Gili Bedil, Sumbawa – NTB

Rating: 85 out of 100, by 134 users
Taman laut di gili bedil - Bali & NTB : Gili Bedil, Sumbawa – NTB

Wisata bahari di Indonesia memang patut untuk dikembangkan. Walaupun banyak diantaranya masih kurang di promosikan, sehingga kurang dikenal oleh wisatawan, bukan berarti kurang menarik. Seperti sebuah pulau kecil atau yang disebut gili oleh masyarakat setempat yakni Gili Bedil, memiliki potensi wisata yang menarik khususnya wisata alam bawah lautnya.

Lokasi dan Transportasi

Gili Bedil merupakan sebuah pulau kecil yang berada tidak begitu jauh dari daratan Pulau Sumbawa. Tak sulit untuk mencapainya, selain itu fasilitas angkutan umum yang akan membawa anda ke lokasi gili ini pun sudah cukup memadai. Gili Bedil secara administratif berada dalam kawasan Desa Labu Padi, Kecamatan Utan, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Untuk anda yang berada di ibukota NTB yakni Kota Mataram, anda masih harus menyebrang menuju Pulau Sumbawa dari Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano di Pulau Sumbawa dengan lama penyebrangan sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Dari Pelabuhan Poto Tano anda bisa langsung menuju Kecamatan Utan, tepatnya menuju Pantai Labu Pade (Lapade) karena dari pantai inilah anda bisa menyewa boat untuk menyebrang menuju Gili Bedil.

Jika anda ingin menggunakkan angkutan umum, dari pelabuhan anda bisa menggunakkan engkel yakni angkutan berupa minibus yang menjangkau antar kecamatan dan membayar ongkos sekitar Rp 15.000,- per orang, kemudian anda berhenti di Simpang Penyorong. Apabila tak ingin kelewatan, sebaiknya beritahu pada sopir ataupun kernet engkel untuk memberhentikan anda di Simpang Penyorong.

Dari sini anda bisa menyambung ojek menuju Pantai Lapade dengan ongkos sekitar Rp 3.000,- per orang. Dari simpang ini anda juga bisa melihat petunjuk jalan menuju Pantai Lapade.

Namun, apabila anda tidak ingin repot berganti angkutan ataupun ingin cepat sampai, anda bisa menggunakkan ojek langsung dari pelabuhan walaupun ongkosnya memang lebih mahal. Nah, apabila ingin lebih nyaman dan puas berkeliling, anda bisa menyewa kendaraan dari kota Sumbawa Besar.

Setibanya di Pantai Lapade, anda bisa menyambung menyebrang menuju Gili Bedil menggunakkan perahu boat. Sudah tersedia pula boat yang dilengkapi dengan glass bottom, sehingga anda bisa melihat panorama alam bawah lautnya selama menyebrang menuju Gili Bedil. Penyebrangan hanya memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit saja dan biaya penyewaan boat kurang lebih sekitar Rp 250.000,- dan bisa diisi kurang lebih 15 orang.

Wisata

Gili Bedil merupakan sebuah pulau kecil berpasir putih dan pantai yang landai. Daratannya yang tampak rata, seolah-olah mirip seperti ikan pari yang sedang terdampar. Kecantikkan pantai ini sudah bisa dilihat dari kejauhan khususnya putih bersihnya pasir dengan biru jernihnya air laut bahkan anda bisa melihat hingga ke dalam permukaan lautnya yang kecantikkannya sangat luar biasa.

Luas daratan pulau ini tak lebih dari satu hektar, sehingga apabila anda ingin berjalan-jalan mengelilingi Gili Bedil, hanya memerlukan hitungan menit atau paling lama hanya sekitar 15 menit saja. Disekitar gili Bedil anda akan ditemani oleh pasir putih yang halus, air laut yang berwarna biru toska serta pepohonan kelapa yang melambai-lambaikan daunnya karena hembusan angin pantai yang menenangkan.

Gili Bedil tidak memiliki perkampungan, namun bukan berarti tak berpenghuni. Ada satu buah rumah yang hanya dihuni oleh pasangan suami istri yang menetap di Gili Bedil. Mereka juga cukup ramah pada para pendatang.

Biasanya Gili Bedil dijadikan salah satu lokasi beristirahat dan salah satu kunjungan wisatawan yang melakukan island hopping. Selain bersantai, mereka juga tak melewatkan aktivitas snorkeling serta diving karena memang kecantikan pesona bawah lautnya sangat memukau.

Di sekitar perairan Gili Bedil memang lebih banyak ditemui jenis karang hard coral, namun tetap menarik karena warna warninya yang cukup beragam. Ikan-ikan kecil juga tampak cukup banyak dan sering menemani anda selama menikmati dunia para ikan tersebut.

Tak hanya snorkeling, diving, serta menikmati pesona daratan gili, anda juga bisa sekedar berenang, karena beningnya air laut sangat menarik untuk membuat anda menceburkan diri. Di dekat Gili Bedil, anda juga bisa melihat Gili Keramat yang hanya terpisah oleh selat sempit. Bahkan, anda bisa berjalan kaki saja menuju Gili Keramat apabila air laut sedang surut. Apalagi, biota laut di gili sebelahnya ini tak kalah menarik.

Suasana tenang juga bisa anda nikmati selama berwisata di Gili Bedil, karena selain hanya dihuni oleh pasangan suami istri tersebut, gili ini juga jarang dikunjungi wisatawan lain. Bukan karena kurang menarik, tapi seperti dikatakan sebelumnya, mungkin karena kurangnya promosi, sehingga wisatawan banyak belum mengenal gili ini yang menyimpan sejuta pesona bahari yang siap untuk dinikmati.

Indonesia yang indah memang patut kita kenal lebih dalam sehingga kita bisa menyadari betapa cantiknya negeri ini. Dengan begitu, kecintaan kita pada tanah air akan menjadi lebih tinggi serta di sisi lainnya, kita bisa menemukan lokasi wisata mana saja yang sesuai dengan kondisi dan keinginan anda saat itu. Nah, jika anda ingin menikmati wisata bahari di pulau yang cantik dan tenang, segera persiapkan rencana anda untuk menuju Gili Bedil. Selamat bersenang-senang

Taman laut di gili bedil - Bali & NTB : Gili Bedil, Sumbawa – NTB
Pesona gili bedil - Bali & NTB : Gili Bedil, Sumbawa – NTB

Menyembul di Permukaan laut seluas kurang lebih 1 Hektar, Pulau Bedil – dengan jarak tempuh hanya 10 menit dari pantai La Pade sebelah Barat Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa – merupakan salah satu tempat terindah yang miskin promosi wisata. Keindahan di dalam lautnya akan membuat anda terkesan lalu mencatat bahwa anda pernah mendatangi salah satu pulau tercantik yang ada di Indonesia.

Pasir putih lembut di pantainya yang sunyi adalah tempat untuk memanjakan diri anda, Menyelam dan Snorkeling adalah cara terbaik untuk bisa menikmati pesona Alam lautnya. atau anda bisa melihatnya dengan menggunakan Glass Bottom boat.

Tips

1. Selalu sediakan sunblock untuk meminimalisir kemungkinan kulit anda tersengat matahari.

2. Bawalah alat snorkeling dan diving sebelum menuju Gili Bedil karena belum adanya tempat untuk menyewa alat-alat tersebut khususnya bagi anda yang berkunjung tanpa menggunakkan travel agent.

3. Siapkan kontak pemilik perahu apabila anda ingin berlama-lama di Gili Bedil, sehingga saat anda ingin pulang tak perlu bingung lagi, apalagi jika tak ada wisatawan lain selain anda yang berkunjung.

 

Galeri foto dari artikel tentang Gili Bedil, Sumbawa – NTB

Ada 4 foto di dalam Gili Bedil, Sumbawa – NTB artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Taman laut di gili bedil - Bali & NTB : Gili Bedil, Sumbawa – NTBGili bedil - Bali & NTB : Gili Bedil, Sumbawa – NTBPesona gili bedil - Bali & NTB : Gili Bedil, Sumbawa – NTBSnorkeling gili bedil - Bali & NTB : Gili Bedil, Sumbawa – NTB

Apa pendapatmu tentang Gili Bedil, Sumbawa – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Gili Bedil, Sumbawa – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Gurah, Blitar – Jawa
Panorama alam di Pantai Gorah tak kalah indahnya dengan Pantai Modangan. Pasir pantai ...

Pantai Waiwo, Raja Ampat ̵
Kalau anda mendengar Raja Ampat pastilah langsung terbayang pemandangan bawah lautnya yang sangat ...

Pantai Dengan Pasir Putih Dan
Indonesia terkenal dengan keindahan pantainya. Di antara 17 ribu pulau di negeri ini, ...

Pantai Anyer dan Carita –
Sebagi kawasan wisata yang terletak di Pulau Jawa, Pantai Anyer dan Pantai Carita ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Manikin, Kupang – Nusa Teng
Pantai Widuri Pemalang – Cocok unt
Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak
Pantai Surga, Lombok – NTB
Pantai Ulee Rubek, Lhokseumawe – A
Pantai Sembukan Surakarta
Pantai Panjang Bengkulu
Pantai Canggu Surga Terkenal Para Pesela

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.