Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB

Rating: 86 out of 100, by 127 users
Keindahan Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB

Pantai Oi Fanda – Ada beragam aktivitas wisata yang atraktif untuk mengisi liburan anda di Pulau Sumbawa. Di belahan timur pulau ini, anda bisa menemukan banyak lokasi wisata, khususnya pantai yang tersebar hampir di seluruh pesisir pulau. Adapun tawaran wisatanya juga sangat beragam, mulai dari bermain air hingga mencumbu keindahan alam bawah lautnya seperti yang bisa anda nikmati sendiri di Pantai Oi Fanda.

Lokasi dan Transportasi

Letak administratif dari Pantai Oi Fanda adalah Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di kawasan pesisir utara kota Bima. Bima yang merupakan kabupaten paling timur di Pulau Sumbawa, membuat perjalanan anda menjadi cukup panjang apabila anda memulainya dari ibukota provinsi NTB yang berada di Pulau Lombok ataupun jika dimulai dari Sumbawa Besar.

Dari ibukota provinsi NTB yakni kota Mataram anda masih harus menuju Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur dan menyebrang menggunakkan kapal ferry selama dua jam untuk mencapai Pelabuhan Pototano di Sumbawa. Kemudian, melanjutkan perjalanan darat kurang lebih 5 hingga 6 jam menuju Bima. Namun, sudah ada bis yang bisa membawa anda ke Bima yang bisa anda temukan dari Terminal Bertais, Mataram.

Namun, hal tersebut dapat dipersingkat jika anda menggunakkan sarana transportasi udara yakni dengan menggunakkan pesawat. Anda akan tiba di Bandara Sultan Mahmud Salahudin yang ada di Kota Bima. Jika sudah berada di Bima, untuk menuju Pantai Oi Fanda hanya perlu waktu sekitar 1 jam saja. Melintasi kawasan Wera dengan kondisi jalan yang cukup mulus.

Kemudian di pertigaan jalan ambil jalan ke kiri dengan arah desa Ujung Kalate. Dari desa ini, hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk tiba di Pantai Oi Fanda. Sayangnya, kondisi jalan masih kurang baik dan melewati jalanan tanah berbatu. Tapi, jika anda lewat kelurahan Kolo, anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dari So Ati untuk mencapai pantai ini. Namun, jalan yang dilalui cukup ekstrim dengan banyaknya tanjakkan.

Wisata

Pantai Oi Fanda merupakan kawasan pantai dengan perairan yang sangat jernih dan memiliki spot snorkeling yang cukup menggoda bagi para wisatawan pecinta keindahan alam bawah laut. Ketika tiba di pantai ini, warna lautnya yang jernih, dapat membuat anda merasa tak sabar untuk menceburkan diri anda ke lautan baik untuk sekedar berenang dan bermain air, ataupun melihat lebih dekat terumbu karang yang ada di dalamnya serta ikan-ikan kecil beraneka warna yang hidup di sela-sela karang tersebut.

Visibilitas air yang cukup baik, membuat anda merasa betah dan puas untuk melihat biota laut dengan jelas. Selain karang dan ikan-ikan kecil, anda juga bisa menemukan bintang laut serta beberapa spesies laut lainnya.

Perairannya memang cukup dangkal yakni sekitar satu hingga dua meter saja kedalamannya, sehingga sangat cocok bagi para pemula. Tempat yang pas untuk menikmati aktivitas ini adalah pada sisi karang bagian utara, karena kondisi karang hidupnya lebih banyak dan jauh dari aktivitas nelayan yang mencari ikan.

Pantai ini juga terletak diantara dua tebing karang yang mempercantik pemandangannya, apalagi kawasan pantai ini memang tidak begitu lebar. Tetapi, suasana tenang yang dimilikinya sangat cocok bagi anda yang mencintai ketenangan.

Ditambah lagi dengan lambaian daun kelapa di belakang anda sehingga menambah suasana yang pas untuk bersantai. Bahkan, anda bisa membelinya dari warga apabila anda bertemu mereka yang sedang berada di kebun kelapa tersebut.

Tak hanya kegiatan-kegiatan itu saja yang bisa anda lakukan di pantai ini. Jika ingin berkeliling-keliling di atas permukaan lautnya, anda bisa menyewa salah satu perahu milik nelayan di sekitar pantai ini. Dengan harga sesuai kesepakatan, anda bisa menikmati hamparan lautan dari atas perahu nelayan ini.

Bahkan, jika anda ingin mencoba hal menarik lainnya, anda bisa mencoba membantu nelayan-nelayan ini dalam mencari ikan atau sekedar memancing saja. Menariknya, apabila anda mendapatkan ikan ataupun membeli dari nelayan-nelayan ini, anda bisa melengkapi wisata anda dengan memanggang ikan di pinggir pantai bersama rekan-rekan anda.

Kegiatan lain yang tak kalah menariknya, khususnya bagi anda yang menyukai alam bebas yakni bermalam di pantai dengan mendirikan tenda. Ya, camping di pinggir pantai Oi Fanda bisa menjadi kegiatan menarik dalam liburan anda kali ini. Khususnya pada malam hari untuk menikmati taburan bintang.

Sayangnya, fasilitas yang bisa menunjang wisata anda memang belum tersedia dengan lengkap. Sehingga, untuk kebutuhan air bersih, hanya bisa anda temukan dari sumur-sumur milik warga apabila anda ingin membilas tubuh anda selepas bermain air di laut.

Wisata Snorkling di Pantai Oi Fanda (Ambalawi)

Selain berenang, aktivitas yang paling kusukai ketika berwisata pantai adalah bersnorkling ria apabila kebetulan kondisi perairan memungkinkan. Terakhir kali saya menjajal indahnya panorama bawah laut dengan perangkat snorkel dan fin adalah lebih dari setahun yang lalu ketika ikut serta dalam kegiatan Sail Takabonerate yang dihelat oleh Pemprov Sulsel. Semenjak ekspedisi diatas KRI Diponegoro bersama puluhan sahabat dari berbagai Negara itu, praktis saya tidak pernah lagi melakukan snorkeling lantaran tak adanya alat dan terbatasnya spot penyelaman yang saya ketahui di Bima (Pulau Sumbawa – NTB).

Kesempatan sepertinya baru berpihak kepadaku ketika beberapa hari yang lalu kakak ku yang pindah tugas ke Bima membawa serta peralatan snorklingnya. Sayapun langsung menyusun rencana berkaitan dengan target-target pantai yang saya rasa ideal untuk dijelajahi dengan snorkel. Pilihan pertama saya jatuh ke Pantai Oi Fanda yang terletak di Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima karena berdasarkan pengalaman saya waktu berkunjung, kondisi karang dan visibilitas air lautnya relatif lebih baik dari spot-spot lainnya yang pernah saya kunjungi.

Kendati pesisir Ambalawi dan kecamatan lain di Bima dulu pernah terkenal dengan catatan buruk mengenai tangan-tangan rakus nelayan yang suka mencari ikan dengan bom dan racun, namun kawasan Oi Fanda masih menyisakan koral-koral hidup dan ikan ikan yang menggantungkan hidup padanya yang beraneka jenis dan rupa.

Di pantai yang berada antara dua tebing karang ini lokasi snorkeling terbaik adalah pada karang bagian utara yang sedikit lebih jauh dari aktivitas perahu nelayan. Lokasi ini cenderung terjaga biotanya karena sepanjang pantai lebih didominasi bebatuan karang, bukannya pasir yang menjadi incaran para pecinta rekreasi pantai. Meski  luasan areal jelajahnya sempit namun keunggulan spot ini adalah kedalamannya yang dangkal. Dengan ketinggian air mulai dari 1-2 meter pada waktu surut akan sangat memudahkan penyelam pemula sekalipun untuk menikmati sajian pemandangan berbagai jenis karang hidup, ikan hias, bintang laut, dan lain-lain dengan mudah dan aman.

Seperti tipikal daerah pantai lainnya di Bima, kondisi Oi Fanda memang butuh perhatian kita semua. Vegetasi hutan lamun yang dulu kaya kini menyusut akibat praktek pencarian ikan oleh nelayan setempat yang tidak bersahabat dengan alam. Racun dan bom ikan telah merubah hamparan karang dengan kehidupannya menjadi hamparan karang mati yang membutuhkan waktu lama untuk kembali seperti sediakala. Semoga sepotong surga yang tertinggal di pantai Oi Fanda ini bisa bertahan hingga masih bisa dinikmati sampai anak cucu kita.

Tips

1. Jika anda datang pada pagi hari, biasanya ada banyak perahu nelayan yang merapat di pinggir pantai. Jika tak ingin menangkap ikan sendiri, anda bisa membelinya untuk mengisi kegiatan anda dengan membakar ikan di pinggir pantai.

2. Bawalah makanan jika anda ingin berlama-lama di pantai ini, karena tak ada penjual makanan di sekitar pantai. Hanya ada kelapa muda yang bisa anda beli dari kebun kelapa di dekat pantai.

3. Jangan lupa gunakkan sunblock jika tak ingin kulit anda tersengat matahari.

Berwisata merupakan sarana untuk menyegarkan fisik dan mental anda dengan keseharian khususnya bagi anda yang sibuk. Berwisata ke tempat yang natural, tentu bisa menjadi aktivitas menarik untuk mengisi liburan anda. Jangan lewatkan wisata ke Pantai Oi Fanda bagi anda yang berlibur ke Pulau Sumbawa.

Snorkling Di Pantai oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB
Keindahan Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB

 

Galeri dari posting tentang Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB

Ada 6 foto di dalam Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

Hamparan Pasir Putih Di Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTBKeindahan Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTBKeindahan Terumbu Karang Di Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTBPantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTBPemandangan Bawah Laut Pantai Oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTBSnorkling Di Pantai oi Fanda - Bali & NTB : Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB
Diposting pada 17 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: mulus, tebing karang, karang, Wisata Sumbawa, bermain, Pasir Pantai Oi Fanda, kawasan Oi Fanda .

Apa pendapatmu tentang Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Plengkung Banyuwangi &#
Pantai Plengkung terletak di Teluk Grajagan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi – Jawa ...

Pantai Jungwok Keindahan Terse
Panorama di Pantai Jungwok sangat indah dan luas. Letak pantai ini di sebelah ...

How to Get Into Law School
Essay writing may look like a headache. Composing an essay is an challenging ...

Belgian ladies who make us pro
Category:Belgian girls Read more about belgian women here. While Belgians could be gradual to speak ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

  • Adult Online Dating
  • Adult Webcam Sites
  • Affordable Paper
  • amolatina reviews
  • Argumentative Essay Thesis Outline
  • asian bride
  • Asian Brides
  • asian girls
  • asian single dating website
  • asian women for marriage
  • asiandate com review
  • australia dating site
  • australian writing
  • Bali & NTB
  • Banten
  • beautiful latina women
  • best dating app for women
  • best dating sites for over 50
  • best interracial dating sites uk
  • best latin dating site marriage
  • Best Paper Writing Service
  • Best Resume Writing Service
  • best russian dating sites
  • best singles dating websites
  • best website builder
  • best website builder uk
  • best website creator
  • best wysiwyg web builder
  • biker dating site
  • blog
  • blog2
  • bride
  • Bride Dating Sites
  • brides
  • brides of ukraine
  • build a church web site
  • build a free website
  • build a website
  • build your own website
  • buy a bride online
  • Buy A Girl
  • buy a wife
  • buy essay
  • Cbd Oil Marijuana
  • Chaturbate Latina
  • Cheap Essay Writing Service
  • cheap essays
  • check email
  • check email address
  • china dating sites
  • christian dating
  • Clinical Psychology Research Topics
  • College Paper Writing Service
  • College Papers
  • compare and contrast essay outline example
  • Comparison And Contrast Essay Example College
  • completely free dating sites
  • Cost Of A Mail Order Bride
  • Custom Essay Papers
  • Custom Essay Writer
  • Custom Paper Writers
  • date a millionaire
  • Date Asian Women
  • Date Russian girl
  • dating
  • dating in usa
  • Do My Homework
  • essay help
  • essay writer
  • Essay Writer Service
  • Essay Writing
  • Events
  • farmer dating site
  • File Extensions
  • find a bride
  • find a sissy
  • Find Brides Online
  • Find Ukrainian Bride
  • Finding a Wife Online
  • Flores
  • Free Adult Dating Sites
  • Free Adult Webcam
  • free gay dating apps
  • Free Plagerism Checker
  • Good Argumentative Essay Topics
  • Good Persuasive Topics
  • Good Topics For Persuasive Essays
  • Gorontalo
  • History Research Paper Topics
  • hiv dating sites
  • Hookup Dating
  • Hookup Online
  • Hookup Sites
  • hot koreans
  • hot russian brides
  • How Do You Write An Abstract For A Research Paper
  • how does wix work
  • Informative Paper Topics
  • Ingestible Cbd Oil
  • Interesting Persuasive Essay Topics
  • Interesting Persuasive Speech Topics
  • International Marriage Agency
  • Is Cbd Oil Legal In Pa
  • japanese mail order bride
  • Jawa
  • Kalimantan
  • latin brides
  • latin dating
  • Latin Wife Finder
  • latina mail order bride
  • latino dating sites
  • legitimate russian bride sites
  • mail order bride
  • Mail Order Bride Agency
  • Mail Order Bride Sites
  • Mail Order Brides
  • Mail Order Brides Catalogue
  • mail order russian brides
  • Mail Order Wives
  • Mailorder Brides
  • Main
  • Mature Dating Sites
  • mexican mail-order bride
  • Milf Hookup Websites
  • Most Beautiful Asian Women
  • NTT
  • Online Brides
  • Online Dating
  • online dating sites
  • Online Dating Websites
  • Online Essay Writer
  • Outline For Persuasive Speech
  • Paper Writing Service
  • Papua
  • Pay For College Papers
  • Persuasive Research Paper Topics
  • philippine singles
  • Plagiarism Checker Free
  • Real Latin Teen
  • research paper writing
  • ru brides
  • Russian Bride Scams
  • russian brides
  • russian brides free
  • Russian Brides Photos
  • russian girls for marriage
  • russian mail order bride
  • russian mail order brides
  • Russian Mail Order Wife
  • Safest Cbd Oil
  • single latina
  • Slavic Dating Sites
  • Sulawesi
  • Sumatera
  • term paper writing
  • Thesis Writer
  • Tips
  • top dating services
  • Topics For Persuasive Speeches
  • ukit customer service
  • ukraine brides
  • Ukrainian Bride Documentary
  • Ukrainian Brides
  • ukrainian girls
  • Ukrainian Mail Order Bride
  • ukrainian women dating
  • ukranian bride
  • uncategorized
  • Uncatgorized
  • verify email
  • website builder
  • website builders
  • Websites That Write Papers For You For Free
  • Weebly Reviews
  • Windows Errors
  • wix cost
  • Wix Review
  • women over 40
  • Write My Essay
  • Write My Essay For Me
  • Write My Paper For Me
  • Write Paper For Me
  • Writing An Essay
  • Writing Essay
  • Writing My Papers
  • Writing Papers
  • Writing Tips
  • Writing Tips 2019
  • Young Latin Brides
  • Topik Populer

    Pantai Populer

    Pantai Anoi Hitam, Sabang – Aceh
    Our Psychological Bond With Our Spouse a
    Answered: Your Most Burning Questions Ab
    Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur
    Pantai Parangtritis Terkenal di Yogyakar
    Hamilton forced to abandon Wednesday car
    Locating No-Fuss Methods For Dissertatio
    biker dating site

    Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
    Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

    Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
    Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.