Pantai Koka, Sikka – NTT

Rating: 88 out of 100, by 112 users
koka beach - Nusa Tenggara : Pantai Koka, Sikka – NTT

Pantai Koka merupakan salah satu pantai di Kabupaten Sikka, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, pantai ini berada di pesisir pantai selatan Pulau Flores.

Pantai koka merupakan sebuah pantai yang sangat menawan dengan pemandangan laut yang bersih, begitupun airnya yang sangat jernih, pasir putih lembut membentang membentuk tembereng, kiri dan kanan terdapat tebing-tebing karang bagaikan lukisan alam terlihat sangat artistik. Seperti pantai selatan lainnya, pantai Koka memiliki ombak yang besar tetapi cukup aman apabila kita ingin berrenang di pantai tersebut.

Pantai Koka merupakan sebuah pantai yang masih jarang disentuh wisatawan. Tak banyak orang mengenal apalagi mengunjungi pantai tersebut. Keindahannya seolah tersembunyi dari keramaian dunia.

pantai koka - Nusa Tenggara : Pantai Koka, Sikka – NTT
pemandangn Pantai paga dikala senja - Nusa Tenggara : Pantai Koka, Sikka – NTT

Lokasi

Keindahan Objek Wisata Pantai Koka Ujung Flores Pantai kokka, adalah satu dari sekian banyak pantai yang memiliki pemandangan indah dan terkenal sejak lama. Pantai ini berada di pesisir pantai selatan 48 kilometer dari Kota Maumere.

Untuk menuju area yang dijuluki pantai impian kota Maumere ini memang tidak mudah, karena jalan masuknya kurang terlihat dan papan penunjuk arahnya pun tidak terlalu jelas. Namun untuk ke sana, Anda bisa meminta bantuan penduduk setempat.

Anda harus menyusuri jalan yang berkelok-kelok menuju arah Ende. Perjalanan biasanya memakan waktu selama satu jam hingga akhirnya tiba di Kecamatan Paga, yang merupakan lokasi pantai ini.

Sebelum memasuki Kecamatan Paga, Anda bisa menikmati ikan asap yang dijual di sepanjang jalannya. Untuk tiga ekor ikan asap berukuran besar, Anda cukup mengeluarkan dana sebesar Rp20.000 saja.

Setelah memasuki Kecamatan Paga, dengan mengikuti penunjuk jalan, Anda bisa sampai ke pantai ini dalam beberapa menit dan melihat pemandangan yang sangat indah dan menawan.

Dari jalan utama, Anda harus menelusuri jalan kecil selama lebih kurang 15 menit. Karena jalan yang cukup kecil dan kondisinya kurang bagus, sebaiknya Anda berjalan kaki atau naik sepeda motor untuk sampai ke sana.

Saat mencari lokasi pantai, Anda harus memperhatikan penunjuk jalan dengan seksama. Karena ukurannya sangat kecil dan tertutup semak-semak.

Namun usaha Anda menyusuri jalan kecil dan berkelok-kelok akan terbayar dengan pemandangan hamparan pasir pantai putih bersih dan birunya laut yang menyejukkan. Daya tarik dari pantai ini adalah airnya yang berwarna biru jernih karena belum terjamah tangan-tangan jahil.

wisata

Masyarakat Paga kebanyakan hidup dari bertani dan nelayan, dengan hasil tangkapan seperti ikan se, ikan merah, ipu, nyale dan hasil laut lainnya. Disepanjang jalan nampak terlihat sawah nan hijau dan perkebuanan yang terhampar. Komoditi perkebunan juga merupakan salah satu andalan dari kecamatan ini. Sebelum ke Pantai Koka kita bisa berbelanja ikan bakar. Ikan bakar nan gurih ini dijajakan disebuah pinggiran jalan di desa Nangablo,

Seperti kawasan pantai selatan pada umumnya, Pantai Koka juga memiliki gelombang ombak yang cukup tinggi. Gelombang laut selatan tersebut kadang menghantam batu-batu keras yang berada disekitar bibir pantai atau dibawah tebing, buihnya menjulang tinggi dan jatuh berantakan membasahi karangnya.

Pantai berpasir putih yang indah ini nampak terbagi menjadi dua daerah yang menyejukan hati. Disisi sebelah kanan menjadi kawasan pantai dengan susunan batu-batu karang yang merata. Bukit-bukit disekitar pantai ini juga yang memiliki tebing curam yang indah. Dibawah tebingnya nampak pasir putih bertebaran memenuhi pesisir pantai. Bagi yang ingin menikmati eksotismenya, rasanya inilah tempat yang cocok. Keindahannya begitu meyejukan perasaan.

Sedangkan disisi sebelah kiri yang terpisah dengan bukit kecil di sisi sebelah kanan pemandangan alam pantainya pun tak kalah menarik. Airnya yang cukup jernih seakan menggoda bagi siapa saja yang ingin menceburkan diri kedalamnya. Lokasinya nampak seperti sebuah kolam karena begitu menjorok kedalam. Dengan keadaan seperti itu, ‘kolam’ ini seakan tak terimbas gelombang tinggi. Bebatuan karang pun nampak tak ada disini.

Dari sisi pantai ini, pemandangan alamnya bener-benar menggoda mata. Selain birunya air laut, dikejauhan nampak terlihat sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Pulau ini nampak tegar berdiri dengan gagah, melawan gelombak ombak yang bertahun-tahun menyentuh tubuhnya. Pulau kecil yang nampak menyendiri dalam alam samudera yang luas tersebut dinamakan oleh penduduk setempat dengan nama Pualu Nusa. Pulau ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keindahan panorama alam Pantai Koka di Paga sejak beratus – ratus tahun yang lalu.

Dengan dihiasi terumbu karang indah pada air lautnya, dan hamparan pasir amat putih bagaikan permadani halus nan lembut, potensi alam yang luar biasa itu sangat mungkin membuat siapa pun yang mengunjungi Pantai Koka akan terkesima dan jatuh hati.

Keaslian Pantai Koka juga begitu menonjol, di sekitar pantai hanya diselingi kebun warga yang banyak ditanami ubi kayu dan kelapa. Agak jauh dari pantai juga banyak tanaman kakao. Belum ada kios makanan atau rumah makan dan penginapan di sekitar pantai tersebut.

Alam pantai di Dusun Kangarusa, Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, ini juga unik. Posisinya diapit oleh dua tanjung, yang di bagian tengahnya terdapat satu pulau kecil, yang oleh warga setempat biasa disebut Watu Ngesu (Batu Lesung), yang diyakini dari mitos turun-temurun dihuni oleh gurita.

Di salah satu sudut Watu Ngesu, persisnya di sekitar pinggiran pantai, terdapat makam Rado, anak dari tua Dusun Kangarusa. Makam itu diperkirakan sudah berusia ratusan tahun.

Bagi warga setempat, pantai ini menjadi sandaran hidup mereka, yaitu dari hasil lautnya. Sementara bagi anak-anak desa, Pantai Koka juga menjadi tempat bermain yang menyenangkan, yakni dengan memancing menjelang sore hari. Sekitar satu kilometer dari pantai ada juga pulau kecil bernama Koka.

di Pulau Koka terdapat keunikan tersendiri, yaitu ular belang yang dipercaya merupakan jelmaan para anak buah kapal. Ular itu berkeliaran pada malam hari, menyelinap di sela-sela batu, tetapi binatang melata itu jinak dan tidak menggigit pengunjung.

Banyak ular di sana, tetapi ular itu tak menggigit wisatawan. ”Ular-ular di Pulau Koka dilarang dibunuh.

Berwisata ke Pantai Koka memang mempunyai sensasi tersendiri, apalagi dengan kesan magis atau supranatural yang kuat di sana. Sekitar 20 meter dari bibir pantai ke arah laut terdapat sebuah batu besar, yang bentuknya menyerupai kuda hingga batu itu disebut Watu Jara (Batu Kuda). Bagian kepala kuda batu itu tertutup air laut, sedangkan bagian ekornya tertimbun pasir pantai.

Sayangnya, Pantai Koka yang indah sepertinya dibiarkan begitu saja. Keindahannya cuma terdengar dari cerita mulut kemulut. Tak ada wisatawan yang hadir, tak ada tempat penginapan, tak ada paket wisata, tak ada penjual cindera mata, tak ada warung makan, tak ada tempat beristirahat, tak ada pemandian air tawar,.Cuma ada Pantai Koka dengan pasir putihnya yang mempesona bersama cerita tentang akses jalan masuk sepanjang 2,5 Km dari jalan utama yang begitu buruk dan sempit .

Kisah ini sama persis dengan kisah saudaranya yang juga terletak di pesisir pantai selatan Kabupaten Sikka, Pantai Doreng.

 

Galeri dari berita tentang Pantai Koka, Sikka – NTT

Ada 7 gambar di dalam Pantai Koka, Sikka – NTT berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 gambar high-res.

pemandangn Pantai paga dikala senja - Nusa Tenggara : Pantai Koka, Sikka – NTTpantai koka - Nusa Tenggara : Pantai Koka, Sikka – NTTpemandangn Pantai koka dikala senja - Nusa Tenggara : Pantai Koka, Sikka – NTTkeindahan pantai koka dari atas bukit - Nusa Tenggara : Pantai Koka, Sikka – NTTkoka beach - Nusa Tenggara : Pantai Koka, Sikka – NTTPantai Koka Warisan Alam di Tanah Timur Indonesia - Nusa Tenggara : Pantai Koka, Sikka – NTT
Diposting pada 20 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Nusa Tenggara.
Tag: Foto Pantai Koka, memancing, pasir putih, pesisir pantai, Penginapan di NTT, kolam, tanjung .

Apa pendapatmu tentang Pantai Koka, Sikka – NTT

3 Komentar to “Pantai Koka, Sikka – NTT”

  1. bagi semua tourist, baik lokal, nasional maupun mancanegara, datang dan kunjungilah Koka, Koka so very natural, skrg butuh sentuhan dari para investor untuk mengembangkan koka biar menjadi the next Bali….

  2. Pantai Koka buruk SDM dan Gebrakan baru untuk dapat menarik wisatawan

  3. Butuh SDM dan gebrakan baru untuk lebih meningkatkan pemasukan daerah dari wisata alam yang ada.

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Koka, Sikka – NTT Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Legian Surganya Peselan
Bali memang terkenal karena keindahan pantai yang di miliki, salah satunya Pantai Legian. ...

Pantai Pondok Bali, Subang –
Pantai Pondok Bali meskipun namanya mengandung kata “Bali” namun tidak berada di Pulau ...

Pantai Pasir Perawan, Pulau Pa
Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau yang kini semakin ramai menjadi tempat tujuan ...

Pantai Sanur Bali yang Mempeso
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB
Pantai Dan Desa Nepa, Madura – Jawa Ti
Taman Laut Pulau Kangean Besar, Madura
Pantai Grupuk, Lombok – NTB
Pantai Kuta, Wisata Dunia di Indonesia
Pantai Pananjung dan Taman Wisata Alam (
Pantai Sabang nan Eksotis di Ujung Pulau
Pantai Barombong Makassar

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.