Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTB

Rating: 86 out of 100, by 129 users
perairan Pantai Poto Tano yang biru - Bali & NTB : Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTB

Pantai Poto Tano – Sumbawa memang merupakan sebuah pulau kecil yang memiliki potensi wisata yang amat begitu besar, pantai-pantainya yang sebagian besar masih alami dan bersih itu mampu menarik minat wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Salah satu pantai yang sangat terkenal di Pulau Sumbawa ini adalah Pantai Poto Tano, karena pantai ini memberikan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Lokasi dan Transportasi

keindahan Pantai Poto Tano - Bali & NTB : Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTB
mercusuar Pantai Poto Tano - Bali & NTB : Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTB

Pantai Poto Tano ini berada di Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Lokasinya berdekatan dengan Pelabuhan Poto Tano yang merupakan pelabuhan utama untuk masuk ke Pulau Sumbawa ini, hanya di pisah oleh sebuah Bukit saja, atau bisa di bilang bahwa bukit tersebut yang diapit oleh Pelabuhan Poto Tano dan Pantai Poto Tano ini.

Untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Poto Tano ini juga termasuk mudah karena kita hanya perlu mengikuti jalan utama yang mengarah ke Pelabuhan Poto Tano, bila anda dari kota Sumbawa besar, maka anda bisa naik bus ataupun kalau bisa lebih baik anda menggunakan kendaraan sendiri saja agar lebih efisien, jadi jika anda harus mampir-mampir ke tempat lain akan lebih memudahkan anda.

Dari kota Sumbawa Besar hingga ke Pantai Poto Tano ini jaraknya mencapai 93 kilometer, jadi sudah pasti akan memakan waktu kurang lebih sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan, maka dari itu ada baiknya jika anda berangkat pagi-pagi agar tidak terlalu kesiangan saat sampai di Pantai Poto Tano ini.

Sedangkan bagi anda yang berasal dari luar Sumbawa, anda bisa memilih naik bus dengan tujuan Lombok, kalau dari Jakarta tarif standar bus untuk ke Lombok ini kurang lebih sebesar Rp 400.000*) per orangnya, dengan waktu tempuh dua hari, namun tentunya tarif bus dan juga lama perjalanannya tergantung dari mana lokasi pemberangkatan anda, semakin dekat jaraknya akan semakin murah harganya.

Jika anda ingin lebih cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat, akan tetapi, seperti yang anda tahu bahwa harga tiket pesawat dijaman sekarang ini sudah semakin mahal saja, bahkan menurut info yang ada, harga tiket termurah untuk sampai ke lombok kurang lebih adalah sebesar Rp 709.000*) untuk orang dewasa.

Begitu anda sampai di kota Lombok, maka anda bisa melanjutkan perjalanan ke kota Mataram terlebih dahulu, dari Mataram anda bisa naik damri ataupun menyewa kendaraan sendiri ke Pelabuhan Kayangan, nah dari Pelabuhan Kayangan anda bisa lanjut naik kapal ferry untuk menyeberang ke Pelabuhan Poto Tano, perjalanan dari Pelabuhan Kayangan hingga ke Pelabuhan Poto Tano ini ditempuh dalam kurun waktu 2 jam, jadi siapkan sendiri camilan selama di perjalanan anda yang cukup panjang ini.

Wisata

Pantai Poto Tano ini diberi nama berdasarkan nama tempat dimana Pantai ini berada, meskipun memang fasilitas yang ada di pantai ini masih tergolong minim, dan belum terlalu dikelola dengan baik oleh pemeritah setempat, namun Pantai Poto Tano ini sangat indah memiliki suasana yang tenang, sangat cocok untuk lokasi bersantai sambil rekreasi bersama keluarga dan rekan-rekan anda.

Pantai Poto Tano memiliki ombak yang tenang dan pasir putih yang bersih, dipadukan dengan warna lautnya yang biru dan bukit hijau di belakangnya membuat pemandangan di sekeliling pantai ini terasa begitu menyejukkan mata, pokoknya anda pasti akan berlama-lama di pantai ini. Banyak hal yang bisa anda lakukan selama berkunjung ke pantai ini, baik itu berenang di laut, ber-snorkeling ria, berekreasi di pinggir pantai, hingga bersantai di bukit hijaunya.

Bukit Pantai Poto Tano ini terlihat sangat indah dikala musim hujan, karena rumput-rumput yang ada disana semuanya tumbuh dengan subur dan menghijau sehingga terciptalah sebuah padang rumput.

Untuk naik ke puncak bukit anda bisa menggunakan tangga batu yang telah sengaja di bangun, meski memang cukup melelahkan menaiki tangga itu hingga ke puncak bukit, namun akan lebih melelahkan lagi jika anda mendaki bukit tanpa melalui tangga meski kelihatannya bukit tersebut tidak terlalu tinggi.

Dari atas bukit pemandangan yang anda dapat akan lebih menakjubkan lagi, dan terlihat sekali bedanya di kedua sisi bukit tersebut, jika di sebelah kiri ada pelabuhan yang cukup ramai dengan lalu lalang kapal yang datang dan pergi, maka di sebelah kanan hanya ada sebuah pantai pasir putih yang cantik dan terlihat begitu tenang, benar-benar pemandangan yang mengagumkan.

Snorkeling di mercusuar Poto Tano

Snorkeling di dekat pelabuhan tempat kapal-kapal ferry lintas pulau bersandar, kenapa tidak? Asal di Poto Tano, kamu dijamin ketagihan.

Poto Tano adalah pelabuhan di Kabupaten Sumbawa Barat yang jadi pintu gerbang utama dari Lombok. Di sini tiap jam silih ganti bersandar dan lepas jangkar kapal ferry dari Poto Tano ke Pelabuhan Kayangan Lombok dan sebaliknya.

Dari Poto Tano kita juga bisa menyeberang ke beberapa pulau kecil yang jadi destinasi idaman banyak traveler, seperti Pulau Kenawa dan Pulau Hantu dengan menyewa perahu nelayan di perkampungan nelayan Poto Tano. Harganya bervariasi, tergantung nego dan jumlah pulau yang dikunjungi, rata-rata sekitar 200-250 ribu, kita sudah bisa mampir ke tiga sampai empat pulau, dan ditungguin sampai sepuasnya snorkeling di pulau-pulau tersebut.

Ragam terumbu karang dan ikan laut di Poto Tano memang tak sebanyak di Kenawa (lihat foto-foto Snorkeling di Kenawa ), tapi di Poto Tano kamu bisa snorkeling mengelilingi perairan di sekitar Mercusuar dan Pantai Pasir Putih dengan kondisi air relatif tak terlalu dalam dan arus yang lebih bersahabat.

Sempatkan mampir disini untuk snorkeling saat menjelang sunset atau sebelum kembali ke Poto Tano, dijamin akan melengkapi kepuasan kamu menikmati keindahan bawah laut Kenawa dan pulau-pulau di sekitarnya.

Pelabuhan Poto Tano

Pelabuhan Poto Tano adalah pintu gerbang setiap pendatang yang ingin ke Sumbawa. Selain memegang peranan yang penting bagi mobilisasi warga, Poto Tano juga populer di kalangan wisatawan. Mereka yang sebelumnya singgah di Lombok dan ingin ke Sumbawa akan menyeberangi lautan dari Pelabuhan Kayangan menuju Poto Tano. Selain kapal, akses ke Sumbawa dari Mataram bisa menggunakan pesawat terbang.

Butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengaruhi Selat Alas, selat yang memisahkan Lombok dan Sumbawa. Meningkatnya jumlah kunjungan ke Sumbawa dari Lombok membuat pihak setempat menambah armada sejak tahun 2012 lalu. Jika kapal feri yang tersedia sebelumnya hanya berjumlah 13 kapal kini meningkat menjadi 16 kapal. Dua dermaga yang beroperasi di pelabuhan Poto Tano masing-masing akan diisi sebanyak 8 kapal. Pelabuhan ini buka selama 24 jam non-stop dengan jadwal keberangkatan setiap 1 jam sekali.

Selain posisinya yang penting, Pelabuhan Poto Tano ini sering disebut sebagai pelabuhan paling cantik di Indonesia. Ya, hal itu dikarenakan alamnya yang indah dengan gugusan bukit dan perairan hijau kebiruan. Saat musim kemarau, bukit-bukit ini akan diselimuti rumput yang berwarna kekuningan seperti bulu jagung kering. Sedangkan saat musim penghujan, bukit tersebut sangat hijau hingga sepadan dengan warna perairan yang ada di tepian.

Begitu sampai di Pelabuhan Poto Tano yang berada di Desa Poto Tano, Sumbawa Barat, NTB kita akan disambut dengan tulisan besar “Sabalong Samalewa” yang artinya “membangun secara serasi dan seimbang antara pembangunan fisik dan mental spritual”. Dari pelabuhan ini Anda akan disuguhi pemandangan gugusan pulau-pulau kecil berpasir putih.

Ingin makin jelas menikmati keindahan Poto Tano ? naiklah ke atas bukit yang paling tinggi. Dari sini pemandangan luas dengan birunya langit dan pantai terlihat jelas. Di sebelah timur kapal-kapal sibuk mengangkut penumpang. Sedangkan di arah selatan tampak bukit yang diapit pantai serta perkampungan Bajo yang berada di sisi kiri bukit. Di sudut bagian utara tampak pulau-pulau kecil termasuk salah satunya Pulau Kenewa yang eksotis. Pulau ini luasnya hanya sekitar 13 hektar. Anda hanya perlu menempuh 20 menit perjalanan menuju daratan tujuan wisata tersebut.

Bagi yang menyukai fotografi, pemandangan pelabuhan Poto Tano dan alam disekitarnya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Cobalah untuk menyusuri beberapa tempat di garis pantai pelabuhan ini. Suasananya masih sangat sepi dan perawan. Pasir putihnya bersih diselingi padang rumput yang luas. Jika cuaca sedang cerah dari kejauhan tampak Gunung Rinjani yang tersaput awan.

Oya, sesampainya di Poto Tano tentukan tujuan Anda selanjutnya. Bila ingin ke Sumbawa Barat maka berbeloklah ke kanan di bundaran Kemutar Telu yang akan akan kita jumpai setelah keluar dari pelabuhan. Jika ingin ke Sumbawa Besar, Bima atau Dompu maka arahkan kemudi Anda lurus mengikuti alur jalan yang bagian kirinya membentang lautan biru dan bukit-bukit di bagian kanan.

Tips

1. Bagi anda yang suka berjemur, mungkin ini bukanlah masalah, tapi bagi anda yang takut kulit anda terbakar, bisa menggunakan sunblock sebelum berkunjung ke Pantai Poto Tano ini, karena memang sinar mataharinya amat menyengat, terutama di musim kemarau.

2. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang anda butuhkan sebelum pergi ke Pantai Poto Tano ini, contohnya pakaian ganti, perlengkapan mandi, alas untuk duduk, dan pelampung, hal ini dikarenakan tidak adanya penyewaan pelampung di pantai ini, jadi anda bisa membawanya sendiri dari rumah kalau memang anda membutuhkannya.

3. Sama halnya dengan makan siang, lebih baik anda membeli di luar atau membawa makan siang sendiri saja dari rumah, karena disini tidak ada yang menjual makanan, jadi mau tidak mau anda harus menyiapkan bekal makan siang sendiri.

4. Jaga kesehatan, ada baiknya jika anda makan dulu sebelum berenang, meski sedikit usahakan perut anda tidak kosong, hal ini untuk menghindari masuk angin dan juga kram perut saat berenang. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Nah, untuk itu jangan lupa untuk membawa cadangan obat, meski hanya untuk berjaga-jaga saja.

5. Jika anda berlibur ke kota Sumbawa, anda juga wajib mencicipi susu kuda liar asli di Sumbawa, disini susu kuda liarnya sangat terkenal, karena selain menyehatkan, juga memiliki beberapa khasiat lain yang bagus untuk stamina anda.

6. Lalu anda juga bisa mencicipi Sepat yang hampir sejenis seafood namun dengan kuah yang asam-asam segar, lalu ada Gecok yang berupa makanan olahan daging sapi, kemudian Ayam bakar Taliwang, dan masih banyak yang lainnya.

Tidur direrumputan dengan hembusan angin yang segar dan aroma laut yang khas tentunya akan sangat menjadi hal yang menyenangkan, dan tentunya tidak disemua pantai anda bisa merasakan sensasi seperti ini.

Nah, jika anda berencana untuk berlibur ke Sumbawa maka anda harus berkunjung ke tempat wisata Pantai Poto Pato ini, jangan lupa untuk mengajak keluarga ataupun rekan-rekan anda pergi bersama sehingga liburan anda akan terasa lebih menyenangkan.

 

Kumpulan Gambar dari cerita tentang Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTB

Ada 7 foto di dalam Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 foto high-res.

Sejumlah pengunjung berada di pinggir Pantai Poto Tano, Desa Tano, Taliwang, Sumbawa Barat, Minggu (22/6). - Bali & NTB : Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTBkeindahan Pantai Poto Tano - Bali & NTB : Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTBkekayaan bawah laut Pantai Poto Tano - Bali & NTB : Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTBmercusuar Pantai Poto Tano - Bali & NTB : Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTBpelabuhan  Pantai Poto Tano - Bali & NTB : Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTBperairan Pantai Poto Tano yang biru - Bali & NTB : Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTB
Diposting pada 18 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: kota mataram, lokasi pantai, bukit, NTB, kapal ferry, kampung, gunung rinjani .

Apa pendapatmu tentang Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Gili Kondo, Lombok – NTB
Tak salah Lombok disebut sebagai Pulau Seribu Gili. Deretan pulau eksotis mengelilingi Lombok. ...

Pulau Rani, Raja Ampat –
Satu lagi keindahan sempurna dari Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat, Pulau Rani. ...

Pantai Kasih, Sabang – A
Pantai Kasih – merupakan salah satu pantai yang bisa anda temui di Kota ...

Pantai Anyer Carita Banten dan
Pantai Anyer carita merupakan object wisata yang berada di provinsi banten dan mempunyai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Jemur, Riau
Pulau Doom, Sorong – Papua
Pantai Bugel Panjaitan, Kulon Progo R
Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat
Pantai Lawata, Bima – NTB
Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sul
Pantai Charlita, Nias – Sumatra Ut
Pantai Kedonganan, Badung – Bali

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.