Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua

Rating: 85 out of 100, by 131 users
skouw sae - Bali & NTB : Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua

Bumi Papua banyak menyimpan tempat indah yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pantai ini yang berada di Jayapura. Jika anda sangat menyukai suasana pantai yang sepi dan jauh dari kebisingan, maka tempat yang satu ini dijamin akan membuat anda betah.

Lokasi Dan Transportai

Tidak sulit untuk menemukan pantai ini, bahkan dari Kota Jayapura pun anda sudah bisa melihatnya. Anda bisa melihatnya dari bukit Angkasa, dari sana sangat jelas pemandangan pantai ini terlihat. Pantai Skouw Sae ini tepatnya terletak di Desa Skouw Sae, Distrik Muara Tami, Jayapura. Letaknya berbatasan dengan Negara tetangga Papua New Guinea. Dapat di tempuh sekitar dua jam perjalanan dari Kota Jayapura dengan menggunakan kendaraan.

Karena lokasinya yang cukup sulit di jangkau, maka dapat dikatakan tidak ada kendaraan umum yang menuju ke pantai ini. Jika anda hendak mengunjunginya, maka harus membawa kendaraan pribadi ataupun menyewa kendaraan umum seperti ojek atau mobil.

Tidak perlu khawatir untuk mencari jasa penyewaan kendaraan disini karena banyak tersedia tempat penyewaan yang bisa anda temukan di parkiran-parkiran hotel, sudut jalan maupun di terminal. Jenis mobil yang disewakan seperti avanza, Xenia dan Innova.

Rata-rata untuk sewa mobil tarifnya sekitar Rp 400.000 – Rp 500.000 per harinya selama delapan jam. Harga tersebut tergantung dari jenis mobil yang akan di sewa dan sudah termasuk mobil dan sopir, namun belum termasuk bensin. Jadi anda masih harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli bahan bakar nantinya.

Jalan yang akan anda lalui sudah beraspal, namun masih terbilang cukup sempit dan banyak tikungan. Selain itu pula kondisi jalan banyak tanjakan dan turunan dengan jurang di sisi kiri dan kanan jalan.

Untuk itu anda harus berhati-hati dalam perjalanan menuju kesini, jangan terlalu kencang membawa kendaraan. Jika anda mempunyai sopir maka selalu ingatkan sopir untuk berhati-hati saat melewati tempat ini.

Wisata

Selama dalam perjalanan menuju ke pantai ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan-hutan rimba yang masih sangat asri dan alami. Jalanan perbukitan disertai jurang yang ada dijamin akan memacu adrenalin anda. Tidak hanya itu, anda pun dapat membeli jajanan saat di tengah perjalanan karena nantinya anda akan melihat beberapa kios yang menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan.

Penjual disini rata-rata adalah orang Jawa yang bertransmigrasi ke Jayapura dan mereka lebih akrab disebut dengan masyarakat Koya. Makanan yang di jual seperti keripik pisang, keripik singkong, jagung manis rebus, tape dan dodol. Harganya pun cukup terjangkau, rata-rata hanya sekitar Rp 5.000 per bungkusnya.

Anda dapat membelinya sebagai cemilan di perjalanan ataupun sebagai bekal untuk di pantai nanti karena di pantai Skouw Sae masih terbilang sepi sehingga sangat jarang atau bahkan tidak ada warung yang menjual makanan dan minuman disana.

Mendekati bibir pantai, anda akan tiba di perkampungan yang sangat unik karena kampungnya langsung menghadap ke lautan lepas Samudera Pasifik. Terdapat tiga perkampungan disini yang semuanya saling berdekatan, yaitu kampung Skouw Mabo, Kampung Skouw Yambe dan Kampung Skouw Sae. Anda dapat berhenti di Kampung Skouw Sae nantinya untuk menitipkan kendaraan dan berjalanan kaki menuju bibir pantai.

Setibanya di Pantai Skouw Sae, anda akan disuguhkan dengan pemandangan luas yang tentunya masih sangat asri dan alami. Dari kejauhan nampak perbukitan yang dapat membuat mata terpesona kala melihatnya.

Sepanjang pantai ditumbuhi dengan pohon-pohon Kasuari yang membuat suasana teduh, anda dapat beristirahat di bawah pohon sambil menyantap bekal yang sudah dibawa. Pantai ini semakin terlihat cantik karena pasir-pasirnya yang sangat kecil dan halus, selain itu pula pasir ini memiliki warna hitam yang membuatnya terlihat lebih unik.

Jika anda tertarik, anda bisa bermain pasir disini. Tidak perlu khawatir dengan batuan karang karena sepanjang bibir pantai hampir tidak ada karang yang dapat melukai kaki. Hanya saja anda harus sedikit waspada karena banyak kayu-kayu yang tergeletak di tepi pantai akibat terseret ombak.

Angin di pantai ini terkadang sangat kencang, jika anda berdiri di bibir pantai menghadap laut, pasti terasa seperti ada yang mendorong ke belakang. Terkadang menjadi hal yang menyenangkan saat mencobanya berulang-ulang. Tidak hanya itu, ombak-ombaknya pun terkadang sangat besar, dapat mencapai sekitar satu-dua Meter, seakan-akan menantang untuk dijelajahi. Sangat cocok jika anda ingin melakukan surfing di pantai ini.

Perairan Pantai Skouw Sae - Bali & NTB : Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua
Suasana Pesisir Pantai Skouw Sae - Bali & NTB : Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua

Tips

1. Sebaiknya anda mencari guide dari desa setempat karena biasanya mereka tahu seluk-beluk pantai ini.

2. Berhati-hatilah saat bermain air di pantai, jangan terlalu berenang ke tengah laut dan sebaiknya anak-anak dilarang untuk mendekati air karena arus dan ombak di pantai ini tidak bisa ditebak, yang terkadang cukup kuat menghantam bibir pantai.

3. Berhati-hatilah saat dalam perjalanan menuju ke pantai ini, perhatikan kecepatan kendaraan anda.

4. Persiapkan bekal makanan dan minuman anda, belilah jajanan di pinggir jalan sebagai oleh-oleh ataupun cemilan di jalan nantinya.

 

Galeri foto dari posting tentang Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua

Ada 3 foto di dalam Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 foto high-res.

Perairan Pantai Skouw Sae - Bali & NTB : Pantai Skouw Sae, Jayapura – PapuaSuasana Pesisir Pantai Skouw Sae - Bali & NTB : Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papuaskouw sae - Bali & NTB : Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua

Apa pendapatmu tentang Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Koka, Sikka – NTT
Pantai Koka merupakan salah satu pantai di Kabupaten Sikka, Propinsi Nusa Tenggara Timur. ...

Pantai Angsana, Tanah Bumbu &#
Pantai Angsana berada di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan selatan. Perjalanan yang ...

Pantai Mawun, Lombok – N
Pulau Lombok memang dikenal sebagai surganya pantai-pantai indah setelah Bali, karena memang pulau ...

Pulau Kalong, Flores – N
Gugusan pulau-pulau kecil yang masuk ke dalam area Taman Nasional Komodo memiliki karakteristik ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Losari di Makassar
Pantai Ratenggaro, Sumba – NTT
Pulau Ular, Sumbawa – NTB
Pantai Nampu di Wonogiri
Pantai Licin, Malang – Jawa Timur
Pantai Ciramea, Banten – Jawa Barat
Pantai Goa Cemara, Bantul – Yogyak
Pulau Tinjil, Pandeglang – Banten

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.