Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pulau Dekat Bali

Rating: 91 out of 100, by 91 users
pulau rote - Nusa Tenggara : Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pulau Dekat Bali

Kapal feri cepat lepas jangkar dari Pelabuhan Tenau Kupang pukul 09.00 Wita. Namun baru sekitar 45 menit berlayar, di sekitar perairan Pulau Semau, kapal diguncang pusaran arus kuat yang berputar-putar seperti puting beliung.

Pusaran itu terjadi karena pertemuan arus laut Samudera Hindia, Laut Timor dan Laut Sawu. Itulah arus Pukuafu, arus laut yang sudah menelan banyak korban jiwa dan harta benda. Tiga tahun silam, sebuah kapal feri dihempas Pukuafu, ratusan penumpang dan muatannya tumpah ke dasar laut.

Meskipun Pukuafu sering membuat penumpang kapal feri menahan napas, bagi mereka yang suka berpetualang, diguncang pusaran arus laut menjadi tantangan nan mengasyikan. Apalagi setelah lepas guncangan pusaran Pukuafu, mereka segera disuguhi pesona pantai Pulau Semau yang teramat elok. Pantai Semau merupakan pantai berkarang terjal di bagian utara dan selatan. Terdapat pula atol, pulau karang yang berlatar hutan bakau yang menghijau di bagian timur Rote.

Pelayaran lebih santai ketika menyusuri Pantai Baru di mana terdapat pelabuhan penyeberangan, namun kapal feri cepat tidak berlabuh di Pantai Baru. Setelah satu setengah jam berlayar menembus arus Pukuafu yang ganas, lalu menyusuri pulau-pulau indah di wilayah paling selatan Indonesia itu, kapal feri akan merapat di Dermaga Ba’a, ibukota Kabupaten Rote Ndao.

Sepanjang pantai Ba’a, hutan bakau terbentang bagaikan sabuk hijau yang memanjang, menutupi pulau bertanah kapur itu. Di bagian tertentu, sabuk hijau itu berselang-seling dengan pantai berpasir putih dan bukit-bukit kecil menyerupai pulau mini yang menjorok ke laut. Atol-atol berserakan di sana-sini.

Atol-atol itu, seperti nyaris terputus dihantam gelombang. Hantaman ombak membuat atol-atol menjadi seperti payung, tampak cantik, apalagi ketika ombak-ombak itu membentuk buih putih di sekitarnya. Di bagian kiri Dermaga Ba’a, ada pantai yang mendangkal karena proses sedimentasi yang terjadi selama ratusan tahun. Pantai itu ditumbuhi anakan bakau.

Sementara di bagian kanan, tampak Kota Ba’a dengan kawasan pertokoan yang membelakangi laut. Nun jauh di sana tampak Batu Termanu, pantai sekaligus bukit kecil yang membentuk tanjung yang kabarnya menyimpan misteri tentang kekuatan Pulau Rote.

Dari Batu Termanu Pulau Rote terlihat sangat memesona. Di sisi kiri bukit Termanu dengan pantai berpasir coklat, ada penginapan cukup mewah. Dari sisi ini, pelancong bisa menyaksikan matahari tenggelam utuh tanpa penghalang hingga ke kaki langit barat.

Ketua DPRD NTT, Ibrahim Agustinus Medah, yang juga putra Rote itu, amat suka menyaksikan “sun set” dari tempat ini. Ia yang berkunjung bersama rombongan yang mengunjungi Rote pekan lalu, selalu menyempatkan diri menyaksikan pesona mentari tenggelam dari Batu Termanu, setiap kali singgah di Rote.

Kuta-nya Rote

Selain Dalam Batu Terman, di tepian Rote Ndao juga ada pantai tersohor hingga ke mancanegara; Nembrala. Nembrala disebut-sebut sebagai Kuta-nya Pulau Rote, yang memiliki hamparan pasir putih sejauh mata memandang, ke timur maupun ke barat, bahkan di perkampungan yang ditumbuhi nyiur, pasir putih terus menghampar.

Pengunjung pasti akan dibuat berdecak kagum. Sepanjang pantai kini juga telah terbangun hotel dan restoran, yang kebanyakan di didatangi wisatawan mancanegara dan hanya sedikit wisatawan domestik.

Rombongan DPRD NTT juga singgah di pasir putih di Nembrala itu. Mereka menyaksikan sejumlah turis asing yang tengah asyik berselancar. Tak jauh dari pantai sebuah kapal pesiar tengah lego jangkar dan para awaknya menikmati keindahan ombak yang bergulung-gulung.

Semakin ke timur, pesona pantai semakin menggoda. Bo’a namanya, pantai tempat para peselancar dunia biasa mengikuti lomba tingkat internasional.

Hanya sekitar dua tiga mil dari Pantai Bo’a, tampak Pulau Ndana, pulau yang semuanya berpasir tetapi hijau, tempat di mana satu peleton pasukan Marinir TNI Angkatan Laut mengawal bangsa dari arah selatan.

Selain pasir putih yang menggoda, di Pantai Bo’a juga ada atol. Di bukit inipun sudah ada orang “bule” membangun penginapan di tengah hutan dan jika tertarik, bisa menyeberang ke Pulau Ndana, di sana ada banyak rusa Timor yang dilindungi, sekaligus menjadi markas TNI AL mengawal bangsa.

Pengunjung juga bisa melanjutkan petualangan ke Oeseli, yang jaraknya hanya sekitar tiga kilometer dari Bo’a. Di sepanjang jalan menuju Oeseli itu, dijumpai banyak bukit karang yang ditumbuhi pohon kerdil, sehingga tampak seperti taman bonsai, hingga akhirnya menjumpai pantai Oeseli yang memiliki sebuah gerbang besar dari bukit batu cadas.

Bukit batu cadas itu, membentuk sebuah gerbang besar untuk mengintip wilayah selatan. Di seberang selatan Oeseli tampak Pulau Ndana yang segar menghijau. Pulau Ndana, adalah pulau paling selatan Indonesia, jaraknya hanya 70 mil dari gugusan Pulau Pasir, teritori Australia.

Di Oeseli, hutan batu karang yang berjejer di sepanjang pantai, kabarnya menjadi tempat kaum muda Rote menghabiskan akhir pekan atau mengisi masa liburan. “Di Rote banyak sekali tempat indah, sayang tempat-tempat ini jauh dari Bali,” kata anggota DPRD NTT dari Rote, Somy Pandie.

Pemandangan indah, tak hanya di Ba’a, Batu Termanu, Nembrala, Pantai Bo’a dan Oeseli, tetapi masih banyak tempat lain, baik di pantai selatan maupun utara.

Seorang warga Kota Kupang, Stef Taluta, menyatakan pantai indah itu adalah anugerah terpendam di pulau Rote. Jika Rote ini letaknya di dekat Bali, pasti turis asing akan saling berebut. sumber: Kompas.com. foto foto: pumabee

Galeri dari informasi tentang Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pulau Dekat Bali

Ada 1 potret di dalam Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pulau Dekat Bali informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 1 potret high-res.

pulau rote - Nusa Tenggara : Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pulau Dekat Bali
Diposting pada 8 November 2009 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Nusa Tenggara.
Tag: rote, pulau rote, pulau rote indonesia, pulau, Bali, pantai, .

Apa pendapatmu tentang Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pulau Dekat Bali

12 Komentar to “Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pulau Dekat Bali”

  1. Wah kalu bisa dekat Bali pasti akan menjadi Partner dan pusat Pariwisata terpopuler deh…..

  2. [...] Andai Pulau Rote ada di Dekat Bali November 8, 2009 12:11 [...]

  3. good posting. akhirnya aku menemukan situs yang menarik juga

  4. Mantep

  5. Andai bisa dimamfaatkan menambah devisa negara tentunya

  6. Saya sangat kagum dengan pulau Rote alamnya yang indah dan asri,,untuk teman teman yang ingin berpetualang rotelah tempat mu,,saya merasa senang saat saya duduk di pinggir pantai bukit termanu rote tengah seperti saya melihat dunia baru yang indahhhhhhhhhhhhh sekali,,,,ROTE MEMANG TOP ABIS BRO

  7. ane udah di kupang gan, ASAP TO ROTE,,doain gan :)

    nb.liat blog ane gan…banyak spot yg bagus untuk wisata di NTT

  8. itu bukan pantai boa,, itu pantai termanu… jangan salah cantum nama tempat…

  9. bangga deh jadi orang rote. mendiami pulau nan indah. dijamin kalo ngeliat aslinya susah kedip. hehe.. salam dari rote

  10. Bukan cm di Rote, 99% pulau-pulau di NTT memiliki keunikan di mata dunia. Lihat sj pulau Alor yang sangat terkenal dengan Taman Laut SELAT PANTARnya sudah diakui dunia, bahkan Taman Laut SELAT PANTAR di Kabupaten Alor dikenal sebagai Taman Laut terimdah kedua didunia setelah Karibia.

  11. ya benar
    satu persatu kita akan kupas keistimewaannya, tidak hanya NTT
    tapi Indonesia yang memang menyajikan keindahan-keindahan pantainya

    salam traveler :)

  12. Indahnya Pntai Nemberala dan Pantai Bo’a sangat menakjubkan.

Tinggalkan Komentarmu soal Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pulau Dekat Bali Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Nongsa, Keunikan pantai
Tidak akan ada habisnya apabila berbicara tentang Pulau Batam, selain menjadi salah satu ...

Pantai Lombang di Sumenep Madu
Pantai lombang terletak di Sumenep Madura. Apabila anda berkunjung ke Pulau Madura, sempatkanlah ...

Pantai Krukup Gunung Kidul Yog
Pantai Kukup merupakan pantai yang berpasir putih yang indah dan luas, terdapat aneka ...

Cerita Pantai Indah Laowomaru,
Pulau Nias, merupakan satu diantara beribu-ribu pulau yang terdapat di Indonesia. Pulau ini ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Teluk Uber di Bumi Laskar Pelangi
Pantai Canggu Surga Terkenal Para Pesela
Pantai Krukup Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Maron Semarang
Perpaduan Sunrise, Sunset Dan Ombak Pant
Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur
Pantai Palabusa, Bau Bau – Sulawesi te
Pantai Srau di Balik Deretan Perbukitan,

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.