Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTT

Rating: 88 out of 100, by 112 users
pantai mandorak kodi sumba barat daya - Nusa Tenggara : Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTT

Pantai Mandorak adalah salah satu pantai yang bisa dikatakan sebagai pantai yang “tersembunyi”, memiliki pesona alam yang sangat indah dan cukup tenang. Mandorak beach terletak di desa Pero Batang, kecamatan Kodi, kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Berjarak 42 Km dari Tambolaka Ibukota kabupaten Sumba Barat Daya, jalan sudah beraspal dan sekitar 4 km jalan masih pengerasan menuju obyek. Belum ada angkutan umum menuju obyek wisata dan harus menyewa travel atau ojek.

Anda bisa menempuh waktu kurang lebih 30 menit dari pero batang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Mandorak juga dijadikan wisata diving oleh wisatawan mancanegara. Sayangnya pengelolaan oleh pemda belum maksimal, resort dan fasilitas lainnya masih dikelola oleh yayasan watu mandorak yang merupakan milik wisatawan perancis.

Pantainya memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan menyala seperti mutiara. Anda akan kerasan untuk berlama-lama di pantai ini. Penduduk lokal biasanya menaruh perahunya di dekat pantai sehabis melaut. Menarik perahu besar mereka berama-ramai agar aman dari gelombang pantai yang bisa menyeret perahu mereka. Menjelang senja, jangan buru-buru meninggalkan pantai, luangkan waktu sejenak untuk melihat megahnya pemandangan sunset di pantai mandorak – Nusa tenggara timur.

Berlatar tebing-tebing tinggi, pengalaman mengunjungi pantai Watu Mandorak yang terletak di daerah Sumba Barat Daya ini sungguh mengesankan. Warna toska yang mendominasi pantai menunjukkan beningnya pantai ini.

Keelokan tebing tebing menambah suasana menjadi semakin sejuk, pantai terlihat lebih degan warna toska yang menjadi ciri khas pemandangan pantai ini. Selain itu, terdapat curug yang biasanya digunakan untuk mandi. Banyak sekali akomodasi di pantai ini, salah satunya adalah bungalow atau mandorak bunglow.

Ombak di pantai ini juga keras ciri dari daerah pantai di pesisir Selatan. Namun di tempat ini terdapat curug yang dapat digunakan untuk mandi.

Walaupun akses menuju tempat ini sulit dijangkau, namun telah terdapat satu bangunan milik yayasan Watu Mandorak yang dibangun oleh seorang berwarga negara Perancis. Untuk menuju ke tempat ini disarankan menggunakan kendaraan yang sudah dobel gardan (FWD) untuk berjaga-jaga medan yang sering berlumpur.

Pantai Mandorak yang berdekatan dengan lokasi Danau Waikuri. Sangat sulit medan nya, jangan berharap dapat dengan mudah mencapai dua spot luar biasa ini karena jalanan yang dilalui cukup cadas walau bisa dijangkau dengan mobil hingga ke bibir jalanan sempit. Bahkan tidak semua penduduk asli tahu keberadaan pantai dan danau ini.

lokasi 

Dari bandara Tambolaka, wisatawan hanya punya dua pilihan transportasi: menyewa ojek motor atau mobil. Jika berkunjung bersama rombongan 4 hingga 5 orang, lebih baik menyewa mobil. Sebab, biayanya menjadi lebih murah per orang. Tarif menyewa mobil dari bandara menuju Pantai Mandorak sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu. Sedang­kan untuk ojek motor, tarifnya Rp100 ribu hingga Rp 150 ribu. Tarif ini tidak tetap, tergantung kemampuan wisatawan mena­war.

Dibandingkan tempat wisata di daerah lain, tarif ini memang terbilang mahal. Namun wajar, mengingat jarak tempuh yang sangat jauh, yakni memakan waktu hampir tiga jam. Apalagi kondisi jalan masih buruk. Jalan utama dari Bandara Tambolaka ke Desa Kalenarongo memang sudah diaspal, meskipun banyak bagian yang rusak. Namun akses dari jalan utama menuju pantai, belum tersentuh pem­bangunan sama sekali.

mandorak - Nusa Tenggara : Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTT
danau weekuri, sumba - Nusa Tenggara : Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTT

Jalanannya sempit, hanya sekitar 1,5 meter, dipenuhi kerikil dan bebatuan. Tak hanya itu, reliefnya menanjak dan menurun. Perlu kehati-hatian untuk melewati jalan ini jika tidak ingin kendaraan rusak atau tergelincir, terutama untuk sepeda motor. Selain itu seba­gian jalan ditutupi tanaman liar yang tumbuh tinggi.

Meskipun perlu pengorbanan mencapai tempat wisata alam ini, namun wisatawan tidak akan kecewa. Hamparan laut dari ketinggian menjadi pemandangan utama pantai ini. Batuan karang yang menjorok ke laut, pasir putih, air yang bening laksana kristal, membuat pantai ini begitu molek bak perawan yang belum tersentuh riak kehidupan.

Rumah khas adat Sumba yang dididirikan oleh warga Prancis, warga menyebutnya rumah alang di Pantai Mandorak.

Suasana yang sepi dan hening, menawarkan kepada wisa­tawan untuk menikmati alam secara eksklusif.

Objek wisata lain yang wajib di kunjungi

Danau weekuri

Tak mau kalah dengan Mandorak, danau yang airnya asin ini pun sangat mempesona. Dari kejauhan, kita bahkan dapat melihat dasar da­nau karena airnya yang sangat jernih. Dikelilingi pepohonan rimbun, Danau Weekuri seperti putri yang sedang tidur, dijaga oleh para dayangnya. Begitu berja­lan menembus lebatnya pepohonan dan menu­runi batuan karang, kita akan melihat paras sang putri yang begitu elok.

Air jernih yang biru kehijauan, tampak membentuk gelom­bang-gelombang kecil karena dibelai angin. Dari bibir danau, kita bisa mengintip dasar danau yang berupa batuan-batuan karang berwarna abu. Jika kesana, jangan lupa membawa pakaian ganti untuk mencicipi kesegaran air danau. Tak perlu khawatir tenggelam, karena arus danau ini tak deras dan tingginya hanya sekitar 1 meter.

Sebaiknya hindari datang pada musim hujan. Sebab kalau musim hujan, air danau akan menjadi lebih tinggi. Menurut penduduk sekitar, danau ini ramai dikunjungi setiap akhir minggu. Para penduduk yang bermukim tak jauh dari Desa Kalenarongo, akan menyempat­kan diri mandi di danau ini pagi hari.

Danau ini terletak sekitar 60 km dari ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya, Tambolaka. Tidak seperti danau-danau lainnya, air di Danau Weekuri terasa asin karena langsung datang dari laut. Air laut itu masuk ke sela gugus karang yang membentengi danau sehingga membentuk lingkaran besar menyerupai kolam raksasa dan ditumbuhi berbagai jenis tanaman tepi pantai.

Terasa betul kesunyian yang justru menjadi suasana yang sering dicari-cari para pelancong. Pergi ke danau tersebut seperti menembus sebuah tempat yang penuh misteri.

Di sini tidak ada warung makan. Rumah penduduk juga tidak terlihat sepanjang perjalanan setelah lepas dari jalan utama. Salah satu keuntungan keadaan seperti ini, pengunjung tidak akan menemukan sampah plastik atau sisa makanan di sekitar danau. Suasana terasa sangat asri dengan kesejukan alami. Padahal di Sumba, matahari terasa sangat dekat dengan ubun-ubun kepala, alias cuacanya cukup panas.

Jalan raya yang tersedia ke arah Danau Weekuri sebagian telah beraspal. Namun, sebagian besar masih berupa pengerasan tanah. Di kiri-kanannya ada semak belukar yang bisa membuat bodi mobil pengunjung tergores.

Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah sore hari, sekitar pukul 16.00. Namun, jangan harap kita bisa melihat matahari tenggelam di sini. Pemilihan waktu sekitar pukul 16.00 ini karena matahari sudah mulai condong ke barat dan langit menjadi lebih biru. Langit biru yang dipadukan dengan kejernihan danau inilah waktu yang tepat untuk dinikmati.

Di tebing-tebing karang tepi danau, pengunjung bisa menemukan semacam gua untuk berteduh. SH menemukan sisa-sisa api unggun yang dinyalakan pengunjung sebelumnya. Selain itu, pelancong bisa menikmati keindahan tebing-tebing karang di wilayah Weekuri ini. Kita hanya perlu berjalan kaki beberapa ratus meter ke barat, mengikuti arah bunyi debur ombak.

Dinding karang yang menjorok ke lautan lepas tak bertepi dan debur ombak di bawahnya akan membuat kita merasa sedang berdiri di tepi batas Bumi.

Kumpulan Gambar dari konten tentang Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTT

Ada 9 foto di dalam Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTT konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 9 foto high-res.

pantai mandorak kodi sumba barat daya - Nusa Tenggara : Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTTPesona Pantai Mandorak - Nusa Tenggara : Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTTTebing tebing pantai mandorak - Nusa Tenggara : Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTTJurang di pantai Mandorak - Nusa Tenggara : Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTTkeindahan pasir pantai mandorok - Nusa Tenggara : Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTTmandorak - Nusa Tenggara : Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTT

Apa pendapatmu tentang Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTT

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NTT Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Bakut, Barito Kuala –
Pulau Bakut di wilayah Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang di atasnya berdiri Jembatan ...

Tanjung Ringgit, Lombok –
Kawasan Pantai Tanjung Ringgit, Tanjung Perak dan Tanjung Cina merupakan kawasan pantai yang ...

Pantai Congot di muara Sungai
Jajaran pesisir Pantai Selatan Yogyakarta memang menawarkan sajian wisata bahari yang mengagumkan. Potensi ...

Pantai Laguna Ujung Lancang La
Pantai Laguna Ujung Lancang terletak di desa Merpas, kecamatan Nasal, kabupaten Kaur. Merupakan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Purnama, Gianyar – Bali
pantai Ngobaran Wisata Eksotik Puluhan J
Pantai Watu Ulo Jember
Pulau Jefman, Sorong – Papua
Pantai Sembulang, Batam – Kepulaua
Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi
Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Ut
Festival Pulau Makasar

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.