Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya

Rating: 91 out of 100, by 92 users
Pantai Leli Pulau Rote Karang - Bali & NTB : Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya

“Leli”, kedengarannya seperti nama seorang perempuan cantik n anggun. Kalau yang mendengarnya pecinta flora, pasti yang dibayangkan adalah putih, lembut dan harumnya bunga Lili. Nah, kalo ini adalah sebuah lokasi, hanya ada satu yang akan terus terkenang dan kurindukan anggunnya, cantiknya, putihnya, lembutnya, kilaunya, seksi bentangannya dan memang inilah yang akan kuceritakan: “Pantai Leli”.

Pantai Leli terletak di Pulau Rote, tepatnya di kecamatan Rote Tengah. Pulau kecil yang indah ini terletak di Provinsi NTT, di ujung Selatan Indonesia tercinta. Dikelilingi oleh pantai2 nan eksotis adalah kelebihan yang seharusnya dibanggakan pulau ini. Mengenai pantai Leli, jalur ke Pantai tidak jauh dari pusat perkotaan (Ba’a) dan tidak jauh juga dari rumahku. Kalau speedometer motor menunjukkan angka 30km/jam, hanya perlu menempuh perjalanan 10 menit, kita sudah tiba di Pantai seksi (begitu aku menyebutnya) ini.

Dari sekian banyak Pantai di Pulau Rote (tak ada yang tak menawan dari semua pantai itu), ini adalah Pantai yang paling banyak kudatangi dengan tujuan “bersantai”. Ketika sepupu-sepupuku dari luar pulau datang, pantai ini jugalah yang selalu pertama kali kukenalkan.

Pantai dengan pasir putih ditaburi cangkang2 kerang mungil sepanjang ±1,5km ini dibingkai oleh jalan raya Ba’a-Rote Tengah, sehingga kita bisa menikmati keindahannya sekalipun tidak turun dari kendaraan. Tapi percayalah, kaki anda akan sangat memberontak jika anda mengurungnya dalam kendaraan dan tidak merasakan pijakan di atas pasir Leli yang berkilau.

Di ujung bentangan pantai adalah masing-masing bukit kecil yang hijau yang terbentuk dari batu2 besar berbagai ukuran tertumpuk menyambung dengan daratan dan menjorok ke laut seperti melindungi pantai ini di antaranya. Ujung yang satunya itu langsung bersambungan dengan Batu Termanu (kawasan Batu Termanu sendiri adalah salah satu pantai yang terkenal sungguh indah). Jadi Pantai Leli ini adalah tetangga dekatnya Pantai Batu termanu. Sebagian orang lebih menyukai Batu Termanu dan menganggap Leli hanyalah bonus atau istilahnya dessert kalo Batu Termanu adalah makanan utamanya, but not for me. Buatku Leli lebiiiiiihhhh indah (beda orang beda selera ya ).

Kembali ke tadi kenapa kusebut pantai ini “seksi”… karna bibir pantainya meliuk-liuk panjang, jika dilihat dari ujungnya, sangat serasi liukannya seperti 3 ular gendut biru, putih dan hitam yang lagi malas-malasan; yang biru itu laut, yang putih bersinar itu pasir putih dan yang hitam mengkilap itu aspal jalan raya. Ditambah batu-batu karang (atol) berdiri tak beraturan seperti diserakkan oleh tangan seseorang sepanjang garis batas surutnya air laut. Tegak berdiri di sana dihempas ombak dari masa ke masa membuat batu2 itu langsing di tengahnya seperti payung2 gendut memayungi ikan2 mungil dan kepiting yang banyak berenang dinaungannya. Pantai ini juga merupakan tujuan favorit nelayan setempat mencari ikan.

Kabarnya ikan sangat berlimpah di sini, dan sudah kubuktikan sendiri waktu mengikuti para tukang pukat beberapa 3 minggu yg lalu,, ikannya emang banyak banget, bahkan ada penyu yg terdampar. Sayangnya penyu itu terpaksa berakhir di tangan nelayan,, kasian juga, harusnya dilepas lagi, but … (imagine when u’re just alone, standing with them whose laugh at what u says, so poor ?). Di sini juga ada terumbu karang mungil2 yang cantik2. Tapi kalo mau melihatnya harus basah2an.. karna agak ke dalam letaknya, minimal basah selutut sudah bisa menikmati terumbu2 karang itu.

Ketika menginjakkan kaki di pasir putihnya, percaya atau tidak, seperti dikomando tangan kita akan langsung bergerak memungut cangkang2 mungil berwarna-warni di bawah kaki karena benda itu sangat amat banyak sekali terhampar sepanjang kaki memijak. Dari yang warnyanya seragam sampai yang antik-antik, yang seperti batik, yang seperti lukisan, yang polos mengkilap, berbagai macam motif dan warnanya yang tak tau dari mana datangnya, terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bahkan kita bisa memungut cangkang2 itu di tepian laut yang dangkal, karena airnya sangat amat jernih, jelas sekali melihat cangkang2 itu dari atas. Setiap kali ombak menghempas mengakhiri perjalanannya di daratan, saat itu juga cangkang2 ini terhempas terdampar membentuk bekas cakaran ombak di bibir pantai. By the way, kalau sangat terpesona, boleh pungut beberapa buat dibawa pulang tapi jangan sampe berkantong2 ya, eksploitasi itu namanya. Hehe…

Dan yang paling menawan dari pantai ini adalah ketika sunset. Wow,, terlalu indah dan sayang rasanya kalo mata berkedip ?. Matahari utuh merah-orange-kuning dipayungi awan2 pelangi yang mengakhiri perjalanannya di balik lautan biru kehitaman di antara atol2 kokoh yang agak angker terlihat berpasangan dengan bayangannya di tengah suasana pantai yang sepi teduh dan perahu2 kecil para nelayan yang mengitari lingkaran sunset dikejauhan sana menyiapkan pukatnya untuk menangkap ikan malam hari, that’s it, sun set di Leli. Memang, sekalipun beribu kata untuk menggambarkan pantai ini, takkan sebanding dengan sekali sapuan pandangan mata sendiri, layaknya lezat coklat itu hanya benar2 terasa ketika kakao massa itu meleleh dalam mulutmu. welcome to Leli .

ditulis oleh: Johana ataupah
http://www.ataupahfamzz.blogspot.com

Pantai Leli Pulau Rote - Bali & NTB : Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya
Pantai Leli Pulau Rote - Bali & NTB : Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya

 

Galeri foto dari posting tentang Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya

Ada 4 foto di dalam Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Pantai Leli Pulau Rote - Bali & NTB : Pantai Leli Pulau Rote – Seindah NamanyaPantai Leli Pulau Rote Karang - Bali & NTB : Pantai Leli Pulau Rote – Seindah NamanyaPantai Leli Pulau Rote Terumbu - Bali & NTB : Pantai Leli Pulau Rote – Seindah NamanyaPantai Leli Pulau Rote - Bali & NTB : Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya
Diposting pada 15 September 2012 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Bali & NTB.
Tag: penyu, Cara Ke Pantai Leli, Informasi Leli, angker, Info Pantai Leli, wisata bahari, wisata pulau rote .

Apa pendapatmu tentang Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kukup Gunung Kidul Yogy
Pantai Kukup merupakan pantai yang berpasir putih yang indah dan luas, terdapat aneka ...

Pantai Harapan Nusa Tenggara T
Pantai Harapan Kota Agung terletak ± 10 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tanggamus. ...

Pantai Maluk, Lombok – N
Pantai Maluk – Para penikmat wisata alam berupa pantai, mungkin sudah tak asing ...

Pantai Ekas, Lombok – NT
Ternyata masih banyak sekali potensi wisata pantai yang masih belum tergali lebih jauh ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Namalatu, Pantai Santai, Pantai P
Pantai Permisan, Nusakambangan – J
Pulau Derawan Kalimantan Timur – N
Pulau Siompu, Baubau – Sulawesi Tengga
Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh
Pantai Ciramea, Banten – Jawa Barat
Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera Ut
Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.