah ratusan kali ke senggigi memang mengakui dan merekomendasikan Pantai senggigi juga, , ,
    Nice post gan,,,
    Ijin copy beberapa Paragraf nggih. . .

  15. pantai sengigi tetaplah indah, aku akan kesana…

  16. senggigi…
    bulan januari…
    wait 4 US…..

    tp naek motor dr Surabaya

  17. kuerreeennn euyy….

  18. yuhuuuu senggigi..aku akan datg tgl 25 nov nanti…asik asik asik…

  19. pantai senggigi indah n cantik pengen kesana lg

  20. wow keren banget, salah satu pantai yg wajib d kunjungi di indonesia ni..

  21. woooowwww

  22. pantai senggigi mank punya pemandangan yang sungguh berkesan.. pantai yang harus d kunjungi…
    thank’s ya buat info wisata nya.. :)

  23. gwa sebagai warga mataram emang menngagumi daerah gwa,,,,jujur pantai senggigi is the best”perlu banget pemda kota mataram bener2 serius mempromosikan aset lombok island ini,,,apa lagi pantai Malimbu biach sebelah utaraan lagi pantai senggigi……..pemandanganya.ya ampiunnnnnnnnn gak bisa di lukiskan ma kata2…pengen liat langsung…datang aja ke lombok island,,,,,,buat kalian2an WELL COME TO LOMBOK ISLAND THE BEST FIU IN INDONESIAN

  24. akhirnya bisa liat aslinya

  25. Cerita Senggigi memang asyik, pantai nya perawan, aku hanya berharap keamanan juga harus di jaga… asyik deh….walaupun hiburan masih sedikit tapi paling tidak bisa menghilangkan stress… Thanks Senggigi.

  26. wiihh indah ya ..

  27. [...] Pantai Senggigi Lombok October 19, 2009 04:10 [...]

  28. Great article and post, we will submit your article to our social network and our twitter, thanks and please post our comment, as we will put a link as well on our blog to your article. Thanks!:)

  29. good looking

  30. ehmm…

    pengen,,,,,….kesana yaa..

    mybe ada voucer gratis…. :)

  31. Hahahahah, kalo jadi merit sama pacar aku bisa gratis nieh liburan ke pantai ini , ngarep !!!!
    bisa tiap bulan liburan hahaha

  32. indah na kota mataram membuat ku akan ke sana lagi…

  33. nice article!

  34. like this pantai senggigi

  35. weih indah bgt senggigi ne..
    gk nyesel w ttgl d mataram n bisa sring” maen ke senggigi :D

  36. luar biasa,,, mudah2an ada waktu kesanan

  37. Senggigi,,,,
    Tnggu Q,,, Q Dtang Bsok…

  38. wow kren abizzzzzz

  39. mau kee lombok………
    subhanalloh yea keren bngetz nich ciptaan allah yg stu ini…….

  40. senggigi I am COMING……………………..

  41. [...] By PasirPantai.com [...]

  42. SENGGIGI. . . .
    Aku rindu ombakmu..!!
    Ingin sekali rasanya kembali mengunjungimu. . .

  43. senggigi…doakan ak untuk mengunjungimu krn ak terpesona oleh keindahanmu yg tiada duany untukku…

  44. Memang benar pantai senggigi itu sangat indah secara gw tinggal di sana bertahun-tahun..
    sewaktu gw sekolah gw sering kesana ma teman2 SMK gw pokoknya asyik deh..
    silakan kunjugi kesana krn gak bakalan kesal deh klu kesana key..
    I LOVE SENGGIGI BEACH….

  45. gilaaaa.. ckeppp bngt….. suatu hri w psti ksna ma cwo w…. hhe

  46. ::smoga q sempat ksana.

  47. pantai senggigi merupakan pantai yang sangat indah, indonesia merupakan surga pariwisata dan pantai senggigi adalah salah satunya…

    i love indonesia…..

  48. too much photoshop on the pictures, lol

  49. seandainya aku jd ??????? bisa pegi ke sluruh indonesia I love yu pantai senggigi…..

  50. senggigi.
    tunggu kedatanganku yaaa.
    maret 2012. :)

  51. wih bgus bgt jadi pgn nih palagi lo ma suami tp………..
    nikah aja lum.
    yah ciap2 berkelana nyari calon suami

  52. kikikikikik yok berangkat bareng2 sobat

  53. pantai yang cantik..pengen ke sana lagi….kpan ya..?????????

  54. liburan nyepi, mau ngabur ke senggigi juga hehehe

  55. Indonesia punya banyak pantai yang sangat indah & wajib dikunjungi,, salah satunya pantai senggigi,, Like it ^_^

  56. pengen kesono tapi jauh bangeeetttt

  57. dari dlu pingin bGd bsa ke Sengigi… smoGa suatu saat nnti bsa kesampaian mengunjungi Lombok nd senGigi :)

  58. indaH_a pantai senggigi…. smoga bsa kesampaian ksana suatu saat nanti :)

  59. pantai yang sangat sangatindah sekali. sayang jauh dari rumah saya…

  60. yg mau kesenggigi…… bisa hubungi tara dimataram ^_^
    call ja 081915910864, sbgai teman berliburnya, ntar ta’ tunjukin dech keasyikan berlibur di lombok, penginapan murah bisa di di jamin…….
    di lombok itu, bukan hanya ada senggigi…… mce banyak hal yng menarik yg berkaitan dngan sumberdaya alamnya…..
    jamin dech seru,,,,,,,,,,,,

  61. pengenn kalii laa ke pantai senggigi..
    kapan yaa aku bisa kesana?? :(
    lombokk tunggu kedatangan kku yaahhh.. :)

  62. pantai senggigi… fantastic…
    pengen kesanaaaaaaaaaaa’

  63. Pantai di indonesia memang eksotik bgt, Insya Allah kita pasti datang k sn…Amien….

  64. Mantaaap…I’ll b coming

  65. terimaakasih sudah membantu saya membuat karya tulis di sanggigi

  66. Kapan bisa kesampaian indahnya kepantai senggigi…

  67. subhanallah cantiknya pantai senggigi…mudah2an suatu saat nanti bisa datang kesana bersama orang tersayang..amiin

  68. Yummy bgt itu pantai….honeymoon target aku kesitu deh,,ya allah semoga -Kau kabulkan… ;)

  69. Kalo jd liburan k lombok,,, nginep drumah aku aja…. Jd nggk prlu byr hotel, makan juga dirumahku gratis…. Asal jgn ngejek rumahku dan menu makananku… Hehe

    senggigi deket kok dri rumahku, minggu sore maen bola d pantai senggigi, manteb dnk….

  70. waduh penasaran ni gan kapan ya bisa liburan ke senggigi…. indonesia memang indah dan penuh pesona

  71. ??????k????????? udah [d??i??] mataram…
    Kepengen ke pantai senggigi…
    Tpi ???? Tau arah”nya, dan ???? tau naik apa ke pantainya… :(

  72. LOMBOK I LOVE U SO MUCH……
    TETAP PERTAHANKAN KEIDAHAN MU….

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Senggigi Lombok Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Karimun Jawa – Berenang
Hiu. Hmm, siapa yang tak mengenal binatang jenis mamalia yang satu ini.  Keganasannya, ...

Pantai Maron Semarang
Perairan lembut nan bersih serta ombak yang tenang dapat di jumpai di Pantai ...

Pantai Sanur Bali – Meli
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ...

Pantai Sandranan Menakjubkan d
Pantai Sadranan berada di daerah Wonosari, Gunung Kidul, +/- 70km dari Jogjakarta. Jalur ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Canggu Surga Terkenal Para Pesela
Pantai Pulau Peucang Ujung Kulon
Pantai Batakan – Wisata Pantai di
Pantai Jolosutro Blitar
Pantai Glagah Kulonprogo yang Memukau
Pantai Melur, Batam
Pantai Tanjung Lesung Kehangatan Pasir P

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.