Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB

Rating: 86 out of 100, by 129 users
Suasana Senja Pantai Sekongkang - Bali & NTB : Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB

Pantai Sekongkang – Pulau Sumbawa memang terkenal memiliki banyak tempat wisata alam yang indah, terutama dalam wisata pantainya. Ada salah satu pantai cantik nan eksotis di bagian sudut Pulau Sumbawa ini yang keberadaannya seperti tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Pantai inilah yang diberi nama Pantai Sekongkang.

Lokasi Dan Transportasi

Pantai Sekongkang berada di sisi Barat Daya Pulau Sumbawa. Lebih tepatnya berada di Wilayah Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Untuk menuju ke Pantai ini anda dapat melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menyewa. Jika anda berada di Kabupaten Taliwang maka perjalanan anda hanya berjarak sekitar 37 Km atau membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam namun jika masih berada di Pelabuhan Poto Tano, anda harus menempuh jarak sekitar 55 Km lagi atau memakan waktu tempuh sekitar empat jam perjalanan.

Jika anda tidak membawa kendaraan sendiri, di pulau Sumbawa ataupun di Lombok banyak tersedia jasa penyewaan mobil yang bisa anda sewa. Rata-rata harga sewanya berkisar antara Rp 400.000*) – Rp 600.000*) per harinya, tergantung dari jenis mobil yang akan disewa.

Jenis mobil tersebut seperti APV, Xenia, Innova dan Avanza. Biasanya harga yang diberikan tersebut sudah termasuk pula dengan sopir, jadi anda tidak perlu bingung lagi mencari rute tujuan karena rata-rata sopir disini sudah paham dengan jalur yang akan di tempuh.

Wisata

Keindahan kawasan Pantai Sekongkang ini membuat banyak resor yang membangun kediaman di tempat ini. Salah satunya adalah Tropical Beach Club & Spa Resort yang menghadap langsung ke bibir pantai. Tidak hanya itu, Desa Sekongkang juga mempunyai bandara kecil yang dimiliki oleh Endru White.

Satu lagi pantai terbaik untuk surfing di Pulau Sumbawa yaitu Pantai Sekongkang. Terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, pantai ini dapat dicapai sekitar dua jam perjalanan dari Taliwang. Untuk mencapai pantai kami harus melalui jalan tanah yang terdapat ilalang setinggi kaca mobil di kiri dan kanan selama sekitar sepuluh menit.

Memasuki kawasan pantai, jangan harapkan ada pintu gerbang atau papan nama. Pintu masuknya hanya berupa celah dari semak pohon pandan. Lalu hamparan pantai berbentuk tanjung berbingkai bukit bukit hijau memanjakan mata.

Untuk mencapai bibir pantai, kami harus berjalan menuruni gundukan pasir di sekitar semak pandan. Dari bibir pantai, para peselancar akan mengayuh papan untuk menjajal ombak Pantai Sekongkang.

Pantai Sekongkang terkenal dengan ombak yoyo-nya. Menurut para peselancar, gerakan ombak naik-turun ibarat anak kecil memainkan yoyo. Tidak ada fasilitas umum seperti kamar kecil atau restoran di sekitar pantai. Hanya ada bukit membingkai tanjung, pasir memeluk laut, dan langit biru yang menaungi.

Keindahan pantai Sekongkang tidak hanya sebatas ombaknya saja. Hamparan pasir putihnya yang berkilau saat disinari matahari semakin membuatnya terlihat cantik. Pasir ini sangat bersih sehingga cocok sebagai tempat bermain bagi anak-anak, apalagi bentuk pantai ini cukup luas memanjang sehingga membuat puas pengunjung yang ingin berjalan-jalan di sekitar pantai.

Sekitar 100 meter ke arah lautnya terdapat pula batuan karang yang cukup dangkal, batuan karang ini berbentuk datar sehingga bisa dilewati namun harap berhati-hati saat melewatinya karena kondisinya yang cukup licin. Saat sudah mencapai ujung dari batu karang, anda dapat menikmati pemandangan air laut yang berwarna hijau kebiruan serta melihat gulungan ombaknya dengan lebih dekat.

Jika anda melihat lebih luas, dari kejauhan nampak pula perbukitan tinggi yang menghijau mengelilingi pantai. Sungguh pemandangan yang sangat menyegarkan mata dan pikiran bukan ? Pemandangan akan semakin cantik saat menjelang malam karena dari pantai ini anda dapat pula menyaksikan panorama sunset. Tentunya akan menjadi momen yang sangat romantis saat anda menyaksikannya bersama pasangan.

Di pantai ini anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar dan haus karena terdapat pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Minuman yang banyak dijual adalah es kelapa muda dan es jeruk, anda dapat memesannya sebagai teman menikmati pemandangan sambil bersantai menunggu sunset. Tidak ada minuman keras yang dijual disini karena peraturan Pemerintah setempat melarang pedagang untuk menjualnya.

Jika bukan musim ombak, pantai ini terbilang cukup sepi. Hal ini dikarenakan belum banyaknya wisatawan lokal yang mengetahui keberadaannya. Sepertinya Pemerintah setempat harus lebih giat dalam mempromosikan pantai Sekongkang ini. Terlepas dari itu semua, siapapun pengunjung yang datang ke tempat ini dijamin akan dibuat terpukau dengan segala keindahan alam yang disuguhkan.

Tips

1. Cuaca di Sumbawa terkenal dengan panasnya, jika tidak mau kulit anda terbakar sebaiknya bawalah sunblock ataupun topi.

2. Harap berhati-hati dengan ombak yang ada di pantai, terutama jika anda membawa anak-anak. Selalu jaga dan perhatikan mereka saat sedang bermain di pantai.

Nikmatnya Berselancar Di Pantai Sekongkang - Bali & NTB : Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB
Ombak Di Pantai Sekongkang - Bali & NTB : Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB

3. Untuk menghemat pengeluaran, tidak ada salahnya anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri.

4. Jika anda bingung saat dalam perjalanan menuju ke pantai ini, jangan segan untuk bertanya kepada penduduk setempat yang anda temui.

5. Sempatkan diri anda untuk mencicipi wisata kuliner khas yang ada di Sumbawa.

Berlibur ke pantai Sekongkang dijamin akan membuat pikiran menjadi segar kembali. Pesona pemandangannya yang indah dengan gulungan ombaknya yang memukau akan mampu membuat siapa saja yang melihatnya menjadi betah, apalagi dengan suasananya yang masih.

 

Galeri gambar dari cerita tentang Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB

Ada 6 gambar di dalam Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

Deburan Ombak pantai sekongkang - Bali & NTB : Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTBNikmatnya Berselancar Di Pantai Sekongkang - Bali & NTB : Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTBOmbak Di Pantai Sekongkang - Bali & NTB : Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTBpanorama Pantai Sekongkang - Bali & NTB : Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTBSuasana Pesisir Pantai Sekongkang - Bali & NTB : Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTBSuasana Senja Pantai Sekongkang - Bali & NTB : Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB

Apa pendapatmu tentang Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Pasir Putih Lampung
Pantai pasir putih benar-benar sesuai dengan namanya. Pasir putih memesona ini menyegarkan mata ...

Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung
Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu pantai yang terdapat di Belitung. Tepatnya berada ...

Pantai Cicalobak, Garut – Ja
Pantai Cicalobak adalah salah satu pantai indah yang letaknya berada di Kecamatan Mekarmukti, ...

Mentawai Si Cantik nan Eksotis
Sejumlah tempat tidur busa disimpan di uma atau rumah adat Mentawai di Butui, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Waisai Tercinta, Raja Ampat ̵
Pantai Widarapayung Cilacap
Pantai Lamaru Balikpapan – Potensi
Pantai Camplong Madura
Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Bar
Pantai Kenjeran, Satu Dari Deretan Panta
Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Ti
Pantai Karapyak, Ciamis – Jawa Barat

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.