Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB

Rating: 87 out of 100, by 118 users
pasir putih pantai Ai Long - Bali & NTB : Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB

Pantai Ai Loang – Pulau Sumbawa memang memiliki lokasi-lokasi wisata pantai yang sangat indah, baik itu yang sudah di kelola dengan baik, maupun belum tetap memancarkan keindahan alamnya dengan sangat baik. Salah satunya adalah Pantai Ai Loang ini, Pantai yang satu ini juga memiliki potensi wisata yang begitu besar , bahkan wisatawan asing juga kerap datang ke Pantai Ai Loang ini.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Ai Loang ini adalah salah satu pantai di kota Sumbawa besar yang berlokasi di Desa Penyaringan, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Ai Loang ini juga tidak begitu sulit, karena jalannya yang beberapa waktu lalu rusak sudah mulai diperbaiki.

Meski begitu anda tetap tidak bisa datang menggunakan kendaraan umum, maka mau tidak mau anda harus pergi dengan kendaraan pribadi atau anda bisa menyewa kendaraan.

Jarak dari kota Sumbawa Besar ke lokasi Pantai Ai Laong atau Pantai Tanjung Lamona ini mencapai sekitar 21 kilometer, dan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1,5 jam untuk bisa sampai ke lokasi wisata yang satu ini.

Begitu anda sudah hampir sampai di Desa Penyaringan, di jalan besar anda akan melihat sebuah papan penunjuk arah yang menunjukkan lokasi Pantai Ai Loang, nah anda tinggal ikuti saja petunjuk arah tersebut, dan tidak lama kemudian anda sudah bisa melihat sedikit keindahan dari Pantai Ai Loang ini.

Untuk sampai ke Sumbawa ini sendiri perjalanannya juga cukup memakan waktu, karena anda harus pergi ke Lombok terlebih dahulu agar bisa sampai ke Pulau Sumbawa ini. Anda bisa naik bus dari Jakarta dengan tujuan Lombok, dan untuk ini anda harus merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp 400.000*) per orangnya, meski begitu waktu tempuh dari jakarta ke Lombok akan memakan waktu dua hari, cukup melelahkan memang. Namun jika anda ingin cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat.

Setelah sampai di Lombok, maka anda tinggal melanjutkan perjalanan untuk bisa sampai ke kota Mataram, dan dari kota mataram anda bisa memilih kendaraan umum lainnya untuk mengantar anda ke kota Sumbawa. Anda bisa menggunakan damri dengan Rute Mataram –Sumbawa dengan harga tiket sekitar Rp 65.000*) per orangnnya, dalam kurun waktu 3 – 4 jam anda akan sampai di kota Sumbawa Besar.

Fasilitas

Selain itu fasilitas Pantai Ai Loang ini termasuk sangat lengkap , ada begitu banyak gazebo yang disediakan untuk digunakan para pengunjung bersantai. Disini juga terdapat ruang bilas, toilet, hingga mushola untuk anda yang menunaikan ibadah sholat.

Untuk anak-anak juga disediakan playground, dan anda tidak hanya bisa menyewa pelampung di pantai ini, namun juga sepeda air, dan kalau lapar anda tinggal membeli makanan dari cafetaria yang ada di Pantai Ai Loang ini.

Hal lain yang membuat pantai lamona menjadi tempat wisata yang dipilih oleh pengunjung adalah karena keamanan tempat bermain (berenang) yang disiapkan oleh pihak hotel. Tidak seperti tempat wisata pantai pada umumnya, yang membiarkan pengunjung bermain atau berenang langsung di laut lepas.

Di tempat ini fasilitas berenang dibuat khusus di bibir pantai (bukan kolam renang) tanpa langsung berada di laut lepas. Sehingga keamanan bagi pengunjung dapat di awasi dengan sangat baik. Penataan tempat berenang pun dibuat seperti bentuk hati sehingga membuat tempat berenang lebih menarik.

Wisata

Pantai Ai Loang ini adalah sebuah tempat wisata yang selalu ramai oleh pengunjung, hal ini karena pantai ini bersih, dan juga aman untuk anak-anak karena sepanjang pesisir pantainya tidak terlalu dalam dan amat jernih, selain itu fasilitasnya juga termasuk lengkap dan bisa memberikan kenyamanan yang baik untuk para pengunjung, jadi tak heran kalau banyak masyarakat yang lebih memilih untuk berekreasi di Pantai Ai Loang ini ketimbang ke pantai lainnya.

Pantai Ai Loang ini juga di kenal dengan nama Pantai Tanjung Lamona, dan mulai diresmikan sejak tanggal 17 Mei 2011 yang lalu. Pantai ini di terletak di antara Tanjung Menangis dan Laut Flores, dan tepat di seberangnya anda bisa melihat Pulau Moyo dari kejauhan.

Karena berdekatan dengan laut Flores inilah yang membuat Pantai Ai Loang ini memiliki taman laut yang cukup indah bagi para penggemar snorkeling dan diving, ada banyak terumbu karang dan coral yang bisa anda lihat di perairan Pantai Ai Laong ini meski memang jumlahnya tidak sebanyak yang berada di Laut Flores dan perairan Pulau Moyo.

Meski Pantai Ai Loang ini berada di kawasan Samawa Transit Hotel, namun Pantai Ai Loang ini di buka untuk umum, dan tentunya bagi yang tidak menginap di hotel ini harus membayar tiket masuknya. Pantai ini buka dari jam 09:00 – 16:00 WIB pada hari Senin – Kamis, namun untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari-hari besar lainnya akan buka dari jam 09:00 – 17:00 WIB, sedangkan pada hari Jum’at pantai ini akan tutup dikarenakan libur.

meski tergolong baru pantai tanjung lamona merupakan pantai yang memiliki omset cukup tinggi, terbukti penjualan tiket yang melunjak naik saat hari libur. Menurut mas Aji, pengelolah pantai tanjung lamona yang kami jumpai di lokasi bahwa  omset yang didapatkan oleh perusahaan pada perayaan tahun baru lalu, mencapai 31 juta dari hasil penjualan tiket masuk dan penjualan kuliner serta penyewaan wahana bermain.

Eksotika yang membuat pantai lamona semakin diminati oleh banyak pengunjung karena lokasinya yang sangat strategis. Sebelah barat pantai lamona berbatasan dengan laut flores, sebelah timur berbatasan dengan tanjung menangis, sebelah selatan berbatasan dengan pulau moyo, dan sebelah utara berbatasan dengan desa Ai Bari kecamatan moyo utara.

Pemandangan laut dari pantai lamona terhampar luas sejauh mata memandang. Wisata taman laut yang terdapat di pantai ini juga sangat indah karena berada di sekitar taman laut pulau moyo yang sering digunakan untuk wisata diving/snorkling.

Pemandangan sore hari yang mempesona juga dapat dinikmati oleh setiap pengunjung yang ingin menyaksikan matahari terbenam.

Hal lain yang membuat pantai lamona menjadi tempat wisata yang dipilih oleh pengunjung adalah karena keamanan tempat bermain (berenang) yang disiapkan oleh pihak hotel. Tidak seperti tempat wisata pantai pada umumnya, yang membiarkan pengunjung bermain atau berenang langsung di laut lepas.

Di tempat ini fasilitas berenang dibuat khusus di bibir pantai (bukan kolam renang) tanpa langsung berada di laut lepas. Sehingga keamanan bagi pengunjung dapat di awasi dengan sangat baik. Penataan tempat berenang pun dibuat seperti bentuk hati sehingga membuat tempat berenang lebih menarik.

Tips
1. Bagi anda yang suka berjemur, mungkin ini bukanlah masalah, tapi bagi anda yang takut kulit anda terbakar, bisa menggunakan sunblock sebelum berkunjung ke Pantai Ai Loang ini, karena memang sinar mataharinya lumayan menyengat, apalagi jika sedang musim kemarau, tentunya cuaca akan semakin panas.

2. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang benar-benar anda butuhkan sebelum pergi ke Pantai Ai Loang ini, contohnya pelambung, karena meski ada tempat penyewaan pelampung, belum tentu anda kebagian, mengingat pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini cukup banyak.

3. Untuk makan siang, lebih baik anda membeli di luar atau membawa bekal makan siang sendiri saja dari rumah, karena makanan yang di jual di cafetaria pantai ini cenderung mahal, namun jika anda merasa repot untuk menyiapkan dari luar, maka anda bisa makan di cafetaria ini.

pasir putih pantai Ai Long - Bali & NTB : Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB
fasilitas permainan di pantai Ai Loang   Sumbawa - Bali & NTB : Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB

4. Jaga kesehatan, ada baiknya jika anda makan dulu sebelum berenang, meski sedikit usahakan perut anda tidak kosong, hal ini untuk menghindari masuk angin dan juga kram perut saat berenang. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Nah, untuk itu jangan lupa untuk membawa cadangan obat, meski hanya untuk berjaga-jaga saja

5. Jika anda berlibur ke kota Sumbawa, usahakan jangan hanya sekedar mengunjungi tempat-tempat wisata alamnya saja, anda bisa mencoba berkeliling untuk mencicipi makanan khas kota Sumbawa yang mungkin belum pernah anda cicipi sebelumnya. Anda juga wajib mencicipi susu kuda liar asli di Sumbawa, karena selain menyehatkan, juga memiliki khasiat yang bagus untuk stamina anda.

Menyenangkan memang pergi berlibur ke tempat-tempat wisata yang menarik bersama keluarga tercinta ataupun teman-teman dekat, meski mungkin memang tidak banyak hal yang bisa di lakukan namun tentunya akan memberikan kenangan yang indah.

 

Galeri dari cerita tentang Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB

Ada 7 foto di dalam Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 foto high-res.

fasilitas permainan di pantai Ai Loang   Sumbawa - Bali & NTB : Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTBkolam untuk berenang berbentuk Love - Bali & NTB : Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTBpasir putih pantai Ai Long - Bali & NTB : Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTBpemandangan dari resort - Bali & NTB : Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTBpemandangan pantai ai Loang - Bali & NTB : Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTBpesona pantai ai Loang - Bali & NTB : Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB
Diposting pada 3 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: Akomodasi Pantai Ai Loang, Wisata Pulau Sumbawa, Wisata Sumbawa, berjemur, Lombok, tempat wisata, snorkling .

Apa pendapatmu tentang Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Kampung Wisata Enggros – Jay
Kampung Wisata Enggros – Indonesia yang kaya akan budaya, bisa menjadi daya tarik ...

Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di DKI Jakarta. Wilayahnya meliputi gugusan ...

Pantai Trisik Nuansa Pedesaan
Pantai Trisik merupakan pantai pertama di Kabupaten Kulon Progo yang akan ditemui bila ...

Pantai Purwahamba yang Teduh d
Suburnya tumbuhan nyiur meneduhkan suasana di tepi pantai. Kenyamanan ini semakin bertambah indah ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Balian, Jembrana – Bali
Pantai Ama Hami, Bima – NTB
Pulau Ular, Sumbawa – NTB
Pantai Marina Semarang
Pantai Ekas, Lombok – NTB
Pantai Natsepa Ambon
Pantai Gapang Wisata Pantai Bahari di Te
Pantai Goa Cemara, Bantul – Yogyak

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.