Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB

Rating: 86 out of 100, by 128 users
Pesona Pantai Poto Batu - Bali & NTB : Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB

Pantai Poto Batu – Tak akan pernah ada habisnya jika membicarakan keindahan alam di Indonesia, hampir semua wilayah memiliki potensi wisata yang sangat besar, sama halnya seperti Pantai Poto Batu ini, walaupun tidak terlalu ramai di kunjungi wisatawan, tidak berarti Pantai Poto ini tidak indah lho, kalau anda tidak percaya, anda bisa mengunjunginya sendiri.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Poto Batu ini berada di kawasan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Dari kota Sumbawa Besar, mungkin memang lokasi dari Tempat Wisata Pantai Poto Batu ini bisa dibilang lumayan jauh, butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan mobil. Jalanannya juga tidak terlalu mulus, namun juga tidak jelek, karena memang rutenya yang berkelok-kelok dan jalannya yang berbatu membuat anda harus lebih sabar meyetir.

Untuk sampai ke Sumbawa ini sendiri perjalanannya juga cukup memakan waktu, karena anda harus pergi ke Lombok terlebih dahulu agar bisa sampai ke Pulau Sumbawa ini. Memang agak melelahkan, namun kalau anda pergi beramai-ramai mungkin rasa lelah tersebut tidak akan terlalu terasa.

Untuk berhemat, anda bisa naik bus dari Jakarta dengan tujuan Lombok, dan untuk ini anda harus merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp 400.000*) per orangnya, meski begitu waktu tempuh dari jakarta ke Lombok akan memakan waktu dua hari, cukup melelahkan memang. Namun jika anda ingin cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta dengan Tujuan Lombok.

Waktunya juga lebih singkat lho, hanya kurang lebih sekitar 1,5 jam saja. Namun, tentunya harga tiket pesawat dijaman sekarang sudah semakin mahal saja, menurut info yang ada, harga tiket termurah untuk sampai ke lombok kurang lebih adalah sebesar Rp 709.000*) dengan maskapai penerbangan Lion Air.

Setelah sampai di Lombok, maka anda tinggal melanjutkan perjalanan untuk bisa sampai ke kota Mataram, dan dari kota mataram anda bisa memilih kendaraan umum lainnya untuk mengantar anda ke kota Sumbawa. Anda bisa menggunakan damri dengan Rute Mataram –Sumbawa dengan harga tiket sekitar Rp 65.000*) per orangnnya, dalam kurun waktu 3 – 4 jam anda akan sampai di Sumbawa dengan selamat.

Wisata

Pantai ini memiliki view yang cantik dengan deburan ombak dan pemandangan sunset yang tak kalah indahnya dengan Pantai Balat. Batu-batu karang berdiri kokoh memiliki susunan yang unik menyerupai susunan lantai batu berwarna hitam. Pantai ini juga menjadi muara Sungai-sungai yang mengalir dari Taliwang dan sekitarnya. Muara sungai yang lebar dengan arus yang cukup kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung terutama mereka yang memiliki hobby memancing. Lokasi ini telah lama menjadi lokasi favorit bagi setiap penghobby mancing.

Tidak jauh dari kawasan pantai ini, terdapat sebuah tanjung yang bernama Tanjung Berok. Tanjung ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat bekerjasama dengan investor-investor swasta sebagai lokasi budidaya mutiara yang bermutu tinggi. Mutiara hasil olahan masyarakat ini telah banyak dipasarkan ke luar kota bahkan luar pulau.

Pantai Poto Batu ini adalah pantai yang sangat indah, deburan ombaknya yang kuat, terlihat begitu memukau setiap pasang mata yang memandang. Airnya yang jernih dan pasirnya yang bersih meski memang bukan pasir putih, namun tetap akan membuat anda betah untuk menghabiskan waktu berlama-lama di Pantai Polo Batu ini. Pantai ini juga sangat cocok untuk anda yang menginginkan ketenangan, karena lumayan jauh dari keramaian, dan memiliki udara yang sangat segar.

Pantai ini diberi nama “Poto Batu” oleh penduduk lokal dikarenakan oleh ada sebuah batu besar di salah satu sisi pantai ini, Poto Batu sendiri memiliki arti “Batu di ujung”, yang artinya di ujung pantai ini terdapat sebuah batu besar, yang mungkin bisa dibilang hampir menyerupai sebuah Goa karena memiliki lubang ditengahnya. Lubang batu ini menembus disisi yang satunya yang menghadap ke laut, dan dari sana, anda seolah-olah bisa melihat laut lebih dekat lagi.

Tidak ada tarif untuk bisa masuk ke lokasi Pantai Poto Batu ini, dan tentunya tidak ada juga biaya parkir, untuk menikmati kelapa muda yang ada di pohon-pohon kelapa disekitar pantai juga gratis, hanya saja anda harus mengambilnya sendiri. Kalau mau lebih seru, anda bisa berkemah bersama teman-teman atau mungkin bersama keluarga di lokasi Pantai Poto Batu ini, dan membuat api unggun di malam hari yang penuh bintang.

Tips

1. Bagi anda yang suka berjemur, mungkin ini bukanlah masalah, tapi bagi anda yang takut kulit anda terbakar, bisa menggunakan sunblock sebelum berkunjung ke Pantai Poto Batu ini, karena memang sinar mataharinya lumayan menyengat, apalagi jika sedang musim kemarau, tentunya akan semakin panas.

Bebatuan di Pantai Poto Batu - Bali & NTB : Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB
indahnya panorama Pantai Poto Batu - Bali & NTB : Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB

2. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang benar-benar anda butuhkan sebelum pergi ke Pantai Poto Batu ini, contohnya pelambung, tidak terlalu banyak yang menawarkan penyewaan pelampung di pantai ini, jadi anda bisa membawanya sendiri dari rumah.

3. Sama halnya dengan makan siang, lebih baik anda membeli di luar atau membawa makan siang sendiri saja dari rumah, selain kehiginisannya lebih terjamin, anda juga bisa berhemat selagi liburan

4. Jaga kesehatan, ada baiknya jika anda makan dulu sebelum berenang, meski sedikit usahakan perut anda tidak kosong, hal ini untuk menghindari masuk angin dan juga kram perut saat berenang. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Nah, untuk itu jangan lupa untuk membawa cadangan obat, meski hanya untuk berjaga-jaga saja

5. Jika anda berlibur ke kota Sumbawa, usahakan jangan hanya sekedar mengunjungi tempat-tempat wisata alamnya saja, anda bisa mencoba berkeliling untuk mencicipi makanan khas kota Sumbawa yang mungkin belum pernah anda cicipi sebelumnya. Anda juga wajib mencicipi susu kuda liar asli di Sumbawa, karena selain menyehatkan, juga memiliki khasiat yang bagus untuk stamina anda.

Berlibur di Pantai bersama keluarga dan teman-teman mungkin adalah pilihan yang tepat untuk melepaskan semua rasa lelah dan setres yang membebani anda. Tidak hanya itu. masih banyak lagi kegiatan seru lainnya yang bisa anda lakukan jika berkunjung ke kota Sumbawa, maka dari itu tunggu apalagi, ayo mulai persiapkan rencana berlibur anda dari sekarang.

 

Galeri foto dari artikel tentang Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB

Ada 6 gambar di dalam Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

Bebatuan di Pantai Poto Batu - Bali & NTB : Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTBindahnya panorama Pantai Poto Batu - Bali & NTB : Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTBkeindahan view Pantai Poto Batu - Bali & NTB : Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTBPemandangan Pantai Poto Batu dari atas bukit - Bali & NTB : Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTBPesona Pantai Poto Batu - Bali & NTB : Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTBPulau kecil di Pantai Poto Batu - Bali & NTB : Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB
Diposting pada 18 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: Lokasi Pantai Poto batu, Informasi Poto batu, pantai balat, lion air, kota mataram, berkemah, parkir .

Apa pendapatmu tentang Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Bacan, Halmahera Selatan
Indonesia memang negeri yang kaya. Kekayaan tak hanya pada sumber daya alamnya, melainkan ...

Pantai Bias Putih Bali Timur &
Salah satu potensi pariwisata baru di Bali Timur, Pantai Bias Putih, yang secara ...

Pantai Tanjung Bastian, Wini &
Pantai Tanjung Bastian, merupakan salah satu icon baru Pariwisata di Kabupaten Tengah Utara ...

Pantai Maron Semarang
Perairan lembut nan bersih serta ombak yang tenang dapat di jumpai di Pantai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Gam, Raja Ampat – Papua
Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kali
Pantai Dato Majene Sulawesi Barat
Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh
Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe 
Pantai Depok, Bantul – Yogyakarta
Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu di M
Pantai Teluk Penyu Cilacap

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.