Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTT

Rating: 88 out of 100, by 113 users
panorama sunset Pantai Lasiana - Nusa Tenggara : Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTT

Pantai lasiana, adalah salah satu obyek wisata di kabupaten kupang, ntt (nusa tenggara timur). Pengunjung yang datang di pantai lasiana ini terbanyak pada hari libur, atau hari minggu. Obyek wisata pantai di pantai lasiana ini cukup mudah di jangkau dari areal kota kupang. Pantai lasiana, yang ada di kota kupang ini, dikelola secara resmi oleh pemerintah kabupaten kupang dan menjadikannya obyek wisata kota kupang yang dapat diakses oleh masyarakat umum mulai sekitar tahun 1970-an. Dinas pariwisata ntt(nusa tenggara timur) membangun beberapa fasilitas umum didalam areal wisata pantai lasiana, sebagai bangunan penunjang obyek wisata ini.

Pantai lasiana, adalah salah satu obyek wisata di kota kupang, ntt (nusa tenggara timur) selain beberapa obyek wisata lain yang berada di kota kupang seperti air terjun oenesu dan pantai tablolong. Letak pantai lasiana adalah di wilayah kecamatan kupang tengah, kota kupang, ntt (nusa tenggara timur).

Pantai lasiana - Nusa Tenggara : Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTT
SONY DSC - Nusa Tenggara : Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTT

Jarak tempuh yang hanya 12 km ini memudahkan akses bagi yang ingin melepaskan lelahnya sembari bercengkrama dengan hamparan pasir putih dan gulungan ombak di pantai lasiana ini. Bagi warga kota kupang sendiri, pantai lasiana ini tentulah menjadi pilihan mengisi hari libur setelah bekerja semingguan penuh.

Lambaian pelepah kelapa di pantai lasiana ini, sama harmoninya dengan cita rasa kelapa muda yang dapat dengan mudah kita temukan di areal wisata pantai lasiana. Didalam areal wisata pantai lasiana ini banyak dijumpai lopo-lopo (bangunan khas timor yang beratap alang-alang). Teriknya matahari negeri seribu karang ini, perlahan berganti kemanjaan hembusan angin laut pantai lasiana membelai dan menyapa anda.

Pantai yang indah dan sangat alami di era 70-80an itu, dalam masa sekitar 30 tahun, bibir pantai telah tergerus hampir 500 meter ke dalam daratan. Pemerintah kota kupang berusaha menyelamatkan bibir pantai lasiana itu dengan membangun tanggul-tanggul pemecah ombak, sepanjang bibir pantai lasiana. Pembangunan tanggul beton setinggi kira-kira setengah meter, sedangkan di ujung barat pantai lasianan ini dibangun tanggul pemecah ombak dengan ketinggian dua meter yang menjorok masuk ke laut, kira-kira sepanjang 800 meter.

Pantai lasiana yang berada di garis pantai kota kupang ini, seperti banyak pantai lainnya yang menjadi obyek wisata di ntt (nusa tenggara timur), memiliki penampang pantai yang melandai. Hal ini juga yang akan mengajak perasaan hati untuk berenang sejenak di pantai lasiana ini. Luas areal wisata pantai lasiana ini adalah sekitar 3,5 ha. Balutan pohon kelapa dan lontar yang cukup banyak tumbuh di sepanjang garis pantai lasiana ini menjadi sebuah nuansa tersendiri. Disekitar bagian barat lokasi pantai lasiana ini anda dapat temukan areal yang berbentuk perbukitan kecil.

Transportasi

Akses transportasi ke pantai lasiana ini dapat anda temukan dengan banyak pilihan yang bervariasi. Kendaraan umum yang sangat lancar adalah pilihan utama dalam mengakses lokasi pantai lasiana, selain juga fasilitas mobil sewaan (rent car), atau bagi anda yang ingin lebih leluasa,

Bisa saja menggunakan motor ojek sebagai alternatif pilihan anda, tentunya dengan tarif yang disepakati bersama. Fasilitas areal parkir yang juga disediakan di pantai lasiana ini menjadi pertimbangan yang menarik juga bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi. Fasilitas mck juga tersedia didalam areal wisata pantai lasiana ini, selain keberadaan homestay, ciri khas areal wisata yang dikemas secara profesional.

Pantai nan landai sekitar 3,5 hektar atau tepatnya 35.065 persegi ini, berudara sejuk karena dinaungi 65 pohon kelapa dan 230 pohon lontar tua yang hingga kini masih produktif. Pantainya berpasir putih halus, lautnya biru, airnya jernih dengan debur ombak yang bergulung-gulung kecil, tenang. Keindahan pantai ini bukan karena fasilitas buatan, tetapi lebih karena karakter alamnya. Pengunjung  dipungut tiket masuk rp 1.000 per-orang, rp 500 per-sepeda motor, dan Rp 1.500  per-mobil/roda empat.

Wisata

Dengan panorama hamparan pasir dan indahnya pemandangan sunset disore hari, seakan-akan menarik para pengunjung untuk lebih lama bercengkerama disana sambil menikmati keindahannya.

Selain hamparan pasir dan indahnya sunset, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan makanan lokal khas kupang seperti jagung bakar, pisang epe atau pisang bakar yang dilumuri dengan mentega, gula air (air dari pohon nira yang telah dimasak) dan keju serta minuman khas pantai, es kelapa muda.

di pesisir pantai lasiana juga sudah tersedia pondok atau dengan bahasa lokalnya adalah lopo. Lopo ini sengaja di bangun oleh pemerintah setempat agar memberikan kenyamanan kepada para pengunjung disaat terik matahari atau hujan melanda kota kupang.

pantai berpasir putih halus, yang dipadu air laut berwarna biru jernih seakan virus yang siap merasuki setiap pengunjung agar kembali untuk menikmati keindahannya.

pantai lasiana mulai dibuka untuk umum sekitar tahun 1970-an. Sejak dinas pariwisata ntt memoles dengan membangun berbagai fasilitas pada tahun 1986, pantai lasiana tidak saja dikunjungi oleh turis lokal tapi ramai dikunjungi oleh turis mancanegara.

Kota kupang menyimpan keindahan pantainya yang memukau. Berjarak sekitar 12 kilometer dari kota kupang, pantai lasiana menjadi salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika sedang berjalan-jalan ke kupang, nusa tenggara timur. Yang menjadi andalannya adalah menyaksikan matahari tenggelam di pantai lasiana, sangat indah! Pantai lasiana sudah terkenal sejak tahun 1970an. Dan menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, terutama yang berasal dari amerika, inggris, jerman dan australia. Wisatawan asing ini memanfaatkan pantai lasiana sebagai tempat untuk berselancar dan berenang hampir sepanjang minggu. Garis pantai lasiana yang melengkung sepanjang kurang lebih satu kilometer, sangat tepat untuk berselancar.

Hamparan pasir putih yang lembut, gelombangnya yang tenang dan jernih, kedalamannya yang dangkal, sangat cocok sebagai wilayah wisata keluarga. Anak-anak dapat bermain di pantai dengan tenang. Orang tua tidak perlu khawatir anak-anak akan terseret ombak. Orang tua dapat mengawasi dari pinggir pantai sambil menikmati semilirnya angin.

Sementara itu, deretan pohon lontar yang menghiasi pantai lasiana, menjadi keunikan tersendiri. Di ujung barat dan timur pantai masih ditumbuhi semak belukar yang memberikan kesan bahwa pantai ini masih belum banyak dijamah.

Di pantai lasiana ini, penduduk membuka usaha warung-warung. Warung-warung tersebut menyediakan berbagai menu makanan. Ada pisang bakar, pisang rebus, jagung bakar, kelapa muda, berbagai macam snack, dan lain sebagainya. Bagi pengunjung yang memerlukan mandi air tawar, sehabis bermain air laut, juga tersedia kamar mandi untuk air tawarnya.

Pantai lasiana dipadati oleh pengunjung setiap hari sabtu dan minggu. Rata-rata pengunjung datang di atas jam 12 siang hingga sore hari. Salah satu objek yang ditunggu oleh pengunjung adalah sunset di lasiana. Pengunjung bisa menikmati sunset yang sangat indah dari pantai lasiana. Baik pasangan muda-mudi yang sedang berpacaran maupun yang sudah berkeluarga tak akan melepaskan moment romantis ini. Sambil menikmati kelapa muda, duduk di pinggir pantai berdua, berselimut semilir angin, menikmati tenggelamnya sang surya di cakrawala.

Jika kita berkunjung di pantai lasiana, anda bisa bersantai di ocd beach and cafe. Di sini tersedia berbagai macam minuman dan makanan, baik lokal maupun import. Cafe ocd ini yang buka jam 10.00 wita  (pagi) sampai jam 22.oo wita (malam).

Memburu pemandangan senja menjadi kegiatan favorit traveler saat liburan ke pulau atau pantai. Konon katanya, sunset di pantai lasiana, ntt adalah sunset yang terbaik.

 

Galeri foto dari konten tentang Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTT

Ada 9 gambar di dalam Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTT konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 9 gambar high-res.

Sunset Pantai Lasiana - Nusa Tenggara : Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTTSONY DSC - Nusa Tenggara : Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTTLopo   lopo pantai lasiana - Nusa Tenggara : Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTTpanorama sunset Pantai Lasiana - Nusa Tenggara : Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTTPantai lasiana NTT - Nusa Tenggara : Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTTpantai lasiana - Nusa Tenggara : Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTT
Diposting pada 20 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Nusa Tenggara.
Tag: pantai Kupang, Gambar Lasiana, rusa, lasiana, Cara Ke Pantai Lasiana, Obyek wisata di NTT, sunset .

Apa pendapatmu tentang Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTT

Satu Komentar to “Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTT”

  1. Wah ternyata Kupang juga punya tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sayang sepertinya jarang yang mengulasnya seperti ini. Mudah2an dengan semakin banyak diulas, akan semakin banyak juga yang tahu dan berkunjung kesana.

Tinggalkan Komentarmu soal Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NTT Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sanur Bali – Meli
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ...

Pantai Pananjung dan Taman Wis
Suatu daerah yang memiliki sumber daya alam yang cukup besar, merupakan daya tarik ...

Pantai Goa Cemara, Bantul R
Pantai Goa Cemara. Pantai ini sebagaian wisatawan Belum banyak yang tahu keberadaan pantai ...

Pantai Sanur Bali yang Mempeso
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Toyolawa, Lahewa – Pulau Nias
Pantai Waisai Tercinta, Raja Ampat ̵
Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur
Pantai Ulee Rubek, Lhokseumawe – A
Pantai Selimpai Paloh – Kalimantan
Pantai Manikin, Kupang – Nusa Teng
Pantai Terindah Di Yogyakarta
Pantai Kuala Parek, Langsa – Aceh

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.