Pantai Balat, Sumbawa – NTB

Rating: 87 out of 100, by 119 users
Pantai Balat - Bali & NTB : Pantai Balat, Sumbawa – NTB

Pantai Balat – Panorama alam yang disuguhkan di Pulau Sumbawa memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Kondisinya yang sebagian besar masih alami dan asri ini kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Salah satu sisi keindahan yang bisa anda temukan adalah panorama alam pantai-pantainya yang sungguh memukau. Salah satunya adalah pantai Balat, merupakan pantai eksotis yang menghadirkan keindahan alami. Sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga.

Lokasi Dan Transportasi

Secara administratif Pantai Balat berada di wilayah desa Labuan Balat, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Berada sekitar enam Kilometer dari sebelah Barat Kota Taliwang atau dapat ditempuh sekitar 15 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil ataupun motor dengan melewati kondisi jalan yang cukup bagus.

Untuk mencapai kesana ada beberapa alternatif kendaraan yang bisa anda gunakan, baik dengan membawa kendaraan pribadi, umum ataupun dengan menyewa. Jika sebelumnya anda masih berada di Lombok maka ada transportasi yang bisa langsung menuju Taliwang. Anda bisa naik Bus Damri dengan jurusan Mataram-Taliwang dari Kota Mataram.

Ongkosnya cukup membayar sekitar Rp 70.000*) per orang. Jika anda ingin lebih menikmati perjalanan, dari Lombok anda bisa menuju ke Pelabuhan Kayangan terlebih dahulu untuk kemudian menyeberang ke Pelabuhan Pototano di Sumbawa Besar. Penyeberangan memakan waktu sekitar 1-2 jam dengan menggunakan kapal ferry milik ASDP. Setibanya di Pelabuhan Pototano barulah anda dapat melanjutkan perjalanan langsung menuju Taliwang.

Setibanya di Taliwang nanti, anda bisa naik ojek atau menyewa mobil untuk menuju pantai Balat. Sebenarnya baik di Lombok maupun di Sumbawa, banyak terdapat jasa penyewaan mobil. Terserah pilihan anda mau menyewa dimana nantinya. Jasa penyewaan mobil disini harganya bervariasi, rata-rata berkisar antara Rp 400.000*) – Rp 600.000*) per harinya, tergantung dari jenis mobil yang akan disewa. Jenis mobil tersebut seperti APV, Avanza, Xenia dan Innova.

Dengan harga yang ditawarkan tersebut biasanya sudah termasuk pula dengan sopirnya, jadi anda bisa lebih nyaman dan tidak perlu bingung lagi mencari rute tujuan.

Fasilitas dan Akomodasi

Di tepian pantainya dibangun tempat duduk untuk anda menikmati panorama pantai. Terdapat pula tempat penyewaan kano yang bisa anda gunakan untuk bermain air. Jika anda merasa haus dan lapar, di pantai ini tersedia beberapa café dan kantin yang berdiri, menjual berbagai macam makanan dan minuman yang bisa anda beli. Terdapat pula hotel, salah satunya bernama Balat Beach Cottage (BBC).

Wisata

Perairan pantai Balat Taliwang Sumbawa Barat yang selama ini terkesan dipandang Sebelah mata sejumlah pihak, ternyata memiliki Potensi untuk dikembangkan sebagai tempat wisata.

Balat merupakan tempat wisata yang paling cocok untuk liburan maupun untuk penelitian. Di Pantai Balat kita tidak hanya bisa menikmati objek tapi juga kita bisa menikmati keindahan yang sangat luar biasa disana. Kita juga bisa memancing ikan di pantai.

Selain itu ditengah laut di Pantai Balat terdapat budidaya mutiara dan kerambah tempat memelihara ikan. Gunung di Pantai Balat memiliki tebing yang curam yang biasa digunakan untuk olahraga panjat tebing. Selain itu Balat juga sering dipakai untuk kegiatan seperti berkemah, dll. Pada Januari 2008 PIR (Perkemahan Ilmiah Remaja ) tingkat Provinsi NTB kerjasama antara DBEB dan LIPI ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ) dilaksanakan dipantai Balat.

Pantai Balat merupakan tempat yang cocok bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga maupun dijadikan sebagai lokasi penelitian. Keindahan yang disuguhkan dari pantai ini sangat lengkap karena masih banyak memiliki sumber daya alam yang sangat alami. Tidak hanya pemandangan dari daratnya yang indah, namun pemandangan bawah lautnya pun tak kalah cantiknya.

Suasananya yang asri dengan air lautnya yang sangat bersih sangat membuat nyaman bagi setiap wisatawan yang ingin menikmatinya. Bahkan dari atas permukaan air lautnya pun kita dapat melihat ikan-ikan yang berenang kesana-kemari. Jika anda memiliki hobi memancing, sepertinya pantai ini cocok bagi anda untuk menyalurkan hobi karena anda bisa memancing hanya dari tepian pantainya saja.

Kondisi bawah lautnya pun masih banyak terumbu karang dengan berbagai jenis dan ukuran. Terumbu ini masih sangat alami dan jauh dari kerusakan. Keadaan semakin cantik dengan adanya beberapa biota laut lainnya yang menghuninya.

Keasrian yang ada di laut pantai ini sampai sekarang masih sangat terjaga. Hal ini dapat anda buktikan dengan melihat pada bagian tengah lautnya. Terdapat beberapa kerambah yang di buat Nelayan sebagai tempat memelihara ikan. Selain itu pula tempat ini digunakan sebagai lokasi budidaya mutiara.

Pantai ini memiliki bentuk melengkung dengan posisi pantai yang lebih luas namun landai. Cukup aman bagi anda yang ingin bermain di sepanjang pesisir pantai bersama keluarga. Dari kejauhan akan nampak perbukitan yang menghijau yang akan memanjakan mata. Perbukitan ini memiliki beberapa tebing yang cukup terjal dan biasa digunakan sebagai lokasi panjat tebing.

Selain itu terdapat pula hutan alami di sepanjang bibir pantainya, tempat ini pun biasa digunakan sebagai areal perkemahan. Fasilitas yang ada di pantai ini terbilang cukup memadai untuk para wisatawan.

Pantai Balat merupakan salah satu pantai favorit yang sering dikunjungi wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, bahkan wisatawan asing pun sering datang kesini. Kondisi pantai yang aman dan tertib dengan panorama alamnya yang indah menjadikan pantai ini cukup layak untuk dikunjungi bersama keluarga dan sahabat.

Tips
1. Cuaca di pantai terbilang cukup panas, sebaiknya bawalah sunblock atau topi untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari langsung. Gunakanlah kaos yang nyaman untuk suasana pantai.

2. Waspadalah saat bermain air di pantai terutama jika anda membawa anak kecil. Jangan biarkan mereka bermain di laut tanpa pendamping.

3. Bawalah kamera anda untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang akan sayang untuk dilewatkan.

Panorama alam yang ada di pantai Balat tak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di tempat lain. Tidak hanya keindahan yang tampak di daratan, bahkan keindahan bawah lautnya pun sungguh sangat cantik yang sayang untuk dilewatkan.

ombak di pantai Balat - Bali & NTB : Pantai Balat, Sumbawa – NTB
keindahan suasana di pantai Balat - Bali & NTB : Pantai Balat, Sumbawa – NTB

Jika anda berencana akan berlibur ke Sumbawa, pastikan pantai Balat ini masuk dalam daftar destinasi tujuan wisata anda. Ajaklah serta teman dan keluarga agar liburan semakin menyenangkan.

Kumpulan Gambar dari cerita tentang Pantai Balat, Sumbawa – NTB

Ada 6 gambar di dalam Pantai Balat, Sumbawa – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

ombak di pantai Balat - Bali & NTB : Pantai Balat, Sumbawa – NTBpanorama pantai Balat - Bali & NTB : Pantai Balat, Sumbawa – NTBPantai Balat - Bali & NTB : Pantai Balat, Sumbawa – NTBpesoa Pantai Balat - Bali & NTB : Pantai Balat, Sumbawa – NTBkeindahan suasana di pantai Balat - Bali & NTB : Pantai Balat, Sumbawa – NTBkeramaian wisatawan pantai balat - Bali & NTB : Pantai Balat, Sumbawa – NTB

Apa pendapatmu tentang Pantai Balat, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Balat, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Pandan, Sibolga –
Sibolga, nama ini mungkin terdengar cukup asing. Sibolga adalah sebuah kota kecil yang ...

Pulau Datu, Tanah Laut – Kal
Pulau Datu adalah sebuah pulau kecil yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tanah Laut, ...

Pulau Um, Sorong – Papua
Indonesia memang terdiri dari banyak pulau, dari yang besar hingga yang kecil, apalagi ...

Pantai Jelenga, Sumbawa –
Sumbawa memiliki banyak sekali pantai indah yang menghadirkan kepuasan tersendiri bagi penikmatnya. Jika ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kondang Merak Pesisir Selatan Jaw
Pantai Nampu di Wonogiri
Pantai Kaliantan, Lombok – NTB
Pantai Pulau Peucang Ujung Kulon
Pulau Adonara, Flores – NTT
Pantai Sabang nan Eksotis di Ujung Pulau
Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua
Pantai Padang – Padang Bali 20 Bes

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.