Pantai Selat Baru, Bengkalis – Riau

Rating: 86 out of 100, by 129 users
pesta perahu layar Di Pantai Selat Baru - Bali & NTB : Pantai Selat Baru, Bengkalis – Riau

Banyak sekali kota-kota dengan pesona unik dan indah, dapat kita kunjungi diprovinsi yang begitu dikenal dengan sebutan daerah penghasil Kain Songket ini. Keistimewaan kain tenun khas, dengan corak dan warna-warna indah serta begitu menawan tersebut, menjadi salah satu komodoti tradisional, yang begitu banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung dan berwisata ke daerah tersebut. Apalagi kalau bukan Provinsi Riau .

Provinsi yang terbagi kedalam beberapa kotamadya dan kabupaten tersebut, menawarkan banyak sekali objek-objek wisata yang begitu indah, serta sayang untuk dilewatkan. Beberapa objek wisata andalan yang ditawarkan oleh provinsi Riau dapat kita temukan di salah satu kotamadya ataupun kabupaten dalam provinsi tersebut.

Bagi wisatawan yang menyukai pesona alam yang disajikan oleh sebuah objek wisata bahari, atau gemar mengujungi pantai-pantai eksotik, atau bahkan pantai dengan suasana yang masih begitu alami dan belum banyak disentuh oleh tangan manusia, kita dapat berkunjung ke salah satu kabupaten diprovinsi Riau, yakni Kabupaten Bengkalis.

Kabupaten Bengkalis, merupakan sebuah daerah kepulauan dengan luas wilayah sekitar kurang lebih 11.481 kilometer persegi, serta meliputi daratan pada bagian timur Pulau Sumatera. Pesona yang ditawarkan dibeberapa titik pada pusat-pusat kota Bengakalis, juga mampu menjadi magnet serta daya tarik yang mampu mengundang banyak wisatawan untuk datang dan berwisata ke daerah tersebut.

Banyak bangunan-bangunan bersejarah serta bangunan dengan gaya serta arsitektur khas kebudayaan Melayu, menjadi salah satu hidangan indah ketika kita berkeliling disekitar daerah yang sejatinya telah dipersiapkan guna menjadi salah satu daerah wisata diprovinsi Riau.

Belum selesai dengan pesona dari kota yang begitu indah dan juga menawan, kita juga akan disuguhkan dengan beberapa sajian wisata bahari. Terdapat beberapa pantai dengan pesona serta pemandangan alam, yang pastinya akan terasa jauh lebih indah, disekitar daerah yang wilayahnya juga terdiri dari beberapa sungai, danau, serta sekitar 24 buah pulau besar dan kecil tersebut.

Transportasi

Pantai Selat Baru Terletak di Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Pantai Selat Baru terletak di utara ibukota Kabupaten Bengkalis, dari Bengkalis  berjarak kurang lebih 17 (tujuh) kilometer dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan  menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Dari Pekanbaru, Ibu Kota Provinsi Riau  pengunjung dapat menggunakan transportasi air dengan mengarungi Sungai Siak menuju pelabuhan Bengkalis dengan jarak tempuh lebih kurang 5 jam, atau juga bisa menggunakan jalur darat dengan jarak tempuh berkisar 5 hingga 6jam ,dengan melewati Kota Siak hingga kemudian melewati Sungai Pakning dan dari Sungai Pakning untuk menuju Bengkalis kita dapat menggunakan Fery penyeberangan atau biasa disebut dengan Roro.

Wisata

Pantai Selat Baru, dapat menjadi salah satu tujuan berwisata bahari di Kabupaten Bengkalis. Pantai yang menyajikan pemandangan alam begitu indah tersebut, terletak di Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Banyak sekali titik-titik dengan pesona indah dapat kita nikmati, pada pantai yang memiliki sebuah kisah sejarah dibalik namanya tersebut.

Dalam beberapa kutipan yang didapat dari beberapa sumber, Selat Baru merupakan sebuah nama yang diberikan oleh seseorang berkebangsaan Belanda, yakni seseorang berpangkat Sersan pada masa penjajahan Belanda. Dengan maksud untuk memperluas daerah jajahan, Sersan dengan sebutan Tuan Conroleur tersebut menyematkan nama Selat Baru pada sekitar tahun 1927, sebelum Negara Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya.

Pantai Selat Baru, juga dikenal sebagai pantai dengan karakter gelombang laut yang begitu tenang dan juga stabil. Hal tersebut menjadikan lokasi pantai ini, banyak sekali dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati kecerian berenang diatas laut yang nyaman dan aman.

Kondisi tersebut menawarkan banyak sekali kegiatan-kegiatan menarik, yang dapat kita lakukan di Pantai Selat Baru. Diantaranya, yakni bersantai sembari menikmati pesona pemandangan alam berupa hamparan pantai, yang juga membentang luas sepanjang sekitar 2 kilometer, atau sekedar bermain diatas butiran pasir dengan tekstur halus dan lembut.

Disamping itu, kita juga dapat melihat sekaligus menikmati pesona dari Gunung Ledang, yang terlihat begitu indah ketika disaksikan dari pesisir Pantai Selat Baru. Menurut penuturan penduduk setempat, gunung tersebut sejatinya merupakan bagian dari wilayah Negara Malaysia.

Terdapat pula beberapa fasilitas wisata lain yang telah disediakan guna memanjakan para wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Selat Baru, diantaranya yakni menikmati pesona Pantai Selat Baru, dengan cara berperahu.

Banyak juga wisatawan yang datang dan menjadikan lokasi pantai tersebut, sebagai salah satu lokasi untuk menyalurkan kegemaran memancing mereka. Disamping itu, karakter gelombang laut yang tenang dan dapat mencapai ketinggian sekitar 1 meter lebih, menjadikan Pantai Selat Baru juga dapat dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan kegiatan berselancar atau Surfing, serta Venue Layar.

Bila kita beruntung, terdapat beberapa kegiatan wisata tahunan yang juga diselenggarakan pada lokasi Pantai Selat Baru. Dimana kegiatan tersebut mementaskan beberapa pertunjukan dari kesenian dan kebudayaan tradisional khas masyarakat Bengkalis. Terdapat pula beberapa perlombaan yang digelar pada kegiatan tahunan tersebut, diantaranya yakni perlombaan Perahu Jong, serta Layang-Layang.

pesta perahu layar Di Pantai Selat Baru - Bali & NTB : Pantai Selat Baru, Bengkalis – Riau
Suasana Senja Di Pantai Selat Baru - Bali & NTB : Pantai Selat Baru, Bengkalis – Riau

Untuk sampai di Pantai Selat Baru, kita dapat menggunakan jasa penyebrangan dengan menggunakan Kapal melalui kota Pekanbaru, untuk menuju Kabupaten Bengkalis. Pantai Selat Baru hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Bengkalis, dan dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum yang tersedia dikota tersebut.

Berbagai fasilitas wisata dapat kita temukan dikota Bengkalis, mulai dari penginapan hingga berbagai tempat makan, tersaji di pusat kota Bengkalis dengan berbagai jenis pilihan tipe maupun harga. Saat ini, pada kawasan Bengkalis juga tengah dibangun sebuah pelabuhan bertaraf internasional, yang akan menghubungkan kawasan tersebut dengan berbagai kota yang terdapat di Pulau Sumatera.

 

Galeri foto dari posting tentang Pantai Selat Baru, Bengkalis – Riau

Ada 5 gambar di dalam Pantai Selat Baru, Bengkalis – Riau posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

Keindahan Pantai Selat baru - Bali & NTB : Pantai Selat Baru, Bengkalis – RiauPantai Selat Baru - Bali & NTB : Pantai Selat Baru, Bengkalis – Riaupesta perahu layar Di Pantai Selat Baru - Bali & NTB : Pantai Selat Baru, Bengkalis – RiauSuasana Senja Di Pantai Selat Baru - Bali & NTB : Pantai Selat Baru, Bengkalis – RiauTumpukan Bebatuan di Pantai selat baru - Bali & NTB : Pantai Selat Baru, Bengkalis – Riau
Diposting pada 18 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: Info Selat Baru, Informasi Selat Baru, Bali, Informasi Bengkalis, Penginapan di Riau, pesisir pantai, sungai .

Apa pendapatmu tentang Pantai Selat Baru, Bengkalis – Riau

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Selat Baru, Bengkalis – Riau Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Jolosutro Blitar
Blitar adalah salah satu kabupaten yang berada di area Laut Selatan, karena itu ...

Pantai Widarapayung Cilacap
Pantai Widarapayung merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten ...

Pulau Asu, Nias – Sumatera U
Pulau Nias, mungkin yang pertama kali ada di benak Anda ketika mendengar nama ...

Wisata Pantai Lasiana, Kupang
Pantai lasiana, adalah salah satu obyek wisata di kabupaten kupang, ntt (nusa tenggara ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe –
The Passage, Raja Ampat – Papua
Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – P
Pantai Ujung Negoro Jawa Tengah
Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalim
Festival Pulau Makasar
Pantai Romodong Objek Menarik Pulau Bang
Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.