Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB

Rating: 86 out of 100, by 129 users
Pintu Masuk Ke Pantai Saliper Ate - Bali & NTB : Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB

Pantai Saliper Ate – Indonesia, dengan sejuta pesonanya terbentang dari ujung Sumatera hingga Papua. Diantaranya juga terdapat pulau-pulau lain yang menyimpan keindahan luar biasa, salah satunya adalah Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang memiliki beberapa objek wisata pantai yang indah seperti Pantai Saliper Ate.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Saliper Ate tidak sulit untuk dicapai karena berada dalam kawasan kota atau hanya berjarak kurang lebih 5 kilometer ke arah barat dari Kota Sumbawa Besar. Lokasinya berada di Jalan Raya Lintas Sumbawa, Kecamatan Badas, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya juga hanya 100 meter dari Pantai Batu.

Jalan menuju pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan apa saja baik roda dua maupun roda empat. Selain itu, sudah tersedianya sarana angkutan umum yang bisa mengantarkan anda menuju Pantai Saliper Ate yakni menggunakkan bemo kota. Sedangkan untuk mencapai Sumbawa sendiri, bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Jika anda menggunakkan pesawat, anda akan tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) yang ada di Pulau Lombok, selanjutnya anda akan melanjutkan perjalanan ke Sumbawa dengan kendaraan darat dan menyebrangi laut. Begitupun jika anda menggunakkan kendaraan darat, anda juga akan tiba di Pulau Lombok apabila anda melalui Pulau Bali ataupun Jawa terlebih dahulu.

Dari Lombok, anda bisa menggunakkan berbagai jenis angkutan, diantaranya adalah dengan mobil engkel yang bisa anda temukan di sekitar terminal bertais. Dari sini, anda bisa menuju ke Pelabuhan Kayangan dengan ongkos sekitar Rp 25.000*) per orang. Setibanya di pelabuhan, anda akan naik kapal ferry menuju Pelabuhan Pototano, Sumbawa, dengan ongkos Rp 18.000*) per orang dengan lama penyebrangan sekitar 2-3 jam.

Selanjutnya, anda tinggal naik bus dari Pelabuhan Pototano menuju terminal ataupun lokasi tujuan anda selanjutnya, namun untuk memudahkan mencari angkutan, sebaiknya menuju terminal Sumber Payung dengan ongkos sekitar Rp 25.000*) per orang. Anda juga bisa menggunakkan bis damri dari Mataram, Lombok dengan ongkos Rp 60.000*) saja. Untuk bis langsung, juga sudah tersedia, namun anda harus merogoh kocek lebih banyak yakni sekitar Rp 100.000*) per orang.

Wisata

Pantai Saliper Ate merupakan salah satu alternatif wisata yang mudah dijangkau ketika berada di Sumbawa Besar. Selain karena jarak yang dekat dan transportasi yang mudah, pantai ini juga sudah difasilitasi dengan beberapa penunjang wisata lainnya untuk memudahkan serta memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Pantai Saliper Ate sendiri memiliki arti pelipur lara atau penyejuk hati. Wajar saja, karena pantai ini memang cantik dan dulunya sebelum pariwisata Sumbawa berkembang, pantai ini memang satu-satunya tempat wisata di Sumbawa.

Pintu Masuk Ke Pantai Saliper Ate - Bali & NTB : Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB
Suasana Senja di Pantai Saliper Ate - Bali & NTB : Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB

Ketika memasuki kawasan pantai ini, anda akan dikenakan biaya masuk hanya Rp 2.000*) saja per orangnya, kemudian bagi yang membawa kendaraan, anda cukup merogoh kocek Rp 1.000*) untuk biaya parkir kendaraan.

Setelah memasuki gerbang pantai, anda akan melewati lahan parkir ini tergolong cukup luas karena pantai ini jarang sepi dari pengunjung, bahkan hingga malam hari. Kemudian, barulah anda akan melihat keindahan pantai ini lebih dekat lagi. Banyak wisatawan yang berkunjung, mengisi aktivitasnya di pantai ini dengan bersantai dan berenang di pantai.

Di kawasan pantai ini juga sudah dilengkapi dengan taman yang indah dengan bunga-bunga yang cantik, serta kolam renang. Khususnya bagi anda yang membawa anak-anak, adanya kolam ini bisa memberikan kenyamanan karena anda tidak perlu terlalu khawatir jika anak anda bermain air di laut.

Untuk memasuki kawasan waterboom ini, anda hanya perlu membayar Rp 5.000*) per orangnya. Kolam ini bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak, selain itu untuk menambah keseruan buah hati anda, kolam ini sudah dilengkapi dengan perosotan.

Saat yang sering menjadi tontonan favorit para wisatawan adalah ketika matahari terbenam. Warna langit dan laut yang menjadi keemasan merupakan suguhan alam yang mempesona ketika anda menyambangi pantai ini. Bahkan, ada banyak wisatawan yang betah berlama-lama sehabis menikmati sunset, sehingga masih sering dijumpai wisatwan hingga malam hari.

Soal fasilitas penunjang lainnya, juga bukan masalah di pantai ini. Bagi anda yang merasa lapar saat berwisata, anda bisa menemukan warung-warung makan yang bisa mengisi perut anda sehingga bisa nyaman berwisata.

Kuda Liar Sumbawa

Sebelum berlatih kuda ini diajak bermain dahulu, jangan lupa jaga jarak aman. Setelah mengajak main kuda, seperti pemanasan sebelum melakukan olah raga, anak itu mulai bersiap-siap. Bapak yang menemani tadi terlihat memberi arahan kepada anak itu. Sesuai petunjuk, maka si anak mulai menunggangi kuda tersebut. Wah, penasaran bagaimana bisa anak kecil lincah menunggang kuda. Kudanya juga tidak jinak melainkan kuda liar.

Kuda liar Sumbawa sangat terkenal bagi pecinta kuda. Fisiknya yang tangguh, kuat dan juga susunya berkualitas. Kuda-kuda dari luar negeri khusus didatangkan ke Indonesia untuk dikawinkan dengan kuda Sumbawa. Sebab dari pernikahan tersebut diharapkan akan menghasilkan kuda jenis baru dengan kondisi fisik seperti kuda Sumbawa. Biasanya kuda-kuda yang dikawinkan adalah kuda untuk pacuan.

Saat anak itu memberi makan kudanya, si bapak pelatih sempat mengajak ngobrol. Saya menanyakan, mengapa anak sekecil itu diijinkan untuk mengendarai kuda liar. Apakah tidak takut dengan keselamatannya. Dari tadi saya lihat kudanya suka menendang dan melompat-lompat. bagaimana kalau anak itu terlempar. Saya terbiasa melihat anak-anak menunggangi kuda poni yang tenang di Jakarta. Jadi agak sedikit khawatir.

Untuk bisa menunggangi kuda liar Sumbawa membutuhkan nyali dan keahlian ekstra. Ternyata di Sumbawa terdapat kejuaraan pacuan untuk anak. Kejuaraan ini sudah menjadi tradisi di masyarakat. Anak-anak yang mengikuti lomba sudah dididik sejak sangat dini dan biasanya anak yang terpilih. Hadiah bagi pemenang katanya lumayan besar. Jadi anak-anak itu antusias untuk mengikuti lomba.

Tips

1. Jika tidak ingin cuaca terasa panas, datanglah saat petang atau menjelang malam. Selain lebih teduh, anda juga bisa menyaksikan suasana matahari terbenam di pantai.

2. Jika suasana pantai tidak begitu ramai dan anda membawa kendaraan, sebaiknya bawalah kendaraan anda mendekati kawasan pantai, sehingga tidak perlu terlalu jauh berjalan untuk mencapai parkiran kendaraan.

3. Tetap jaga dengan baik apabila anda membawa anak-anak untuk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan, khususnya apabila mereka bermain di laut.

Siap berwisata menapaki keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Sumbawa? Masih banyak objek wisata lainnya baik yang menyuguhkan kealamian ataupun pesona wisata lainnya. Jadi, jangan lewatkan waktu yang anda miliki apabila anda berkesempatan untuk berlibur ke Sumbawa.

 

Kumpulan Gambar dari konten tentang Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB

Ada 5 foto di dalam Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

Fasilitas di waterboom  pantai Saliper Ate - Bali & NTB : Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTBPantai Saliper Ate - Bali & NTB : Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTBPintu Masuk Ke Pantai Saliper Ate - Bali & NTB : Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTBSuasana Senja di Pantai Saliper Ate - Bali & NTB : Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTBWaterboom di Pantai Saliper Ate - Bali & NTB : Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB

Apa pendapatmu tentang Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Batu Hiu, Ciamis –
Jika para wisatawan atau wisatawan asing ingin berbagi mengenai tempat wisata pantai yang ...

Pantai Dan Desa Nepa, Madura
Profil Desa Nepa Kata-kata Nepa  diambil dari nama pohon yang dulunya banyak sekali tumbuh ...

Pulau Wetar ( Pulau terluar In
Letak Pulau Wetar adalah pulau-pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Banda dan berbatasan langsung dengan negara Timor ...

Pantai Pasir Putih Lampung
Pantai pasir putih benar-benar sesuai dengan namanya. Pasir putih memesona ini menyegarkan mata ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Wediawu, Malang – Jawa Timur
Pantai Dreamland Pecatu Bali – Kei
Pantai Ngetun, Gunungkidul – Yogyakart
Pantai Talang Siring, Madura – Jawa Ti
Pantai Kaliantan, Lombok – NTB
Pantai Ekas, Lombok – NTB
Pantai Kuta, Pantai Matahari Terbenam di
Pantai Nyang Nyang Bali, Alami nan Elok

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.