Pantai Ama Hami, Bima – NTB

Rating: 89 out of 100, by 109 users
pemandangan matahari tenggelam - Bali & NTB : Pantai Ama Hami, Bima – NTB

Pantai Ama Hami berada di salah satu sisi Teluk Bima dan berada dalam kawasan Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Letaknya juga berada dalam deretan Pantai Lawata yang terkenal sebagai pintu masuk Kota Bima. Karena masih termasuk dalam kawasan kota, untuk mencapai Pantai Ama Hami, hanya memerlukan waktu beberapa menit saja, sekitar 10 hingga 15 menit dari pusat Kota Bima.

Ada banyak jenis angkutan yang bisa anda gunakkan untuk menuju pantai ini. Baik menggunakkan ojek dengan harga yang bisa di negosiasikan ataupun menggunakkan bemo kota yang melewati kawasan Pantai Ama Hami ini. Namun, untuk anda yang ingin berkeliling ke tempat-tempat lainnya, akan lebih baik jika anda menyewa kendaraan.

Untuk kendaraan roda empat, biasanya dikenakan biaya sekitar Rp 400.000*) hingga Rp 600.000*) per hari. Harga tersebut sudah termasuk sopir untuk mempermudah anda menuju lokasi tujuan karena tidak perlu membingungkan soal rute.

Sedangkan untuk penyewaan motor, memang tergolong sulit. Tetapi, anda bisa bertanya dan menyewa pada tukang ojek. Biasanya anda harus meninggalkan jaminan berupa tanda pengenal serta biaya sewa bisa dinegosiasikan. Namun, tariff perhari biasanya sekitar Rp 100.000*).

keindahan pantai ama hami - Bali & NTB : Pantai Ama Hami, Bima – NTB
pemandangan matahari tenggelam - Bali & NTB : Pantai Ama Hami, Bima – NTB

Dari Sumbawa besar, waktu tempuh melalui jalur darat menuju Bima kurang lebih sekitar 8 jam perjalanan. Sedangkan bagi yang berada di Mataram, ibukota dari NTB, perjalanan akan lebih jauh lagi karena masih harus menyebrang dari Pulau Lombok menuju Pulau Sumbawa tepatnya dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Pototano.

Lama penyebrangan sekitar 2 jam. Jadi, untuk menghemat waktu, anda bisa menggunakkan pesawat menuju Bandara Sultan Mahmud Salahudin yang berada di Kota Bima. Dengan begitu, perjalanan anda menjadi lebih singkat dan bisa tiba lebih cepat untuk menjelajahi Kota Bima Ama Hami, Didaerah ini ternyata cukup lumayan komplit menyajikan makanan. Mulai yang khas Bima sampai selera Nusantara. Konsep yang di usung cukup sederhana dan memikat. Mulai dari pedagang minuman dengan gerobaknya sampai pedagan makanan yang mengelar jajanannya secara lesehan beralaskan terpal. Disisi lain, beberapa rumah makan dan café kecil juga ada tepat di seberang pantai ini.

Pantai Ama Hami merupakan sarana rekreasi alternatif, khususnya bagi masyarakat Kota Bima karena jaraknya yang tak jauh dari pusat kota. Namun, banyak pula wisatawan yang berkunjung ke Bima, menyempatkan wisatanya untuk menikmati keindahan pantai ini, khususnya pada sore hari.

Karena berada di dekat pusat kota, pantai ini jauh dari kata hening dan tenang. Hampir setiap saat, khususnya pada pagi dan sore di akhir pekan, pantai ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pengunjung pantai ini memang didominasi oleh pasangan muda mudi, namun banyak pula yang datang berombongan ataupun yang datang bersama keluarga.

Selain suasananya yang ramai, bentuk pantai ini juga berbeda dengan pantai pada umumnya. Pantai ini pernah mengalami reklamasi oleh pemerintah kota setempat, sehingga sudah dibangun tanggul penahan air laut di sepanjang pantai. Walaupun begitu, adanya tanggul ini bisa membuat suasana pantai terasa berbeda dan tanggul tersebut bisa dijadikan sebagai tempat untuk duduk dan bersantai sambil menikmati hembusan angin laut yang mampu membuat anda terbuai.

Tempat-tempat makan pun sudah banyak tersedia di pantai ini, mulai dari kafe, warung-warung kopi, bahkan tempat makan dengan gelaran tikar di trotoar pinggir pantai atau bahasa lainnya yakni lesehan. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam. Anda bisa menemukan makanan khas Bima ataupun Sumbawa, bahkan beragam jenis makanan nusantara bisa anda temukan di pesisir Pantai Ama Hami.

Suasana pantai akan semakin padat pada sore hari karena pemandangan sunset yang bisa anda nikmati dari pantai ini benar-benar mempesona. Bahkan, hingga malam pun masih banyak wisatawan yang bersantai dan menikmat malam di pantai ini. Adanya penerangan yang cukup, menjadikan suasana pantai ini sangat menarik dikala malam tiba. Pedangan-pedangang pun masih ramai menjajakan kuliner-kuliner menariknya.

Selain sekedar bersantai, menikmati suasana sunset serta mencicipi beragam sajian kulinernya, ada pula yang menjadikan Pantai Ama Hami sebagai sarana lokasi olah jasmani dengan melakukan aktivitas seperti jogging dan bersepeda. Setiap pagi dan sore hari, tak jarang anda bisa melihat beberapa pengunjung yang berolahraga di kawasan pantai ini.

Beragam aktifitas bisa dilakukan di lokasi ini. kami melihat banyak sekali mulai dari sekadar nongkrong, wisata kuliner, bersepeda, sampai bermain bola dan jogging. Semakin senja, geliat dan aktifitas di Ama Hami semakin meningkat hingga mendekati malam. Menikmati suasana senja dan malam hari memang menjadi pilihan yang mengasyikan buat masyarakat Bima. Istilah orang Bima adalah “ Ama Hami hidi ma caru ngena kai nci’I loro” ( tempat yang enak untuk menikmati matahari terbenam ).

Terlebih disaat malam purnama datang dengan semilir angin yang menerpa lembut di tubuh. Taman sekitar pantai ini cukup tertata rapih dengan ditanami bunga – bunga. Pe reklamasian pantai dengan adanya dermaga serta dibuatnya tempat duduk disepanjang jalur Ama Hami hingga memasuki kawasan Lawata. Penerangan yang cukup disetiap sudut jalan membuat lokasi ini menjadi semakin hidup pada malam hari.

Pantai ini punya cerita dibalik nama Ama Hami ini. Dahulunya adalah nama seorang kepala keluarga yang memang pernah tinggal di pinggir pantai itu sampai era 70 an. Waktu itu terdapat sekitar 10 rumah panggung disekitar pantai yang kesemuanya masih satu keluarga yang terdiri dari anak cucu dan buyut Ama Hami. Pada masa Bupati Bima H. Oemar Harun, keluarga ini terus dibujuk untuk mengosongkan areal pantai itu dengan konpensasi tanah disekitar Keluarga Dara Kota Bima. Awalnya keluarga itu menolak untuk direlokasi, namun pada akhirnya mereka pun menerima tawaran untuk pindah. Dan sejak itu keluarga itupun pindah di lokasi yang sudah disepakati. Dan sampai kini nama Ama Hami diabadikan sebagai nama pantai disepanjang Lawat hingga memasuki kota Bima..

Galeri gambar dari berita tentang Pantai Ama Hami, Bima – NTB

Ada 4 gambar di dalam Pantai Ama Hami, Bima – NTB berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 gambar high-res.

pemandangan matahari tenggelam - Bali & NTB : Pantai Ama Hami, Bima – NTBkeindahan pantai ama hami - Bali & NTB : Pantai Ama Hami, Bima – NTBdermaga - Bali & NTB : Pantai Ama Hami, Bima – NTBsunset d ama hami - Bali & NTB : Pantai Ama Hami, Bima – NTB
Diposting pada 30 May 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: pelabuhan, teluk, bola, Info Pantai Ama Hami, pelabuhan pototano, Tempat wisata di NTB, wisata .

Apa pendapatmu tentang Pantai Ama Hami, Bima – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ama Hami, Bima – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pesona Baru Pantai Siung
Terletak di dusun Wates, desa Purwodadi, kecamatan tepus, kabupaten GunungKidul yang berjarak sekitar ...

Pantai – Pantai Di Taman
Bagi warga Jakarta yang ingin menikmati suasana pantai dengan jarak tempuh yang cukup ...

Pantai Tembok Berlin, Sorong &
Nama pantai yang cukup unik, Mungkin anda langsung membayangkan tembok berlin yang ada ...

Pantai Teluk Makmur, Dumai –
Dengan banyaknya jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia, membuat negara ini mempunyai garis ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Medewi,Jembrana – Bali
Gili Lampu, Lombok – NTB
Pantai Talise, Palu – Sulawesi Tengah
Pantai Tanah Lot Bali
Pantai Rontu, Sumbawa – NTB
Pantai Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi S
Pantai Lakban, Manado – Sulawesi U
Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jaw

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.