Pantai Maluk, Lombok – NTB

Rating: 87 out of 100, by 123 users
bebereapa fasilitas bermain anak   anak di pantai Maluk - Bali & NTB : Pantai Maluk, Lombok – NTB

Pantai Maluk – Para penikmat wisata alam berupa pantai, mungkin sudah tak asing lagi dengan keindahan pantai dan pulau-pulau di Nusa Tenggara. Selain Lombok, Pulau Sumbawa juga menyimpan banyak pesona keindahan alam yang luar biasa. Salah satu pantai yang menjadi andalan wisata pantainya adalah Pantai Maluk.

Propinsi Nusa Tenggara Barat, memiliki obyek wisata berupa pantai yang tidak kalah indahny di bandigkan dengan pantai-pantai di Bali. Pantai ini di Sebut pantai Maluk, terletak di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari pantai Maluk wisatawan bisa melihat pesona keindahan teluk Maluk.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Maluk bisa anda temukan di Desa Pasir Putih, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Letaknya memang cukup jauh dari pusat kota Taliwang yang merupakan ibukota dari Sumbawa Barat, yakni sekitar 40 kilometer. Namun, tidak begitu sulit untuk mencapainya karena petunjuk jalan yang jelas serta letaknya yang masih berada dalam kawasan perkotaan.

Jika anda datang dari Pulau Lombok, anda bisa menyebrang dari Pelabuhan Kayangan, menuju Pelabuhan Pototano di Sumbawa Besar. Penyebrangan dengan kapal ferry akan mengabiskan waktu sekitar 1 hingga 2 jam, setibanya di Pelabuhan Pototano, anda bisa melanjutkan perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam lagi untuk mencapai pantai ini.

Namun, bagi anda yag tak ingin repot dari Kota Mataram di Pulau Lombok, anda bisa naik bis damri jurusan Mataram – Taliwang – Maluk dengan ongkos kurang lebih sekitar Rp 70.000*) per orang. Setibanya di Maluk, anda tinggal naik ojek untuk mencapai pantai dengan ongkos kurang lebih Rp 10.000*) per orang.

Anda bisa menggunakkan angkutan lain berupa cidomo yakni kendaraan yang mirip dengan delman jika jarak anda tidak begitu jauh, atau anda bisa menyewa kendaraan berupa motor atau mobil apabila ingin lebih leluasa menikmati keindahan alam yang di miliki oleh Pulau Sumbawa.

Wisata

Pantai Maluk Sumbawa - Bali & NTB : Pantai Maluk, Lombok – NTB
pantai Maluk - Bali & NTB : Pantai Maluk, Lombok – NTB

Sama seperti pantai cantik lainnya di Indonesia, Pantai Maluk memiliki pasir putih yang lembut dan landai. Airnya pun jernih. Saat siang hari, pemandangan tampak cantik dengan birunya langit yang memantul ke air laut.

Pantai Maluk merupakan objek wisata alam yang digandrungi oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Pantai dengan ombak yang cukup besar dengan ketinggian dua meter bahkan mencapai enam meter ini sering dijadikan sebagai lokasi surfing bahkan sering diadakan kompetisi surfing yang pesertanya dihadiri oleh peselancar dari berbagai negara.

Jenis ombak yang dimiliki pantai ini adalah tipe norere. Untuk wisatawan yang bukan peselancar, menikmati para peselancar yang bermain bersama liukan ombak pun bisa menjadi pemandangan menarik tersendiri.

Tak hanya surfing, bagi wisatawan penggemar keindahan alam bawah, keindahan karang dan ikan-ikan di bawahnya juga cukup menarik dan beragam. Para penyelam bisa melakukan aktivitas favoritnya tersebut seperti diving. Karang yang masih asli serta jenis ikan yang beragam, tentu bisa pemandangan menarik saat anda berada di bawah permukaan lautnya.

jika anda tidak memiliki hobi khusus tersebut, tak ada salahnya menikmati kecantikkan yang dimiliki oleh pantai ini. Pasir putihnya yang halus dengan bibir pantai yang landai merupakan paduan yang tepat dengan biru jernihnya lautan. Serasa tak cukup menyuguhi mata anda dengan pemandangan tersebut, gundukkan perbukitan hijau yang terbentang di sekitar pantai pun turut serta memanjakan mata anda selama berwisata di Pantai Maluk.

Jika anda ingin melakukan aktivitas lain selain menikmati pemandangannya, tak ada salahnya untuk berenang di pinggiran pantai atau bermain voli pantai di sini karena sudah disediakannya lapangan khusus bermain voli pantai.

Untuk berwisata di pantai yang berpanorama alam menarik ini, anda tidak akan di pungut biaya masuk. Fasilitas penunjang yang dimiliki oleh pantai ini juga sudah cukup lengkap dimana di sekitar pantai anda sudah bisa menemukan kamar mandi umum yang bisa anda gunakkan untuk membilas tubuh sehabis berenang ataupun bermain air di sekitar pantai.

Tempat ibadah berupa musholla, beberapa rumah makan dan warung-warung kecil, toilet, serta penginapan untuk anda yang berniat untuk bermalam di sekitar Pantai Maluk juga sudah tersedia di kawasan pantai ini. Untuk anda yang membawa anak-anak, jika ingin berwisata lebih aman, telah disediakan juga taman bermain bagi anak-anak anda apabila anda khawatir jika sikecil bermain-main di laut.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah lokasinya yang menghadap ke arah barat, dengan begitu suasana senja yakni momen matahari tenggelam, bisa anda nikmati sembari bersanti di kawasan pantai ini. Pantulan sinar matahari yang berubah jingga di lautan merupakan pesona luar biasa khususnya bagi anda penggemar fotografi.

Layaknya di beberapa tempat wisata seperti Bali dan Lombok, di pantai ini juga menyediakan hiburan malam. Julukan lain yang dimiliki pantai ini karena kehidupan malamnya adalah Manusia Lupa Keluarga, ya julukan ini adalah plesetan dari nama pantai ini sendiri.

Satu lagi yang juga merupakan wisata menarik yang bisa anda nikmati adalah penangkaran penyunya. Jika anda beruntung, anda bisa melepaskan anak-anak penyu atau tukik-tukik tersebut ke laut.

Surganya para Peselancar

Ombak di pantai Maluk diberi julukan Super Suck karena ombak yang menuju daratan terpecah oleh sebuah tanjung yang oleh penduduk setempat di beri nama Tanjung Ahmad. Pecahnya ombak ini menggulung hingga ketinggian di atas dua meter, oleh sebab itu ombak di pantai Maluk masuk ke dalam daftar ombak terbaik bagi para peselancar.

Unik dan menantangnya gelombang di Pantai Maluk ini membuat ia menjadi bagian dari golden triangle bersama dua pantai lain yakni Njlenga dan Sekongkang. Disebut golden triangle karena 3 pesisir inilah yang wajib dikunjungi para peselancar yang ingin mengasah kebolehannya menaklukkan ombak. Setiap bulan Juni Maluk, Njlenga dan Sekongkang menjadi tuan rumah kompetisi surfing internasional. Puluhan peserta dari berbagai negara seperti Australia, Selandia Baru dan Filipina tak pernah absen.

Jika liburan Anda ke Sumbawa bertepatan dengan gelaran ini, tak ada salahnya untuk melihat atraksi mereka dari dekat.

Di sekitar pantai banyak papan selancar serta kano yang di sewakan dengan tarif rp.5000 per jam untuk kano. Pasirnya yang putih dan lembut menjadikan wisatawan betah berlama-lama di pantai ini untuk sekedar berjemur. Selain itu terdapat pula tempat penangkaran penyu yang berada tepat di tepi pantai.

Meski telah di bangun pancuran terbuka, area voli serta ara bermain anak-anak di pantai Maluk namun kapasitas untuk fasilitas tersebut masih minim. Selain Area bermain di sini juga telah di kembangkan dengan adanaya rumah makan yang menyajikan menu makanan sea food, di sini juga sudah tersedia hotel dengan terif sekitar Rp. 150.000- Rp.250.000 per hari.

Tips

1. Jika ingin menyaksikan kompetisi surfing, sebaiknya carilah informasi terlebih dahulu baik dari masyarakat sekitar ataupun bertanya dari berbagai sumber.

2. Untuk anda yang ingin surfing di pantai ini, pastikan air sedang pasang. Karena, apabila air sedang surut, pantai ini bahkan nampak seperti tidak memiliki ombak.

3. Jika tak ingin repot membawa papan selancar sendiri, anda bisa menyewanya di sekitar pantai ini karena sudah tersedia jasa penyewaanya.

Wisata pantai lengkap mulai dari surfing, diving, voli, arena bermain hingga ke penangkaran penyu, bisa anda rasakan satu paket lengkap ketika berwisata ke pantai ini. Jadi, apabila anda berencana ke Sumbawa, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati dan merasakan langsung kecantikan Pantai Maluk.

 

Galeri dari informasi tentang Pantai Maluk, Lombok – NTB

Ada 10 foto di dalam Pantai Maluk, Lombok – NTB informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 10 foto high-res.

bebereapa fasilitas bermain anak   anak di pantai Maluk - Bali & NTB : Pantai Maluk, Lombok – NTBgaris pantai melengkung , pantai maluk - Bali & NTB : Pantai Maluk, Lombok – NTBkeindahan pantai Maluk - Bali & NTB : Pantai Maluk, Lombok – NTBlokasi penangkaran penyu di pantai Maluk - Bali & NTB : Pantai Maluk, Lombok – NTBpantai Maluk - Bali & NTB : Pantai Maluk, Lombok – NTBPantai Maluk Sumbawa - Bali & NTB : Pantai Maluk, Lombok – NTB
Diposting pada 10 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: pantai, bermain, pantai sekongkang, Wisata Alam Pantai Maluk, golden triangle, pantai maluk, pantai sumbawa .

Apa pendapatmu tentang Pantai Maluk, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Maluk, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Lembah Putri, Kalipucan
Pantai Lembah Putri merupakan pantai yang masih alami dan berhadapan langsung dengan Samudera ...

Pantai Goa, Sumbawa – NT
Berlibur ke Pulau Sumbawa, tak hanya sekedar untuk menikmati alamnya yang indah saja, ...

Pantai Siring Kemuning, Madura
Pantai Siring Kemuning – Pulau Madura memang banyak menyimpan potensi wisata pantainya. Namun ...

Pantai Pasir Dua, Jayapura 
Pantai Pasir Dua – Memang cukup jauh dari keramaian kota Jayapura, namun itulah ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Manggar Segarasari Balikpapan
Pantai Goa, Sumbawa – NTB
Pantai Karang Nini Sajikan Kenikmatan In
Pantai Wonogoro, Malang – Jawa Timur
Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Jembatan Polak, Sumbawa – N
Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan
Pulau Buton – Sulawesi Tenggara

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.