Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Bali

Rating: 90 out of 100, by 101 users
keindaah pantai senggigi - Lombok : Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Bali

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang sangat terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali.

Saat telah berada di pinggir pantai, mata para wisatawan akan disuguhi oleh eksotisme pantai berlatar pesona ombak yang saling berkejaran, pasir putih yang menghampar, dan ribuan binatang kecil yang menyebar di hamparan pasirnya, serta lanskap Gunung Agung di pulau seberangnya (Pulau Bali).

Senggigi memang menawarkan pesona pantai yang khas. Suasana masih alami yang belum banyak dijejali oleh turis asing, seolah menjadi perbedaan antara pantai ini dengan pantai-pantai di Bali. Ini tentu memberi nuansa tersendiri bagi para pengunjung.Tak aneh, pantai ini kini dijadikan tujuan alternatif baru para wisatawan yang merindukan suasana kesenyapan alami yang menentramkan.

Berbagai aktivitas wisata yang dapat disuguhkan untuk pengunjung di pantai ini, seperti berenang, bermain air, menyelam, snorkeling, berjemur, dan bermain–main membuat istana pasir.

Jika mentari sore telah mulai meredup, wisatawan dapat juga meluangkan waktunya untuk sekedar berjalan santai dengan berjalan kaki menelusuri pinggir pantai, duduk di hamparan pasir dengan mangamati air laut yang biru membentang sepanjang pantai, atau bersantai di gerai hotel pinggir pantai sembari menunggu sunset tiba.

Bagi pengunjung yang ingin berenang atau sekedar bermain air, disarankan untuk lebih berhati-hati, karena di pinggir pantai banyak terdapat karang-karang runcing yang cukup membahayakan kaki.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Senggigi, luangkan waktu sedikit mengamati Pura Batu Bolong. Saat berjalan menyusuri pinggir Pantai Senggigi, kurang lebih sekitar setengah jam, wisatawan akan menemukan sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di pinggir pantai. Pura inilah yang oleh masyarakat sekitar diberi nama Pura Batu Bolong.

Menurut legenda setempat, dahulu kala di pura ini sering diadakan pengorbanan seorang perawan, sebagai sajian makanan untuk Ikan Hiu yang tinggal di pantai. Legenda lain mengatakan, pura ini juga merupakan tempat para wanita menerjunkan dirinya ke laut karena patah hati.

Hal lain yang menarik untuk dilakukan adalah menyusuri Senggigi pada malam hari, khususnya saat purnama tiba. Pengunjung akan menemui banyak orang/warga sekitar yang memanfaatkan hangatnya pasir Senggigi untuk terapi kesehatan. Mereka mengubur sebagian atau seluruh tubuh sampai leher selama 2—3 jam, sembari mendengarkan deburan ombak yang memecah kesunyian.

Terapi ini diyakini masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti pegel linu hingga kelumpuhan. Jika tertarik dengan aktivitas ini, wisatawan dapat ikut bergabung dan mencobanya.

Untuk urusan perut, wisatawan dapat mencoba kelezatan jenis-jenis hidangan/sajian makanan khas Lombok di restoran-restoran yang berjajar rapi di pinggir pantai. Harganya bervariasi mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 300.000 per orang. Tentu, bersantap ria di pinggir pantai diterangi semburat cahaya bulan dan dihibur oleh melodi debur ombak pantai sungguh sayang jika dilewatkan.

Yang tak kalah menarik, wisatawan jangan sampai lupa untuk mencicipi sajian makanan khas Lombok yakni Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. Hampir tiap restoran di Pantai Senggigi, atau di Lombok secara umum, menyediakan sajian masakan ini. Sambil menyantap Ayam Taliwang atau Plecing Kangkung, wisatawan akan dihibur dengan kesenian khas Lombok, berupa musik dan tari. Bahkan jika tak keberatan, pengunjung juga boleh ikut menari bersama dalam nuansa kegembiraan dan kekeluargaan.

Di sekitar Pantai Senggigi juga banyak terdapat penginapan yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari hotel berbintang, resor, hotel melati hingga pemondokan. Beberapa tempat menginap yang dapat dijadikan alternative adalah Holiday Inn, the Oberoi, Sheraton Senggigi, Melati Dua Cottage, Pool Villa Club, Panorama Cottage, dan lain-lain.

Selain itu, untuk oleh-oleh, wisatawan juga jangan lupa membeli mutiara dan kain tenun dengan berbagai motif dan warna. Mutiara yang telah dirangkai menjadi perhiasan yang indah dan menawan mata ini banyak ditemui di kios-kios pinggir pantai.

Namun, jika berkeinginan untuk merangkai sendiri mutiara-mutiara ini, wisatawan bisa membeli butiran mutiara polos. Mutiara polos ini biasanya dijajakan dalam bentuk kalung yang terdiri dari banyak mutiara. Mutiara-mutiara tersebut dapat disusun sendiri sesuai bentuk perhiasan yang diinginkan.

Setelah puas menikmati keindahan alam Pantai Senggigi, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan wisatanya menuju tempat-tempat wisata yang tak jauh dari lokasi pantai, antara lain, tiga Gili (pulau kecil): yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, Pantai Kerandangan, dan Pantai Batu Layar. Batu Layar adalah tempat suci bagi para penganut Islam Wetu Telu di Pulau Lombok (suku Sasak).

Akses ke Pantai

Menuju kawasan Pantai Senggigi cukup mudah, karena telah ada pelabuhan dan bandara di Pulau Lombok. Apabila bertolak dari Pulau Bali, wisatawan dapat berangkat dari Pelabuhan Karang Asem menggunakan kapal feri menuju Senggigi, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Jarak tempuh ini bisa dipangkas apabila menggunakan pesawat terbang dari Bandara Ngurah Rai Denpasar menuju Bandara Selaparang di Mataram (Ibu Kota NTB), yang hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja.

Selain dari Pelabuhan Karang Asem, wisatawan juga dapat berangkat dari Pelabuhan Padang Bay di Bali menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Dalam perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan juga munculnya ikan lumba-lumba yang saling berkejaran mengikuti kapal.

Perjalanan Padang Bay—Lembar dengan kapal feri memakan waktu sekitar 4 jam. Setelah sampai di Pelabuhan Lembar, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Mataram. Dari Kota Mataram, Pantai Senggigi berjarak 11 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan taksi dan kendaraan umum lainnya.

Selain jalur laut, wisatawan juga dapat menuju Pantai Senggigi dengan menggunakan jalur penerbangan udara dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bali, dan Yogyakarta. Dengan menggunakan pesawat terbang dari salah satu kota tersebut, wisatawan akan sampai ke Bandara Selaparang, Mataram. Dari bandara ini wisatawan dapat langsung menuju kawasan Pantai Senggigi.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di sekitar Pantai Senggigi banyak terdapat penginapan yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari hotel berbintang, resor, hotel melati hingga pemondokan. Beberapa tempat menginap yang dapat dijadikan alternative adalah Holiday Inn, the Oberoi, Sheraton Senggigi, Melati Dua Cottage, Pool Villa Club, Panorama Cottage, dan lain-lain.

Selain itu, di kawasan pantai ini juga banyak dijumpai restoran, cafe, bar, pasar terbuka, deretan warung suvenir dan cenderamata, mushola, toilet umum, lahan parkir, dan lain-lain. Pantai senggigi adalah pantai indonesia yang memang layak untuk dijadikan tempat wisata pantai.

Tempat Bersantap 

Di sepanjang pinggir pantai, berjejer restoran-restoran yang menyediakan berbagai jenis hidangan khas Lombok dan jenis hidangan lainnya. Selama berada di Lombok, jangan lupa untuk mencicipi Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung.

Berkeliling 

Jika Anda ingin mengelilingi pantai Senggigi namun tidak ingin cepat lelah, Anda bisa menaiki cidomo ” angkutan khas NTB yang ditarik oleh seekor kuda. Atau Anda juga dapat mengelilingi pantai dengan berjalan kaki.

Bebatuan Karang Tajam Pantai Senggigi - Lombok : Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Bali
Pura Batu Bolong - Lombok : Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Bali

Yang Dapat Anda Lihat Atau Lakukan 

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan disini, seperti berenang, bermain kano, menyelam, snorkeling atau pun sekedar berjemur dan menikmati pemandangan.

Buah Tangan 

Di sepanjang jalur pantai Senggigi, banyak terdapat toko cinderamata yang menawarkan barang-barang kerajinan khas Lombok seperti lukisan, kerajinan tangan, kain tenun Lombok, perhiasan mutiara dan lain-lain.

Tips

*Jangan lupa untuk membawa krim tabir surya dan membawa pakaian ekstra.
*Jangan lupa untuk membawa pakaian renang.
*Ketika Anda berenang, harap berhati-hati karena di pinggiran pantai banyak terdapat batu karang.

 

Kumpulan Gambar dari artikel tentang Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Bali

Ada 6 potret di dalam Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Bali artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

Malam Romantis di Pantai Senggigi - Lombok : Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di BaliPura Batu Bolong - Lombok : Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di BaliBebatuan Karang Tajam Pantai Senggigi - Lombok : Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di BaliFasilitas Resort Pantai Senggigi - Lombok : Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Balikeindaah pantai senggigi - Lombok : Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Balilangit emas pantai senggigi - Lombok : Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Bali
Diposting pada 29 August 2013 - Oleh dian - Kategori Lombok.
Tag: kuta, info Lombok, Foto Senggigi, pantai eksotik di lombok, kano, pantai di lombok, Pantai terkenal di lombok .

Apa pendapatmu tentang Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Bali

2 Komentar to “Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Bali”

  1. […] 1. Pantai Senggigi,Lombok […]

  2. […] 1. Pantai Senggigi, Lombok […]

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak di Bali Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Halmahera – Maluku
Pulau Halmahera adalah pulau terbesar di Maluku. Bentuk pulaunya mirip huruf  K  nampak ...

Pantai Papuma Pesona Bebatuan
Pantai Papuma merupakan salah satu pantai unik yang ada di Indonesia. Papuma melengkapi ...

Pantai Tiram, Padang Priaman
Siapa tidak mengenal dengan pantai yang satu ini. Walaupun merupakan pantai yang baru ...

Pantai Selat Baru, Bengkalis &
Banyak sekali kota-kota dengan pesona unik dan indah, dapat kita kunjungi diprovinsi yang ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur
Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara –
Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua
Pantai Sanur Bali yang Mempesona
Pantai Nampu di Wonogiri
Pulau Belitong – Ingin Mati Tua Sa
Gili Tangkong, Lombok – NTB
Pantai Alue Naga – Banda Aceh

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.