Pantai Bangko, Lombok – NTB

Rating: 87 out of 100, by 120 users
keindahan perairan pantai banko   banko - Lombok : Pantai Bangko, Lombok – NTB

Pantai Senggigi, Pantai Kuta dan Pantai Selong Belanak, tak dipungkiri indahnya, nah pantai Bangko Bangko tidak hanya indah, tapi menawarkan keasyikan surfing dan memancing.

Bangko Bangko adalah kawasan pantai di Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Bangko Bangko berhadapan langsung dengan pulau Nusa Penida yang terlihat samar di garis pantai.

Sejarah Kawasan

Taman Wisata Alam Bangko-bangko ditetapkan berdasarkan SK. Menhut No. 664/Kpts-II/92 tanggal 1 Juli 1992 mempunyai luas 2169 Ha. Menurut administrasi pemerintahan Taman Wisata Alam Bangko-bangko terletak di Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Secara astronomis Taman Wisata Alam Bangko-bangko terletak pada 8o20’10” – 8o23’00” LS dan 116o00’00” – 116o04’03” BT.

Profil kawasan

Taman Wisata Alam Bangko-bangko terletak pada ketinggian antara 0–400 m dpl. Kondisi bentang alam yang bervariasi dari datar, bergelombang dan berbukit, dengan variasi kelerengan 8 – 15 % dan 15 – 30 %.

Menurut klasifikasi Schmidt-Ferguson, Taman Wisata Alam Bangko-bangko memiliki tipe iklim E. Musim hujan umumnya jatuh pada bulan November hingga bulan Februari. Pada musim Hujan rata-rata curah hujan 1459 mm per tahun dan jumlah hari hujan 66 hari dengan intensitas hujan 23,47/hh.

Tak hanya Bali yang mempunyai pantai-pantai dengan kecantikan yang luar biasa.Lombok kini mulai dilirik oleh sebagian orang untuk dijadikan sebagai tujuan wisata karena pantai-pantainya yang tak kalah eksotis dengan pantai-pantai yang berada di Bali.Salah satunya adalah pantai Bangko-Bangko,walau namanya kurang begitu dikenal tapi pantai yang satu ini mempunyai keindahan yang cukup menarik dan merupakan surga bagi peselancar karena ombaknya yang cukup menantang adrenalin.

Bangko-Bangko menghadap langsung ke pulau Nusa Penida yang terlihat samar di garis pantai.Pantai ini terletak di Desa Batu Putih,Kecamatan Sekotong Lombok Barat.Untuk mencapai pantai ini memerlukan waktu sekitar 2 jam dari Mataram melewati Sekotong dengan berkendara.Jika dari Bali kita bisa menggunakan kapal ferry untuk menyeberang dari pulau Nusa Penida Bali dengan waktu sekitar 3 jam.

Suasana pantainya masih alami dan sepi sehingga cocok untuk menenangkan diri sejenak keluar dari hiruk pikuk kota yang sesak.Tak hanya berjemur di atas hamparan pasir putihnya yang lembut tapi pantai ini juga merupakan surga bagi para peselancar karena ombaknya yang garang.Banyak turis yang sengaja datang ke pantai ini untuk menaklukkan ombak pantai dengan papan selancar mereka.

Turis Australia menjuluki pantai ini dengan nama desert point.Ombak di pantai Bangko-Bangko mempunyai relief yang panjang dan sambung menyambung dan termasuk kategori high risk yang cocok untuk peselancar profesional.Meliuk-liuk dengan papan selancar melewati terowongan ombak yang mempunyai perpaduan warna hijau biru menjadi hal yang menarik jika berselancar di pantai ini.

Transportasi

Bangko Bangko bisa ditempuh dari Mataram melewati Sekotong dengan jarak tempuh 70 kilometer dengan waktu hampir 2 jam. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum maupun mobil sewaan. Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik bus dari Terminal Mandalika Bertais tujuan Lembar, kemudian sampai di Terminal Lembar naik angkutan umum menuju Labuhan Poh. Karena jarak antara Mataram dan Bangko Bangko yang relatif dekat, sebaiknya Anda menginap di Mataram agar mudah mengunjungi objek wisata lainnya. Beberapa hotel di Mataram yang nyaman untuk menginap selama liburan antara lain Lombok Raya Hotel, Lombok Garden atau Grand Legi Hotel.

Kepiting bintang

Aktivitas berburu kepiting, memang menjadi salah satu kegiatan favorit anak-anak muda yang tinggal di kawasan pantai Bangko-Bangko, Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

menyusuri pantai, menuju muara dan mengamati lubang-lubang tempat kepiting bersarang. Perburuan kepiting dilakukan dengan mencermati lubang-lubang yang banyak dijumpai di pantai.

Kalau dapat kepiting bintang, rasanya lebih enak. Kepiting bintang itu tidak didapatkan di muara, tapi di laut. Kepiting itu mempunyai totol hitam, bentuknya memang mirip bintang dan warnanya agak merah.

Sayangnya kepiting bintang agak sulit didapatkan karena harus ditangkap di wilayah laut, sedang kepiting jenis lainnya lebih mudah diperoleh karena lebih memilih wilayah muara sebagai habitatnya.

Wisata

Selain wisata pantai, TWA Bangko-bangko juga memiliki hutan yang ditujukan bagi wisata Trekking dan sejarah. Hutan Taman Wisata Alam Bangko–bangko termasuk dalam tipe ekosistem hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah. Vegetasi pantai Bangko–bangko akan dijumpai famili Bruguiera, Pandanaceae, Soneratiaceae dan Rubiceae. Jenis tumbuhan yang dapat dijumpai di bentang hutan hujan dataran rendahnya, diantaranya Bajur (Pterospermum javanicum), Kesambi (Schleicera oleosa), Waru (Hibiscus tiliaceus). Berjalan memasuki kerimbunan hutan tepi tebing dapat dijumpai sisa – sisa peninggalan jaman panjajahan Jepang berupa puing – puing benteng pemantau pertahanan Jepang lengkap dengan meriamnya.

Melangkah menuju belukar hutan Bangko-bangko atau di tepi pantainya dapat dijumpai aneka satwa antara lain Ayam hutan (Gallus varius), Elang bondol (Haliastur indus), Koakiau (Philemon buceroides), ayam hutan, Raja udang dan elang laut, sebelumnya dilaporkan pula terdapat rusa timor (Cervus timorensis) dan Babi Hutan (Sus Scrova scrova), dan jika anda beruntung disepanjang perjalanan akan anda temukan kupu-kupu langka dilindungi Throides helena.

Sarana dan prasarana pengelola yang telah ada diantaranya pondok kerja, radio komunikasi, jalan trail. Sedangkan yang ada di sekitarnya terdapat beberapa hotel dan villa untuk penginapan.

Bagi para pecinta selancar, Bangko Bangko adalah surga. relief ombaknya panjang dan sambung menyambung, ideal dijadikan tempat surfing. Itu mengapa kendati tak terlalu terkenal di jajaran pantai-pantai di Lombok, Bangko Bangko selalu ramai oleh turis yang tidak hanya berjemur namun juga mencoba menaklukkan ganasnya ombak. Bagi para pemula maupun profesional, ombak ini sangat cocok untuk berolahraga air.

Beberapa resort-resort di Lombok pun memanfaatkan paket surfing di Bangko – Bangko untuk menarik wisatawan. Beberapa wisatawan lebih menyukai keindahan alam Bangko Bangko yang masih perawan ketimbang hiruk pikuk pantai yang lebih jauh terkenal. Tidak saja pemandangan bawah laut dan pasirnya yang masih bersih, namun sembari menikmati pantai Anda bisa memesan menu makanan sederhana dari restoran yang dimiliki warga sekitar.

Selain bagus untuk surfing, Bangko Bangko juga menyimpan spot-spot tertentu yang banyak dikunjungi pemancing-pemacing nusantara. Cobalah berlayar dan siapkan pancing Anda, jangan heran jika tuna berukuran super bisa Anda dapatkan dengan mudah. Bawalah teman-teman se-hobi Anda dan nikmatilah sport fishing yang menguras tenaga namun memuaskan. Strike berkali-kali karena kail Anda disambar mangsa bukanlah pemandangan yang aneh. Maka, bersiaplah untuk pesta ikan.

Para pemancing biasanya menyewa kapal di Pantai Ampenan untuk mendapatkan ikan-ikan buruannya. Jangan kuatir bagi Anda yang tak suka berlama-lama memancing di tengah laut namun tetap ingin menyantap ikan. Pantai ini dekat dengan perkampungan nelayan yang menyediakan berbagai macam tangkapan segar mereka.

BATAM, 6/7, KEPITING. Seorang perempuan warga Tanjungriau, Kota Batam, Senin (6/7) memperlihatkan kepiting besar hasil tangkapan suaminya yang mencari nafkah sebagai nelayan. Dua ekor kepiting hidup itu ia jual Rp45 ribu kepada pembeli di tempat. - Lombok : Pantai Bangko, Lombok – NTB
ombak pantai banko   banko - Lombok : Pantai Bangko, Lombok – NTB

Puaskan hasrat kuliner hasil laut disini. Menurut warga setempat, pasar ikan dadakan ini memang selalu ramai. Bahkan jika hasil tangkapan sedikit, ikan-ikan segar itu tak sampai masuk daratan karena sudah habis diborong saat masih dilaut. Jika musim ikan tongkol yang bisanya terjadi pada bulan Juli hingga Agustus, nelayan Bangko Bangko bisa menangkap ikan tongkol hingga seribu ekor per hari. Tongkol-tongkol itu dijual dengan kisaran harga dari Rp. 20 ribu hingga Rp. 25 ribu per lima ekor tongkol.

Bagi yang suka trekking, hutan bertipe Magrove seluas 2.169 hektare yang ada di sekitar Bangko Bangko siap dijelajahi. Di tepi tebing hutan ini, Anda akan menjumpai sisa reruntuhan benteng penjajahan Jepang beserta meriamnya. Selain menjumpai peninggalan perang, hutan ini juga menyimpan vegetasi Bangko Bangko seperti Biduri (Calonthlropus Gigantea) dan Pandan Laut (Pandanus Sp). Selain itu, berbagai jenis tumbuhan juga bisa dijumpai seperti Bajur, Kesambi, dan Waru. Masuk ke dalam hutan, kini kita akan disuguhi satwa Bangko Bangko seperti ayam hutan, elang bendol, koakiau, raja udang, dan elang laut. Jika beruntung, Anda akan menjumpai kupu-kupu langka yang dilindungi yakni Trocles Helena.

Di sekitar Bangko-Bangko terdapat sebuah hutan Mangrove dengan luas sekitar 2.169 hektar.Hutan ini mempunyai vegetasi tanaman seperti Biduri dan Pandan Laut.Fauna yang terdapat di hutan ini pun beragam,misalnya terdapat ayam hutan,elang bondol,koakiau,kera abu-abu,trenggiling,babi hutan dan jenis kupu-kupu langka dan dilindungi yaitu Trocles Helena.Terdapat situs sejarah yang berupa sisa reruntuhan benteng tentara Jepang beserta meriamnya yang letaknya berada di tepian tebing kawasan hutan ini.

Fasilitas di pantai ini masih minim karena masih jarang ditemukan penginapan.Tak jarang para wisatawan menyewa rumah penduduk di kampung nelayan sebagai tempat menginap.Tapi lambat laun pemerintah setempat mulai melakukan perbaikan dan mengembangkan lokasi wisata pantai Bangko-Bangko.

Galeri gambar dari berita tentang Pantai Bangko, Lombok – NTB

Ada 6 gambar di dalam Pantai Bangko, Lombok – NTB berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

keindahan perairan pantai banko   banko - Lombok : Pantai Bangko, Lombok – NTBBATAM, 6/7, KEPITING. Seorang perempuan warga Tanjungriau, Kota Batam, Senin (6/7) memperlihatkan kepiting besar hasil tangkapan suaminya yang mencari nafkah sebagai nelayan. Dua ekor kepiting hidup itu ia jual Rp45 ribu kepada pembeli di tempat. - Lombok : Pantai Bangko, Lombok – NTBombak pantai banko   banko - Lombok : Pantai Bangko, Lombok – NTBombak yang bagus untuk surfing - Lombok : Pantai Bangko, Lombok – NTBpanorama perairan pantai banko   banko - Lombok : Pantai Bangko, Lombok – NTBwatersport di bangko bangko - Lombok : Pantai Bangko, Lombok – NTB
Diposting pada 5 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Lombok.
Tag: Lokasi Pantai Banko Banko, Obyek Wisata Pantai Banko Banko, rusa, elang, Bali, bukit, Foto Banko Banko .

Apa pendapatmu tentang Pantai Bangko, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Bangko, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Tomia, Wakatobi – Sula
Pulau ini adalah salah satu dari puluhan pulau yang berada di gugusan kepulauan ...

Pantai Cipatujah, Tasikmalaya
Pantai Cipatujah, dengan luas 115 ha, merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu ...

Pantai Walur Pasir Putih dan L
Pantai Walur memiliki pasir putih dan garis pantai yang landai. Keindahan pasir putihnya ...

Pantai Watu Ulo Jember
Kearah selatan kota Jember di gugusan Samudera Indonesia terdapat pantai yang indah panorama ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Gili Meno. Lombok – NTB
Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimant
Pantai Pasir Panjang, Singkawang –
Pantai Bozihona, Nias – Sumatera U
Pantai Goa Cemara, Bantul – Yogyak
Pantai Batu Kerbuy, Madura – Jawa
Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulaua
Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas –

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.