Pantai Lawar, Sumbawa – NTB

Rating: 87 out of 100, by 123 users
keindahan pantai lawar - Bali & NTB : Pantai Lawar, Sumbawa – NTB

Pantai Lawar – Sajian wisata alam yang beragam dan berbeda merupakan kekayaan alam luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia. Kecantikkan pantai-pantai di Pulau Sumbawa merupakan salah satunya. Misalnya Pantai Lawar, selain menyajikkan kecantikkan alam dengan suasana pantainya, objek wisata yang satu ini juga bisa memberikan suasana tenang bagi para wisatawan yang bertandang ke pantai cantik ini.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Lawar bisa anda temukan di pesisir barat Pulau Sumbawa, tepatnya di kawasan Kecamatan Sekongkang, Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Memang cukup jauh jaraknya jika anda berada di ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat yang berada di Pulau Lombok yakni Kota Mataram. Namun, soal transportasi bukanlah hal yang sulit dan ada berbagai cara untuk mencapainya.

Dari kota Mataram, anda bisa menyebrang menuju Pulau Sumbawa melalui Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur, menggunakkan kapal ferry dan ongkos sekitar Rp 18.000*) per orang.

Penyebrangan akan memakan waktu kurang lebih dua jam dan anda akan tiba di Pelabuhan Poto Tano di Pulau Sumbawa. Dari sini, anda bisa langsung melanjutkan perjalanan darat anda ke kawasan Sekongkang dan menelusuri pantai-pantai di kawasan ini yang salah satunya adalah Pantai Lawar.

Namun, apabila anda tidak ingin repot atau anda berwisata menggunakkan angkutan umum dari Mataram, anda bisa menggunakkan bis damri dari terminal mandalika dengan jurusan Mataram – Sekongkang. Rute yang akan anda tempuh adalah Terminal Mandalika kemudian menuju Pelabuhan Kayangan untuk menyebrang dan tiba di Pulau Sumbawa.

Kemudian anda akan melewati Taliwang – Jereweh – Benete – Maluk dan kemudian tiba di kawasan Sekongkang. Ongkos yang harus anda bayarkan jika menggunakkan bis damri sekitar Rp 70.000*) per orang. Kemudian, anda bisa melanjutkan dengan menggunakkan ojek ataupun menyewa kendaraan untuk menuju Pantai Lawar.

Penyewaan mobil biasanya memasang tarif sekitar Rp 400.000 – Rp 600.000*) per hari dan sudah termasuk sopir. Dengan begitu, anda tidak perlu bingung mencari jalan ataupun rute untuk menuju ke destinasi wisata anda. Namun, untuk anda yang sudah berada di Sumbawa, anda bisa menggunakkan angkutan berupa mobil engkel yang akan membawa anda menuju beberapa kecamatan di Sumbawa.

Tarifnya juga lebih murah dibanding anda menggunakkan ojek ataupun taksi. Namun, untuk menuju pantai ini dengan engkel, anda tetap harus menyambungnya dengan ojek, namun jaraknya sudah tidak begitu jauh dan ongkosnya pun menjadi lebih murah.

Fasilitas

Fasilitas berupa bungalow, bar dan restaurant telah disediakan oleh pengelola untuk para pengunjung menambah kenyamanan anda menikmati keindahan pantai ini.

Bagi anda yang memiliki hobby memancing, Jangan ragu untuk mencoba peruntungan anda untuk mendapatkan Ikan-ikan seperti kerapu, mengali, tenggiri dan lainnya. Lebih nikmat lagi bila anda langsung menyantap hasil pancingan anda  langsung di lokasi. Dijamin, rasanya tidak akan membuat anda berpikir dua kali untuk mengunjungi pantai ini di lain waktu, tentu saja bersama rombongan memancing anda.

Wisata

Pantai Lawar merupakan salah satu pantai di pesisir barat pulau Sumbawa yang di dekatnya juga terdapat beberapa pantai lainnya yakni Pantai Rantung dan Pantai Tropica. Jaraknya dari Pantai Rantung hanya sekitar 3 hingga 5 kilometer saja.

Di Pantai Lawar anda bisa menikmati keindahan pantai dengan pasir yang berwarna sangat putih dan sangat halus sehingga sangat nyaman untuk dipijak. Apabila anda sedang berwisata di pantai ini sebaiknya lepaslah alas kaki anda dan nikmati sendiri halusnya pasir yang dimiliki Pantai Lawar.

Pantai ini juga menyuguhkan suasana alami dengan bebatuan besar di salah satu sisi pantai. Bagian ini merupakan lokasi yang menarik untuk dibidik dengan kamera dengan mengarahkan view ke bagian laut biru serta diwarnai dengan putihnya pasir pantai.

Kawasan pantai ini memang tidak begitu luas karena posisinya yang diapit oleh dua perbukitan sehingga pandangan anda menjadi lurus ke arah lautan. Namun, dengan adanya dua bukit ini menjadikannya berbeda dan terlihat sangat cantik.

Ombak yang dimiliki Pantai Lawar tergolong cukup besar, namun masih tergolong aman bagi anda yang ingin berenang ataupun sekedar bermain air. Tetapi, tetap saja harus berhati-hati untuk meminimalisir kemungkinan hal-hal yang tak diinginkan. Apalagi, Pantai Lawar merupakan pantai yang tergolong sepi.

Bukan karena kurang menarik, tetapi kemungkinan karena kurangnya promosi wisata terhadap pantai ini. Keuntungannya, dengan begitu pantai ini sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata alam yang alami serta menginginkan suasana yang tenang dan serasa berada di pantai pribadi.

bebatuan Besar di pesisir pantai lawar - Bali & NTB : Pantai Lawar, Sumbawa – NTB
panorama pantai Lawar - Bali & NTB : Pantai Lawar, Sumbawa – NTB

Biasanya, tiap bulan Juli hingga September, pantai ini sering didatangi oleh wisatawan-wisatawan asing yang datang menggunakkan speed boat mewah dan merapat di pinggir Pantai Lawar. Kebanyakkan dari mereka datang dari Pulau Bali dan Pulau Lombok.

Tips

1. Sempatkan kunjungan anda ke pantai lainnya yang berada di sekitar Pantai Lawar. Akan lebih puas lagi apabila anda menyewa kendaraan, jika anda tidak membawa kendaraan pribadi.

2. Jika ingin hemat, carilah informasi penyewaan motor di Sumbawa atau anda bisa menyewa pada tukang ojek, namun biasanya harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan anda menyewa pada tempat yang khusus menyewakan motor.

3. Gunakkan sunblock apabila anda ingin bersantai ataupun berenang di pantai untuk mengurangi resiko kulit anda tersengat matahari. Apalagi cuaca Sumbawa tergolong cukup panas.

Puaskan keinginan wisata anda dengan dengan mengunjungi tiap sisi cantik dari Pulau Sumbawa. Ada banyak lokasi wisata yang siap memanjakan mata anda dan membuat anda terpesona dengan keindahan alamnya. Langkahkan kaki anda menuju Pantai Lawar dan nikmati sendiri pesonanya.

 

Galeri foto dari informasi tentang Pantai Lawar, Sumbawa – NTB

Ada 3 foto di dalam Pantai Lawar, Sumbawa – NTB informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 foto high-res.

panorama pantai Lawar - Bali & NTB : Pantai Lawar, Sumbawa – NTBbebatuan Besar di pesisir pantai lawar - Bali & NTB : Pantai Lawar, Sumbawa – NTBkeindahan pantai lawar - Bali & NTB : Pantai Lawar, Sumbawa – NTB
Diposting pada 10 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: bebatuan, kapal ferry, pantai sumbawa, sekongkang, pelabuhan kayangan, pulau, pasir putih .

Apa pendapatmu tentang Pantai Lawar, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Lawar, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Cipatujah, Tasikmalaya
Pantai Cipatujah, dengan luas 115 ha, merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu ...

Pantai Pangumbahan Ujung Gente
Pantai Pangumbahan adalah kawasan pantai di Ujung Genteng yang menjadi kawasan cagar alam ...

Pantai Sembulang, Batam –
Pulau Batam maupun wilayah-wilayah di Kepulauan Riau tidak akan terlepas dari unsur bahari. ...

Pulau Belibis, Solok – Sumat
Ada banyak tempat wisata Solok yang menonjolkan keindahan panoramanya, dan Pulau Belibis adalah ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh
Pantai Pintu Kota, Ambon – Maluku
Pulau Rani, Raja Ampat – Papua
Pulau Um, Sorong – Papua
Pantai Santolo Garut
pantai Kamali, Bau Bau – Sulawesi
Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Ti

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.