Pantai Rantung, Sumbawa – NTB

Rating: 86 out of 100, by 129 users
Bermain Ombak Pantai Rantung - Bali & NTB : Pantai Rantung, Sumbawa – NTB

Pantai Rantung – Pulau Sumbawa juga bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata yang cukup menarik lho, apalagi di Sumbawa ini ada banyak sekali pantai-pantai yang masih sangat alami, contohnya saja Pantai Rantung yang satu ini. Anda juga bisa merasakan ketenangan di pantai ini karena lokasinya yang jauh dari keramaian dan masih jarang di datangi oleh pengunjung.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Rantung ini berada di Desa Rantung, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Akses ke lokasi wisata Pantai Rantung ini juga sudah sangat baik karena jalannya yang sebagian besar telah teraspal, sehingga memudahkan para pengguna jalan, namun sayangnya tidak ada kendaraan umum yang melewati lokasi Pantai Rantung ini, jadi mau tidak mau anda harus menggunakan kendaraan anda sendiri.

Hamparan pasir di pesisir Pantai Rantung - Bali & NTB : Pantai Rantung, Sumbawa – NTB
Pesona Ombak Pantai Rantung - Bali & NTB : Pantai Rantung, Sumbawa – NTB

Pantai Rantung ini berada di dekat lokasi Pantai Maluk, kurang lebih sekitar 12 kilometer ke arah selatan. Nah, jika anda sudah menemukan Rantung Food and Beverages Restaurant, maka anda bisa mengikuti jalan yang berada tepat di sebelahnya, sebuah jalan tanah yang terbilang cukup rapi, hanya saja memang sedikit berbatu dan berpasir, hanya dalam waktu kurang lebih 15 menit anda sudah bisa sampai ke lokasi Pantai Rantung ini tanpa harus membayar ongkos masuk.

Untuk sampai ke Sumbawa ini sendiri perjalanannya juga cukup memakan waktu, karena anda harus pergi ke Lombok terlebih dahulu agar bisa sampai ke Pulau Sumbawa ini. Memang agak melelahkan, namun kalau anda pergi beramai-ramai mungkin rasa lelah tersebut tidak akan terlalu terasa. Untuk berhemat, anda bisa naik bus dari Jakarta dengan tujuan Lombok, dan untuk ini anda harus merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp 400.000*) per orangnya.

Meski mungkin tergolong lebih murah, namun waktu tempuh dari jakarta ke Lombok akan memakan waktu dua hari. Berbeda dengan jika anda menggunakan pesawat dari Jakarta maka hanya dalam waktu kurang lebih 1,5 jam anda sudah bisa sampai di kota Lombok.

Setelah sampai di Lombok, maka anda tinggal melanjutkan perjalanan untuk bisa sampai ke kota Mataram, dan dari kota mataram anda bisa memilih kendaraan umum lainnya untuk mengantar anda langsung ke Sekongkang contohnya saja seperti Damri, kalau mau anda bisa naik travel dari Mataram, atau anda juga bisa menyewa kendaraan dengan tarif sekitar Rp 200.000*) – Rp 250.000*) per harinya.

Wisata

Dua Pulau kecil (gili) Satu-satunya fasilitas umum yang tersedia di lokasi ini adalah arena bermain anak yang dibangun oleh PT NNT melalui program Community Development bersama-sama dengan warga setempat.

Pantai Rantung ini memang jarang di datangi pengunjung meskipun aksesnya yang tergolong sangat mudah, mungkin karena pantai ini cukup jauh dari keramaian pusat kota, tidak seperti Pantai Sili dan Pantai Maci yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Namun Pantai Rantung ini juga mempunyai ombak yang tak kalah kerennya lho, terbukti dengan kanyataan bahwa sebagian besar pengunjung yang datang ke Pantai Rantung ini adalah peselancar.

Apalagi Pantai Rantung ini memiliki pasir putih yang sangat lembut, dan bersih, akan lebih terasa jika anda berjalan di atasnya tanpa menggunakan alas kaki. Pantai Rantung ini sering dikunjungi wisatawan asing yang ingin berselancar, meskipun begitu fasilitas yang ada di pantai ini bisa di bilang terlalu minim, tidak ada gazebo untuk berteduh, dan tidak ada toilet umum untuk anda membilas badan setelah berenang. Namun disekitar sana ada sebuah penginapan dan restoran sederhana, jadi jika anda lapar anda bisa makan disana, ataupun jika ingin bermalam disana anda bisa menginap di penginapan tersebut.

Tapi, kalau di pikir-pikir akan lebih menyenangkan jika anda berkemah saja di tepi pantai itu jika perginya bersama rombongan teman-teman yang lain, merasakan indahnya langit malam yang berbintang, dan merdunya deburan ombak yang menemani tidur anda.

Pantai ini berada di sudut Pulau Sumbawa, sehingga, anda bisa melihat fenomena sunset dengan bebas di Pantai ini, bayangkan saja betapa indahnya pemandangan sunset yang mungkin bisa anda lihat di pantai itu.

Ombak Yoyo di Pantai Rantung

Ombak di sekitar pantai rantung ini di bilang “Ombak Yoyo” karna ombak nya yg naik turun mengayun seperti mainan yoyo. Sehingga membuat banyak peselancar betah disini karna mendapat kan tantangan dalam mengayun papan surfing nya.

Didekat pantai rantung terdapat pantai tropica, yg memiliki landasan udara untuk pesawat buat tamu2 nya. Akan tetapi landasan itu sekarang tidak berfungsi lagi dan menurut info dari penduduk setempat, dalam waktu dekat ini akan di aktifkan lagi. Semoga saja semakin banyak wisatawan yg singgah di Sumbawa menikmati indah nya alam Indonesia.

Tips

1. Bagi anda yang suka berjemur, mungkin ini bukanlah masalah, tapi bagi anda yang takut kulit anda terbakar, bisa menggunakan sunblock sebelum berkunjung ke Pantai Rantung ini, karena memang sinar mataharinya lumayan menyengat, apalagi jika sedang musim kemarau, tentunya akan semakin panas.

2. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang benar-benar anda butuhkan sebelum pergi ke Pantai Rantung ini, contohnya pelambung, tidak ada yang menawarkan penyewaan pelampung di pantai ini, jadi anda bisa membawanya sendiri dari rumah.

3. Untuk makan siang, lebih baik anda membeli di luar atau membawa bekal makan siang sendiri saja dari rumah, karena makanan yang di jual di restoran dekat lokasi pantai rantung ini cenderung mahal, namun jika anda merasa repot untuk menyiapkan dari luar, maka anda bisa makan di restoran ini saja.

4. Jaga kesehatan, ada baiknya jika anda makan dulu sebelum berenang, meski sedikit usahakan perut anda tidak kosong, hal ini untuk menghindari masuk angin dan juga kram perut saat berenang. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Nah, untuk itu jangan lupa untuk membawa cadangan obat, meski hanya untuk berjaga-jaga saja.

5. Jika anda berlibur ke kota Sumbawa, anda juga wajib mencicipi susu kuda liar asli di Sumbawa, karena selain menyehatkan, juga memiliki khasiat yang bagus untuk stamina anda.

6. Lalu anda juga bisa mencicipi Sepat yang hampir sejenis seafood namun dengan kuah yang asam-asam segar, lalu ada Gecok yang berupa makanan olahan daging sapi, kemudian Ayam bakar Taliwang, dan masih banyak yang lainnya.

Tentunya akan sangat menyenangkan bila bisa menghabiskan waktu dengan berlibur di pantai pribadi bersama dengan keluarga dan juga teman-teman tercinta. Nah, kalau anda mengunjungi Pantai Rantung ini, maka anda bisa merasakan sensasi seperti itu, dan tentunya liburan anda akan menjadi pengalaman yang sangat menarik.

Galeri gambar dari info tentang Pantai Rantung, Sumbawa – NTB

Ada 7 foto di dalam Pantai Rantung, Sumbawa – NTB info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 foto high-res.

Bermain Ombak Pantai Rantung - Bali & NTB : Pantai Rantung, Sumbawa – NTBcafe di Pantai Rantung - Bali & NTB : Pantai Rantung, Sumbawa – NTBHamparan pasir di pesisir Pantai Rantung - Bali & NTB : Pantai Rantung, Sumbawa – NTBOmbak Yoyo - Bali & NTB : Pantai Rantung, Sumbawa – NTBPemandangan Pantai Rantung - Bali & NTB : Pantai Rantung, Sumbawa – NTBPesona Ombak Pantai Rantung - Bali & NTB : Pantai Rantung, Sumbawa – NTB
Diposting pada 18 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: seafood, kuda, wisata bahari, pulau, Tempat wisata di NTB, Kawasan Pantai Rantung, Pasir Pantai Rantung .

Apa pendapatmu tentang Pantai Rantung, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Rantung, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Jimbaran dan Kedonganan
Pantai Jimbaran dan Kedonganan adalah merupakan tempat dimana para nelayan berlabuh dan pusat ...

Pantai Liang, Pantai Hunimua M
Pantai Hunimua lebih dikenal dengan nama Pantai Liang karena pantai ini terletak di ...

Pulau Khayangan, makasar – S
Kota Makassar memang di anegurahi kekayaan wisata bahari yang tak terhingga. Berada di ...

Pantai Kuta Bali yang Indah
Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Kuta Bali ? Pantai yang tidak pernah ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali
Pantai Torowamba, Sumbawa – NTB
Pulau Um, Sorong – Papua
Pantai Jimbaran dan Kedonganan Bali R
Pantai Pasir Putih Parbaba, Danau Toba &
Gili Trawangan, Lombok
Pantai Ekas, Lombok – NTB
Palm Beach (Taman Impian Pasir Panjang),

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.