Tanjung Ringgit, Lombok – NTB

Rating: 85 out of 100, by 132 users
Suasana Pantai Tanjung Ringgit - Bali & NTB : Tanjung Ringgit, Lombok – NTB

Kawasan Pantai Tanjung Ringgit, Tanjung Perak dan Tanjung Cina merupakan kawasan pantai yang terletak paling ujung Selatan wilayah Kab. Lombok Timur, tepatnya berada dalam wilayah Kec. Jerowaru dan Desa Pemongkong.

Tanjung Ringgit, Tanjung Perak dan Tanjung Cina merupakan kawasan pantai berdataran tinggi / bukit dengan topografi berupa tebing-tebing curam. Kawasan ini dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat desa atau kurang lebih 2,5 jam dari Bandara sekitar dan berjarak lebih kurang ±90 km. Tanjung Ringgit, Tanjung Perak dan Tanjung Cina menyuguhkan pemandangan pantai dengan nuansa lain, karena dari lokasi ini dapat dilihat panorama Samudera Indonesia atau dikenal dengan Samudra Hindia.

Panorama Pantai Tanjung Ringgit - Bali & NTB : Tanjung Ringgit, Lombok – NTB
Sunrise Di Tanjung Ringgit - Bali & NTB : Tanjung Ringgit, Lombok – NTB

Lokasi

Mungkin sebelumnya Anda belum pernah mendengar nama tempat ini. Kalau Anda bertanya kepada Orang Lombok di mana letak Tanjung Ringgit, belum tentu mereka tahu. Baru segelintir orang saja yang tahu Tanjung Ringgit karena letaknya tersembunyi di ujung tenggara Pulau Lombok.

Secara administratif masuk ke dalam wilayah Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Jika ditempuh dengan kendaraan bermotor dari Kota Mataram memakan waktu sekitar dua jam. Butuh perjuangan dan nyali yang besar untuk bisa mencapai Tanjung Ringgit karena akses jalan ke tempat ini sangat buruk. Dari Mataram sampai Desa Pemongkong, kondisi jalan lumayan bagus. Namun, dari Desa Pemongkong sampai ke lTanjung Ringgit, jalan rusak parah. Di beberapa tempat, aspal jalan sudah hilang sama sekali sehingga jalan berubah menjadi jalan tanah berbatu

Wisata

Tanjung Ringgit merupakan salah satu pantai terindah di Lombok. Tanjung Ringgit memiliki garis pantai yang berlekuk-lekuk bukan memanjang seperti pantai-pantai lainnya. Setiap sudut pantainya terukir dengan indah dan memiliki keunikan tersendiri. Sebagian besar pantai di Tanjung Ringgit dibatasi tebing karang terjal, yang terhampar indah seperti lukisan. Pada masa pendudukan Jepang, daerah ini pernah dijadikan benteng pertahanan Jepang. Nggak heran kalau sampai saat ini masih dapat dilihat sebuah gua dan dua buah meriam peninggalan bangsa Jepang.

Lokasi ini hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki kurang lebih 800 meter dari jalan utama. Pada musim penghujan, padang rumput dan tanaman perdu di sekitar tebing berwarna hijau segar karena banyak memperoleh air hujan, tetapi di musim kemarau padang rumput di daerah ini berubah warna menjadi coklat karena kekurangan air.

Tentu saja hal ini membuat Tanjung Ringgit selalu terlihat indah setiap saat, kapanpun Anda datang. Bila di musim hujan bukit-bukit batu bak diselimuti permadani berwarna hijau, di musim kemarau bukit batu nan indah itu seakan diselimuti oleh permadani berwarna coklat. Lukisan alam yang begitu menawan ini selalu membuat takjub setiap insan yang melihatnya.

Dari ketinggian topografi bukit karang yang dimiliki. Tebing-tebing ini merupakan pemandangan alam yang menarik untuk dinikmati, disamping karena strukturnya yang eksotik sebagai hasil bentukan alam, tetapi juga tektur batuannya penyusunnya memiliki gradasi warna yang menarik.

Selain tebing karang, Gua dan Meriam Jepang, di Tanjung Ringgit Anda juga bisa menyaksikan panorama matahari terbit, Gunung Rinjani, dan juga Pulau Sumbawa di kejauhan. Tanjung Ringgit juga memiliki beberapa pantai berpasir putih dengan air laut yang sangat bening.

Pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau dengan hamparan padang rumput. Karena masih jarang terjamah, pantai-pantai di Tanjung Ringgit sangat sunyi dan bersih. Pantai-pantai tersebut cocok untuk lokasi snorkeling karena terumbu karangnya sangat cantik dan masih dalam kondisi baik. Aneka terumbu karang baik karang keras (hard coral) maupun karang lunak (soft coral) bisa dengan mudah Anda jumpai di Tanjung Ringgit. Ikan beraneka jenis, warna, dan ukuran juga banyak terdapat di sana. Singkatnya, Tanjung Ringgit memang sangat mempesona baik panorama pantainya maupun panorama bawah lautnya.

Aktivitas yang paling mengasikkan di Tanjung Ringgit Lombok Timur ini adalah menyapa mentari pagi atau sunrise. Aktivitas yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang gemar fotografi. Anda akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dengan suasana yang segar dan sejuk. Untuk urusan hasil foto, bisa dipastikan Anda akan bangga saat menunjukkan foto Anda kepada teman dan saudara.

Obyek Wisata Di Sekitar Tanjung Ringgit

Selain panorama alamnya, kawasan Tanjung Ringgit, Tanjung Perak dan Tanjung Cina ini memiliki obyek lain yang dapat dijadikan tujuan wisata.

Disekitar Tanjung Ringgit terdapat rangkaian Goa-goa peninggalan jaman Jepang, sebagai jejak pendaratan Jepang Dalam Perang Dunia II sekitar tahun 1942. Pada waktu itu Jepang mendarat di Wilayah Pemongkong Tanjung Ringgit dan menguasai daerah sekitarnya, untuk menghadapi serangan sekutu, tentara jepang membangun jalur bawah tanah dan goa-goa disekitar wilayah tersebut sebagai pertahanan, yang sampai saat ini jalur bawah tanah dan goa tersebut masih ada, dan dikenal dengan nama Goa Jepang/Tangsi.

Selain goa Jepang ada juga peninggalan bersejarah lainya yaitu Meriam Jepang, meriam ini juga merupakan jejak Perang Dunia II yang diletakkan menghadap ke samudera Hindia yang ditujukan untuk menyerang tentara-tentara sekutu yang akan masuk ke daerah tersebut. Meriam Jepang ini memiliki panjang 5 meter, dengan diameter luar 27cm, diameter dalam 16cm dan keliling belakang 50 cm.

 

Galeri gambar dari cerita tentang Tanjung Ringgit, Lombok – NTB

Ada 7 gambar di dalam Tanjung Ringgit, Lombok – NTB cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 gambar high-res.

Meriam Jepang di Pantai Tanjung ringgit - Bali & NTB : Tanjung Ringgit, Lombok – NTBPanorama Pantai Tanjung Ringgit - Bali & NTB : Tanjung Ringgit, Lombok – NTBPemandangan Pantai Tanjng Ringgit dari atas Bukit - Bali & NTB : Tanjung Ringgit, Lombok – NTBSuasana Pantai Tanjung Ringgit - Bali & NTB : Tanjung Ringgit, Lombok – NTBSunrise Di Tanjung Ringgit - Bali & NTB : Tanjung Ringgit, Lombok – NTBGoa Jepang Pantai Tanjung Ringgit - Bali & NTB : Tanjung Ringgit, Lombok – NTB
Diposting pada 25 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bali & NTB.
Tag: bawah laut, padang rumput, tanjung ringgit, Objek Wisata Pantai Tanjung Ringgit, gunung, coklat, perdu .

Apa pendapatmu tentang Tanjung Ringgit, Lombok – NTB

Tinggalkan Komentarmu soal Tanjung Ringgit, Lombok – NTB Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Natsepa Ambon
Pantai Natsepa berada di Desa Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, merupakan lokasi ...

pantai Ngobaran Wisata Eksotik
Letak pantai yang bertebing tinggi ini hanya kurang lebih dua kilometer dari Pantai ...

Pantai Ulee Rubek, Lhokseumawe
Pantai Ulee Rubek – Bingung mencari lokasi wisata terutama pantai yang menawan di ...

Pantai Ngurbloat, Pasir Putih
Pernah menghayalkan diri Anda berada di sebuah pantai eksotis dengan hamparan pasir putih ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kenjeran Surabaya – Kenjera
Pantai Pasir Putih Holtekamp, Jayapura &
Pulau Batang Pele, Raja Ampat – Pa
Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pu
Pantai Lhok Nga di Banda Aceh
Pantai Karapyak, Ciamis – Jawa Barat
Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta
Pantai Bozihona, Nias – Sumatera U

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.