Pantai Selong Belanak, Lombok – NTB

Rating: 86 out of 100, by 129 users
pemandangan Pantai Selong Belanak - Bali & NTB : Pantai Selong Belanak, Lombok – NTB

Setiap jajaran pantai yang ada di Pulau Lombok tentu selalu menarik perhatian untuk dikunjungi karena walau berada di satu garis pantai tentu karakteristik setiap pantai itu berbeda. Kali ini kita bahas tentang Pantai Selok Belanak yang letaknya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok di Praya.

Transportasi Dan Akomodasi

Perjalanan ke pantai ini kurang lebih memakan waktu 30-45 menit dari bandara Praya dengan menggunakan mobil. Selama perjalanan menuju pantai ini kita disuguhkan dengan hijaunya alam raya Lombok Tengah, ada sawah, kebun, hutan dan juga bersatu dengan rumah-rumah penduduk.

Perjalanan menuju pantai ini bisa dikatakan mendaki gunung lewati lembah alias naik turun jadi kita memang melewati dataran tinggi perbukitan dan akhirnya sampai juga di pantai selong belanak. Tak lupa di tengah perjalanan ada sebuah bukit yang memang sering dikunjungi orang untuk melihat pemandangan menuju selong belanak dari atas, jangan lupa mengunjungi bukit ini untuk melihat jauh Pantai Selong Belanak dari atas.

Keindahan Pemandangan Pantai Selong Belanak - Bali & NTB : Pantai Selong Belanak, Lombok – NTB
keindahan Pantai Selong Belanak - Bali & NTB : Pantai Selong Belanak, Lombok – NTB

Sesampainya di pantai ini sangat terlihat hamparan luasnya garis pantai yang di sampingnya ada bukit-bukit hijau. Memang sepertinya pantai-pantai di sekitar Lombok Timur dan Tengah banyak yang dikelilingi oleh perbukitan.

Pilihan terbaik ke tempat ini hanya dengan menyewa mobil atau motor karena umumnya di Lombok susah sekali ditemukan kendaraan umum, apalagi pantai ini tidak dikelola secara resmi oleh suatu lembaga jadi terkenalnya hanya dari mulut ke mulut. Walau begitu pantai ini cukup terkenal di telinga wisatawan domestik, ini terlihat dari beberapa mobil berplat B atau L yang parkir di pantai ini.

Di wilayah sekitar pantai ini tidak ditemukan penginapan untuk wisatawan. Berjamurnya pantai di wilayah Lombok sehingga jarang sekali yang mengelolanya secara resmi dan dijadikan resort makanya rata-rata semua pantai di wilayah Lombok itu gratis. Selain itu objek wisata pantai juga bukan merupakan mata pencaharian utama warga Lombok jadi mereka tidak terlalu menaruh perhatian ekstra pada wisatawan. Akan tetapi mereka semua tetap sangat menjaga keasrian dan kebersihan pantai-pantai di sekitar mereka yang terlihat dari tidak adanya sampah di sekitar pantai.

Fasilitas

Pantai Selong Belanak juga sudah mulai berbenah, biasanya setiap weekend pantai ini akan menjadi sesak oleh wisatawan lokal. Untuk itu, setiap weekend kita dikenakan biaya masuk pantai dan parkir kendaraan. Berbeda apabila kita berkunjung di hari-hari biasa yang hanya terkena retribusi parkir saja.

Selain itu, warung-warung yang berada di sekitar pantai sudah mulai ditertibkan dengan cara dibuatkan lapak-lapak kaki lima di tempat yang sudah disediakan dan agak jauh dari bibir pantai. Oleh karena itu, pemandangan pantai tidak akan tertutupi oleh lapak-lapak tersebut dan di sini kita tidak akan pernah kekurangan bekal. Buat Anda yang ingin menginap di sekitar pantai, sudah ada beberapa penginapan di daerah ini mulai dari homestay sampai villa mewah.

Wisata

Di pantai ini cukup ramai dikunjungi penduduk yang terlihat dari lumayan banyaknya perahu-perahu penduduk yang berprofesi sebagai nelayan. Walau ombak di pantai ini tidak terlalu besar namun perahu nelayan banyak yang terparkir di pertengahan laut. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang diapit oleh perbukitan pantai ini bisa dibilang memiliki ombak yang lumayan tapi tidak sekuat itu untuk menghempas badan kita.

Ketika sampai di Selong Belanak ini kita langsung bisa mengetahui keistimewaannya, yaitu pasirnya yang putih dan juga sangat sangat halus seperti tepung. Kelembutan pasirnya membuat kaki kita betah bermanja-manja untuk terus bertelanjang kaki disini. Saking halusnya kontur pasir bahkan di tengah pantai ada kubangan air laut yang meresap dan mengisi daerah pantai yang condong ke bawah (lebih rendah) yang menjadikannya seperti mata air atau sungai kecil di tengah pantai.

Dataran pantai yang sangat luas dengan beralaskan pasir-pasir putih halus memunculkan insting untuk segera bermain lepas, bahkan sepeda motor juga bisa melintas di atas pantai ini karena pasir-pasir halus ini lebih mudah untuk menyatu sehingga daratannya juga memiliki pondasi yang kuat. Kita bisa melihat banyak kepiting-kepiting kecil yang mengukir pasir ini menjadi seperti bermotif dan itu indah sekali.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai memang pada saat siang di mana matahari memberikan pencahayaannya yang sempurna yang membuat air laut menampilkan warna terindahnya indah. Kebetulan waktu mengunjungi pantai selong belanak ini saat sore hari sekitar jam 4-an sehingga matahari sudah mulai condong untuk terbenam dan warna lautnya yang konon katanya biru indah tidak bisa terlalu terlihat.

Pemandangan bukit-bukit yang berjejer di pinggirnya mengingatkan kita pada kontur yang ditunjukkan serupa di pulau-pulau wilayah timur seperti wilayah Pulau Komodo yang juga memiliki bukit-bukit serupa. Hamparan pasir putih nan halusnya membuat kita ingin berlarian di sepanjang garis pantai. Untuk lautnya bisa dikatakan laut di sini cukup cetek sehingga perbedaan kedalamannya tidak terlalu curam dan memungkinkan kita untuk berjalan sampai ke tengah ke tempat perahu nelayan diparkirkan.

Untuk tipe pantai seperti ini tentunya tidak cocok untuk dijadikan wisata bawah laut seperti snorkeling, tapi untuk berenang atau berendam pantai ini cukup asyik dijadikan tempat bermain. Walaupun beberapa perahu diparkirkan di laut dekat pantai ini, akan tetapi pantai ini bukan pantai pusat ikan sehingga jangan khawatir akan bau amis atau kotor karena tidak ada hal-hal seperti itu. Perahu yang ada hanya diparkirkan saja oleh nelayan atau penduduk yang tinggal di sekitar. Pantai ini memiliki daya tarik lain yaitu kita bisa menyaksikan sunset di sini.

Pantai ini cocok sekali dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga karena suasan kekeluargaannya. Di pinggi-pinggir pantai juga banyak warung-warung makanan atau saung-saung untuk bersantai dan menikmati jajanan yang dijajakan penduduk sekitar. Untuk menikmati keindahan pantai ini kita tidak perlu memungut biaya karcis atau parkir.

Selain pasirnya yang bisa mengeras, Selong Belanak juga mempunyai dua macam ombak, yaitu di sisi kirinya menyuguhkan ombak yang tenang dan di sisi sebelah kanannya menyuguhkan ombak yang agak tinggi. Oleh sebab itu, di sisi kanan ini kerap dijadikan sebagai spot surfing, terutama oleh wisatawan mancanegara.

Pe­ngunjung yang memiliki hobi memancing bisa menyewa pe­rahu nelayan. Bisa memancing di dasar berkarang maupun troling. Harga sewa pera­hu berkisar Rp 400.000 per hari, dengan daya tampung empat hingga enam orang. Bisa dibilang para pemancing di Lombok sangat sedikit. Kebanyakan pemancing datang dari luar Lombok.

Berbagai suvenir pun dijajakan. Rata-rata hasil kerajinan khas suku Sasak. Harga terjangkau. Sarung tenun Rp 40.000, selendang tenun cukup Rp 25.000, aksesori ringan seperti gelang Rp 5.000, kaus bergambar Lombok antara Rp 20.000 dan Rp 40.000.

Di Pantai Selong Belanak, tak jauh dari bibir pantai, berderet lapak kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga murah. Segelas kopi manis Rp 4.000 dan teh panas Rp 3.000. Pengunjung yang belum puas dan ingin bermalam tersedia penginapan murah dan home stay serta vila mewah.

Jika ingin mencicipi kuliner khas Lombok, ada beberapa jenis makanan, seperti sate bulayak, pelecing kangkung, ayam taliwang.  Makanan itu dengan mudah bisa ditemukan di rumah makan atau tenda kaki lima dan tempat menginap di seantero Lombok.

Tips:

1. Kalau menggunakan mobil berpenggerak dua roda, sebaiknya parkirkan di are yang tidak berpasir.

2. Jangan kenakan alas kaki selama berjalan di pantai agar telapak kaki tidak lecet.

3. Pantai ini merupakan pantai berpasir putih dengan tekstur lebih halus di bandingkan dengan Pantai Kuta yang memiliki tekstur pasir yang lebih besar seperti merica

4. Kondisi jalan dari Kuta menuju lokasi pada saat itu sangat rusak parah jadi anda dituntut untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan kendaraan (kondisi jalan untuk saat ini mungkin sudah bagus)

5. Jangan lupa untuk membawa beberapa perlengkapan kesehatan seperti obat merah dan obat sakit perut

6. Sangat berguna sekali jika anda membawa pakaian lebih karena umumnya pada saat anda berwisata di pantai pasti akan memerlukan pakain pangganti dikarenakan pakaian digunakan untuk mandi sehingga menjadi basah dll.

7. Jangan lupa untuk membawa kamera, beberapa makanan dan minuman

8. Please keep Lombok Island clean.

 

Galeri gambar dari cerita tentang Pantai Selong Belanak, Lombok – NTB

Ada 7 foto di dalam Pantai Selong Belanak, Lombok – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 foto high-res.

keindahan Pantai Selong Belanak - Bali & NTB : Pantai Selong Belanak, Lombok – NTBKeindahan Pemandangan Pantai Selong Belanak - Bali & NTB : Pantai Selong Belanak, Lombok – NTBPanorama Pantai Selong Belanak - Bali & NTB : Pantai Selong Belanak, Lombok – NTBPantai Selong Belanak dari villa - Bali & NTB : Pantai Selong Belanak, Lombok – NTBPantai Selong Belanak - Bali & NTB : Pantai Selong Belanak, Lombok – NTBpemandangan Pantai Selong Belanak - Bali & NTB : Pantai Selong Belanak, Lombok – NTB
Diposting pada 18 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: transportasi, pulau komodo, objek wisata, pinggir pantai, karang, Pantai Di Pulau NTB, pulau lombok .

Apa pendapatmu tentang Pantai Selong Belanak, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Selong Belanak, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

10 Pantai Terindah Di Nusa Ten
NTT banyak menyimpan potensi wisata yang layak untuk di promosikan, berikut informasi unik ...

Pantai Jelangkung, Malang –
Pantai Jelangkung adalah sebuah pantai di pesisir selatan Pulau Jawa yang secara administratif berada di ...

Pantai Hamadi, Jayapura –
Kota Jayapura memang memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi sebuah kota wisata. ...

Pantai Marina Semarang
Pantai Marina merupakan salah satu taman rekreasi pantai di Kota Semarang, bersebelahan dengan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Bukit Batu, Damar – Belitun
Pantai Lawar, Sumbawa – NTB
Pantai Tambakrejo Blitar
Pantai Jolosutro Blitar
Pantai Batu Payung, Bengkayang – L
Pantai Petitenget dan Pura Kuno
Pantai Kuta di Pulau Lombok
Pantai Wediawu, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.