Pantai Tropical, Sumbawa – NTB

Rating: 85 out of 100, by 133 users
Pantai Tropical - Bali & NTB : Pantai Tropical, Sumbawa – NTB

Pantai Tropical – Pantai yang sangat sepi dan jarang di kunjungi bukan berarti jelek, bisa saja karena alasan jauh dari pusat kota membuat kebanyakan masyarakat tidak memiliki banyak waktu untuk pergi rekreasi ke lokasi pantai tersebut. Salah satunya adalah Pantai Tropical ini, meskipun pantai ini sangat indah, namun sayangnya tidak banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi pantai yang satu ini.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Tropical ini memang cukup jauh dari kota Taliwang yang merupakan ibukota kabupaten Sumbawa Barat. Lokasi tepatnya berada di wilayah Rantung, mungkin membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Tropical ini. Namun anda tenang saja, jalanan yang menuju ke lokasi Pantai Tropical ini sangat bagus kok, dan sudah teraspal semua meskipun memang jalannya yang berkelok dan naik turun seperti di perbukitan.

Untuk sampai ke Sumbawa ini sendiri perjalanannya juga cukup memakan waktu, karena anda harus pergi ke Lombok terlebih dahulu agar bisa sampai ke Pulau Sumbawa ini. Untuk berhemat, anda bisa naik bus dari Jakarta ke Lombok, untuk ini anda harus merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp 400.000 per orangnya, meski begitu waktu tempuh dari jakarta ke Lombok akan memakan waktu dua hari, cukup melelahkan memang.

Namun jika anda ingin cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta dengan Tujuan Lombok. Waktunya juga lebih singkat, hanya sekitar 1,5 jam saja. Namun, tentunya harga tiket pesawat dijaman sekarang sudah semakin mahal saja, menurut info yang ada, harga tiket termurah untuk sampai ke lombok kurang lebih adalah sebesar Rp 709.000 untuk orang dewasa.

Dari kota Sumbawa Besar anda bisa naik bus untuk bisa sampai ke kota Taliwang, nah sayangnya untuk ke lokasi Pantai Tropical ini anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi saja, hal ini di karenakan tidak adanya kendaraan umum yang melewati lokasi wisata Pantai Tropical ini meski jalanannya sudah bagus.

Membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 45 menit untuk bisa sampai ke desa Rantung dari kota Taliwang ini, setelah sampai di Rantung, anda bisa memilih jalan di sebelah kiri dari perempatan jalan yang ada, memang awalnya hanya hutan-hutan dan banyak sekali monyet dimana-mana, jalanpun akan mulai berkelok-kelok, dan naik turun, tidak lama kemudian anda akan melihat sebuah pantai yang sangat indah, itulah Pantai Tropical.

Wisata

Entah apa alasannya pantai yang satu ini diberi nama Pantai Tropical, namun yang jelas pemandangan di Pantai Tropical ini benar-benar menampilkan gambaran bahwa beginilah indahnya pantai yang ada di daerah Tropis, hangat oleh cahaya matahari, ombak yang tenang namun terlihat begitu menggiurkan dengan deburannya yang begitu merdu di telinga.

Pantai ini juga memiliki bukit batu yang menjulang tinggi disisi kanannya, dan air laut yang segar dengan warna yang biru kehiajuan, sangat cantik! apalagi pasirnya yang putih itu terlihat begitu lembut di pandang mata, meski pada keyataannya masih ada kerikil-kerikil kecil di pasir tersebut.

Meski memang anda tidak bisa melihat keindahan sunset secara langsung ditempat ini dikarenakan tertutup bukit batunya, maka sebagai gantinya disini anda bisa melihat sunrise dengan bebas, karena sisi bagian kiri pantai ini terbuka bebas.

Tidak butuh biaya untuk masuk ke pantai ini, karena memang jarang ada pengunjung, paling-paling yang datang setiap hari ke pantai ini adalah penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Maka dari itu anda bisa bebas berkemah di pantai yang satu ini, dan tentunya itu akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat menarik bukan.

Keunggulan Pantai Tropical karena memiliki pasir pantai yang mempunyai pasir berbentuk merica dan berwarna putih. Bentuk pantainya pun melengkung seperti danau. Apalagi warna biru pantainya benar-benar eksotis. Pantai ini bisa dibilang pantai yang masih perawan. Hanya sayang di dekat resort Tropical banyak terdapat sampah. Sementara sepanjang kawasan Pantai Tropical lain tampak bersih, baik area pasir pantai ataupun pada air pantai.

Pemandangan Pantai Tropical memang indah. Kita bisa menyaksikan bukit batu. Ketika berjalan-jalan di pasir pantai kita juga bisa menemukan kerang-kerang yang berwarna-warni dengan variasi bentuk yang beraneka ragam. Sesekali kita juga bisa menjumpai hewan-hewan kecil di sekitar pantai seperti kepiting dan keong.

Membicarakan keindahan alam di Nusa Tenggara Barat mungkin tidak ada habisnya. Bagaimana tidak, provinsi yang terdiri dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa ini menyimpan banyak potensi wisata yang mengagumkan. Pantai yang indah pun berlimpah, salah satunya adalah Pantai Tropical. Pantai Tropical berlokasi di Pulau Sumbawa tepatnya di daerah Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat-Nusa Tenggara Barat. Letak Pantai tropical berdekatan dengan lokasi Hotel Tropical.

Pantai tropical memiliki pasir pantai yang halus dan berwarna putih, beberapa pasir di dekat bibir pantai berbentuk seperti merica. Bentuk pantainya pun melengkung seperti danau (lagoon). Apalagi warna biru pantainya benar-benar eksotis, mata kita pun dimanjakan olehnya. Di sekitar pantai kita juga bisa menjumpai perahu-perahu nelayan dan berugak (gazebo tradisional di daerah Nusa Tenggara Barat). Sepanjang kawasan Pantai Tropical tampak bersih, baik area pasir pantai ataupun pada air pantai.

Pemandangan Pantai Tropical memang menawan. Kita bisa menyaksikan bukit batu yang ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan hijau. Bentuk bukitnya cukup unik, seperti cepukan es krim. Waktu berjalan-jalan di pasir pantai kita juga bisa menemukan kerang-kerang yang berwarna-warni dengan variasi bentuk yang beraneka ragam. Sesekali kita juga bisa menjumpai hewan hewan kecil di sekitar pantai seperti kepiting dan keong. Apabila beruntung kita juga bisa menemukan bintang laut yang terbawa oleh ombak menuju pesisir pantai.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini seperti bermain pasir pantai, berenang, snorkeling, selancar, memancing atau bahkan sekedar duduk-duduk santai di pasir pantai bersama dengan orang-orang terdekat. Terkadang di bulan-bulan tertentu pengelola Hotel Tropical juga mendatangkan fasilitas water sport seperti motor boat dan banana boat. Tentunya masyarakat umum juga boleh menyewanya. Kawasan Pantai Tropical juga dijadikan sebagai lokasi objek foto bagi pecinta fotografi. Momen matahari terbit atau tenggelam menjadi bidikan favorit bagi mereka.

Pada hari-hari biasa pantai ini sepi pengunjung. Paling-paling cuma ditemui beberapa penduduk lokal yang sedang memancing ikan. Suasana pantai tampak lengang dan tenang. Oleh karena itu pantai ini paling enak dijadikan sebagai tempat refreshing, melepaskan rasa penat yang ada dalam diri. Tapi suasana ini akan berbeda cerita saat memasuki Bulan Februari atau Maret. Karena Pantai Tropical juga dijadikan sebagai lokasi acara Bau Nyale. Bau Nyale merupakan pesta rakyat setempat untuk menangkap cacing laut yang berwarna-warni, dimana cacing tersebut hanya keluar setahun sekali antara Bulan Februari-Maret.

Tips

1. Jika anda suka akan kerajinan, pasir dari pantai ini sangat putih bersih, dan juga banyak terdapat kerang-kerang kecil yang bisa anda temukan di pesisir Pantai Tropical ini, anda juga bisa menggunakannya untuk hiasan didalam botol, ataupun hiasan dekorasi di rumah anda jika menemukan yang besar.

2. Bagi anda yang suka berjemur, mungkin ini bukanlah masalah, tapi bagi anda yang takut kulit anda terbakar, bisa menggunakan sunblock sebelum berkunjung ke Pantai Tropical ini, karena memang sinar mataharinya amat menyengat.

3. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang benar-benar anda butuhkan sebelum pergi ke Pantai Tropical ini, contohnya pakaian ganti, perlengkapan mandi, dan alas untuk duduk, yang paling penting adalah pelambung, hal ini dikarenakan tidak adanya penyewaan pelampung di pantai ini, jadi anda bisa membawanya sendiri dari rumah kalau memang anda membutuhkannya.

Pesisir Pantai Tropical - Bali & NTB : Pantai Tropical, Sumbawa – NTB
Panorama Pantai Tropical - Bali & NTB : Pantai Tropical, Sumbawa – NTB

4. Sama halnya dengan makan siang, lebih baik anda membeli di luar atau membawa makan siang sendiri saja dari rumah, karena disini hanya menjual makanan kecil saja, lagipula jika anda menyiapkan sendiri bekal makan siang anda dari rumah, anda sudah bisa berhemat selagi liburan.

5. Jaga kesehatan, ada baiknya jika anda makan dulu sebelum berenang, meski sedikit usahakan perut anda tidak kosong, hal ini untuk menghindari masuk angin dan juga kram perut saat berenang. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Nah, untuk itu jangan lupa untuk membawa cadangan obat, meski hanya untuk berjaga-jaga saja.

6. Jika anda berlibur ke kota Sumbawa, anda bisa mencoba berkeliling untuk mencicipi makanan khas kota Sumbawa yang mungkin belum pernah anda cicipi sebelumnya. Anda juga wajib mencicipi susu kuda liar asli di Sumbawa, karena selain menyehatkan, juga memiliki khasiat yang bagus untuk stamina anda.

 

Galeri foto dari informasi tentang Pantai Tropical, Sumbawa – NTB

Ada 5 foto di dalam Pantai Tropical, Sumbawa – NTB informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

Panorama Pantai Tropical - Bali & NTB : Pantai Tropical, Sumbawa – NTBPantai Tropical - Bali & NTB : Pantai Tropical, Sumbawa – NTBPesisir Pantai Tropical - Bali & NTB : Pantai Tropical, Sumbawa – NTBSuasana Senja di Pantai Tropical - Bali & NTB : Pantai Tropical, Sumbawa – NTBKeindahan Pantai Tropical - Bali & NTB : Pantai Tropical, Sumbawa – NTB
Diposting pada 14 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: sekongkang, water sport, Informasi Pantai Tropical, snorkeling, hotel, kerang, pantai tropica .

Apa pendapatmu tentang Pantai Tropical, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tropical, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai di daerah Krui Lampung
Krui adalah ibukota kecamatan Pesisir Tengah di dalam Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Krui ...

Pantai Kenjeran, Satu Dari Der
Selain 'Kota Pahlawan', Surabaya juga dijuluki 'Kota Pantai'. Ibukota Jawa Timur ini memang ...

Pantai Nunsui, Kupang –
Nunsui adalah nama sebuah pantai yang lokasinya berdekatan dengan dua objek wisata pantai ...

Pantai Pulau Peucang Ujung Kul
Taman Nasional Ujung Kulon terletak di ujung barat Pulau Jawa. Kawasan Taman Nasional ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong R
Pantai Bentar, Probolinggo – Jawa
pink beach, labuan bajo – NTT
Pantai Sadranan Menakjubkan di Gunung Ki
Pantai Benete, Sumbawa – NTB
Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh
Pantai Lagundri, Nias – Sumatera U
Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu War

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.