Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTB

Rating: 87 out of 100, by 123 users
banana boat di pantai Labu Pade - Bali & NTB : Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTB

Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata pantai yang menakjubkan, salah satunya terletak di Sumbawa. Di Sumbawa terdapat sebuah pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dan memiliki fasilitas yang lengkap dengan kebersihan yang sangat terjaga. Pantai ini adalah Pantai Labu Pade.

Objek wisata berupa pantai di Indonesia, selalu menarik bagi sebagian besar wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain kecantikkannya, iklim tropis yang dimiliki Indonesia, juga mengundang banyak wisatawan mancanegara untuk berkunjung.

Namun, problem yang sering ditemui dari tempat-tempat wisata adalah sampah, apalagi untuk pantai yang ramai dikunjungi wisatawan. Namun, bukan berarti pantai yang ramai selalu nampak adanya sampah karena di Pulau Sumbawa, anda bisa menemukan pantai yang ramai, berfasilitas lengkap, namun kebersihannya sangat luar biasa bahkan bisa dikatakan pantai terbersih serta paling terurus di Nusa Tenggara Barat.

pantai Labu Pade yang sudah di kordinir dengan rapi - Bali & NTB : Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTB
keindahan perairan pantai Labu Pade - Bali & NTB : Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTB

Lokasi dan Transportasi

Pantai Labu Pade berada di Kecamatan Utan, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat dan masuk ke dalam kawasan Desa Pukat. Memang cukup jauh apabila ditempuh dari kota Sumbawa Besar karena berjarak sekitar 40 kilometer atau menghabiskan sekitar satu jam perjalanan. Jalan untuk menuju pantai ini sudah cukup baik dan beraspal walaupun tidak terlalu lebar dan mulus.

Anda sudah bisa mencapai pantai ini baik dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Bahkan, untuk anda yang tidak membawa kendaraan ataupun menyewa kendaraan, anda bisa menyambangi pantai ini menggunakkan kendaraan umum yang tersedia dari Sumbawa Besar ataupun langsung dari Pelabuhan Poto Tano apabila anda baru saja menyebrang dari Pulau Lombok menuju Pulau Sumbawa.

Jika dari Pelabuhan Poto Tano, anda bisa menggunakkan engkel yang merupakan mobil angkutan umum yang menjangkau antar kecamatan. Anda bisa turun di Simpangan Penyorong dan membayar ongkos engkel sekitar Rp 15.000*) per orang.

Dari simpangan ini, anda bisa melihat petunjuk arah menuju Pantai Labu Pade yang berada sekitar 7 kilometer dari simpangan ini. Nah, untuk itu anda bisa menggunakkan jasa ojek untuk mencapai gerbang Pantai Labu Pade dengan membayar ongkos sekitar Rp 3.000*) per orang. Setibanya di gerbang pantai, anda bisa langsung masuk untuk menikmati wisata anda di Pantai Labu Pade dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 4.000*) per orang.

Fasilitas

Fasilitas wahana permainan airnya juga cukup menarik. Anda bisa mencoba berperahu dengan menyewa kano atau bermain banana boat dengan merogoh kocek sekitar Rp 100.000*) untuk berlima. Bagi anda yang hanya ingin berenang namun belum terlalu mahir, anda juga bisa menyewa ban pelampung.

Fasilitas lain seperti musholla, toilet, shower untuk membilas, ruang ganti pakaian, kantin, toko souvenir serta taman bermain anak-anak sudah tersedia di sekitar pantai. Jadi, soal kelengkapan dan kenyamanan memang sangat jempolan di Pantai Labu Pade.

Sudah tersedia pula lapangan volly yang bisa anda gunakkan secara gratis serta bola yang bisa anda pinjam tanpa dipungut biaya. Sehingga, bagi anda penggemar olahraga khususnya volly pantai, jangan lewatkan aktivitas yang satu ini.

Hal menarik lain yang dimiliki pantai ini adalah tersedianya panggung live music yang bisa anda nikmati secara gratis bahkan anda bisa menggunakkan alat-alat ini ataupun menyumbangkan suara anda untuk memeriahkan suasana Pantai Labu Pade.

Wisata

Pantai Labu Pade atau juga disebut dengan Pantai Lapade merupakan sebuah pantai yang sering dijadikan lokasi wisata oleh masyarakat lokal ataupun wisatawan dari luar Sumbawa. Dulunya, pantai ini merupakan pelabuhan terbesar di Sumbawa sekitar abad ke-16 yakni masa awal kerajaan Sumbawa. Pade sendiri berarti Padi, sehingga hasil bumi berupa padi, sering dimuat dan diekspor ke tempat lain dari pantai ini.

Namun kini, Pantai Labu Pade telah dikelola oleh Daeng Baso dan telah menjadi objek wisata yang sangat nyaman dan menyuguhkan fasilitas lengkap. Yang paling menjadi ciri dari pantai ini mungkin teras-teras pinggir pantai yang nyaman serta dilengkapi dengan tempat-tempat duduk serta berugaq yakni pondok-pondok kecil yang langsung menghadap pantai dan di depannya ditumbuhi oleh pohon waru dimana bunga kuningnya akan menghiasi pandangan anda.

Di sekitar pantai ini juga ditumbuhi banyak pohon mangga karena memang dulunya pantai ini pernah menjadi kawasan kebun mangga. Menariknya lagi, mangga-mangga ini boleh anda petik langsung apabila sedang musim panen.

Pasir yang dimiliki pantai ini memang tidak begitu putih, tepatnya berwarna keabuan dengan ombak yang cukup tenang. Namun karena pantai ini sangat bersih serta air laut yang biru menjadikannya tempat yang sangat nyaman untuk disinggahi berlama-lama.

Sampah bahkan reruntuhan dedaunan merupakan benda yang cukup langka yang bisa anda temukan di pantai ini. Saking bersihnya, petugas kebersihan pantai bisa anda lihat dimana-mana dan sangat jeli melihat apabila ada sampah yang bisa mengganggu kebersihan pantai ini.

Setelah lelah bermain dan lapar melanda puaskan hasrat kuliner Anda dengan memesan aneka menu di warung makan yang ada di kawasan wisata ini. Racikan cumi bakar kecap, cumi pedas manis, cumi madu, ikan bakar, ikan sepat, singang dan plecing kangkung siap untuk dicicipi.

Tips

1. Jika ingin menikmati live music, sebaiknya datanglah pada akhir pekan ataupun pada hari libur. Karena, tak setiap hari anda bisa menikmati live music dari pantai ini.

2. Jangan lupa untuk mencoba kuliner yang tersedia di Pantai Labu Pade khususnya ikan bakar yang menjadi sajian utama saat berkunjung. Jangan khawatir soal harga, karena harga yang dipasang masih tergolong normal dan tidak semahal layaknya objek wisata lainnya.

3. Tetap gunakkan sunblock untuk meminimalisir kemungkinan kulit tersengat matahari. Walaupun banyak pepohonan dan suasana terasa teduh, namun akan lebih baik apabila anda mengantisipasinya terlebih dahulu.

Nuansa pantai yang nyaman karena kebersihannya serta keramahan pegawai di sekitar pantai ini, tentulah menjadi nilai plus tersendiri saat berkunjung ke Pantai Labu Pade. Apalagi wahana dan fasilitas yang cukup lengkap mampu mengisi liburan anda menjadi lebih menarik. Nah, tak lengkap apabila ke Sumbawa belum merasakan langsung suasana pantai ini.

Galeri dari cerita tentang Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTB

Ada 5 gambar di dalam Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

pantai Labu Pade yang sudah di kordinir dengan rapi - Bali & NTB : Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTBbanana boat di pantai Labu Pade - Bali & NTB : Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTBKao dan Banana Boat di pantai Labu Pade - Bali & NTB : Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTBkeindahan perairan pantai Labu Pade - Bali & NTB : Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTBpanorama pantai Labu Pade - Bali & NTB : Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTB
Diposting pada 10 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: sumbawa, lapangan volly, taman bermain, air laut, live music, objek wisata pantai, poto tano .

Apa pendapatmu tentang Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Gili Sulat, Lombok – NTB
Gili kecil dengan hamparan pasir putih yang luas, hutan bakau, pantai yang bersih ...

Pulau Satonda, Sumbawa –
Di kawasan perairan sekitar Pulau Sumbawa, juga terdapat banyak potensi wisata yang layak ...

Pantai Base G, Jayapura –
Pantai Base G merupakan salah satu pantai berpasir putih di Jayapura.  jaraknya hanya ...

Pantai Terindah Di Yogyakarta
Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorite saya, karena Jogja merupakan Paket Lengkap dan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timu
Pantai Cicalobak, Garut – Jawa Barat
Pantai Pasir Putih, Situbondo – Ja
Pulau handelwum – Banten
Pantai Takisung, Banjarmasin – Kal
Pantai Tanjung Pinggir, Batam – Ke
Pulau Moyo, Sumbawa – NTB
Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Ut

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.