Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB

Rating: 86 out of 100, by 127 users
Keindahan Terumbu Karang Di Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB

Pantai Oi Fanda – Ada beragam aktivitas wisata yang atraktif untuk mengisi liburan anda di Pulau Sumbawa. Di belahan timur pulau ini, anda bisa menemukan banyak lokasi wisata, khususnya pantai yang tersebar hampir di seluruh pesisir pulau. Adapun tawaran wisatanya juga sangat beragam, mulai dari bermain air hingga mencumbu keindahan alam bawah lautnya seperti yang bisa anda nikmati sendiri di Pantai Oi Fanda.

Lokasi dan Transportasi

Letak administratif dari Pantai Oi Fanda adalah Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di kawasan pesisir utara kota Bima. Bima yang merupakan kabupaten paling timur di Pulau Sumbawa, membuat perjalanan anda menjadi cukup panjang apabila anda memulainya dari ibukota provinsi NTB yang berada di Pulau Lombok ataupun jika dimulai dari Sumbawa Besar.

Dari ibukota provinsi NTB yakni kota Mataram anda masih harus menuju Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur dan menyebrang menggunakkan kapal ferry selama dua jam untuk mencapai Pelabuhan Pototano di Sumbawa. Kemudian, melanjutkan perjalanan darat kurang lebih 5 hingga 6 jam menuju Bima. Namun, sudah ada bis yang bisa membawa anda ke Bima yang bisa anda temukan dari Terminal Bertais, Mataram.

Namun, hal tersebut dapat dipersingkat jika anda menggunakkan sarana transportasi udara yakni dengan menggunakkan pesawat. Anda akan tiba di Bandara Sultan Mahmud Salahudin yang ada di Kota Bima. Jika sudah berada di Bima, untuk menuju Pantai Oi Fanda hanya perlu waktu sekitar 1 jam saja. Melintasi kawasan Wera dengan kondisi jalan yang cukup mulus.

Kemudian di pertigaan jalan ambil jalan ke kiri dengan arah desa Ujung Kalate. Dari desa ini, hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk tiba di Pantai Oi Fanda. Sayangnya, kondisi jalan masih kurang baik dan melewati jalanan tanah berbatu. Tapi, jika anda lewat kelurahan Kolo, anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dari So Ati untuk mencapai pantai ini. Namun, jalan yang dilalui cukup ekstrim dengan banyaknya tanjakkan.

Wisata

Pantai Oi Fanda merupakan kawasan pantai dengan perairan yang sangat jernih dan memiliki spot snorkeling yang cukup menggoda bagi para wisatawan pecinta keindahan alam bawah laut. Ketika tiba di pantai ini, warna lautnya yang jernih, dapat membuat anda merasa tak sabar untuk menceburkan diri anda ke lautan baik untuk sekedar berenang dan bermain air, ataupun melihat lebih dekat terumbu karang yang ada di dalamnya serta ikan-ikan kecil beraneka warna yang hidup di sela-sela karang tersebut.

Visibilitas air yang cukup baik, membuat anda merasa betah dan puas untuk melihat biota laut dengan jelas. Selain karang dan ikan-ikan kecil, anda juga bisa menemukan bintang laut serta beberapa spesies laut lainnya.

Perairannya memang cukup dangkal yakni sekitar satu hingga dua meter saja kedalamannya, sehingga sangat cocok bagi para pemula. Tempat yang pas untuk menikmati aktivitas ini adalah pada sisi karang bagian utara, karena kondisi karang hidupnya lebih banyak dan jauh dari aktivitas nelayan yang mencari ikan.

Pantai ini juga terletak diantara dua tebing karang yang mempercantik pemandangannya, apalagi kawasan pantai ini memang tidak begitu lebar. Tetapi, suasana tenang yang dimilikinya sangat cocok bagi anda yang mencintai ketenangan.

Ditambah lagi dengan lambaian daun kelapa di belakang anda sehingga menambah suasana yang pas untuk bersantai. Bahkan, anda bisa membelinya dari warga apabila anda bertemu mereka yang sedang berada di kebun kelapa tersebut.

Tak hanya kegiatan-kegiatan itu saja yang bisa anda lakukan di pantai ini. Jika ingin berkeliling-keliling di atas permukaan lautnya, anda bisa menyewa salah satu perahu milik nelayan di sekitar pantai ini. Dengan harga sesuai kesepakatan, anda bisa menikmati hamparan lautan dari atas perahu nelayan ini.

Bahkan, jika anda ingin mencoba hal menarik lainnya, anda bisa mencoba membantu nelayan-nelayan ini dalam mencari ikan atau sekedar memancing saja. Menariknya, apabila anda mendapatkan ikan ataupun membeli dari nelayan-nelayan ini, anda bisa melengkapi wisata anda dengan memanggang ikan di pinggir pantai bersama rekan-rekan anda.

Kegiatan lain yang tak kalah menariknya, khususnya bagi anda yang menyukai alam bebas yakni bermalam di pantai dengan mendirikan tenda. Ya, camping di pinggir pantai Oi Fanda bisa menjadi kegiatan menarik dalam liburan anda kali ini. Khususnya pada malam hari untuk menikmati taburan bintang.

Sayangnya, fasilitas yang bisa menunjang wisata anda memang belum tersedia dengan lengkap. Sehingga, untuk kebutuhan air bersih, hanya bisa anda temukan dari sumur-sumur milik warga apabila anda ingin membilas tubuh anda selepas bermain air di laut.

Wisata Snorkling di Pantai Oi Fanda (Ambalawi)

Selain berenang, aktivitas yang paling kusukai ketika berwisata pantai adalah bersnorkling ria apabila kebetulan kondisi perairan memungkinkan. Terakhir kali saya menjajal indahnya panorama bawah laut dengan perangkat snorkel dan fin adalah lebih dari setahun yang lalu ketika ikut serta dalam kegiatan Sail Takabonerate yang dihelat oleh Pemprov Sulsel. Semenjak ekspedisi diatas KRI Diponegoro bersama puluhan sahabat dari berbagai Negara itu, praktis saya tidak pernah lagi melakukan snorkeling lantaran tak adanya alat dan terbatasnya spot penyelaman yang saya ketahui di Bima (Pulau Sumbawa – NTB).

Kesempatan sepertinya baru berpihak kepadaku ketika beberapa hari yang lalu kakak ku yang pindah tugas ke Bima membawa serta peralatan snorklingnya. Sayapun langsung menyusun rencana berkaitan dengan target-target pantai yang saya rasa ideal untuk dijelajahi dengan snorkel. Pilihan pertama saya jatuh ke Pantai Oi Fanda yang terletak di Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima karena berdasarkan pengalaman saya waktu berkunjung, kondisi karang dan visibilitas air lautnya relatif lebih baik dari spot-spot lainnya yang pernah saya kunjungi.

Kendati pesisir Ambalawi dan kecamatan lain di Bima dulu pernah terkenal dengan catatan buruk mengenai tangan-tangan rakus nelayan yang suka mencari ikan dengan bom dan racun, namun kawasan Oi Fanda masih menyisakan koral-koral hidup dan ikan ikan yang menggantungkan hidup padanya yang beraneka jenis dan rupa.

Keindahan Terumbu Karang Di Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB
Hamparan Pasir Putih Di Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB

Di pantai yang berada antara dua tebing karang ini lokasi snorkeling terbaik adalah pada karang bagian utara yang sedikit lebih jauh dari aktivitas perahu nelayan. Lokasi ini cenderung terjaga biotanya karena sepanjang pantai lebih didominasi bebatuan karang, bukannya pasir yang menjadi incaran para pecinta rekreasi pantai. Meski  luasan areal jelajahnya sempit namun keunggulan spot ini adalah kedalamannya yang dangkal. Dengan ketinggian air mulai dari 1-2 meter pada waktu surut akan sangat memudahkan penyelam pemula sekalipun untuk menikmati sajian pemandangan berbagai jenis karang hidup, ikan hias, bintang laut, dan lain-lain dengan mudah dan aman.

Seperti tipikal daerah pantai lainnya di Bima, kondisi Oi Fanda memang butuh perhatian kita semua. Vegetasi hutan lamun yang dulu kaya kini menyusut akibat praktek pencarian ikan oleh nelayan setempat yang tidak bersahabat dengan alam. Racun dan bom ikan telah merubah hamparan karang dengan kehidupannya menjadi hamparan karang mati yang membutuhkan waktu lama untuk kembali seperti sediakala. Semoga sepotong surga yang tertinggal di pantai Oi Fanda ini bisa bertahan hingga masih bisa dinikmati sampai anak cucu kita.

Tips

1. Jika anda datang pada pagi hari, biasanya ada banyak perahu nelayan yang merapat di pinggir pantai. Jika tak ingin menangkap ikan sendiri, anda bisa membelinya untuk mengisi kegiatan anda dengan membakar ikan di pinggir pantai.

2. Bawalah makanan jika anda ingin berlama-lama di pantai ini, karena tak ada penjual makanan di sekitar pantai. Hanya ada kelapa muda yang bisa anda beli dari kebun kelapa di dekat pantai.

3. Jangan lupa gunakkan sunblock jika tak ingin kulit anda tersengat matahari.

Berwisata merupakan sarana untuk menyegarkan fisik dan mental anda dengan keseharian khususnya bagi anda yang sibuk. Berwisata ke tempat yang natural, tentu bisa menjadi aktivitas menarik untuk mengisi liburan anda. Jangan lewatkan wisata ke Pantai Oi Fanda bagi anda yang berlibur ke Pulau Sumbawa.

 

Galeri dari cerita tentang Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB

Ada 6 gambar di dalam Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

Hamparan Pasir Putih Di Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTBKeindahan Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTBKeindahan Terumbu Karang Di Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTBPantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTBPemandangan Bawah Laut Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTBSnorkling Di Pantai oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB
Diposting pada 17 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: NTB, Gambar Pantai Oi Fanda, wisata pantai, wisata bahari, bima, Akomodasi Pantai Oi Fanda, labuhan .

Apa pendapatmu tentang Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Kenawa, Sumbawa –
Indonesia memiliki beribu-ribu pulau, setiap pulau memiliki keindahan sendiri-sendiri, baik itu pulau yang ...

Pantai Jumiang, Madura –
Pantai Jumiang – Eksotika alam Pulau Madura, memang memiliki potensi yang cukup besar ...

Pantai Romodong Objek Menarik
Pantai Romodong terletak tidak jauh dari kota Belinyu, Pantai ini cukup sulit ditempuh, ...

Pantai Tablolong & Gua Kr
Pemandangan alam sebagai tempat pariwisata di daerah Nusa Tenggara Timur pada umumnya masih ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Halmahera – Maluku
Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat
Kepulauan Pianemo ( kepulauan Fam ), Ra
Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat
Pantai Mawun, Lombok – NTB
Kampung Wisata Enggros – Jayapura
Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang –
Pantai Rongkang Bangkalan Madura

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.