Pulau Kaung, Sumbawa – NTB

Rating: 82 out of 100, by 66 users
Sunset Di Pulau Kaung - Bali & NTB : Pulau Kaung, Sumbawa – NTB

Sumbawa bisa menjadi sebuah tujuan wisata yang bagus untuk di kunjungi saat liburan nanti, terbukti banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik disini. Ada berbagai macam pantai yang alami dan eksotis dengan keunikannya masing-masing, ada pula pulau-pulau kecil dengan pemandangan yang sangat indah dan tentunya mampu memberikan kenyamanan dan ketenangan karena jauh dari pusat kota. Contohnya saja adalah Pulau Kaung ini, dimana anda juga bisa menemukan berbagai kerajinan tangan yang mungkin jarang anda temukan di tempat lain.

Lokasi dan Transportasi

Pulau kaung ini adalah salah satu Pulau Kecil di wilayah Sumbawa, atau tepatnya merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Bagi anda yang berada di kota Sumbawa Besar bisa menggunakan bus ataupun kendaraan umum lainnya untuk sampai ke Pulau Kaung ini, apalagi sekarang anda tidak perlu menyeberang dengan kapal lagi, hanya dengan motor ataupun dokar anda sudah bisa menyeberang ke Pulau Kaung ini, meski mungkin untuk menggunakan mobil masih sulit.

Sedangkan bagi anda yang berasal dari luar Sumbawa, anda bisa memilih naik bus dengan tujuan Lombok dari tempat asal anda, kalau misalkan anda berasal dari Jakarta, maka tarif standar bus untuk ke Lombok ini kurang lebih sebesar Rp 400.000 per orangnya, dengan waktu tempuh dua hari, namun tentunya tarif bus dan juga lama perjalanannya tergantung dari mana lokasi pemberangkatan anda, semakin dekat jaraknya akan semakin murah harganya.

Jika anda ingin lebih cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat, akan tetapi, seperti yang anda tahu bahwa harga tiket pesawat dijaman sekarang ini sudah semakin mahal saja, bahkan menurut info yang ada, harga tiket termurah untuk sampai ke lombok kurang lebih adalah sebesar Rp 709.000 untuk orang dewasa.

Begitu anda sampai di kota Lombok, maka anda bisa melanjutkan perjalanan ke kota Mataram terlebih dahulu, dari Mataram anda bisa naik damri ataupun menyewa kendaraan sendiri ke Pelabuhan Kayangan, nah dari Pelabuhan Kayangan anda bisa lanjut naik kapal ferry untuk langsung menyeberang ke Pulau Sumbawa, setelah itu baru anda bisa melanjutkan untuk perjalanan untuk sampai ke Pulau Kaung, waktu tempuhnya kurang lebih sekitar 4 jam dari Mataram, dan itu berarti, hanya perlu 2 jam dari Pelabuhan Poto Tano ke Pulau Kaung ini.

Wisata

Mungkin memang pulau yang satu ini tidak terlalu begitu terkenal seperti pulau-pulau yang lainnya, namun keindahan dan keeksotisan pulau ini tidak terlalu berbeda dengan pulau moyo yang berada tidak terlalu jauh darinya. Apalagi penduduknya juga terkenal sangat ramah, tentu hal ini merupakan modal yang sangat menunjang potensi wisata yang memang sudah di miliki oleh pulau kaung ini.

Pulau kaung ini juga memiliki pantai yang sangat indah, anda bisa melihat laut lepas dengan bebas tanpa penghalang, dan lagi pemandangan sunset dari pesisir pantai pulau kaung ini sangat indah. Banyak pengunjung yang datang berkunjung bukan sekedar menikmati pemandangan dan berekreasi bersama keluarga, tapi juga untuk memancing, apalagi ada sebuah dermaga kecil yang sampai ke tengah laut, dan spot itu merupakan tempat yang sangat bagus untuk memancing.

Di Pulau Kaung ini anda juga bisa membeli berbagai macam souvenir dan kerajinan tangan lainnya yang berasal dari kerang-kerang yang banyak di temukan di Pulau ini. Bentuknya juga beragam lho, bentuknya yang unik menjadi cirri khas tersendiri di Sumbawa.

Kalau di kota Sumbawa Besar, anda bisa menemukannya di pasar-pasar yang menjual cinderamata, dan harganya juga lumayan. Nah, kalau beli langsung disini, sudah harganya murah, asli, bisa dapat diskon lagi, tentunya lebih menguntungkan bukan.

Tips

1. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca disini memang terbilang cukup panas saat siang hari, apalagi saat musim kemarau, meski mungkin panasnya memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke Pantai Pulau Kaung yang airnya lumayan sejuk ini.

2. Kalau anda ingin melakukan beberapa kegiatan seperti Diving, Snorkeling, ataupun hanya berenang-renang di pantai pulau kaung ini, lebih baik anda jangan terlalu terburu-buru, sebelumnya pastikan bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman.

3. Karena Pulau Kaung ini termasuk kecil, jadi pastinya tidak ada toko yang menyiapkan alat-alat selam di pulau ini, jadi ada baiknya anda menyiapkan sendiri dari awal keberangkatan liburan anda, atau anda bisa menyewa sendiri peralatan tersebut dari sebelum menyeberang ke Pulau Kaung.

4. Jaga kesehatan, ada baiknya jika anda makan dulu sebelum berenang, meski sedikit usahakan perut anda tidak kosong, hal ini untuk menghindari masuk angin dan juga kram perut saat berenang. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Nah, untuk itu jangan lupa untuk membawa cadangan obat, meski hanya untuk berjaga-jaga saja.

Suasana Senja Di Pulau KAung - Bali & NTB : Pulau Kaung, Sumbawa – NTB
Sunset Di Pulau Kaung - Bali & NTB : Pulau Kaung, Sumbawa – NTB

5. Jika anda berlibur ke kota Sumbawa, anda juga wajib mencicipi susu kuda liar asli di Sumbawa, karena selain menyehatkan, juga memiliki khasiat yang bagus untuk stamina anda.

6. Lalu anda juga bisa mencicipi Sepat yang hampir sejenis seafood namun dengan kuah yang asam-asam segar, lalu ada Gecok yang berupa makanan olahan daging sapi, kemudian Ayam bakar Taliwang, dan masih banyak yang lainnya.

 

 

Kumpulan Gambar dari konten tentang Pulau Kaung, Sumbawa – NTB

Ada 3 gambar di dalam Pulau Kaung, Sumbawa – NTB konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 gambar high-res.

Pulau Kaung - Bali & NTB : Pulau Kaung, Sumbawa – NTBSuasana Senja Di Pulau KAung - Bali & NTB : Pulau Kaung, Sumbawa – NTBSunset Di Pulau Kaung - Bali & NTB : Pulau Kaung, Sumbawa – NTB

Apa pendapatmu tentang Pulau Kaung, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Kaung, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Taman Laut Pulau Kangean Besar
Indonesia merupakan negara kepulauan, tak heran jika keindahan bawah lautnya juga diakui oleh ...

Pantai Gapang Wisata Pantai Ba
Pantai Gapang di Kota Sabang, Pulau Weh, adalah salah satu pilihan wisata bahari ...

Pantai Bozihona, Nias –
Pulau Nias, berbicara tentang pulau ini tentunya kita telah mengetahui bahwa pulau yang ...

Pantai Modangan, Malang – Ja
Kota Malang dikenal menyimpan banyak pantai yang indah. Pantai-pantai eksotik itu membentang mulai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timu
Pantai Nongsa, Batam – Kepulauan Riau
pantai Bakaro, Papua Barat
10 Pantai Terindah di Indonesia
Pantai Pangandaran Daya Tarik Istimewa
Pantai Karang Copong, Banten – Jawa Ba
Teluk Saleh, Sumbawa – NTB
Pantai Batu Nona, Kupang – NTT

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.