Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB

Rating: 87 out of 100, by 122 users
garis pantai kalaki bersebelahan dengan jalan raya - Bali & NTB : Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB

Teluk Bima memang tidak memiliki ombak yang besar yang menjadi incaran surfer lokal dan manca untuk ditaklukkan. Letak geografisnya yang berupa teluk di laut pedalaman menjadikan gelombang dan ombak di Teluk Bima sangat kecil. Panorama bawah laut di tempat ini pun tidak terlalu menarik untuk dijelajahi lantaran minim terumbu karang dan dasar perairan mayoritas berupa pasir dan sebagian kecil berlumpur.

Kendati tidak memiliki daya tarik layaknya pantai-pantai di Pulau Lombok dan Pulau Bali, Teluk Bima jelas tetap memberikan suguhan unik kepada pengunjungnya. Pantai-pantai di wilayah Teluk Bima umumnya memiliki gelombang kecil dan sangat tenang. Beberapa pantai terletak di teluk ini antara lain Pantai Kalaki, Pantai Lawata, dan beberapa pantai di wilayah Desa Kolo. Pantai yang disebut pertama adalah pantai yang paling populer dan setidaknya sudah mendapat perhatian dari pemerintah.

bagan di tengah pantai kalaki - Bali & NTB : Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB
beberapa fasilitas yang ada di pantai kalaki - Bali & NTB : Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB

Objek wisata alam yang sangat beragam di Indonesia tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri serta bisa menjadi kunjungan wisata untuk anda yang ingin menyegarkan pikiran. Apalagi jika jarak tempuh yang tidak begitu jauh dari pusat kota, sehingga memudahkan anda untuk mencapainya. Seperti halnya Pantai Kalaki di salah satu kabupaten di Pulau Sumbawa yang sering dijadikan alternatif wisata masyarakat setempat maupun wisatawan yang sedang bertandang ke Pulau Sumbawa yang cantik ini.

Lokasi dan Transportasi

Letak administratif dari Pantai Kalaki yang berada di Pulau Sumbawa adalah di Desa Pantai, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jika dari ibukota provinsi jaraknya memang cukup jauh karena kota Mataram yang merupakan ibukota NTB, berada di Pulau Lombok. Namun, apabila anda sudah berada di kawasan ibukota kabupaten, maka jarak yang harus anda tempuh tidak begitu jauh. Bahkan hanya beberapa menit saja, sehingga pantai ini sering ramai dikunjungi para pelancong.

Untuk menyebrang ke Sumbawa apabila anda masih di Mataram, cara termudah dan hemat adalah menggunakkan bis umum dari terminal bertais. Bis ini akan langsung mengantar anda ke Bima.

Namun, anda juga bisa menggunakkan pesawat karena adanya bandara di Kabupaten Bima yakni Bandara Sultan Mahmud Salahudin, sehingga anda tidak perlu berlama-lama di jalan. Apabila anda mencapai Bima dengan kendaraan darat, jarak tempuh jika dihitung dari Sumbawa Besar kurang lebih memakan waktu lima jam perjalanan.

Pantai Kalaki ini berada di jalan raya lintas utama yang khusus dilewati bis dan truk dari Pelabuhan Poto Tano menuju Kabupaten Dompu, hingga ke Bima. Tepatnya ke arah selatan apabila dilihat dari pusat kota Bima.

Untuk mencapai pantai ini dari Bima, anda bisa menggunakkan ojek ataupun menyewa kendaraan agar anda bisa puas berkeliling beberapa lokasi wisata di Bima. Biaya sewa kendaraan kurang lebih sekitar Rp 400.000*) sampai dengan Rp 600.000*) per harinya dan sudah termasuk sopir.

Wisata

Pantai Kalaki merupakan salah satu pantai yang paling ramai dikunjungi wisatawan di Kabupaten Bima, NTB. Sebagian besar wisatawan memang merupakan penduduk Bima karena jaraknya yang dekat dengan kota sehingga dijadikan sebagai alternatif wisata.

Dengan begitu, pantai ini sering dipadati wisatawan khususnya pada akhir pekan serta hari-hari libur nasional lainnya dan puncaknya biasanya pada hari raya idul fitri maupun idul adha.

Pantai ini memiliki panjang garis pantai kurang lebih sekitar satu kilometer dan berada tepat di pinggir jalan raya lintas. Sehingga suasana pantai ini akan terasa lebih hidup, apalagi ketika sedang ramai oleh wisatawan. Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di pantai ini, ditambah lagi dengan adanya fasilitas dan properti-properti lain yang bisa anda sewa untuk mengisi kegiatan wisata anda di Pantai Kalaki.

Di sini, anda bisa berenang dan bagi yang belum mahir berenang, bisa menyewa ban pelampung yang disediakan di kawasan pantai ini. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000*) per unitnya, anda sudah bisa puas menyewanya selama berada di kawasan Pantai Kalaki. Tak hanya berenang, ada beragam aktivitas menarik lainnya seperti berperahu ke tengah laut.

Satu orang dikenakan tarif sekitar Rp 2.000*) dan perahu ini mampu menampung kurang lebih 10 orang penumpang. Namun, bagi yang ingin bebas berkeliling-keliling di atas perairannya, anda bisa menyewa kano yang sudah disediakan oleh pemerintah kabupaten setempat dengan biaya sewa sebesar Rp 2.000*) saja per jamnya.

Tak puas bermain di lautnya, anda bisa menemukan kolam renang yang sudah disediakan bagi para wisatawan. Khususnya bagi anda yang membawa anak-anak, keberadaan kolam renang ini sangat menguntungkan dan lebih aman ketimbang anak anda bermain di lautan yang memiliki kemungkinan bahaya lebih tinggi. Pantai yang ramai ini pun diimbangi dengan banyaknya penjual makanan yang berjajar di sepanjang pantai.

Penjual makanan ini mayoritas merupakan penduduk setempat, sehingga manfaat lain yang diberikan Pantai Kalaki adalah membangun ekonomi masyarakat sekitar. Nah, untuk anda yang ingin menghemat biaya serta ingin merasakan keseruan selama berwisata, kegiatan barbeque di pinggir pantai juga menjadi aktivitas menarik selama berada di Pantai Kalaki.

Tingkat keamanan yang dimiliki oleh Pantai Kalaki juga cukup tinggi. Ketika anda berada di wilayah pantai, apalagi jika sedang ramai, anda bisa melihat banyaknya anggota SAR yang berjaga-jaga baik di atas perahu karet di laut, maupun yang stand by di beberapa pos penjagaan di bibir pantainya.

Kenyamanan pun sudah cukup ditingkatkan dengan adanya beragam fasilitas, salah satunya berupa pondok-pondok pinggir pantai yang langsung menghadap pantai dan bisa anda gunakkan untuk bersantai.

Tips
1. Tetap gunakkan sunblock saat berada di kawasan pantai karena sinar matahari yang cukup terik, sehingga dikhawatirkan kulit anda akan tersengat matahari.

2. Jika tak ingin terlalu ramai, hindari hari-hari libur ataupun pada akhir pekan, karena pantai ini merupakan salah satu pantai favorit penduduk setempat untuk menghabiskan waktu akhir pekannya.

3. Untuk anda yang membawa anak-anak, sebaiknya ajaklah anak anda untuk bermain di kolam renang saja. Walaupun pantai Kalaki tergolong landai dan berombak tenang, namun akan lebih aman jika anak anda bermain di kolam renang yang tidak berhubungan langsung dengan lautan.

Berwisata ke Pantai Kalaki memang terasa lebih menarik apabila anda membawa serta keluarga ataupun rekan-rekan anda lainnya. Karena, dalam suasana pantai yang ramai, akan lebih mengasyikkan jika anda juga datang beramai-ramai. Nikmatilah wisata anda di Pantai Kalaki dan coba pula beragam aktivitas menarik lainnya di pantai ini.

 

Galeri dari konten tentang Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB

Ada 5 gambar di dalam Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

psntsi kslski - Bali & NTB : Pantai Kalaki, Sumbawa – NTBbagan di tengah pantai kalaki - Bali & NTB : Pantai Kalaki, Sumbawa – NTBbeberapa fasilitas yang ada di pantai kalaki - Bali & NTB : Pantai Kalaki, Sumbawa – NTBgaris pantai kalaki bersebelahan dengan jalan raya - Bali & NTB : Pantai Kalaki, Sumbawa – NTBkeindahan pantai kalaki - Bali & NTB : Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB

Apa pendapatmu tentang Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Anoi Hitam, Sabang R
Pulau Weh adalah salah satu pulau yang terletak di Kotamadya Sabang. Bersama Pulau Rondo, ...

Keindahan Pulau Rote tak kalah
Kapal feri cepat lepas jangkar dari Pelabuhan Tenau Kupang pukul 09.00 Wita. Namun ...

Pantai Rantung, Sumbawa –
Pantai Rantung – Pulau Sumbawa juga bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata ...

Pantai Legian Surganya Peselan
Bali memang terkenal karena keindahan pantai yang di miliki, salah satunya Pantai Legian. ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Tembok Berlin, Sorong – Pap
Pulau Kakaban, Berau – Kalimantan Timu
Pantai Canggu Surga Terkenal Para Pesela
Pantai Padang – Padang Bali 20 Bes
Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh
Pantai Temajuk, Sambas – Kalimanta
Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepu
Gili Banta, Bima – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.